Thursday, May 17, 2012

Kuliner Bangka


Gua sebel banget, kenapa ya udah beberapa kali gua komen baik di fb ataupun di blog teman2 keluarannya link funny photo dari fb?? Padahal gak pernah pake ataupun like apps itu. So buat teman2 yang tahu2 gua komennya yang aneh2 begitu spt Felice, Xiao Yan, Yulia dsbnya, maapkeun dan plis abaikan aja, gua juga gak ngerti, apakah lagi kena virus, hacked or yang lain. Untuk sementara gua kayaknya  gak berani komen apa2 dulu deh sampai ketemu masalahnya. Any suggestions gimana cara ilanginnya? Cukup ganggu soalnya, krn spt kemaren gua mau message yang serius misalnya ke temen yang anaknya sakit cancer jadi mikir2, masakan  message gua keluarnya  link lucu2an, bisa ngamuk dia, mana gua gak  bakal bisa telpon dia untuk mengclear masalah. Karena  kemalangan belom berakhir! pas iphone lawas gua diupgrade beberapa hari yang lalu, meskipun udah diback up, masa semua kontak hilaaaanggg! Nangis bener.. baru sadar ternyata gua cuma hafal sedikit no hp keluarga, pas mau telpon mama gua, gua sempat bengong lama buat inget2nya. Entah kedua hal itu berkaitan gak, apa laptop ini udah minta dipensiunkan?

Habis cerita2 yang ngeselin, mending kita lihat foto2 yang menerbitkan selera aja deh:P

Inilah yang gua makan selain lunch hari pertama di Resto Biru Laut, buffet dinner di hotel dan breakfast keesokannya di hotel juga.

1. Martabak
Kalau di sini, sebutnya martabak doang haha, bukan martabak Bangka. Yang unik beberapa penjualnya ditemani oleh anak-anak mereka yang masih kecil lho. Bahkan konon kata guide lokal kita, ada yang baru berumur 8 tahun udah jago bikin martabak. Stand yang kita datangi juga begitu, yang bantuin bikin martabak anaknya yang paling berumur 12 tahun, tapi jago bener dia meracik2 bahan terus menuangkan sampai mengangkat dan memotong2nya ke dalam kardus. Kita beli yang rada jarang, yakni jagung manis.



Rasanya sebenarnya enak dan gurih, tapi kita lupa bilangin dan gak tahu juga dia bakal naburin gula pasir padahal kan jagungnya udah manis ya (jagung manis del Monte), jadinya kemanisan deh.

2. Otak-otak
Letaknya hanya jarak beberapa rumah dari RM Bintang tempat kita pesan mie. Uniknya otak-otaknya selain biasa yang dipanggang, ada yang rebus/kukus lho. Terus cocolannya bukan sambal kacang tapi bermacam-macam saus termasuk sambal taoco. Enak yang panggang menurut gua.


Bermacam sambal

3. Mie RM Bintang
 Ini Mie yang antreannya sampai sejam lebih. Gua udah gak punya ekspektasi sama mie ini lho. Sebabnya udah kenyang banget ama segala dinner hotel, ditambah martabak, otak-otak. Belom lagi mie ini kan di take away dan kita baliknya udah lebih dari sejam sejak kita mesen. Kebayang kan mie kalau udah lama dan dingin kan lembek2 dan udah gak enak. Makanya kita cuma pesen 2 bungkus untuk bertiga Denzel. Ternyata ueeenaaak bener, gak boong. Indikatornya si Denzel rebutan sama kita sampai teriak2. Kita kan masing-masing nyisihin untuk semangkok kecil buat dia, ternyata gak cukup dan nagih lagi haha.. Sambalnya juga enak benar, tapi hubby lebih suka makan mienya begitu saja, sambalnya ada rasa taoco jg dan dia gak suka. Terus ada bakso-bakso ikan yang banyak dan seger bener, pokoknya highly recommended. Gua sering makan mie Bangka di Jakarta tapi belom ketemu yang seenak ini, ada yang tahu?



4. Mie Koba
Esokan kita minta diantar driver untuk lunch di  mie Koba ini. Kuahnya kaldu ikan lho dan cukup enak. Lucunya di tiap meja ada tumpukan telor rebus, ternyata kalau kita mau baru deh kita kupas telurnya dan campur ke mie.




 5. Es Anggrek
Habis lunch lanjut dessert es Bangka!! Tapi lihat di menu gak ada yang namanya es Bangka hehe.. ya iyalah, akhirnya minta direkomendasikan aja ama pelayannya es yang favorit. Namanya gua lupa tapinya:(

Esnya halus banget spt salju

Ada kacang merahnya









Esnya cuma pesan dua karena si Denzel dilarang minum es sama DSA (sinusitisnya kumat). Tapi mana tahan dia, dan mana tega kita huhu.. akhirnya sempat icip2 jugalah.

Tempat beli oleh-oleh kayaknya banyak bertebaran di Jl Sudirman



Setelah lihat foto2 di atas, ternyata wiskul gua cuma sedikit ya hiks hiks, artinya emang suatu saat harus balik lagi nih:)

28 comments:

Angels said...

wahh martabak nya pakai jagung manis, gimana tuh rasanya, penasaran ^^ disini kan belum ada tuh :D

felyina said...

Alamak, foto-foto makanannya bikin migren. Pengeeeen T_T

Melissa Octoviani said...

mienya keliatan enak deh, jadi ngiler...hehehe.

Tikka.hadi said...

iya, aku juga pernah thu temenku kasih setiap chat di FB ada link itu, aku sempet ngeklik dan pas comment di blog orang malah jadi bentuk link itu. Akhirnya aku apus smua cookie sama history sama cek virus, abis itu bener lagi ^^ semoga bisa membantu ^^

Leony said...

Wahhh... gue napsunya cuma sama bakmi yang RM. Bintanggg..... Esnya juga kayaknya asik ya yang kayak salju itu? Kalo lu doyan yg model gitu, di lampung juga ada, di RM Padang Siang Malam, arah dari Bakau ke Bandar Lampung. Enak gitu alussss esnya.

Mel said...

katanya di bangka asli gak ada martabak coklat kacang / keju yg kyk di pulau jawa ya? bener gak tuh?

mamipapa said...

gile napsuin banget makanannya, baru kmrn gw ajak ferry ke bangka nginep aston gara2 baca blog elo hahaha...gw blg mau makan enak.

th lalu mil gw ke bangka krn mau ceng beng mamanya (bonyok ferry org bangka) trus pas balik kemari bawa makanan banyakkkkkkkkkkk bgt, pas itu gw hamil muda conrad

ada biba panggang mantep bgt kulitnya garing2 haha gw mkn sepiring kecil aja, ada otak2 juga, ada fu kian kaya ikan di bungkus kulit kembang tahu (disini punya amis gw gak doyan) ternyata disana punya enak loh gak amis samsek..belom kerupuk2, mpek2...tapi gak ada es haha ngiler liat es elo..

veny said...

mie bangka ada yg skrg yg lg naik daun , g lupa namanya
trus oleh2 lu bli di Kartini or LCK ya ?
otak2 bukannya di depan gua Maria ?
sempet mkn di Asui ga ?
supirnya n mbl dpt dr mana El ?
sorry g bny tanya buat referensi kl jadi ntar g kesana ha3x

eny said...

Wuidih gua napsu bgt liat mie nya el. Iya kayanya mie bangka di sini ga ada ya model gitu. Duh gue jd laper liat poto mie lu tengah malem gini... Huhuhu...

Biasa dari bangka suka dibawain b2 panggang. Enak bgt kan. Kulitnya garing. Gleg! Nelen ludah lg deh

Once in a Lifetime said...

@ Angels : Sebenarnya enak Gel, bisa dicoba bawa aja jagung manis kalengan sendiri ke tkg martabak:) tp jgn dikasih gula lagi atau dikit aja karena udah manis kan jagungnya.

@ Fely : Haha.. masa migren Fel? perut kruyuk2 kali?

@ Melissa : Bukan cuma keliatan kok, Mel. Rasanya juga haha.. :D

Once in a Lifetime said...

@ Leony : Ampunn Le, kasih tahu yang enak tahu2nya jauh juga di Lampung. Yang deket aja di Jakarta napa?

@ Mel : Ada Mel, yang coklat/keju/kacang/pisang lengkap. Makanya pesen yang jarang di Jakarta aja.

@ Felice : Aduh, Fel. Tahu gitu tanya2 elo ya makanan apa yang enak di Bangka. Kita sebenarnya udah diajak beli biba panggang tuh, tp katanya harus datang ke sono sebelum jam 7 pagi karena pasti sudah sold out. Tapi lantaran yang lain pada mau ngejar sunrise jadi batal deh:(

Once in a Lifetime said...

@Tikka : Makasih Tik, gua udah coba hapus cookie and history. So far ngetest berkali2 di message fb masih sekali keluar link itu. Apa mgkn lantaran gua belom update antivirus. Tapi jauh mending drpd kemaren semuanya jadi link aneh. Ntar ah, coba komen di blog orang.

@ Veny : Ven, Mie Asui ama rm bintang sama gak sih *panik*, terus otak2 kok bisa dpn gua Maria. Gua Marianya dimana *makinpanik*. Terus biba panggang gua gak sempaaaat *sepanik-paniknya*.

Lantaran cuma 31 jam hiks, dan katanya ibu guide lokal kita, biba panggang yang enak itu gak buka toko, Ven. Kalau mau ke rumahnya pesan 24 jam sebelom terus ambilnya juga harus pagi2 sebelom jam 7 so kita batal krn mau ngejar sunrise. Mana sunrisenya ketutup awan pula:(

Oleh2 cuma beli di sepanjang jalan Sudirman, itu pun udah malem2 jam 10, gak ngerti deh Kartini or apa tadi?

Supir dan mobil waktu malam2 pakai dua, satu dari EO satu mobilnya guide lokal. Kemudian setelah rombongan RS lain diantar pulang ke bandara jam 10, EO seminar berbaik hati minjemin kendaraan dan supirnya buat kita so can't help much.

@ Eny : En, tambah lagi elo yang nambah penyesalan gua gak icip biba Bangka. Ternyata selama ini terkenal ya, kok gua gak tahu huhuhu:(

Felicia said...

Esnya bikin ngidam aja El....hiks...hiks...pengennn :p

Veny said...

@ Elisa mustinya lu tny2 AJNatz tuh yg org bangka n baca2 BLog dia .
RM Asui itu kan terkenal tengiri bakarnya . yg suka disebut2 maknyus , wajib dikunjungi tetamu dr luar bangka .
Mksd g di Bangka ada Gua Maria , kae Sendangsono , nah di deket sana ada tk jual otak2 bangka yg terkenal . g jg lom tau daerahnya mana , nti g baca Blog AJNATZ dulu .

Veny said...

oh iya babi panggang khas bangka must2 try .. itu mnrt g babi panggang paling enak ..sedunia ha22

bebe said...

Hallo..

Aduuuh foto makanannya bikin pingin deeeh.. hehehe.. terutama otak2nya tuh.. kangen banget pingin makan otak2 lagi.. T__T

Pucca said...

wah gua sampe ngiler juga mienya seenak apakah? cuma pernah pesen bapang sih gak ada mie hahaha..

gak papa2 imagenya jadi tukang makan el, kali2 besok2 kalo ada oleh2 makanan lu dibagi hihi...

gua blom pernah liat ada link funny photo, emang gua lagi jarang buka inet sih, apa mungkin laptop lu kena virus? kalo komen dari tempat lain begitu juga gak? kalo gak yah berarti laptop lu yang bermasalah el.

Anonymous said...

katanya bangka surga makanan enak ternyata beneran isinya makanan2 enak semua ya...kudu kesana nih nyobain *slurp* :)

Mamana Clo said...

liat gambar martabak jadi penasaran pengen nyoba bikin martabak lagi..

mertuanya cici di bangka jualan es juga.. tapi ga pernah nanya dagangnya dimana hehee..

bonnie said...

mbaaa, es yang gambar pertama very tempting yaaa...huhuhu, enaknyooo...

kartika said...

wah bisa gemuk kalo gua ke bangka hahaha...

Once in a Lifetime said...

@ Felicia : Haduh, gimana nih bumil jadi ngidam hehe.. Di sana gak ada yang mirip2 gitu,Fel?

@ Veny : Pernah baca Ven, tapi seingat gua dia banyak ke Sungai Liat kan? Gua di Pangkal Pinang doang. Emang kalau ada waktu harusnya menjelajah seantoro pulau, gua tunggu laporan elo yang lebih lengkap ya:D Masa sih Ven seenak sedunia, teganya teganya...

@ Bebe : Iya, be. Otak2nya maknyuss:)

Once in a Lifetime said...

@ Viol : Penggemar mie pasti bilang enak banget:)

@ Debby : Iya sebenarnya Indonesia ini surga makanan banget ya, hampir semua daerah punya unggulannya masing2:)

@ Xiao Yan : Bikin? Wah gua jadi tambah kagum ama elo. Gua kalau liat postingan orang ttg makanan pengennya beli bukan bikin hiks hiks. Kemarin risol, takoyaki sekarang martabak, kapan gua bisa icip2 hasil karyamu Xiao?:P

Once in a Lifetime said...

@ Bonnie : Ember bon, gua suka esnya yang kayak salju ituuu:)

@ Kartika : Kan gak lama2 Kar, pulang ntar baru diet:)

Pinkbuble said...

Ngiler daku El!!!

fabz said...

doc cobain mie gang singapur kudunyaaaa. bener2 haoce sincinping bikin guling-guling itu mie-nya. WAAHAHAHAAA.

veny said...

El g baru balik dr Bangka , ntar kl ga males rasanya g mau posting juga
mie RM Bintang tuh namanya Mie Akau buka sore sampe malem . emang enak . selain itu ada brp mie terkenal lainnya
trus otak2 yg lu mkn deket situ otak2 ASE ,
td nya g mau inep di Aston tp krn g dgr agak ke dalam letaknya g milih Santika .

Papoyz said...

mie RM bintang di jalan apa ya?
Jadi penasaran pengen nyoba ;p

Post a Comment