Sunday, December 15, 2013

Batu Secret Zoo dan Museum Satwa

Dari Surabaya kita berangkat hari Minggu pagi dan sampai di Batu sudah siang. Impian untuk tinggak di Pohon Inn pupus sudah. Dari dua bulan sebelomnya udah gua incar tapi sudah terlanjur penuh lho..ckck. Tadinya gua masih kira strategi marketing, siapa tahu entar deketan malah ada kamarnya seperti kadang yang terjadi di hotel.com tapi nyatanya tidak. Eh setelah gua baca di kompas beberapa waktu yang lalu ternyata Batu sebagai tujuan wisata sudah menyamai atau melewati Bali lho. Kalau turis Bali 3,5 juta maka Batu sudah nyaris 4 juta orang per tahun 2012. Haisss ketinggalan nih ngunjungin Batunya:) Jadi makin penasaran ah, sebagus apa sih Jatim Park sampai orang-orang pada berbondong-bondong ke sini?

Akhirnya setelah gua baca di tripadvisor akhirnya pilihan jatuh pada Hotel Harris Malang yang masih kinclong. Sebagai guidance, kalau mau berkutat di Jatim Park sebenarnya enak tinggal di Batu, karena antara Malang ke Batu masih sekitar 30-45 menit perjalanan. Gua juga tadinya ngotot masih nyari villa sekitar Jatim Park tapi adanya cuma untuk malam pertama, rata-rata malam kedua sudah penuh. Bisa sih malam pertama di villa, malam kedua di Malang karena flight kita bukan dari Surabaya tapi gua pilih pulang dari Malang. Namun mengingat bawaan segambreng macam rice cooker, bahan masakan, pisau, piring Diaz dll, akhirnya kita niatin dua malam saja di Harris sekaligus.

Untuk bangunan, kamar dan kebersihan, Harris bagus banget, di atas ekspektasi yang hanya bintang 3. Harga juga sangat bersahabat, untuk dua kamar dua malam dapatnya 2 jutaan. Kekurangannya hanya satu, karena hari pertama kita bablas langsung ke Batu tanpa mampir untuk check-in terlebih dahulu, maka kita check innya jam 21an. Sebelum kita hanya ada satu pasang bule yang check-in juga. Tapi kita nunggunya sampai jam 22an lewat lho, gak ngerti sistem komputernya error super lambreta atau resepsionis yang masih kebingungan. Gua udah bete karena kasihan sama Diaz, masih untung request baby crib bisa dipenuhi meskipun cribnya berupa playpen (travel cot). Selain itu sih gak ada keluhan sih, malah pulangnya bisa naik shuttle bus free ke airport. Lumayan menghemat, karena tadinya gua masih pikir memperpanjang sewa mobil setengah hari untuk transportasi ke Abdul Rachman Saleh airport.

Hotel Harris Malang
Sesuai saran teman-teman yang sudah pernah ke sana, untungnya pula kita mutusin nginap dua malam karena ternyata banyak banget yang bisa dikunjungi, kalau cuma sehari alamat terburu-buru dan gak puas deh. Sebagai informasi ada Jatim Park 1, Jatim Park 2, Eco Green Park dan Batu Night Spectacular. Jatim Park 2 sendiri terdiri lagi dari Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Sayang seribu sayang gak ada waktu tersisa, kalau tidak rasanya masih banyak lagi lho yang bisa dikunjungi seperti Kusuma Agro wisata (bisa petik apel malang), taman rekreasi Selecta sampai alun-alun kota Batu sendiri.

Untuk tiket gua beli terusan Paket Sakti seharga Rp.150 ribu berlaku dua hari dan boleh keluar masuk sepuasnya di semua Grup Jatim Park plus BNS.  Nantinya kita dikasih gelang yang tahan air jadi gak ada alesan buat gak mandi hehe..  Menurut gua sih harga tiketnya sungguh amat worth it. Sempat bingung mau ke mana dulu, akhirnya mutusin mumpung cerah kita ke Secret Zoo dulu dengan asumsi museum satwa kan di ruangan tertutup jadi gak masalah kalau hujan.


Zoonya luas banget, lihat aja petanya

Kesan gua, Secret Zoo ini  bagusss. Binatang-binatangnya jauh lebih lengkap dari Ragunan (dahulu kala bawa Denzel). Banyak yang gua gak bisa terangin ke Denzel pas ditanya, contohnya binatang yang fotonya ditengah paling kiri, bentuknya aja perpaduan antara muka kelinci kaki kambing:P Terus ada belasan jenis monyet, aneka burung-burungan, reptil dll. Kandang-kandang juga bersih, tidak ada bau menyengat, satwa terlihat terpelihara baik. Banyak pula kandang yang dibatasin dengan kaca bening sehingga kita seakan-akan bisa melihat dekat tanpa kehalang jeruji. Terus bagus deh untuk nambah pengetahuan dan wawasan anak-anak maupun orang tuanya hehe.. Setiap jarak beberapa meter ada papan teka-teki misalnya gimana bedain loreng di kulit macan, harimau, cheetah dll.

Beli wortel untuk makanan Bona


A very happy boy

 Areanya sendiri luas banget dan terbagi bagi menjadi Savannah (khas binatang gurun), Tiger Land, Reptile Garden, Aquarium sampai pada Fantasy Land (Denzel mewek karena gak bawa baju renang)

Kecewa gak bisa main air
Tapi langsung terhibur hatinya begitu masuk Adventure Land, begitu banyak games dan semuanya free mau naik berulang kali sekalipun termasuk odong-odong hehe.. Jadilah pengalaman Diaz pertama kali naik odong-odong dengan muka bengong.

Habis banyak waktu di sini karena bocah besar histeris kesenangan
Area aquarium
Tapi favorit Denzel berikut ini dong, boleh pegang dan foto bersama aneka burung cantik

Serem juga paruhnya euy..

Diaz iseng amat
Karena areanya gede, gua sangat suggest nyewa e-bike. Kalau gak salah seratus ribu per tiga jam, tapi dijamin kaki gak pegel. Sayangnya karena hari itu hari minggu semua e-bike keluar padahal Denzel udah semupeng-mupengnya. Akhirnya gua janjiin dia besok aja kita sewa, dengan asumsi hari Senin pasti lebih sepi.

Keluar dari Secret Zoo kita masih nyempetin masuk ke museum satwa. Di sini bisa melihat aneka satwa tapi dalam bentuk replika dan bentuk yang diawetkan sampai fosil purba. Yang mengesankan tentunya replika T-rex dan dinosaurus lainnya.


Cute fisherman

Jo In Sung wanna be, mirip gak?
Habis keliling Museum Satwa, kita lanjut ke BNS.. duh udah panjang, bersambung ya:)

17 comments:

allaboutop said...

itu burung yang paruh na besar, kek na Denzel keberatan yah hahahaha ^^

Once in a Lifetime said...

@ Pitshu : Bener Pit, berat banget, gua sempet nyoba juga meski serem. Mana cakarnya sakit lagi kalau kena di tangan, tapi si Denzel mau sendiri burung yang ini, padahal kita saranin elang (gede juga sih):P

Arman said...

waaaa seruuuu..
gua sejak baca2 tentang jatim park dan batu secret zoo udah langsung pengen dah someday bawa anak2 kesana.
ngebaca harganya 150rb bisa ke semua tempat selama 2 hari?? gile bener.. murah amat!!!!

debby tondo said...

dulu gue cek in di harris bali juga agak lama...apa emang semua harris begitu ya?

kayanya emang gak cukup sehari ya untuk keliling2...banyak yg mesti dilihat soalnya hehe

Ratu SYA said...

oiya? keren banget ya bonbinnya? wawww...
btw, baby crib yang ini kok ga dipoto?
eh iya bawa rice cooker buat apa?

Mamana Clo said...

pengennnnn...
semoga tercapai kesana sebelom jatim park-nya rusak karena kurang perawatan hahhaaa...

Cyntha said...

wah mupeng nih pengen ke sana *_*

thecolorsofmylife said...

gw juga setuju harris hotel reccomended el, soalnya nginep di sana juga.
tempo hari ga ambil yang terusan, dan ga sempet yang explore sana sini, ga masuk bns juga cuma batu ceret zoo dan museum satwa aja.. itu aja udah kagum ternyata bagus juga dalamnya :D
semoga sih kedepannya selalu terawat hihihi.. soalnya so far yang yang jadi jujugan wisata jawa timur ya jatimpark 1 dan 2 ini..

Melissa Octoviani said...

dulu aku cuma ke batu secret zoo sama museum satwa doang... zoonya emang bagus ya ci... bersih, terawat, dan yg aku suka... lay out tempatnya tuh dibikin biar kita bisa ngeliat semua binatang...

mamie_funky said...

wahh ternyata bagus ya el disini...kapannn yah gua bisa kesana?

Angels said...

Waktu itu gua pergi yg di Bali. Ntar gua kesini kalo udah punya anak aja deh :)) sekalian aja hahaha.

Once in a Lifetime said...

@ Arman : Kapan pulkam, harus deh ke sini. Tapi jadi ragu euy, dibandingkan di sana pastinya jadi biasa-biasa gak ya hehe.. Yang pasti mah murah, ini belom lagi gua cerita ke BNS, Jatim1 dan eco parknya:P

@ Debby : Oh ya? mungkin karena gua beli dari third party booking. com kali. Jadi nyesel harusnya langsug aja ke hotel malah ada promo cc tertentu.

Kalau mau dipuasin malah 2 hari juga gak cukup deh, hmmm 4-5 hari kali haha

@ Ratu : Iya, karena check in udah malam2, gak mood lagi foto kamarnya. Rice cooker buat masak bubur Diaz, tante:)

Once in a Lifetime said...

@ Xiao Yan : Ayoo buruan haha.. Elo khawatir mengingat harga tiketnya ya? tapi Jatim Park 1 biarpun tua masih ok lah, yang pasti bersih meski cat2 dan beberapa wahana tampak usang.

@ Cyntha : Ntar June udah bisa ajay Aira dan Ryu lho:)

@ Ariany : Ooo.. sama toh. Tapi kayaknya elo gak bikin postingan soal Jatim Park ini kah? Kalau gak kan gua gak usah susah cari tripadvisor hihi..tinggal nyontek elo

Once in a Lifetime said...

@ Melissa : Eco park dan BNS bagus lho Mel, ayo pergi lagi hehe..*ngompor

@ Yance : Ya pasti bisa lha, wong yang jauh-jauh ke Beijing aja bisa family trip, ayo jalanin yang dalam negeri juga:P

@ Angels : Hehe bener ya Gel. Meskipun begitu bukan cuma anak-anak lho yang happy, ortu juga:) Ortu gua seneng dan terkesan tuh, mereka gak nyangka di Indonesia terus di kota kecil ada tempat wisata sebagus ini.

Fely Funakoshi said...

Wah seru ya batu screet zoo. G yang orang Malang asli malah belom pernah ke sunu. Hiks... Pengen sih, tapi belum ada kesempatan. Hiks

Once in a Lifetime said...

@ Fely : Oh, elo orang Malang? Sebenarnya deket banget tuh, tunggu Clairine gedean dikit bisa deh.

thecolorsofmylife said...

sorry baru bales el haha..
ada gw bikin postingan tentang batu secret zoo dan museum satwa doang sih, kalo jatim park 1 udah lama banget ga kesana :D

Post a Comment