Tuesday, November 27, 2012

Sevilla part 2

Kelebihan lain dari Hosteleria del Laurel, hotel kecil tua Don Juan yang lain dan membuat kita makin mantap milih adalah jaraknya yang super dekat dengan atraksi wisata utama yaitu Katedral Saint Mary. Begitu belok dua gang, langsung deh keliatan Katedralnya:)

Katedral ini adalah katedral ketiga terbesar di dunia setelah St Peter di Roma dan St Paul di London, tapi secara volume, katedral ini terbesar di dunia. Terus keistimewaan lainnya yang membuat dia masuk Unesco World Heritage adalah usianya. Katedral ini adalah bekas mesjid yang drenovasi menjadi katedral setelah diambil alih oleh monarki Kristen abad 14. Selain itu makam salah satu orang yang paling dihormati dan dianggap pahlawan orang Spanyol yakni Christopher Columbus dimakamkan di dalam katedral ini. Tiket masuk katedral 8 Euro/ orang.

La Giralda yang sekarang menjadi monumen kota Sevilla juga tadinya minaret (menara tinggi yang biasanya ada pada mesjid). Minaret ini tingginya 95 meter dan terdiri dari undak2an lebar, bukan tangga agar muadzin yang mau menyerukan takbir dan  adzan bisa naik kuda sampai ke puncak.


La Giralda (menara yang di sebelah kanan)

Salah satu pintu katedral


Kota Sevilla dilihat dari Giralda

Sebagian dari katedral dari Giralda

Inner courtyard katedral yang penuh dengan pohon jeruk
 Cerita soal pohon jeruk, di tiap kota selalu bertebaran pohon jeruk di mana-mana. Tapi di Sevilla ini yang paling banyak, hampir tiap pojokan ada pohon jeruk dengan buah-buah jeruk orange ranum menggoda. Anehnya gak ada yang metik tuh jeruk, yang ada malah dibiarkan busuk sampai berjatuhan. Suatu kali di taman kan ada bangku yang kalau dipanjat udah pas banget buat metikin jeruk tapi apa daya hubby melarang keras, katanya siapa tahu ada larangan dan kita malah dianggap mencuri. Hiks..hiks jadinya sampai sekarang gua belom tahu tuh apa rasa jeruk Spanyol.
 
Pas pulangnya gua baru baca tentang tempat2 terhoror di dunia, salah satunya nyebut St. Mary terutama pojokan makam Columbus ini. Hiii.. untung bacanya setelah pulang, tapi pikir punya pikir mah gak serem ah, wong banyak turis hilir mudik foto2in makam ini, mungkin maksudnya malem2 kali ya, kalau udah sepi.

Columbus's tomb




Btw Columbus adalah tokoh yang dihormati banget di Spanyol. Hampir di semua kota kita bisa nemuin namanya terpampang di jalan utama, monumen, taman, patung dan sebagainya. Habisnya setelah kesuksesannya menemukan benua Amerika, Spanyol langsung berkembang menjadi salah satu negara terkaya dan terkuat di dunia lantaran hasil bumi yang bisa diambil di sana.Padahal mungkin bagi orang Indian, Columbus merupakan sumber petaka bagi mereka ya?

Lanjut dari Katedral, kita menuju ke Real Alcazar of Seville, nama keren dari Istana Sevilla. Sama juga spt katedral, arsitektur dasar bangunan dipengaruhi oleh Kerajaan Muslim dan dibangun tahun 1100an, bayangkan betapa banyak cerita romansa dan peperangan pangeran dan putri2 dari berbagai era sudah terjadi di sini...

Istananya sendiri bagusss, gua kan sewa tuh audio guidenya. Jadinya bisa santai ngikutin arahan dan sejarah istana mulai dari saat dibangun, saat peperangan, penambahan ruangan, taman dan sebagainya. Audionya juga keren dilengkapi dengan suara kuda2, latar belakang pembicaraan orang2 masa itu dan kadang tihta pangeran/rajanya. Jadi berasa idup daripada hanya dengerin tour guide spt biasa. Tadinya kita cuma nganggarin waktu paling lama 2 jam di sini malah molorrr sampai hampir 5 jam, rasanya sayang kalau udahan, pengen lihat semua taman2 yang ada tapi akhirnya gak kesampaean secara taman2nya banyak bener. Ini hanya sebagian yang berhasil difoto :




Arsitekturnya mantap


Salah satu taman





Foto-foto di Alcazar ini sebenarnya banyak banget, tapi gak mungkin bisa diposting semua. Jadi gua pilih2 yang lumayan representatif aja ya.

Berikutnya jalan kaki lumayan tuh, nyampe ke Torre de Oro (Gold Tower). Ini adalah menara yang didirikan dari abad ke-13 dan pernah berfungsi sebagai penjara, menara pengawas militer dan sekarang sebagai museum maritim.  Konon atapnya terbuat dari emas murni.


Kita boleh naik ke atas, agak2 serem karena anginnya kenceng tapi pemandangannya lumayan bagus, bisa lihat Alcazar secara lebih jelas.

 

Terus sedikit tentang adu banteng. Meski para penyayang binatang banyak yang menuntut agar adu banteng ini ditiadakan, yah namanya juga masih kebudayaan dan masih banyak yang suka nonton jadinya tetep ada tapi hanya di kota tertentu di Spanyol termasuk Sevilla. Gua sendiri sudah pasti ogah nonton, rasanya kasihan aja lihat banteng dipermainkan emosinya dan dibantai untuk kepuasan siapa? Tiketnya juga mahal banget katanya bisa lewat sejutaan untuk tempat duduk yang enak baut ngeliat, tapi misalnya diberi gratis juga tetep gak mau. Hubby masih mikir2, tp syukurlah adu banteng tersebut baru dimulai bulan April, jadinya emang kita udah ditakdirkan untuk tidak nonton:)

Tempat adu banteng




6 comments:

Leony said...

Waahhhhh bagus banget nget nget nget nget! Ampun itu palace sama gerejanya... ruar biasaaaa... Kapan ya gue bisa main keliling Spanyol (celingak celinguk antara mertua dan nyokap, siapa yang bisa dititipin huahahaha).

Oh iya, soal taneman jeruk ituuuu.... Kayaknya belum tentu jeruk loh El. Pas gue ke Turki kemarin, pas masuk spring kan, banyak juga pohon jeruk di jalan bertaburan. Gue tanya sama guidenya, kok ga ada yang ambil, terus katanya ternyata itu jenis jeruk yang memang gak bisa dimakan, dan agak poisonous gitu, cuma bisa diambil oilnya aja... *lupa tapi namanya apa*. Mungkin itu jenis jeruk yang sama.

Journal Mommy Yenny said...

Foto-fotonya bagus banget ya, El..
sayang wkt dulu masi sering ke Spanyol taunya cuma kerjaaa aja. Gak ada waktu lain jalan2..hihihi..*lirik2 suami, berharap diajakin jalan-jalan ke sono* :D

Arman said...

ngiler ngeliat foto2nyaaaa...

Once in a Lifetime said...

@ Leony : Jeruk sih jeruk Le, tp spt elo bilang kayaknya kagak bisa dimakan deh habis gua searching2, pantesan aje gak ada yang iseng metikin sampai dibiarin membusuk. Tp katanya buat aromatherapy juga tuh. Haha.. tunggu anak gedean, elo angkut sekalian deh kalau gak ada yang bisa dititip.

@ Yenny : Iya Yen, elo kan sering melanglang buana ya? Emang gak bisa ya extend bareng sehari dua hari buat jalan2 hehe.. Kan sayang udah habis waktu di jalan sedemikian lama:P

@ Arman : Iya, gua pengen lagi nih ke Spain.

Pucca said...

itu siapa yang baju merah di istana sevilla hihi..
yah sayang sekali lu gak metik jeruk spanyol, kalo enak kan bisa bawa bijinya trus tanem disini el..
iya setuju bagi spanyol columbus pahlawan tapi bagi bangsa indian pasti columbus adalah malapetaka. adu banteng serem ah, kasian bantengnya, bahaya juga kan ya, kadang bantengnya bisa lepas trus seruduk2 orang di jalan kan ya?

Once in a Lifetime said...

@ Viol : Haha.. putri nan cantik dong, lihat aja:)
Kalau yang bantengnya dilepas di jalan ada lagi Vi, tapi di kota laen di Spain juga, setaon sekali. Ada yang milih sewa tempat di balkon yang mahal atau kalau mau free ikut lari dikejar banteng dengan ancaman pantat bolong haha.. Gua sih makasih2 deh. Gak tertarik uji adrenalin yang mengerikan begitu.

Post a Comment