Monday, May 07, 2012

Barcelona One More

Lanjut masih di Barcelona. Asli Barcelona ini banyak banget lho tempat wisatanya, untung deh mutusin paling lama di kota ini.

Gunung udah ke Montjuic, sekarang saatnya ke pantaaaaiiii. Barceloneta tadinya perkampungan nelayan yang miskin dan kumuh, tapi sejak Olimpiade 92 itu dibagus2in deh jadi spt ini. Hebat ya, kapan nih Muara Angke, Kamal dan sebagainya disulap begini?




Pagi-pagi suhu 8 derajat Celcius, siang-siang 20an. Nah sore-sore ini di plang cuaca sih 18 derajat celcius tapi kok ada yang berjemur??? Hebattt deh:) 

Habis ini mari kita melongok Old Townnya Barcelona yakni Barri Gothic. Letaknya sebenarnya malah dekat La Ramblas kok. Oh, ya selama di Barcelona ini kita banyakan naik subway. Tiketnya jangan beli yang single trip, beli yang T 10 (untuk 10 trip) hanya 9, 25 Euro. Satu trip itu juga boleh pindah2 misalnya dari subway ke bus asal masih jangka 1 jam 15 menit. Sedangkan kalau mau beli 1 trip harganya 2 Euro, jadi lumayan bisa berhemat.

Dari salah satu jalan kecil La Ramblas belok ke kanan kalau kita menghadap ke Plaza Catalunya, jalan sekitar 100 meter langsung sampai  Placa Reial (Plaza Mayor). Di lapangan ini banyak restoran spt ini. Saking dinginnya pakai pemanas api di luar, lucu ya.


Barri Gothic ini bagian paling tua dari Barcelona, bisa diusut sampai jaman Romawi dulu, makanya banyak Roman ruins, roman walls  sebagai berikut. Dilihat begitu aja sih reruntuhan ini gak bagus-bagus amat, tapi karena dari jaman yang duluuuu banget, langsung ada rasa melankolis gimana, sampai gua elus2 dindingnya sambil bertanya dalam hati, apa saja yang udah dilihat dan dialami saksi bisu ini. Gimanan kira-kira drama war and love para pangeran, putri dan bangsawan jaman dulu:P


Jalanan di sini sempit, berkelok-kelok dan gelap. Jewish Quarter juga letaknya dalam Barri Gothic ini.


Terus ke katedral yang sekarang kalah pamor pasti sama Sagrada, tapi bagus kan? Nama lengkapnya Cathedral of the Holy Cross and Saint Eulalia. Dibangun antara abad 13-15, gayanya Gothic habis.



 Meskipun katedral ini sering terlupakan, ternyata interiornya bagus juga



Di Barcelona ini sempat nyobain makan di restoran yang konon terenak #1 di TripAdvisor yaitu Montiel Restauran dengan kategori fine dining. Menurut review sih selain enak, pelayannya bisa bahasa Inggris, cukup ekonomis jadinya kita ngiler deh. Agak ribet juga sih, kudu reservasi dulu by phone, kalau tidak katanya gak bakal dapat tempat. Terus orang di Spain ini hidupnya santai habis, jam makan siang 14-16pm sedangkan jam makan malam 21-23pm, ngikutin jam begitu gua bisa2 udah kaku kelaparan, makanya sering kali selama di sana kita muncul jam 14 or jam  20persis mereka mulai buka kembali haha..

Ternyata restorannya sendiri kecil dan gak sampai ramai gimana. Interiornya dong, ada jamon iberian ham yang tergantung dan yang satu siap diiris.


Pesan steak tar-tar.. Baru kali ini gua makan steak mentah begitu, tapi enak lho. Gak ada amis2nya, yang ada dagingnya gurih bercampur dengan yolk.



Dan suckling pig..  Ini daging biba muda yang empuk banget, remind me waktu di Manado kan sempat dijamu babi guling. Nah rasanya sih mirip terutama kulitnya yang kayak krupuk, cuma keunggulannya suckling pig ini kan anak babi jadi dagingnya jauh lebih enak yang ini.


 Cuma porsinya kurang hiks. Makanan Spanyol itu spicy dan berasa, gak spt makanan Eropa lain (kecuali Italia dan Perancis) yang hambar tawar.  Tadinya udah tergiur pesan set (appetizer/main course/ desserts) dengan wine tasting utk masing2 item tapi mahal aja, 50an Euro seorang, terus gua maupun hubby gak jago dan gak suka minum wine. Segini aja jatohnya sekitar 55 Euro, bayangin kalau mesti fine dining siang malam setiap hari di sana:) Makanya kita lebih sering ke bar tapas haha..

Sekian dari Barcelona, selanjutnya kita bakal  terbang  ke Sevilla:)

15 comments:

Pitshu said...

katedral na sekilas mirip yang di JKT hahahaha :)

Veny said...

berani juga lu cobain steak TarTart El, g mah ga mau dah biar kata lu blg gak amis ha22
btw itu suckling pig g ragu juga , mustinya lbh enakan biba panggang ala bangka hahaaaaa
g jg pecinta bangunan2 kuno , kl liat ancient building g jg pasti nerawang ke masa lalu , ada apa aja yg terjadi disana . itu saksi bisu ga bs crt sih yah .

Once in a Lifetime said...

@ Pitshu : Iya ya Pit, jgn2 katedral kita gaya Gothic juga?

@ Veny : Harus coba yang spesialnya dong hehe.. tapi beneran Ven, enak. Kalau antara dua itu yang lebih enak suckling pignya. Kalau cukiok yang di Jerman emang gak enak bener. Eh, gua jadi penasaran ama biba Bangka? Kemaren gua ke Bangka ditawarin mau biba kagak, gua masih ragu soalnya harus pagi2 bener ambilnya, ternyata enak ya?? *penuh penyesalan*. Kalau di Jakarta ada yang jual?

Mamana Clo said...

gw juga ngeri ama steak tar-tar nya.. biar dibilang enak banget kayanya tetep ga mau nyoba kalo mentah hahaa.. ga ada nyali deh...

kartika said...

elo ga ada jadwal ke perth? hahaha..

Fabz said...

Jamoooooon!!!!!!!! Makan ke Casa Botin gak Doc? lebih hauce sincinping lagi itu tuh!!

Arman said...

waaaaaaaaaaa mau dong suckling pig nyaaaaa... :D

Pucca said...

sama el, gua juga suka ngelus2 dinding yang tua gitu, sambil bayangin beratus2 tahun lalu siapa yang pernah pegang2 dinding ini juga ya hihihi..
bagus ya kastilnya, gua suka loh liat kastil jadi serasa putri jaman dulu hahaha..
gua ngiler ama suckling pignya, tapi daging mentah gua juga gak brani hihi..
di europe emang yang mahal makanan dan hotel ya..

Leony said...

Weather discrepancy emang crazy hahahaha...

Woaaahhh... gue ngiler sama makanannya!! Actually kalo wine pairing 50 euro per pax is not that bad El. Di Indonesia kalau wine pairing biasa di atas 1 juta per orang untuk fine dining, dan kualitas makanannya kemungkinan besar menangan yg di sana kali yah. Gile, itu suckling pig, kriukkk... *kebayang lgsg ngeces*

debby tondo said...

gue seumur2 minum anggur pas retret dan merid, selebihnya belom pernah lagi haha

ngeliat steak mentah jd inget filmnya mr.bean yg makan makanan seperti kornet menurut gue trus mentah juga kalo gak salah dan dia gak doyan sp makanannya dimasuk2in ke berbagai tempat biar cepet 'abis' ;p

Journal Mommy Yenny said...

Iya, gue juga demen Kathedral nya
orang sono dinner nya emang malem banget...harus ngemil2 biar gak kelaperan...
asik...*nunggu posting Sevilla*

Yulia said...

El.. gw comment lagi nih. hhaha. bangga.
Barcelona gw cuma stay 2 hari, itupun hari habis di Zara. haha.
IT's good city. I love it and will be there if granted ^^

Elisa said...

@ Kartika : Hubby rencana ke Sydney Sept ntar, tik. Tapi sampai sekarang gua belom dpt tiket murah jadi gak ikut deh kayaknya:) Perth dulu pernah pas kuliah, bagus ya.. tenang, damai dan tidak macet kayak Jakarta. Mau deh kalau ada seminar lagi.

@ Fabz : Gak, di mana itu? emang enak2 gila semuanya kali hihi..

@ Arman : ayooo, steaknya gak sekalian?

Once in a Lifetime said...

@ Viol : Memang kita melankolis ya:P Btw itu katedral vi, mirip kastil ya?
Lha kenapa semuanya pada gak berani steak tar2 sih, enak kok.

@ Leony : Emang, Le. Tapi bagi lidah gua yang kampungan ini semua wine jatohnya sama pahittt. Kecuali sangria kali ya, enak hehe.. Tadinya udah mau yang perpax itu, karena pengen ngerasain makan full yang lengkap dengan appetizer dan soup, ternyata menu udah ditentuin fix, gak boleh milih lagi, padahal kita pengen milih yang banyak direcommended di forum.

@ Debby : Bener Deb, wkwk.. dia masuk2in ke vas bunga juga. Gua kalau salah ambil di resto all you can eat dan gak bs abisin jg selalu inget adegan ini

Once in a Lifetime said...

@ Yenny : Iya, kan. Bikin gemuk aja soalnya habis makan dinner banyak langsung tepar tidur:) Huaa,, kpn ya posting sevilla, diusahakan secptnya..

@ Yulia : Yul, elo udah beredar aje. Kmrn itu gua mau komen di fb congratss, entah kenapa keluarnya link gak jelas, trs gua apus dan tls di message tetap begitu juga hiks hiks, apa ada yang ngehack atau apa.

Kurang Yul, kalau cuma 2 hari! Gua di Zara cuma 5 menit, begitu lihat made in indonesia buru2 kabur wkwk..

Post a Comment