Tuesday, April 30, 2013

Kecil dan Jelek

Sekian lama tidak posting, sebenarnya bukan karena sibuk oleh bayi tapiiiii....... Sebenarnya gak pengen cerita tentang makhluk yang menyebalkan ini tapi gua pikir mungkin ada manfaatnya sharing agar teman-teman bisa melakukan pencegahan dari awal dan tidak mengalami hal serupa.

Kira-kira awal bulan Maret kemaren, gua mulai mendengar meongan anak-anak kucing di atas plafon. Dari awalnya lirih makin hari makin jelas. Kedengaran paling jelas di atas kamar Big D. Sebagai penyayang kucing, gua khawatir kok kitty2 ini ditinggal emaknya kali ya? Habis suaranya mengenaskan begitu. Jadi, hari Minggu berikut gua panggil tukang langganan buat manjat ke atas nyari dan keluarin.

Kebetulan teman kuliah gua datang main dan gua diketawain karena panggil tukang segala. Katanya udah biasa kucing ngelahirin di plafon dan nantinya akan dibawa keluar oleh mama mia eh, mama meong. Masa? Gua baru ngalamin soalnya. Yasudlah, tukang langganan kita juga bilang gak nemu kucing maupun anak2nya. Gua minta lubang ke plafon di tutup, dianya bilang gak bisa karena kasau2 (celah antara genteng dan plafon) bermanfaat untuk cahaya dan ventilasi. Ok, mission aborted then.

Seminggu kemudian kitty kitty nan lasak mulai menjelajah dan anehnya ngendon tepat di pinggiran exhaust fan kamar mandi dalam kamar gua. Bukannya takut kalau gua nyalain lampu (otomatis dengan exhaust fannya) mereka malah mengeong gembira. Gua mulai khawatir tuh karena mereka kan loncat2 tuh sampai serasa ada orang di atas sana, bukannya makhluk nan mungil. Lompatan2 mereka membuat debu2 beterbangan turun ke kamar mandi. Gua juga mulai mikir nih kucing liar bawa parasit gak ya?? Cerita ke hubby, katanya sudahlah, nanti keluar sendiri. Percuma manggil tukang lagi., pasti naluri mak kucing membuat dia membawa buntut2nya keluar dulu dan nanti masuk lagi kalau si tukang udah pergi.

Seminggu lagi berlalu, dan gua mulai gatal-gatal dan bentol seperti digigit nyamuk tapi rasanya lebih pedes. Sebelnya gak keliatan apa yang menggigit. Gua udah curiga pasti serangga tapi diubek2 gak ada nyamuk, semut dsb. Sampai suatu hari gua histeris dong lihat ada sesuatu yang kecil, coklat melenting-lenting di atas kasur. Gak mempan dipotes juga (bener gak potes, kalau maksudnya mijitin sampai mati). Selesai potes gua buka telujunjuk dan ibu jari gua, eh si makhluk jago akrobat itu melenting  jatuh ke lantai dan kabur, mungkin sambil dah dah bilang terima kasih atas massagenya. Arrrghhhh....

Langsung gua sembari google2, sambil nyari2 lagi di lantai kamar, katanya harus langsung dimasukin ke minyak kayu putih. So begitu ketemu gua sirem minyak kayu putih dan ternyata itu adalah kutu loncat aka kutu kucing aka flea aka nama kerennya Ctenocephalides felis. Sempet berburu kutu2 jelek ini dan dapet beberapa. Khasnya adalah kaki belakangnya panjang jadinya bisa meloncat lumayan tinggi.


Esokannya hubby naik ke atas buat nyemprot baygon, naburin baking soda, naburin garam. Terus ditinggal beberapa jam. Pas masuk ke kamar mandi. Horrrorrrr.... ratusan kutu bergelimang di kloset mati, sisanya berkeriapan. Ih, merinding nih gua bayanginnya sekarang.

Kirain beres dong, eh malam itu penderitaan dimulai. Gua gak bisa tidur digigit puluhan biji di kaki. Kayaknya mereka mau balas dendam tuh. Sebelnya pertarungan gak fair, kalau sama nyamuk kan tinggal pake raket dan tepokan. Nah, makhluk ini bagaikan ninja, jurus menggigit tanpa bayangan. Hubby mulai kena tapi untungnya anak-anak belom.

Esokannya kita pindah ke kamar bawah (kamar tamu). Ternyata sama aja, si makhluk jelek itu sudah berinvasi ke seluruh rumah. Anehnya maid dan BS gak digigit lho, tanya kenapa? Gua masih maju mundur manggil pest control. Soalnya kan zat kimia dan ada baby yang masih sebulan lebih hiks..

Sampai akhirnya gua lihat si kupret hinggap di paha mulus little D baru gua histeris dan langsung menabuhkan genderang perang. Sayang banget biar udah menghiba dan memelas, si Termini* baru bisa datang tiga hari kemudian  karena fully booked. Tiga hari nan sengsara, untungnya dua bocah masih aman.

Kita ambil paket aja, Jadi pertama general treatment dan nanti dua minggu dilihat perkembangannya. Pas survey ketahuan emang sumbernya dari kucing di atas. Gua langsung minta tukang nutup kasau2, nutup lubang exhaust fan (exhaust fan disingkirkan) kamar mandi gua dan kamar mandi Big D. Si tukang nyengir2 malu lantaran dia juga digigit ratusan kutu di atas pas kerja. Anehnya dia dan maid biarpun digigit gak ada bekasnya sama sekali. Kalau gua bekas sampai sekarang hiks.

Pas treatment biar kata cukup dua jam menyingkir dari rumah, kita putusin sewa apartemen deket rumah. Pas pulang besok masih cukup menyengat lho, jadi rasanya itu keputusan yang tepat. Repot juga karena gua simpan semua peralatan masak ke dalam lemari, pas pulang gua suruh cuci lagi semua termasuk piring, gelas dsb. Lantai juga dipel dua kali karena berminyak jadinya.

 Dan percayalah, kutu2 itu tidak menyerah begitu aja. Malah setelah penyemprotan pertama, gua nemu si kutu hinggap di leher big D yang lagi main2 di lantai. Arrrgggh, gua periksa kakinya mulai ada gigitan, juga beberapa di punggung. Nightmare... Untungnya dia bilang gak tll gatal. Beda ama gua dan hubby yang udah kayak pasangan Sun Go Kong, sibuk menggaruk sana sini. Gatalnya beda lho ama gigitan nyamuk, biar kata udah nahan diri gak garuk, gatalnya bisa bikin kita gak konsen ngapa2in, pikirannya hanya ke gataaaalnya aja. Sempet depresi jadinya, orang mah baby blues, gua gak elit banget kena kutu blues. Pergi ke mal, lihatin kaki mulus orang, gua mikir betapa beruntungnya!! Sempet mikir udah mau sewa apartemen bulanan tapi kok gak sreg ama yang pertama kita tempati itu.

Sebenarnya selain itu kita juga beli vacuum cleaner yang katanya lebih ampuh nyedot telurnya, bikin flea trap sendiri sampai bela2in beli lampu belajar. Menurut gua vacuum cleaner membantu amat sangat, telur2 yang gak mati dari penyemprotan akhirnya berhasil kita singkirkan . Sehari dua kali di vacuum. Dan sampai penyemprotan ke tiga ini,  kerajaan kutu dan generasi2nya bisa dibilang sudah musnah:)

Bener-bener pelajaran yang mahal, kaki gua sekarang juga masih hancur lebur penampakannya penuh flek2 coklat meski udah pakai krim dari dokter kulit. Gua sempet hitung ada 40an di kaki kanan dan 20an di kaki kiri. Setelah itu hubby tanya, masih mau pelihara kucing? Masih suka ngasih makanan ke kucing liar? Hiks... waktu hamil kemaren emang gua sempet ngajuin adopsi anak kucing Persia yang dipasang fotonya di pp teman, tapi ditolak mentah2. Gua jawab kan bukan salahnya kucing, ya kan? Dia juga gak mau dihinggapi kutu. Perumpamaannya kalau ada pasien yang kena hepatitis atau apa aja, kan kita sembuhin, bukan kesel ama orangnya. Hubby jawab kalau gitu ntar jangan suruh dia nepok lalat lagi, kan kasian, dia juga gak tahu kakinya bawa kuman... Huhhhh,sebeeel kalau argumen ama dia, kalau udah gak bisa bales biasa gua jawab dengan cubitan. Rasain, ibu mellow dilawan!

Blessing in disguise sih, kamar sekarang pakai vacuum ternyata jauh lebih bersih dan seger. Little D yang sedari lahir suka meler ternyata kata DSA alergi debu dan sejak kejadian ini gak kambuh2 lagi alerginya. Dia juga satu2nya yang kulitnya mulus gak digigit dari awal sampai akhir.

Awas kalau berani datang lagi!!! #bayi preman



33 comments:

ceritabendi said...

Gue bacanya jadi gatel sendiri *berasa ada yang ngerayap2 di kaki*. Di rumah nyokap dulu sering tuh anak kucing gedubrakan di plafon, thanks God ga pernah sampe di invansi kutu.

Arman said...

haduh serem banget ya el... gak pernah tau gua kalo kutu kucing bisa begitu banget. mana ini si emma suka main ama kucing tetangga pula... jadi serem gua...

Mamana Clo said...

ya ampun serem bener bisa kena serangan kutu kucing.. bersyukur sekarang udah bersih ya.. semoga kedepannya ga kejadian lagi..

Lucunyaaaa little D :)

Once in a Lifetime said...

@ Di : Sampai sekarang gua kalau digigit nyamuk atau gatal dikit juga masih parno takut kutunya ada lagi. Mungkin gak ada exhaust fan, jadinya even ada kutu pun gak bisa invasi ke bawah.

@ Arman : Yang banyak kutu biasa anak-anak kucing liar. Anak kucing karena mereka belom mahir menjilat atau 'mandi'. Terus kalau Jack Jack kan peliharaan ya? Biasanya kan tiap ke vet dikasih obat kutu atau collar anti kutu. Jadi gua rasa masih amanlah si Emma. Gua waktu kecil pun suka banget ama kucing spt Emma. Kalau lagi makan ke rumah makan bukannya makan, gua sibuk ngelempar isi mangkok gua ke kucing2 yang berkeliaran.

@ Xiao Yan : Iya, amit2 jangan kejadian lagi. Makasih auntie:)

Melissa Octoviani said...

serem amat ya, aku ampe berasa gatel2 sendiri bacanya hehehehe.

aku baru tau kalo kucing mau ngelahirin kudu di plafon gitu. di rumahku yg lama juga suka ada suara kucing sih di atas, cuma ga ampe banyak kutu gitu. moga2 ga nongol2 lagi ya.

mamipapa said...

ehh sama kaya gw sama clarissa kena pas sebelom sincia sampe skrg masih ada bekas hitam kecoklatan tak sedap...anehnya cuman gw sm clarissa (atau malah untungnya) gw cuman di kaki byk bgt, paha dikit sama betis...clarissa bo sebadan...

kirain alergi bukan, kaligata juga bukan...kata dsa jemur kasurnya sama setrika kasurnya...semua kasur gw jemur + setrika, sedot debu, ganti sprei...

dsa bilang binatang tak kasat mata, cerita loe soal kucing gw baru ngeh di plafon kamar tidur sama kamar mandi juga suka berisik gruduk2 loncat2 sama ngeong2 pdhl gw gak ada exhaust apa dia runtuh lewat celah plafon sama dinding yah jd ada bagian yg retak tempelannya trus sering kretek2 gitu turun kaya serpihan debu gw sampe bohwat

bahkan waktu itu beranak anak kucing (kok sama yah) trus anak kucingnya ngeong2 gitu deh berisik bgt dr atas plafon dibawa turun ke bawah tapi ngendon aja dong di sebelah jendela jadinya makin berisik wakakakak...akhirnya sama FIL di gotong ke jalanan di buang...tapi balik lagi, padahal gw gak pernah kasih makan kucing (jgn pernah kasih makan kucing liar sekalipun soalnya bisa balik lagi trus elo dianggep tuannya)

skrg sih udah nggak gatel lagi tapi yah bo dr sincia sampe skrg kagak hilang2 walaupun warnanya udah busuk, tadinya kan merah menantang semua...ujungnya bisa meletus keluar cairan (elo punya gt gak)udah mau 3 bln neh dan gw masih merinding bayanginnya hahaha...ferry kaga kena, conrad juga gak kena..

dulu gw piara anjing, gw tanya apa bener piara anjing bisa bikin susah hamil, trus kata drh yg bikin tokso plasma itu kotoran kucing liar sama burung trus ketiup angin jadi yah gitu deh penyebaran virusnya hehehe...

komen gw jadi panjang...loe ngungsi apartemen gw tetep disini hahaha...

semoga cepet sembuh yah semuanya, amit2 jangan sampe kita kena lagi "penyakit gak elite ini" hahaha

limmyhl said...

duh el. gw baca sambil ikutan garuk2 jadinya.
skrg kondisi rumah udah aman blom?
untung si ganteng big D dan lil D ga kena gigit yah.

kalo gw berdua suami sih bukan pecinta hewan. plg anti miara hewan hehe

debby tondo said...

gue bacanya sambil takut2 kalo elo pasang foto kucingnya karena gue geli sama kucing T_T

untung yg kena big D gak separah elo n hubby ya soalnya kebayang bgt kalo gatel2nya kalo org dewasa, kasian :(

semoga bekas2nya bisa mulus lagi :)

nyonyakecil said...

hii gw baru tau semengerikan itu wabah kutu kucing. dulu mami gw piara banyak anjing dan mereka jg punya kutu-kutu tapi rasanya kutu-kutu itu cuman nyerang anjing dan gapernah gigitin kita, jugak gak loncat-loncat. Brati kutu kucing lebih mengerikan yaa
Muga2 rumahmu cepet bersih ya Lis

nyonyakecil said...

elss, tnyata kt belon tukeran link ya. ijin dulu taro link mu di blogku yaah :D

Pucca said...

Hiiihh mengerikaaann..kalo gua diposisi lu pasti udah stres ga ketulungan..jd emang masalah mah pasti ada aja ya.
Gua taunya kutu anjing yang gemuk2 gt gampang dipites jg koit..tyt kutu loncat ini susah dibasmi smp kudu panggil termi*ix sgala udah kaya rayap aja..

Jadi kucing anak beranak itu udah pindah dr plafon el? Smoga gak datang lg ya..plafon gua jg pernah berisik tp kaenya tikus.

Yg bikin kutu mati itu baygon+baking soda+garam ya.kalo baygon doank gak mempan ya el?

eny said...

Ya ampun el, ternyata sampe separah itu ya? Sampe merinding gw bacanya. semoga si jelek itu ga datang lagi ya... takut dia sama si bayi preman, hehehe...

Btw gw juga baru beli vacuum cleaner yg bisa sedot tungau di kasur bbrp bln yg lalu gara2 misua jg kena infeksi paru. Dan ternyata emang ngefek ya. Anak2 dan misua ga batuk lg sejak beli vacuun itu sampe sekarang. Udara juga jadi bersih. Abis vacuum alatnya bisa buat bersihin udara dgn aromanterapi. Seger deh.

Leony said...

Geezzzzz... Serem bangeeettt. Tapi gue sama kayak elu, sangat sensitive sama apapun yg kena kulit. Bisa gatel tak terkira, atau bertanda ga hilang2. Digigit semut bako aja gak hilang tandanya sampe skrg nih, udah dr pas hamil! Grrrhhh...

Syukur deh, ternyata ada berkah juga ya, gara2 vacuum cleaner malah baby gak alergi. Dooohhh baby D lucunyaaa!

Felicia said...

Kutunya lumayan gede juga ya El...jadi dipotes doank ga mempan yah, kirain kek kutu rambut gitu yang dipotes2 udah mati. Serem juga yah...sampe parah gitu, gw yang baca aja kebayang puyengnya.

AdeLheid said...

Gw kmrn sempet post soal gatel2, curiga jg ama kutu kucing soalnya kutu kucing tu ganas ya bekasnya susah ilang... Tp ini yg diplafon entah kucing atau tikus ga ketauan... Jadi akhirnya mikir klo digigit semut d. Trus untung obat dr jpn yg biasa gw pake ud dateng, dalem semalem lgsg kempes & ga merah2, lega deh. Moga2 tu kutu ga balik2 yaaa....

nattever said...

aahh gua bacanya ampe merinding, foto lu gw gedein penampakannya gak gitu jelas el, gw sampe googling buat liat gambar gedenya, buru2 gua tutup lagi ih sereemm ya..

gak gua sangka bisa menggigit sampe gitu loh..

gw gak gitu suka ama kucing, jd gua gak pernah pengen piara kucing, apalagi setelah tau skrg ternyata kutunya nyebelin banget..
moga2 itu kucing dan klan nya gak balik2 lagi ya
si little D montok bangettt

funnynlovingfamily said...

smoga lekas ilang yah tuh bekas gigitan kutu nya.
syukur lah Big D dan Little D gpp...

Tetangga gua dulu di Ponti, piaraan kucing, kucingnya ikut dia tidur lagi, dan kucing nya sering ngelayapan ampe rumah gua, untung nya sih gua orang gak pernah ketepa kutu.

Dulu gua piara hamster, itu aja uda takut kalo kena kutu atau virus, sekarang smua uda distop pas merid

daadaachan said...

Ya ampun El, ga kebayang itu kutu kaya apa. Gua bacanya sampe gatel2 juga. Mudah2an ga ada kejadian kaya gitu lagi deh. Digigit kutu itu emang bener2 pedes yah gigitannya. Abis itu bentol2 lagi, coba pake minya angin, bisa ga?

Ratu SYA said...

syerem banget ya , mangkanya sedari dulu gua mah ogah piara binatang. waktu kecil soalnya gua juga pernah kena kutu anjing... tapi satu doang

Once in a Lifetime said...

@ Melissa: Kalau kucingnya hanya jalan2 di atas genteng dulu jg suka dan gak masalah jg.

@ Felicia: astagaaaa.. Kasian Clarissa ampe sebadan2, dia tdr di bawah ya? Kaki kanan gua lbh byk dr kiri krn gua tdr di sisi ranjang kanan dan hubby sebaliknya. Gua yakin elo jg digigit kutu kucing deh, ujungnya emang ada lenting kecil isi cairan tuh.

Cuma elo invasi kutunya dikit mgkn bener turun dari celah celah retakan plafon jd kalian gak sampai lht wujud si kutu, lha gua kan ada bolongan exhaust fan gede jd mgkn jumlahnya ratusan.

Cukup seumur hidup sekali ini deh kita kena haha...

@ limmy: udah, lim. Akhirnya hehe..

Once in a Lifetime said...

@ debby : haha.. Kucing kan manis dan cute deb? Tapi gua jg punya temen yg takut banget ama kucing. Kalau ketemu kucing kecil sekalipun dia bs teriak2, :)

@ nyonyakecil: kata hubby yg pernah pelihara anjing, kutu anjing mah gede2 dan bener tuh jarang gigit. Silahkan, gua jg ijin psg link ya ntar kalau udah sempet buka laptop, kl dr ipad kyknya gak bs pasang link ya?

@ viol : hasil searching biar lebih afdol pakai semuanya itu. Kl garam dan baking soda biar kutu2 mengering. Gua pikir yg lolos atau yg kmdn netas bs ikutan mati. Asal tahu telur2nya bs tahan 2 thn lho, ntar kl ada mangsa ( getaran akibat lankah kaki) baru dia netas lg, syereeeeem kan?

Once in a Lifetime said...

@ eny: iya, udah lama gua pengen beli tp mikirnya yg make kan art, tkt gak awet? Elo beli yg rainb*wkah bs aromaterapi segala? Gua suka sewa aja kalau yg itu buat bersihin kasur, hbs mahal kan? Punya gua skrg bs juga buat kasur tp saringannya msh filter bkn air. Terus utk kasur pasang 2 lapis protecor, yg satu bawaan dan hbs lahiran beli yg waterproof. Lmyn kl big D loncat2, debunya gak ngebul lg:)

@ leony : emannng, kl hubby digigit cm nyamuk gak berasa dan cm setitik, gua bs gateeeel banget dan bentol besar. Thank you auntie:)

@ felicia : gak bs dipotes lho, krn kulitnya tebel. Biar diteken pake tenaga dalem tetep aja loncat lagi.

Once in a Lifetime said...

@ inge: gua jg akhirnya dikasih salep ama dr kulit, tp mempan di hubby, kurang di gua. Dia blg gak gatel lg dan merahnya berkurang. Gua biarpun merahnya berkurang masih guaaatelll banget.

@ natalie : huaaa jgn jd benci am kucing ya, nat hiks. Biasanya kutu hanya pd anak kucing baru lahir kok atau kucing yg daya tahannya kurang.

Makasih pujiannya, auntie:)

@ yenny : kucing dewasa sehat jarng berkutu yen, soalnya mereka kan 'mandi' alias jilat2. Kalau hamster gua kapok pernah digigit jarinya.

Once in a Lifetime said...

@ linda: awalnya gua kasih balsem lin, malah jd vesikel melendung kyk cacar air, cpt2 ke okter kulit deh. Iya, jgn sampe kejadian lagi deh

@ ratu : kl peliharaan dan diem di rumah trs imandiin mungkin gak pa pa mbak, jgn kapok ya hehe:)

Candela said...

Aaawww... Halo, salam kenal!! Begitu nyampe langsung disambut foto bayi luuucuuu.... gemes gemes gemes!!

Eh kok ngeri sih? Tapi itu berbekas ga??

Journal Mommy Yenny said...

Hi El, waduhh..di sekitar rumah juga ada beberapa kucing liar
trus demen banget tidur di teras gue, padahal sering diusir lho..
kita sekeluarga juga geli ama kucing sih..tapi kalo di anjing bisa kutu gitu juga gak ya? atau beda spesies kutu?
Anak2 dah mulai minta pelihara anjing, tapi gue yang belom mau.
Bisa dibayangin, ntar mereka cuma ajak main aja, yg ngurusin tetep gue >,<!

Belzy said...

Astaga gue baca nya ampe ikutan gatel el. Emang nyebelin ya kutu itu. Gue emang plg ga demen piara2 binatang el, mo kucing kek anjing kek, gue sih uda kebayang aja ngurusin nya, blom lg kalo kutuan....hiiiyyyy.

Little D lucu bangetttt, cakep ih kayak big D. Posting foto banyakan dong el :)

Belzy said...

Astaga gue baca nya ampe ikutan gatel el. Emang nyebelin ya kutu itu. Gue emang plg ga demen piara2 binatang el, mo kucing kek anjing kek, gue sih uda kebayang aja ngurusin nya, blom lg kalo kutuan....hiiiyyyy.

Little D lucu bangetttt, cakep ih kayak big D. Posting foto banyakan dong el :)

th3sea said...

ouw... belum lama paman gua juga cerita begitu. bermula dari kucing beranak di rumah dia sampe terus sekeluarga kena serangan kutu.
thx for sharing el... gua jadi bisa lebih waspada sekarang.

Once in a Lifetime said...

@ candela : sampai sekarang masih berbekas hiks..

@ Yenny : beda spesies kok Yen. Anak2 tunggu gedean aja, kl udah bs bertanggung jawab gak masalah sih asal mereka bener2 sayang dan mau merawat.

@ Belzy : kalau peliharaan pasti gak sampai kutuan byk begitu bel hehe.. Hubby gak suka? Biasa kan org sono pet lover banget?

Once in a Lifetime said...

@ dessy : ada juga yang pengalamannya sama ya, iya des, tp jgn semakin takut ama kucing ya :p

Pinkbuble said...

ewwww....untung udah kebasmi! gw paling jijik deh sama kutu2an gitu..NOOOO!!

kartika said...

adooohh horor bener nih postingan...ada kucing boker di halaman blkg rumah bikin laki gua dendam,,,apalagi kalo ampe gini

Post a Comment