Sunday, March 15, 2015

2 +

Sudah lama gak posting soal Diaz, tahu-tahu udah 2 tahun lebih aja. Kalau Denzel dulu rajin catatnya memang bukan di blog tapi di buku catatan. Emang bukan milestone tapi setiap kejadian yang berkesan selalu gua tulis dan gambar-gambar seadanya. Kalau sekarang seiring perkembangan gadget, cuma difoto dan divideoin:P  Terus jaman Denzel masih beli baby book, cetak-cetak foto terus ditulisin, kalau Diaz gua bikinin photobook aja lebih praktis. 

Cuma kan terbatas ya, kayaknya harus juga ada catatan tentang Diaz sekarang ini biar gua gak lupa apa rasanya ngasuh dia yang lucu, centil, keras kepala, iseng dll dll. Karena anak kedua, meski tanpa sedikitpun ingin membandingkan, mau gak mau kita amazed betapa bedanya tiap anak. Kadang kita prediksi anaknya bakalan gini eh tahu-tahunya begitu. 

Denzel anaknya kan polos ya kalau kecil, sekarang sih udah mulai akal-akalan juga terutama strategi menghindari disuruh belajar dan bikin PR. Kalau Diaz kesannya lebih smart street. Contoh dia kepengen banget main Samsung tab yang lagi dipegang hubby, tapi dia gak berani minta apalagi rebut seperti kalau gua yang pegang. Tebak apa yang dia lakukan? Dia ambil koran kompas, nyodorin ke hubby. Hubby kan heran ngapain nih anak ngasih koran. Koran diambil, Diaz dengan cekatan ngambil tab yang ditaruh hubby di samping... huahuahua. Ini kejadian beberapa bulan yang lalu lho, waktu dia belom 2 tahun.

Soal kompetitif, Diaz gak mau kalah sama Denzel, kadang apa pun yang dilakuin Denzel pasti dia niru persis. Sebenarnya copycat ini cukup parah sih, barusan gua lihat dia push up dengan gaya pantat nungging naik turun (niruin hubby yang kadang-kadang push up di kamar). Pernah di taman ada dua oma-oma lagi senam senam sendiri akhirnya ketawa cekikikan setelah nyadar ada peserta tambahan di belakang:P

Nih Denzel lagi bikin soal dari IXL, langsung si bocah kecil naik ke ranjang dengan betah nemenin sambil sebut-sebut abjad yang dia kenal.

Kagum sama koko

Kalau Denzel nonton tv sambil loncat-loncat dia pasti ikut-ikutan loncat di samping, sampai kalau Denzel jatuh, dia ikut menjatuhkan diri... segitu copy catnya. Kalau yang di bawah pemandangan sehari-hari dimana Denzel duduk, dia akan duduk di sampingnya, sebisa mungkin dengan gaya yang sama:D

Twin?

Tapi jangan dikira dua anak ini akur terus ya. Kadang saling cemburu, dan anehnya yang lebih cemburuan Diaz daripada Denzel. Kalau Denzel lagi bermanja-manja dia langsung datang duduk di antara kita, berusaha nyempil sekuat tenaga. Kalau Denzelnya maksain tetap deket gua, dia dengan galaknya akan dorong muka Denzel sambil bilang , " Angaaaan!!" (jangan-red). Belom lagi gayaya teriak :"Deeeeeceeeel!! No-no-no!!" atau " Diaaaam.!!" sambil goyang-goyang jari kalau Denzel lagi kumat isengnya atau hanya sekedar ribut teriak sana sini. Perasaan yang jadi koko siapa ya. Belom lagi kalau Denzel nonton tv bisa deket-deket, Diaz bakalan dorong kokonya mundur haha.. Kalau lagi sweet bisa panggil, "Kokoooo...plisss" terutama kalau gua suruh dia minta tolong aja misalnya minta dibukain kaleng atau bantuin game yang gak bisa, supaya dia bisa lebih respect sama kokonya:) Sifat bossynya emang udah keliatan. Kalau lagi dicuekin dia bisa suruh kita ,"Duduk sini!" sambil tunjuk tempat disampingnya.

Lagi ketawa sumringah lantaran telpon-telponan sama Denzel di telpon paralel
Sejak 18 bulan sudah suka angka dan abjad tanpa kita dorong. Entah karena lihat kita sekeluarga book worm, jadinya dia suka ambil buku gua terus pura-pura baca sambil teriak sesukanya. Akhirnya dikasih nonton DVD  Brainy Baby ABC punya Denzel dulu eh dia cepat bisa sampai waktu itu BSnya amazed dan lapor gua. Terus gua suruh Denzel ajarin phonicsnya karena ingat dulu kan miss di Kindy bilang sebaiknya diajarin phonics duluan. Sekarang phonics juga udah bisa meski masih kecampur alphabet. Tadinya lebih parah kecampur alfabet bahasa Indonesia tapi semenjak gak ada BS nggak lagi. Ini buku Denzel yang sekarang jadi buku kesayangan. Waktu itu dia ambil balok balok alphabet untuk ditaruh di atas bukunya tapi begitu alphabet A gak ketemu, dia bisa-bisanya ambil jepitan baju sebagai pengganti  terus panggil gua untuk lihat.

 

One udah bisa sampai eleven habis itu cuma nyebutin mmteen, mmteen, hmmmteen...bbbmmteeen.
Cukup amazed juga karena seingat gua Denzel gak tertarik dan kita juga gak encourage dia untuk mengenal abjad sedini itu. Jujur ini bukan untuk membandingkan milestone Diaz dengan anak-anak seusianya, karena tiap aspek milestone anak beda-beda. Sebagai contoh Diaz sebenarnya belum fasih ngomong banyak. Kalimat paling dua kata. Toilet training juga belom ada kemajuan harus selalu ditatur. Kalau dari diri sendiri, dia cuma suka pura-pura bilang peeee terus lari ke toilet peragain pipis tapi disuruh pipis beneran, akan bilang "Udah!" terus ngeluyur pergi. Sedih juga karena tiga bulan yang lalu sewaktu masih pakai clodi dia udah bisa bilang mau pee. Kalau sekarang mungkin pakai pospak dia mah cuek bebek aja.

Motorik kasar dulu jalannya baru 15 bulan hampir 16 bulan tapi motorik halusnya cukup baik. Diaz bisa dan suka memasang dan membuka belt highchair, velcro sepatu bahkan suka ikutan pasang lego punya Denzel (bukan lego duplo). Alhasil kalau ke toko mainan anteng lho ditaruh di tempat main lego itu bisa sampai sejam anteng di sana.

Akhir-akhir ini juga udah ngenal shape seperti rectangle, triangle, oval, circle, hexagon (bacanya cagon). Colour belum bisa tapi dia selalu pura-pura nunjuk giiin (padahal red), nunjuk blueee padahal green:) Sampai saat ini gua belom sekolahin meski mbak di rumah udah greget dan pengen banget Diaz sekolah. Katanya nanti miss pasti kaget kok udah bisa, cuma gua pikir biar deh main bentar lagi bareng gua, ntar sekolahnya bakalan lama secara anak lahir bulan Januari.
Lagaknya kayak ngerti ..halaman demi halaman dibuka:)
Sejak Desember BS udah berhenti dan perjalanan mencari BS sementara dihentikan setelah 2x pengalaman tidak enak. Akhirnya rela hangus uang jaminan dan bertekad berjibaku sendiri. Ternyata ngurus Diaz tanpa bantuan BS asyik asyik aja meski capeeek. Diaz type anak yang suka stimulasi sementara gua akui gua cukup pemalas:(  Kadang guilty feeling kalau lihat mama lain bisa sediain waktu  buat bebikinan worksheet segala. Kebiasaannya adalah ambil buku suruh kita bacain atau suruh gua tulis abjad dia tebak. Sejak gua beli whiteboard buat kamar Denzel, dia hobi banget gandeng gua ke sana buat tulis sementara dia duduk di ranjang Denzel nebakin apa yang gua tulis atau gambar. Dan tentunya special thanks to hubby yang mau jagain Diaz selama gua kerja tiap sore. Dan kita masih dibantu sih sama mbak yang suka sama anak kecil.

Ipad atau tablet biasa hanya dikasih seminggu sekali tiap Sabtu karena memang itu jatah Denzel juga, kalau gak dikasih satu-satu biasanya dia akan merecoki kokonya. Meski mainnya jarang-jarang, anak-anak emang cepat belajarnya, udah bisa segala macam game buat batita. Sebisa mungkin gua download game2 education. Kalau tokoh idola tentu saja Pocoyo.. Sejak nonton Pocoyo si bocah gak bisa berpaling ke lain tokoh. Barney, Elmo dia gak suka. Jadi kalau gak nonton serial Brainy Baby, paling ya Pocoyo dan Kevin Karin. 

Ultah pertama dan saat kelahiran Diaz kan ditandai dengan banjir besar Jakarta jadi gua gak berani rencanain pesta, eh tak tahunya tahun ini malah pas cerah ceria. Kita cuma makan-makan keluarga. Untuk kue ultah gua beli kue tart aja dan figurine Pocoyo dkk yang dia suka banget. Sampai sekarang sambil nonton dia bawa-bawa figurinnya.


Birthday boy
Sepulang dari Medan kemaren Diaz sakitnya sempat agak parah sampai DSA suspek bronkhopneumonia. Sedih banget ya kalau lihat anak sakit. Lesu, gak nafsu makan sampai mukanya tirus. Sekarang sih udah sembuh dan makannya udah balik normal alias cukup buas:P Bayangkan aja, kalau lihat Denzel minum obat aja dia bisa histeris minta. Enaknya ya pas kemaren saat obatnya 4 macam, dia asyik2 aja mangap setiap disodorin obata:P

Semoga di usianya 2+ ini Diaz sehat-sehat selalu, akur sama koko dan happy terus ya.... Love u so much..

16 comments:

Ratu SYA said...

Huaaa rajin sekali mama diaz Bikin progress report. Begitu detail. Gua kok males ya, padahal anak baru setaun. Huahaha.
Kalo nemenin anak main, aku suka. Kadang sekalian diet alami, tiba2 keringet udah ngucur nemenin titah atau nenangin pas dia rewel.
Tapi emang seru sih. Hihihi
Masih kerja kan mbak El? Kalo kerja, Diaz dibawa?

Leony said...

Diaz ultah Feb kmrn ya El? Happy belated bday! Keliatan street smart soalnya lbh cerdik manfaatin situasi ya hahahaha. Eh iya itu anak lu dia bajunya sama kayak Abby kalo di rumah. Yg tipis2 kaos oblong sm celana merek Hachi hahaha. Bertumpuk2 dr dia msh kecilan sampe skrg cuma ubah ukuran doang hahaha. Emang adem ya tu baju.

Hebat elu ngurus 2 bocah tanpa BS. Ternyata emang ga ada BS sebenernya gue jg ngerasa bs survive. Cm capeknya emang ampun hahaha.

Once in a Lifetime said...

@ Ratu Sya bener... perasaan sih bisa buat diet tapi kenapa ya gua gak kurus2, kayaknya pelampiasannya capek jadi laper dan makan mulu deh huahaha... Kalau gua kerja titip ke hubby dan ada mbak juga meski gak spesial buat jagain Diaz.

@ Leony : Januari Le, haha telat amat ya postingannya. Iya, baju2 gitu adem dan kalau dicuci juga cepat kering. Haha.. tanpa BS tapi hubby dan mbak masih ada kok. Kalau benar-benar sendirian belom tentu sanggup apalagi gua masih kerja. Kalau emang ada BS yang bagus dan reliable mending dibantu dong:P

Arman said...

happy belated birthday diaz!!!
anak kedua keliatannya emang lebih banyak akal ya el.. sama kayak si emma. hahaha.

btw denzel pake IXL juga ya... itu ada lho yang buat preschooler jadi si diaz bisa ikutan juga...

Yulia said...

lu merk hachi gw merknya nova haha tergantung yg jual kali ya mo kasih merk apa. tp bentuknya sama persis, warna yg ada juga cuma kuning, ijo ama biru ... bener kannn??

haha dirimu juga enough is enough ama suster yaaa?? wah nyebelin ya sekarang, dah bayar mahal tapi tetep aja sakit hati. segala perkara mereka bilang ke depnaker mo diperjuangin haknya. kerja aja ga bener, hak dari mana coba.

Pitshu said...

ah lucu na liat kaka beradik kalo kompak yah :) hahaha... adik biasanya emang suka copy cat kek g dulu juga suka ngopi cici g, sayang kemampuan g lain ama si cici wakakakak :D
happy bday Diaz panjang umur sehat slalu, jadi anak yang baik yah :)

Mamana Clo said...

hahhaa.. mirip tuh kelakuannya sama bocah2 di rumah. apa karena sama2 boys ya?

Happy Belated Birthday Diaz :)

mamipapa said...

gw juga males kok, dua2 ada baby book tapi isi pas lahiran aja haahah, photo book nggak punya sama sekali yahh mentok2 cuma ada blog, tapi yg detail cerita clarissa kl conrad nggak gitu byk (skrg gw lupa loh setahun pertama kelahiran dia) mendadak amnesia bahkan di blog pun tak ada kisah setahun pertama hahahaah *miris*

Happy Belated Birthday Diaz, makin pinter, makin banyak akal, kesayangan koko papa mama dan selalu dalam perlundungan Tuhan... Amin..

demen gw liat foto punggung apalagi anaknya sejenis hehehe

Once in a Lifetime said...

@ Arman :Thanks, Man. Haha.. betul. IXL kemaren masih percobaan free sebulan jadi belom sempet explore yang preschool, malah gak perhatiin lho. Yang gua lihat mulai grade 1 ke atas kalau gak salah. Ntar gua lihat lagi deh.

@ Yulia : Iya mirip2 aja merek hachi, nova, libby dll Kayaknya sengaja gak ada pink deh biar cowok cewek netral. Dulu gua beli merek disco (kl gak salah) jaman Denzel baby, ada pinknya dan kudu wajib BELI!!! Jadi kalau beli 6 disempilin 2, beli 12 disempilin 4. Sebel kan, jadinya pakai pink tuh dan kalau ke taman sering disangka baby cewek haha..

@ Pitshu : Gua juga suka copycat cici gua Pit, tapi dia dan teman2nya selalu nganggap gua anak bawang :P

Once in a Lifetime said...

@ Xiao Yan : Sama ya haha... keliatannya sih Clo2 juga iseng, usil dan cerdas ya:)

@ Felicia : Kemaren gua lihat baby book lagi lho di Gramedia, terus maju mundur beli atau nggak. Secara yang Denzel aja belom penuh haha.. Kalau mau bikin photobook di photobook Indonesia aja Fel, cepat dan praktis. Meski hasil dikirim dari Malaysia, pakai DHL dan 2 hari nyampai. Gak malal pula sering ada diskon.

Pinkbuble said...

Bener ya el kalo 2 anak itu 2 kepribadian yang beda walo pabriknya sama :)

ashleyprincess said...

happy belated bday Diaz.. GBU more and more ! ini progress report nya Diaz dah lengkap en detail loh el :) cuman fotonya masih kurang banyak :) Unik banget ya, biar koko ama dede tapi sifatnya bisa beda banget.. soal copycat, sama tuh ama ponakan gue yang seumur diaz, cowo juga, kalo lagi main ama eci, pasti 99% gaya eci diikutin, dari cara duduk, makan, nonton, sampe batuk pun diikutin haha.

Arifah Abdul Majid said...

Diaz pintar ya mbak, perkembangannya bagus :)
Salam kenal yah..

nilola24 said...

ahh...apalagi gue. udah males nyatet2. Sama nih kayak Amoy. Cemburuan sama koko Chris.

iya paling pusing urusan sama BS ya. gue udah ganti 9 kali untuk si Amoy. yang terakhir ini lumayan sih, semoga bertahan lama

happy belated birthday Diaz

Once in a Lifetime said...

@ Elrica : Iya El:) Meski tahu tapi kalau ngalamin anak sendiri jadi suka amazed hehe

@ Mey : Haha.. iya ntar lain kali banyakin fotonya deh. Ooo.. sepupu juga bisa niru ya, emang anak tuh copycat bener deh

@ Arifah : Makasih mbak, salam kenal juga:)

@ Tia : Hoho Amoy cemburuan juga ya.. 9x? Pasti pusing banget ya... mudah2an bs bertahan lama ya BS sekarang

Dewi Aja said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Post a Comment