Tuesday, May 04, 2010

Sukaria pake Suka-Suka

Waktu gua lahir, ortu gua baru merintis toko mainan. Bisa dibilang gua merasa dibesarkan antara 'harta karun' dan jadi anak 'kaya' saat itu. Bukan maksudnya dalam hal materi lho, karena dari faktor ekonomi biasa aja, apalagi awalnya belum grosiran dan kita hidup sederhana. Maksudnya mainan apa pun yang lagi ngetrend gua punya deh. Dari boneka nangis yang diam kalau dikasih dot/botol susu (susunya bisa memberi kesan habis) sampai robot2an yang badannya ada TV. Dari pistol air sampai senapan AK47 (mainan tentunya), dari piano kayu sampai keyboard yang lumayan besar. Ada yang dengan sukarela diberikan oleh ortu, ada yang gua ambil dengan dalih 'pinjam' tapi nyatanya jadi hak milik:)

Nggak semua sih gua ambil, kecil2 gua tahu diri jugalah, paling sering gua ngendon di toko, terus kalau ada anak yang milih2 mainan, gua jadi juru ngetestnya , bantuin masang baterai sekalian gua peragain cara mainnya nyambi main gitu. Baek kan gua? xixi..

Tapi biarpun mainan udah bejibun, teteup aja mainnya suka yang aneh2 antara lain kalau ke rumah nenek, gua main tanah, bisa pura2 bikin gado2 dari daun2an terus bumbunya ya dari adonan tanah campur air. Kalau ketemu got yang ada ikan2 kecil, gua sibuk deh ngejalain. Pernah juga sekali gua ngumpulin sepupu2 buat nyari 'berlian' di antara gundukan pasir2 tempat orang lagi bangun rumah. Tahu kan butiran pasir bening utk bahan bikin kaca? Setengah ngibul setengah ngayal gua bilang itu sebenarnya berlian, kalau udah dapat banyak ntar bisa dijualin terus kita jadi kaya. Anehnya sepupu2 gua percaya begitu aja, termasuk sepupu yang setahun lebih tua dari gua. Kira2 sejam gua bosen terus masuk beristirahat baca2 komik sampai sore, eh tiba2 para sepupu dengan muka kucel muncul di hadapan gua dengan segenggam berlian dalam stoples... Fiuuuh, gua gak nyangka mereka serius begitu hi..hi.. Emang gua waktu kecil sering dicap pemimpin gerombolan pengacau alias suka ngarahin sepupu main yang aneh2.

Sekarang setelah punya anak, gua juga gak beliin mainan yang banyak maupun mahal buat Denzel. Tiga perempat mainannya berasal dari toko mainan kung2 dan pho2, sisanya gua lihat azas manfaat. Buku ok, karena gua demen baca dan pengennya dia juga memupuk kebiasaan membaca. CD2 edukasi serial Elex Media, kaset musik, DVD film2 apalagi yang ada unsur edukasinya juga ok, mainan edukatif ok, mobil2an ya karena Denzel hobi berat jadinya banyak juga. Tapi kalau mainan yang ratusan ribu terus kayaknya cepet buat bosennya, gak kan deh gua beliin. Nyatanya lihat aja si Denzel mainnya mobilnya itu2 aja yang dia suka, kalau nggak sibuk dia berkreasi main sendiri spt berikut:

1. Senangnya naik sepatu roda pake kantung plastik asoy


Ini bukan murni ide dia, karena liat plastik berserakan si bocah masukin 1 kaki ke dalam terus digeser2, gua nanya mau nggak naik 'sepatu roda'? Karena dia mau langsung gua pasangin 2 kantong plastik dan diikat dan bersliweran si bocah kesana kemari.

2. Menyambung hobinya yang suka akan semua hal berbau mobil termasuk pom bensin dan isi bensin, suatu hari tertariklah si bocah pada selang shower lama gua yang tergeletak di kamar mandi, terus dia ambil utk isi bensin. Sayangnya yang dipilih sebagai pom bensin tak lain dan tak bukan adalah kotak speaker gua! (Kotak speaker ini udah jadi korban keisengan Denzel sejak pertama beli, coba aja digoncang2kan dalamnya bunyi klontang klantung. Ada yang berhasil dikeluarkan antara lain kunci, mobil2an, pulpen, kertas, penjepit dll; ada yang udah gua pasrahin di dalam) Alhasil permainan ini gak bertahan lama, pas Denzel tidur selangnya gua buru2 buang.


3. Habis nonton Teletubbies serial ke dokter, Denzel suka pura2 jadi dokter tuh. Tadinya gua gak ngeh nih anak ngapain jepit2 dua sedotan hasil karya di sekolah Minggu (nggak jelas bentuk salib atau apa) di lehernya, eh ternyata setelah ditanya, dia bilang "doktel ya? pake mikoskop ya?" Ha..ha.. dia belum bisa bedain mikroskop sama stetoskop (dua duanya ada di buku 1000 first words).



4. Masuk ke dalam keranjang baju terus bilang itu adalah kapal, pura2 jadi Pocoyo yang lagi lomba balap2an ama gajah Eli (Denzelnya mengendarai guling dan gua disuruh pura2 jadi gajahnya ngendarin skuter, tega ya?), Pocoyo lagi nyelamatin telur 'sleeping bird' ( yang ini gua sebal habisnya nangis bombay minta telur dari kulkas mlulu) dll dll...

Jadinya untuk senang dan bersuka ria gak perlu mahal kan? Mainan favorit masa kecil kalian apa?

30 comments:

christinewu said...

Hahahaha Denzel lucu amet yg pake kantong plastik. Sama El, gw jg kl buat anak jarang beliin mainan. Palingan setaon sekali lah... lah anaknya demennya main kardus dibikin rmh2an, atau karton telor dipotong2 bikin org2an. Dibeliin mainan beneran malah ga dimainin jd mubazir deh.

mamipapa said...

huahahahah...aduh tuh gak jatuh pake plastik, gw liatnya takut kepleset...

jgn2 dia mau jadi dokter el gedenya nurun kalian berdua tuh...

gw jarang beli mainan buat clarissa takutnya bosen...trus kebetulan mainan2 selalu dapet kado sukur2 ada unsur edukatifnya..

dulu kecil gw juga hobby loh ambil ikan cere di got depan rumah...inget2 jijai yah skrg ..trus gw suka ke tong sampah rumah org2 buat ambil kertas rokok...tau kan loe yg warna emas sama perak...trus loma sama temen gw...dia mungut di blok apa, gw di blok apa tar hasil kita bagi 2..setelah selsai kertas roko kita itung ada ratusan kita celup ke air hangat biar ngelupas dan tinggal lapisan emas atau perak...kl dpt banyak emas seolah2 juara 1, kl pernak juara 2..hahah

abis itu kertasnya kita bulet2 sampe jadi bola gede tuh wkwkwk...semakin banyak kertas rokok yg terkumpul...semakin gede itu bola..

gw juga suka manjat genting di atas rumah...injek2 genteng sambil liat tong gede penampung air itu loh wakakak..masa kecil gw tuh badung dan gak suka mainan anak cewe

Pitshu said...

wakakaka.. enak na rumahnya lantainya wood jadi na isa buat jadi sepatu rodaan, pakai kaos kaki aja udah bisa meluncur tuh hahaha :)

debby tondo said...

hahahahah anak kecil kreatif ya... gue juga jarang beliin maenan buat Alden, yg sering beliin tuh opanya alias mertua gue, paling sering dibeliin mobil2an, untungnya anaknya suka

gue ga inget waktu kecil demen maen apa, yg gue inget gue pernah pura2 jadi guru trus gue kumpulin anak tetangga buat jd muridnya hehheheh

Clo said...

denzel suka pocoyo yah? nonton di tv atau dvd el?

ameykiyut said...

Denzel kreatif banget ya mainannya hehehhe emang gak semua mainan kudu beli, kadang2 bisa di daya gunakan dari barang2 bekas :D

Quinie said...

huahahaha.. bener kreatip lu yak. apalagi pas lu jadi gajah.. ngakak gua.

hm... mainan favorit gua? gua paling suka nulis2 gambar2 di papan tulis merah yang kalo ditulis trus bisa diapus ntu loh.. apa ya namanya gua lupa

Tine said...

Kreattip amaat si denzel :p
lucuu banget tampang senyum puasnya mainan plastik :D
Waah ortu punya toko mainan, kebayang bgt donk rasa 'kaya'nya pas kecil :)

once_alifetime said...

@ Christine : Ha..ha Samu juga suka main barang2 non mainan ya, good for us juga, irit:)

@ Felice : Ya ampun, gua mah pernah main itu juga tapi minta ama orang2 yang datang ke toko, kalau elo niat amat ya:) Sama gua juga suka panjang ke genting.. kalau sekarang elo mah gak keliatan ada tomboi2nya lho!

@ Pitshu : emang rada licin ya? iya nih gak kepikiran pake kaos kaki, boleh juga tuh *tink-tink(bola lampu muncul)*

once_alifetime said...

@ Debby : Deb, elo bakat jadi guru kali? Lumayan ntar bs ajar2in Alden:P

@ Clo : DVD, Xiao. Gua agak strict soal nonton TV. Sehari cuma boleh 2 kali maksimal@ 60 menit (satu DVD atau kadang2 1 serial TV spongebob/upin ipin). Gua jg gak pasang tv kabel.

@ Amey : Bener, Mey. Anak2 kan gampang bosen.. duh gua kok malah gak promosiin mainan ya secara ortu gua hidupin gua dari jualan mainan he..he..

once_alifetime said...

@ Ratu : Iya nih, gua disuruh jadi gajah:( Apa sih, tu? Plastik2 yang kalau ditarik tulisan kita hilang bukan? atau jangan2 elo mainnya batu tulis wakakaka...

@ Tine : Iya, yang pasti teman2 pada ngiri ha..ha..

mom4kids said...

si Denzel anaknya kreatif bener ya , dpt kantung plastik aja langsung imaginasinya jalan ..

bagus deh buat dompet mamanya :)

Pucca said...

hahaha.. denzel lucu amat ketawa kesenengan maen sepatu roda gitu el, emang ya anak kecil dikasih maenan apa aja seneng kok gak usah yang mahal2 sebenernya mah..
lagian itu anaknya dokter aja maen stetoskop pake sedotan haha.. lucu deh :P

waktu kecil gua suka maen rumah2an, yang jadi rumah itu yah selimut, jadi gua di dalam selimut, adek gua di sebelah gua di dalam selimut dia, trus kita nti ketok2 selimut tetangga pinjem2 gula, tomat gitu.. tapi paling cuma bertahan sebentar abis gerah bo kekekek..
gak asik banget ya setelah gua inget2 skarang, kok maenan gua boring banget haha..

trus yang gua suka juga maen kawin2an, jadi pura2nya gua penganten jalan pake selimut diiket di belakang baju jadi slayer gitu, trus gandeng sepupu gua yang cowo trus ada pasturnya trus abis itu masuk kamar penganten deh hahaha.. kecil2 udah mau masuk kamar aja, ya itulah permainan gua yang rada2..

malu2in aja ih gua critain disini :P

thesalem said...

Eh ada Dora, bisa maen barengan Dea nih Zel :)

Gw waktu kecil gak punya banyak maenan soalnya papa gw gak sanggup beliin kayaknya deh. Jadi seringnya maen galasin, cari ncu di got, cari biji merah, manjat pohon belimbing, naek genteng. Nah yang terakhir sampe sekarang gak bisa gw lupakan.

Ceritanya gw , cici adek dan tetangga kita tuh sering naek genteng rumah..krn kompleks jadi genteng kan sambung menyambung. Tiba-tiba ada teriakan marah-marah dari arah bawah, kita langsung gedebukan manjat turun. Gak lama dateng tante-tante di depan rumah gw, marah-marah teriak gitu bilang "pantesan genteng saya bocor, ternyata ada anak-anak nakal kayak kalian! blablablibli!!!"...Terus tetangga pada keluar semua, kasian deh mama gw kayaknya malu banget. Tapi kita gak kapok sih tetep aja manjat genteng kalo ada kesempatan hehe.

Jadi kangen masa kecil nih El.

Arman said...

enak amat ya punya toko mainan. hahaha.

gua dulu pas kecil juga punya banyak banget mainan. bokap gua suka banget ngebeliin kita mainan. hehehe.

tapi ya kayak elu, gak selalu kita perlu mainan untuk main. kita bisa main tanpa mainan.

terutama kalo lagi rame2, biasa sepupu2 gua pada dateng ke rumah (karena gua tinggal serumah ama kakek nenek gua) kalo hari minggu dan kita mainnya selalu tanpa mainan.

jadi biasa mainnya kalo gak petak umpet, atau main nyembunyiin barang tapi terus ngasih petunjuk2 (gara2 suka baca buku detektif cilik), atau main pingpong (modalnya cuma bat ama bola pingpong, mejanya pake meja biasa trus net nya pake kaset video dijejer2 hahaha), atau main batten (ini mainan kreasi kita... jadi mainnya pake bat pingpong tapi bolanya bola tennis, main nya pake gaya tennis lapangan tapi main di dalem rumah... aneh kan... hahaha). seru ya kalo inget2 main2 jaman dulu... :D

kartika said...

untung di sini ada toy library...gua suka minjem buat xuan2...

khatsa said...

wah, dulu waktu gw kecil sering nanya ke mami,"knapa mami ga buka toko mainan aja?"..senengnya punya toko mainan...

Kreatif juga ide-ide maenan si denzel ya, lebih sehat drpd nonton tv ato maen ps mulu.

kalo wkt kecil dulu, gw paling sering maen rumah2an ama para spupu, berhubung gw paling tua, gw jd mamanya. Spupu yg paling kecil jadi anak ilang yang ditemuin spupu2 cowo, yg mana mereka dari perjalanan berperang melawan perampok hahahah...jadi pengen balik kecil lagi...

btw, alamat blogku www.queenkhatsa.com, aku tulis di widget kok ga bisa ya?eniwei,slamat berkunjung yaaa...

AnGeL said...

haha ngakak gw el, elo disuruh jadi gajah sm denzel wkwkwkwkw

klo gw dulu mainnya itu loh baju2an yg dari kertas trus bisa di gonta ganti, trus maen gambaran yg di tepak sama lawan kita gitu. eh main kawin2an ky viol juga pernah.hahaha tp yg sering main google five sama tetangga sebrang. gua jadi anaknya google krn paling kecil. hihihi..beneran jd kangen masa kecil yah.

Veny said...

ember ga perlu beli mainan apalagi yg mahal2, anak2 bisa kreatip kok asal dikasih tau . tapi kl anak udah gedean n tercemarsama temen2 nya jadi rada susah kali yah , soalnya liat tmn2 mrk pny ini/itu biasa mereka mau juga .

wkt kecil g maen masak2an , bhn2 biasa petik bunga/daun atau dikasih nyokap sayuran yg udah ga kepake .
maen boneka, naek sepeda kluar masuk gang .

once_alifetime said...

@ Susie : Dia belom kepikir ide utk sepatu roda sih, gua yang ngarahin he..he.. bener irit buat gua:)

@ Viol : Astaganaga Viol, kecil2 maen penganten hi..hi.. Kalau main rumah2an pake selimut gua jg sering tapi gua pura2nya kita manusia goa jadi rumahnya ya begitu deh terus peralatannya semuanya pura2nya batu dan kita ngendap2 berburu binatang terus bikin api sendiri pake batu.

@ Maryna : Cewek2 semua tp bs badung jg ya! Gua tinggal di ruko sih yang gentengnya tidak sama rata ke kiri dan kanan jadinya cuma bs nginjak genteng rumah sendiri. Galak amat tante2 itu, masih ngenalin elo gak sekarang yang pernah bikin rumahnya bocor:P

once_alifetime said...

@ Arman : Wah, keliatannya bokap sayang amat ama elo ya, Man. Terus ada2 aja pake kaset video dijejerin, yang gede2 VHS itu kan ha..ha..
Kalau main detektif2an gua jg suka niru2 Pasukan Mau Tahu terutama, bikin surat tak terbaca dari air jeruk (yg disetrika baru keliatan), pake sabun (yg direndam air baru keliatan), terus cara buka pintu terkunci dari luar dengan cara dipasang koran dan dicolok lubangnya ha..ha.. duh gile gua jadi nostalgia lagi nih.

@ Kartika : Hah, masa? Gua baru denger lho. Beruntunglah Xuan-Xuan. Kapan ya di Indo ada? Adanya sih rental, gua pernah nyewa mobil2an remote buat Denzel tapi mahal juga 200 rb per bulan.

@ Khatsa : Ha..ha kreatif jg, ada acara anak hilang terus berantem ama perampok pula:) Ok, nanti gua berkunjung.

once_alifetime said...

@ Angel : Ngel, itu juga gua main, bajunya dari lembaran karton yang bisa dilepas2in kan? Itu 'barbie' edisi ekonomis buat gua ha..ha.. eh, lagian jaman gua kayaknya gak ada barbie deh, at least setelah gua agak gedean dan gak demen boneka baru nyokap jual tuh barbie. Asyik ya punya teman2 tetangga, karena gua tinggalnya di pusat perdagangan dan ruko, gak kenal tetangga lho. Mainnya cuma di sekolah dan kalau ada sepupu doang.

@ Veny : Ternyata bakat masak-memasak elo udah terasah dari kecil kali, Ven hi..hi..

Patzie said...

xixixi... si denzel asik juga ya orgnya. Apapun dia mau main n mau coba. BAgus itu...
Tapi gak takut kejeduk tuh maen spatu roda dari plastik.. hahaha

Iya masa gw kecil juga.. gw seringnya maen galasin n tak benteng ma tetangga. Pokoknya kalo udah sore.. ajangnya ngumpul!! tar manjat jambu kek, maen layangan, maen karet, cari ncu n on n on. anak skrg maenannya lebih ke benda bukan fisik ni jdnya kurang olahraga hehehe

Cyntha said...

xixixi...lucu banget denzel :D
mmm...ga jauh beda ya trnyata masa kecil kita...maen masak2an pake daun dkknya :D
dulu gw juga nangkepin ikan di got ama ci2 ko2 gw + temen2nya, pernah gw crita ama laki gw, eh dia bilangnya kayak anak kampung aja...ini bisa jadi bukti otentik nih kalo dokter aja maenannya nangkep ikan *senyum2 bayangin laki gw ditunjukin blog elo* wkekekeke

tapi diantara semuanya yang paling gw demen maen anak2an :P critanya boneka gw jadiin anak gw, trus diajak ngomong2 gitu :D makanya gw heran gw demen banget boneka, koq aira ga demen yak wkekeke

kurnisantimichael said...

hiks ketik panjang2 ilang.....iy gue jg setuju..ga perlu maenan mahal2...lgan drpd cepet rusak, sebelum rusak jg kadang bosenan kan :d..kl maenan ksukaan gue dulu kapur en lemari :D secara gue terobsesi jd guru :D..lemari bokap gue, jd papan tulis dadakan :D..adek2 en sepupu gue, gue suruh berjejer duuduk dengerin ibu guru..hii..kl mikel skrg bonekanya djejerin :D

once_alifetime said...

@ Patzie : Iya tuh, makanya Denzel gua masukin TT dan suka bawa dia ke taman.

@ Cyntha : Ha..ha ada2 aja elo. Btw tyt naluri keibuan elo udah terasah sejak kecil ya:) Tunggu agak gedean kali, gua agak besar baru suka boneka tuh, tahu kan ada boneka yang mirip banget ama bayi beneran? Nah itu gua gendong ke mana2 termasuk ke mal sampai nyokap gua malu.

@ Santy : Sekarang elo masih bs kok main jadi guru, si Mikel disuruh jadi muridnya dan bs belajar beneran he..he..

Shanni said...

anak2 emang gitu ya, demen maen yang bukan maenan.

gw juga sukanya beliin micha buku soalnya gw suka baca jadi gw maunya micha juga punya minat baca kaya gw hahahaha :D

denzel girang bener ya maen sepatu roda plastik itu :)

Selvi said...

wah seru baca komen kalian ttg mainan masa kecil. waktu gua kecil dulu, gua senang main tak umpet, main gundu, demen manjat genteng juga (kayak maryna), main pengantin (kayak viol), cari ikan cere di got (kayak feli), main tembakan air pake air banjir, main sepeda, main burung dilepas trus ditangkap, main layangan, ngobok got cari emas (dodol kan, mana ada emas digot?) eh seringnya ketemu duit cepe.

yang lucu pas gua dan teman gua main boneka barbie, rambut barbie digunting sampe nyaris botak trus kita berdua keramasin tiap hari supaya rambutnya tumbuh. hahaha... asli ngakak gua kalo ingat skrg.

mainan denzel kreatif tuh sepatu roda dan sedotan, gua aja nga kepikiran loh.

once_alifetime said...

@ Shanni : Samaan kita ya, suka baca dan berharap anaknya ikutan xi..xi..

@ Selvi : Ha...ha.. ngakak deh gua baca elo shampoin si botak barbie... terus hari ke berapa nyerahnya?? Tapi itulah dunia anak2 ya, diingat2 kita itu imut, lugu dan manis:)

Y3nn1 said...

Wah, mainan lu di rumah nenek sama banget kaya gw waktu kecil dulu. Suka mainan masak2an pake daun2an, juga milih2 batu "berlian" di tanah hahaha...maenan kaya Denzel sepatu roda plastik juga. Jadi kangen masa kecil dulu.

Post a Comment