Sunday, April 29, 2012

Barcelona



Porsi terbanyak perjalanan kami ke Spain kali ini dihabiskan di Barcelona. Gak heran, soalnya kota keempat paling sering dikunjungi wisatawan di Eropa setelah Paris, London, Rome ini ternyata indah dan penuh dengan atraksi wisata. Meski didera krisis moneter berkepanjangan dan tingkat pengangguran yang tinggi, kota ini masih aja semarak bagai gadis yang pinter bersolek.

Kami terbang dengan Lufthansa. Bukan karena pengen, tp mendadak Emirates yang biasa kita tumpangi pindah harga bok, soalnya  bukan naik harga lagi. Masa ke Praha kemaren masih 1000an USD ini mendadak ke Spain 2000an nyaris 3000 USD!! Padahal dibilang high season juga bukan..sigh! Meski dpt sponsorship tp gak enak hati kalau mahal begitu kan. Akhirnya antara SQ, Qatar dan Lufthansa paling terjangkau Lufthansa ini sekitar 1400an. Pikir2 emang ikut tour itu ekonomis deh, kadang harga tiket plus hotel aja udah seharga paket tur. Belom lagi makan di negara2 Europe mahalnya aujubile. Tapi balik lagi kepuasan jalan sendiri yang gak ada duanya. Kalau bisa dibilang candu, mungkin gua termasuk yang sudah addicted travelling.

 Kalau soal makanan dan flight in entertainment, Lufthansa ini kalah jauh ama Emirates. Enaknya transitnya di Munich after stop sebentar di Singapore. So bisa tidur nyenyak antara Munich- Singapore selama 13jam tanpa interrupted spt biasa kalau harus ke Dubai. Terus dari Munich kayaknya lewat perbatasan Switzerland-France dengan pemandangan keluar pesawat yang indah dan gak puas2nya gua pandangin dan foto2:) Maklum jarang lihat snowy mountains.



 Setelah terbang 16 jam tidak termasuk transit, akhirnya keesokan siangnya kita tiba di El Prat airport. Dari sana gampang pisan tinggal naik Aerobus seharga 5,3 Euro per orang  ke Plaza Catalunya (Placa de Catalunya). Plaza ini merupakan ujung dari La Ramblas, area kedua hotel kita. Jadi langsung aja tinggal geret koper sekitar 200 meter.

Seperti adanya Wenceslas square sebagai denyut nadi wisata kota Praha, Barcelona juga punya La Rambla (las ramblas) yaitu jalan dengan trotoar lebar untuk pejalan kaki. Di sini berkumpul antara turis, penjual souvenir, penjual bunga, pengamen, entertainer sampai pencopet dan penipu.

Kedua hotel yang gua dapat letaknya di jalan kecil yang masuk dari Las Ramblas jadi bisa dibilang tiap pagi malam kita pasti lewat di sini. Kadang sekedar beli wafle yang wanginya minta ampun terus duduk2 di bangku nontonin orang2 lewat. Untungnya juga udah baca tentang banyak penipuan yang terjadi di sini kita udah waspada aja kalau ada yang ngajakin main "Three cups and a ball". Jadi mainnya adalah dengan bertaruh dan menebak di mana bola diletakkan di bawah cawan kecil sementara posisi 3 cawan ini dipindah2in ama orangnya, Biasanya dikasih menang dulu kecil2an baru kemudian dengan permainan tricky dan curang taruhan kita kalau udah gede ditilep deh sama mereka.

Lucunya saking lamanya kita duduk2 sambil ngawasin mereka, akhirnya ketahuan kalau orang2 yang ngerumuni  sebagian besar masih anggota komplotan, soalnya pas ada polisi datang mereka kabur semua dan datang lagi setelah polisinya pergi. Ada  anggota kawanan  cewek2 yang pura2 ngomong broken inggris trus kasih uang dollar dsbnya trus pura2 jingkrak kl menang dsbnya :). Selama kita waspada sih gpp, mereka gak berani jambret atau malak kok, tp banyak penonton yang di pickpocket juga. Ada suatu  kali, salah satu anggota kawanan, seorang cowok dengan muka spt musang tiba2 nyamperin kita sambil teriak2 entah apa, gua dan hubby sigap pegangin tas masing2. Haha.. gak mempan dia membuat kita konsentrasi buyar.Besok2annya kalau lihat kita dia udah melengos, udah tahu kali nih dua turis udah telanjur paranoid:P

Sepintas cerita tentang warga Barcelona. Mereka  lebih suka disebut sebagai Catalan bukan Spaniard, emang sejarahnya mereka sempat mau merdeka dari Spain karena merasa berbeda baik dari latar belakang yang tdk pernah dijajah Moor sampai bahasa dan tradisi yang beda. Katanya sih kalau turis bisa berbahasa Catalan (in spite of Spanish) maka akan dilayani dengan sangat baik karena berarti sudah mengakui mereka. Lha wong Spanish aja gua udah tergagap gagap sembari nginget2 kutipan dari film Dora, gmn coba mau ngomong Catalan. Yang ada waktu gua coba bilang grasyuhhs dan bukan gracias, gua cuma dilihat dengan tatapan bingung oleh conciergenya  sambil dia  bilang..."Pardon, Madam?"  Huaaa, nyerah deh.

Terus  kebanyakan orang tidak bisa berbahasa Inggris di negara ini. Barcelona yang paling mending menurut gua karena kota wisata, tapi itu pun terbatas pada pegawai di hotel atau restoran yang sering melayani turis, selebihnya silahkan pake bahasa Tarzan..

Selintas night stroll di Las Ramblas


Hotel pertama yang dipesan dan bayar sendiri, Hotel Curious, meski hanya  bintang 2 tp harganya 95 Euro hiks. Lokasinya emang prime sih. Kamarnya sendiri kecil luar biasa, tp disebut2 sbg pemenang hotel paling trendi di tripadvisor. Rangkingnya # 10 dari 543 hotel di Barcelona.Foto kanan bawah diambil di Las  Ramblas.


 Esokannya dengan senang hati menggeret koper ke blok sebelah yakni Hotel 1898 (ranking#3 di tripadvisor). Peningkatan derajat soalnya ini hotel bintang 4. Sebenarnya hotel ini juga masih pilih sendiri tapi dibayarin dong hehe. Syaratnya adalah maksimal hotel bintang 4 dan budget tak lebih dari 5 juta/malam. Hotel 1898 ini sekitar 3 jutaan sih/malamnya.

 Dari luar aja udah keliatah bagus :






 

Ada dua kolam renang di hotel ini, yang outstanding dan digembar gembor di webnya adalah kolam renang indoor dengan warm water dan ada jacuzzinya :
Harap maklum foto2 hotel ini banyak, soalnya ini hotel terbagus selama di Spain, mana breakfastnya enak dan lengkaaap, udah mirip hotel2 di Asia:)

Balik ke wisata, jalan2 di Las Ramblas ada pasar terlengkap di Barcelona, namanya St. Joseph Mercat yang sudah ada sejak tahun 1836. Bukanya dari pagi sampai malam dan mayoritas makanan. Mulai dari Jamon Iberica Ham yang terkenal (dijual baik irisan maupun potongan utuh kaki bibanya) sampai coklat, jus, cabai dan bumbu2 sampai live seafood.
atas (depan pasar)
bawah : aneka manisan dan sate spanyol


 
searah jarum jam
suasana pasar
kaki biba digantung (jamon iberico ham)
aneka jus yang membuat gua teringat mangga dua
aneka coklat dan manisan


searah jarum jam
aneka telur termasuk telur burung unta ( putih besar)
aneka cabe kering (jangan heran makanan spain ada yang spicy)
lobster hidup
apa ayo???

Kalau dari Las Ramblas kita jalan lurus, ujung2nya laut yaitu Port Vell. Lumayan jauh jalannya mana cuaca tidak bersahabat, angin kenceng banget dan suhu udara drop sampai di bawah 10 derajat celcius.Terus ada patung Colombus dengan tiang tinggi. Kalau mau bisa naik ke atas Mirador de Colom setinggi 60 meter untuk lihat pemandangan kota. Btw di negara ini Colombus emang menjadi pahlawan, selain patungnya ada di mana-mana cerita tentang Colombus selalu berulang disebut. Yah, emang karena keberhasilannya menemukan Amerika dgn kekayaannya (meski sebenarnya  salah kira sbg India dgn akibat orang Indian dpt julukan Indian), ia bisa membuat Spanyol menjadi negara yang saat itu salah satu terkaya dan terkuat di dunia. Karena gak tahan dingin kita berteduh di salah satu mal terbesar di Barcelona, mare magnum. Tapi dalamnya sih biasa aja, jauh deh dibanding mal di Jakarta.



 searah jarum jam
display patung flamenco
port vell
mare magnum (mall di port vell)
daku di depan penjual bunga Las Ramblas



Mirador de colom

Berhubung udah panjang dan lebar dan banyak foto, akan dilanjutkan lain kali:)

15 comments:

Leony said...

Dasar Eropa... even the 4 stars hotel is TINY... ampyun.... Tapi bagus yaaa hehehehhe. Gue pengen ke Spain n Portugal, sekalian mengunjungi gua Maria de Fatima. Hehe. I love how colorful the country is. Tapi kayaknya kalo di Eropa emang terkenal banyak copet ya. Kudu hati-hati apalagi di tempat keramaian. Tar foto lagi ya, yang lebih gede2, gak usah di collage. Biar puas ngeliatnyaaahhh...

Pitshu said...

kolam renangnya cakep beneran deh hahahaha :)

OOT : jeung kirimin pitshu nama, alamat, dan no, tlp di msg FB yah ^^ thanks~

Journal Mommy Yenny said...

hihihihi...gue ngakak pas elo bilang nginget kutipan dari film Dora..wkwkwk...

Veny said...

emang El ikut tour bisa murah ,
tp bnr kata lu yah ada rasa puas kl bisa jalan sndr .
Barcelona cakep yah , tp HTl2 di europe emang mahal banget . ga kebayang deh g kalau hrs kluar dr kocek sndr ha22

Arman said...

hih apaan itu el yang merah2 ada matanya itu? kok kayak kepala dinosaurus sih??

Arman said...

eh iya, maap oot, boleh minta tolong vote gak? :D

http://photos.parents.com/category/vote/photo/1283220

thanks yaaa :)

Once in a Lifetime said...

@ Leony : Kalau elo ngerasa Hotel 1898 tiny, Curious itu gak ada separohnya:) Emang harus hati2 di semua negara, tp khusus Praha dan Spain, copetnya keterlaluan banyaknya haha.. Cerita TL gua di Vienna dulu, saat dia bawa rombongan dari Indonesia, separoh lebih peserta dicopet dompetnya di Charles Bridge Praha.

Spain emang colourful Le, orangnya juga
ekspresif, bisa ikut2an nari di jalan kalau ada yang ngamen. You will love it!

@ Pitshu : Keren banget ya, padahal itu gelap dan kamera gua terbatas, kalau lihat aslinya lebih bagus lagi, Pit. Okay, ntar meluncur ke fb, ada apa gerangan? ehm..

@ Yeny : Berkat Denzel, kosa kata Spanish gua adalah dikit2 haha.. tp gak praktis buat diaplikasikan buat turis.

Once in a Lifetime said...

@ Veny : Ven, jangan berkecil hati dulu. Teman gua baru pulang dari berpetualang, dia habisnya dikit kok. Perginya naik AA ke Paris (sayangnya udah gak ada sekarang), terus selama di sana jangan tinggal di hotel, di bed and breakfast juga gpp. Gua juga mau tinggal di B&B, tp hubby yang agak keberatan haha..

@ Arman : Wuahahaaha.. emang mirip dinosaurs ya, itu yang kepikir saat gua pertama lihat, ampe kaget. Itu kepala domba Man.

Okay, ntar gua vote ya:)

Fabz said...

Bu Dok El salam kenal yaa (silent reader blog elo juga nih hehe).. Buat hanimun ijk kemaren sang misua pingin banget ke spain, karena museum de jamon di spain berjarak 500meteran dari 1 dan yang lain. Main2 ke gaudi museum gak bu?

mamipapa said...

wah keren yah, barusan aja liat fb teman habis dri spain...skrg ngeliat sini juga hiks...jd mupeng euy hahaha...

hotelnya bagus2 yah :D posting blog elo akhir2 ini jalan2 ke eropa yah jadi makin mupeng hahaha

elbirtus said...

cool gan.
apalagi team sepakboanya

debby tondo said...

bagus banget ya, pengen banget bisa ke eropa *ngumpulin duit dulu aja deh* hehehe

itu kepala domba mirip dinosaurus, mengerikan...

Once in a Lifetime said...

@ Fabz : Hai, salam kenal juga. Museum Jamon yang gua pergi di Madrid tp berupa tempat penjualannya? Sama gak yang dimaksud? Emang Gaudi tenar banget di Spain dan Barcelona khususnya, bakal gua bahas kok :P

@ Felice : Iya elo juga hobi travelling kan Fel? Kalau hotel sebenarnya gak semua bagus, kalau mahal rata2 sih iya hehe.. Makanya perjuangan mencari hotel yang masih ok dengan budget terbatas jadi perjuangan tersendiri. Sering2 baca review di tripadvisor sangat membantu.

@ elbirtus : Sip gan, sayangnya gua bukan pecinta barca:P

@ Debby : Ntar lihat2 yang postingan Gaudi ya, Deb. Bangunannya unik2, sbg designer elo pasti tertarik:)

Iya, coba mau masak apa tuh orang2 pake kepala begitu, yang ada nafsu makan langsung hilang kali.

Felicia said...

Serunya ke spain....eh iya, dulu ex gw pernah cerita kalo dia ke spain juga nyaris dirampok, katanya kalo liat orang asian mikirnya ke orang jepun secara orang jepun bawa banyak duit...untung ga kena :p

Kamar hotelnya mungil yah...hehe...tipikal kamar hotel di LN, kek disini juga gitu :D

Once in a Lifetime said...

@ Felicia : Iya, Spain rada2 gak aman tuh ketimbang negara2 Europe lainnya. Yang 1898 standar, yang Curious mungil habis, gak ada closet, meja rias ataupun safe deposit box.. Gpplah yang penting kasurnya masih empuk biar mini:P

Post a Comment