Tuesday, May 01, 2012

Gaudi Here and Gaudi There

Siapa Gaudi?  Dia arsitek jenius yang membuat banyak bangunan, taman, rancangan dan desain di  kota Barcelona. Gua juga baru tahu  habis baca buku-buku travelling menjelang  ke sini kok:P

Karya-karyanya  luar biasa bahkan bisa dibilang spektakular. Tapi tentu saja gak lepas dari kontroversial. juga Pasalnya dia tidak mengikuti kaidah2 arsitek pada umumnya. Sempat ke salah satu museumnya di Sagrada Familia, dia bilang dia juga heran kenapa sebelum dirinya, gak ada yang mikir hal2 yang menurutnya sederhana seperti gedung dengan lengkung, pergeseran bobot memakai pilar dsbnya. *gak mudeng bahasa teknik*

Gaudi ini banyak memakai ide dari lingkungan, ceritanya udah eco-living sebelom jamannya. kali ya Ada yang bentuknya terinspirasi dari pohon, cabang, dari kerang, dari terumbu karang dsbnya. Tapi karena sekali lagi baik desain dan aplikasi yang gak selalu praktis dan gak lazim, banyak yang dibangun untuk jangka waktu lama dan gak selesai-selesai.


Sagrada Familia
Inilah masterpiece Gaudi. Gereja ini mulai dibangun tahun 1882 dan baru akan selesai tahun 2026!! Bayangkan, 100 tahun setelah kematian perancangnya. Konstruksi sekarang berjalan berdasarkan rancangan asli Gaudi.


 Sayang gua gak punya lensa ultrawide so agak susah capture keseluruhannya

Facade lainnya

 the ceiling

U can see the pillars take  form of trees and branches


Sok merenung (padahal tengsin dilihatin orang berhenti yang nunggu mau lewat)

Baby Jesus
some other exterior

 eksterior : Judas's kiss

Passion of the Christ

Gua rekomen sewa audioguide dan take time untuk dengerin bener2 kisah tiap sudut gereja ini. Kalau selewat emang jadinya gak ngeliat tiap detail2nya yang bermakna.  Terdiri dari tiga facade (dunding luar) yang menggambarkan hidup Yesus mulai dari lahir sampai meninggal.

Kadang-kadang mendengar lagu rohani, hati bisa tergerak. Mendengar khotbah yang mengena, batin  bisa  tersentak. Tapi buat gua, ternyata  berada di  gereja atau katedral seperti ini rasanya kok mata ikut memanas ya? Ternyata Tuhan bisa menyentuh hati kita lewat media apa saja...

Casa Batllo


Dinding depannya terdiri dari potongan keramik, atapnya (gak tll kelihatan) bentuknya spt punggung dinosaurus/ naga. Pilar-pilarnya menyerupai tulang.

Casa Mila (la Pedrera)


 Facade dibangun dari batu dan bentuknya seperti gelombang laut dengan besi tempa bergumpal sebagai ganggang laut. Ini adalah bangunan sekular terakhir  yang didirikannya sebelom berdedikasi membangun Sagrada Familia.

Park Guell

 Bangku kreasi Gaudi menyerupai sea serpent



Sayangnya pas ke sini hujan, jadilah kita berkubang dalam lumpur dan air di banyak bagian yang masih beralaskan tanah. Tadinya oleh Guell, seorang pengusaha pada jamannya membeli tanah yang luas dan berniat menjadikan tempat ini sebagai kompleks perumahan mewah dengan rancangan Gaudi . Sayangnya hanya dua rumah yang dibangun karena tidak ada yang berminat. Akhirnya  tempat ini dijadikan taman dan aneka kreasi Gaudi bisa dilihat.

Palau Guell

c


Rumah milik konglomerat Eusebi Guell yang dibangun oleh Gaudi pastinya. Saat belum banyak yang memandang sebelah mata pada Gaudi, ceritanya Guell sudah terpikat oleh bakat Gaudi. Bisa dibilang ia yang pertama-tama berjasa memberi peluang dan modal pada Gaudi untuk merealisasikan desain2nya.

Pikir-pikir ternyata separuh atraksi wisata di Barcelona merupakan hasil karya Gaudi. Orangnya sendiri juga kontroversial. Sebagai seorang Katolik taat, ia banyak mendedikasikan waktunya di saat terakhir untuk membangun Sagrada Familia dan tidak menerima proyek lain. 

Ada yang menilai dia sebagai orang yang snob, arogan dan eksentrik. Yang gua baca di buku  saat ada penghuni mansion rancangannya mengeluh gak bisa nempatin grand piano mereka saking lantai  mansion itu gak ada yang rata, dia dengan cueknya cuma jawab, "Ganti aja main biola!". Di masa muda ia orang yang dandy, tapi justru berpenampilan seperti gembel di masa tuanya. Kematiannya juga tragis yakni ditabrak oleh tram. Karena penampilannya yang spt gembel itu, orang tidak mengenal dirinya sampai akhirnya meninggal keesokan harinya karena hanya mendapat terapi seadanya di RS. 

Dari puluhan karyanya, tujuh sudah dimasukkan dalam Unesco Heritage site termasuk yang gua sebut-sebut di atas. Gua rasa dia juga mendatangkan devisa yang tak sedikit untuk kota (negaranya). Harga tiket yang tak murah seperti 13 Euro (160K/orang) untuk Sagrada Familia dan 18,5 Euro (230 K/orang) untuk Casa Batllo tinggal dikalikan dengan jumlah wisatawan yang rajin ngantri bagaikan ngantri sembako.  Ngantri di Sagrada Familia juga pagi-pagi sebelum jam buka lantaran mendapat informasi dari pasien gua, bahwa waktu dia ke sana  datangnya siang, yang mana antrian udah mengular dan 2 jam baru bisa masuk. Busyet deh, kayak antri naik wahana di Dufan aja.

Meski begitu, tetap  beauty is in the eye of beholder. Picasso, pelukis dari Spain pernah mengejek Sagrada Familia sama sekali tidak masuk selera seninya, lebih condong ke Salvador Dali katanya. Sementara seorang  novelis, George Orwell  berkomentar bahwa Sagrada Familia adalah gedung terjelek di dunia yang pernah dilihatnya! Tapi  kenapa tetap aja jutaan orang datang ke Barcelona untuk melihat karya Gaudi, tak terhitung yang datang berulang kali. Menurut gua sih bagus, what do you think??

14 comments:

Pitshu said...

g tau na gaudi toko baju yang di jkt nich wakakakak :)
arghhhh gedung na cakep! hahahaha

Anonymous said...

menurut gue bagus banget, serasa ada di dunia lain kalo ngeliat karyanya Gaudi, unik!

fabz said...

Quote "..... ternyata berada di gereja atau katedral seperti ini rasanya kok mata ikut memanas ya? Ternyata Tuhan bisa menyentuh hati kita lewat media apa saja..."

Benbang bu dok, bener bangeuuut!

Yang aku denger juga gitu, completionnya bakal on 2026 pas perayaan centenary anniversary meninggalnya Gaudi, tapi dari yg aku di jelasin kok katanya Gaudi meninggalnya di dalem Basilicanya ya? apa itu Tour leader sok2 lebay2 ceritanya yg bikin kita bergidik2 amazed?

Journal Mommy Yenny said...

Menurut gue sih bagus
gue suka karya Gaudi walau harus ngaku, dia punya selera yang eksentrik
Menurut customer gue, Gaudi bikin Sagrada Familia maunya pake uang rakyat/donatur sukarela, dia gak mau pemerintah yg nurunin dana..makanya jd lama gitu kelarnya, selain emang designnya yg rumit. Bener gak gitu?

Once in a Lifetime said...

@ Pitshu : Iya baru tahu juga Gaudi ternyata nama arsitek, bukan perancang busana haha.. Tapi ternyata baru ngeh di Jakarta banyak paka nama2 Spain spt cordoba, sevilla sebagai type rumah atau nama kompleks perumahan tyt kota di sono:)

@ Debby : Bagus ya Deb? Elo pasti tertarik deh dengan penjelasan2 yang banyak ttg bangunan2 Gaudi. Sampai dibuat replika dan miniatur teknis2nya segala lho.

@ Fabz : Hehe.. elo jg ngerasain ya?
Eh, tyt elo jadi toh honeymoon di sono toh? Kalau completionnya bener thn 2026 pas perayaan 100 thn Gaudi meninggal. Tapi boong tuh TLnya.. jgn2 dia ngarang lagi meninggalnya ketimpa besi konstruksi wkwk:) Beneran dia mati ketabrak tram, tp emang disemayamkannya di salah satu chapel dlm Sagrada Familia.

Mamana Clo said...

gw termasuk orang yang ga ngerti seni jadi semua bagus-bagus aja hahhaa....

udah bela-belain dateng pagi, jadi ngantri masuk Sagrada Familia-nya berapa lama el?

Once in a Lifetime said...

@ Yenny : Bener Yen, quote Gaudi yang terkenal adalah, "My client (meaning God) is not in hurry". Makanya waktu meninggal, Sagrada itu belom seperempatnya dibangun. Selain cuma dari donasi, Sagrada juga sempat terhenti waktu perang saudara Spanyol. Sekarang dengan jumlah pengunjung jutaan katanya sih bisa lebih cepat jadinya. Btw kita bisa ngelihat arsitek2, designer dan teknisi kerja lho. Jadi ruangannya disekat kaca begitu. Ada yang lagi gambar2, bikin maket dsbnya. Very impressing!

@ Xiao Yan : Nama kerennya penikmat seni aja hehe.. Gua juga gak ngerti2 gmn kok, makanya tanya pendapat kalian.
Sempet salah antri, masuk dari entrance rombongan, terus muter ke pintu masuk yang lain ngantri lagi kira2 15 menit di bawah guyuran hujan (untung bawa payung).

mamipapa said...

wkt itu pelajaran estetika dosennya prof (dekan desain kita) gw sekelas debby hahaha...

begitu di ajarin soal gaudi sama bangunan2 yg dia buat langsung ngecess....gile keren banget & spektakuler (lgs berangan2 kapan gw kesana pas itu) hahaha

kl ngom gaudi sama arsitek/desain interior pasti pd tau soalnya ada mata kuliahnya sih dan gw cukup demen mata kuliahnya.

prof gw itu sampe blg sayang di indo gak ada arsitek yg spt gaudi, trus dia cerita bangunan apt & mall TA itu adopsi dari bangunan di amrik tahun 40 atau 50an gw lupa tepatnya..trus di beli sama kita dan di jadikan rancangan...dia blg bayangkan masa membeli rancangan tua negara lain bener2 bikin malu hehehe maklum prof itu type idealis & agak nyetrik..

wkt tugas akhir gw bikin rancangan sekolah musik + auditorium konser asistensi berkali2 sama dia soalnya takut gak lulus T_T masa2 itu...

Arman said...

wuiii detil bangunan gerejanya bukan main bagusnya ya... hebat banget...

Pucca said...

Elisa, langsung mampir langsung terpesona gua, lu jalan2 lagi ya, asiknyaaa *_*
Yah menurut gua sih bagusssss... si george orwell itu pasti blom pernah dateng ke sini banyak gedung yang lebih jelek wkwkwwk :P
Trus baca2 postingan sebelumnya, semoga lu udah cheer up ya, semua sudah ada jalannya, jangan berpikir yang bukan2..

Gua berandai2 nanti kalo gua kesampaian pergi2 ke europe seperti lu, gua bakalan bombardir lu dengan pertanyaan2 dan tips2 karna lu udah expert banget, beleh yaaaa :D

Once in a Lifetime said...

@ Felice : Oh begitu. Menarik banget ya kuliahnya! Kalau gua terus terang gak tahu ttg Gaudi sampai mutusin mau ke Barcelona. Cita2 gua pernah pengen jadi arsitek tuh, kayaknya menarik banget ya, bangun gedung mulai dari scrap. Terus suka baca Stars Shine Downnya Sheldon yang mana Lara Cameron jago bikin gedung.
Hah? TA itu dari jaman baheula rancangannya.. Ckck, gak kepikir kirain modern, tp after u mention it, emang lobi dan pintu putar utamanya mirip ya sama hotel2 di film kuno Amrik.

@ Arman : Iya, Man. Detail2nya buanyak banget dan rinci.

@ Viol : Iya udah cheer up kok:) Aiiihh tanya2 yang sebanyak apapun pasti boleh tapi gua bukan expert lho, ini pun udah banyak yang lupa, makanya buru2 direkam di blog dulu hihi.

bebek said...

siapa Gaudi?
arsitek favorit gw,....hehehehe
sampe gw rela beli buku khusus tentang dia,...dan gw pernah bikin satu paper tentang Gaudi juga :)

Leony said...

El, si Gaudi itu katanya dapet inspirasi Sagrada Familia ini dari Goreme Open Air museum yang di Turki... Tapi soal itu masih dipertanyakan, bener atau ngga. Tapi kalau diliat dari descriptionnya yang "menyatu dengan alam" rasanya sih bener deh!

Once in a Lifetime said...

@ Bebek : Ternyata banyak yang tahu tentang Gaudi ya, gak kayak gua yang baru tahu akhir2 ini:P Oh ya elo juga interior designer kan? Ntar kalau ke sana borong deh buku Gaudi ada puluhan. Kalau gua cuma timang2 aja,mau beli mikir berulang kali udah berat, mahal aje:)

@ Leony : Kalau di museum Sagradanya cuma diceritain si Gaudi ini kan dari kecil sakit2an jadinya gak spt anak2 laen, dia homeschooling ama mamanya yang bijak, belajarnya spt sekolah alam gitu dibawa keliling ke alam pedesaan dan hutan so makanya pas udah jadi arsitek dia terinspirasi oleh nature. Gak ada cerita ttg Goreme itu, tapi entahlah kalaupun iya gak bakalan Barcelona mau ngakuin kan hehehe.. Atau harus tanya teman2 blog kita yang tyt banyak ngambil desain, katanya ada mata kuliah Gaudi tuh:)

Post a Comment