Monday, April 16, 2012

Experiencing Spain

Hola! Huaa, lama juga gak ngeblog ataupun bw. Gua ke Spainnya cukup lama yakni 13 hari. Bener2 puas2in deh. Lima kota!!! Barcelona, Sevilla, Cordoba, Granada dan Madrid. Semuanya di Spain doang. Gak nyebrang ke negara2 tetangganya spt Perancis/ Portugal/ Andorra meski banyak teman yang nyaranin karena cukup deket dari Barcelona. Kita bener2 pengen ngenal Spain luar dalem * wuihh bahasanya*. Ngga ding, untuk kenal luar dalem rasanya butuh waktu berbulan2 kali secara Spain itu negara yang besar dengan beragam kebudayaan dan bahasa.

Tadinya gua kirain bisa keliling Spain dengan mudah dan cukup naik bus or KA antar kota. Maklum jaman sekolah, pelajaran geografi asal lewat. Terus kan tahunya dulu tur ke Europe antar negara2 spt Jerman-Perancis-Swis deket2 dan naik bus tuh. Ternyata jauh2, malah antara Barcelona ke Sevilla naik kereta api bisa 12 jam sendiri! Bisa abis atuh jatah cuti kita. Alhasil kita udah sepakat pesen SpainAir yang murah meriah tapi bagus, mungkin semacam AA. begitu Apa mau dikata, akibat krisis, awal Maret SpainAirnya tutup bok! Untung belom sempet beli. Nyari2 lagi semua mahal2 padahal cuma sejam tuh jaraknya. Dapat Vueling yang harganya hampir tiga kali lipatnya, hiks.

Terus seminarnya cuma dua hari. Singkat banget ya, tp bagus bener materinya. Nah dari panitia kan dapet hotelnya cuma tiga malam sesuai hari seminar+1. Untuk extend kudu nyari hotel sendiri lagi. Hotel yang dibookingin bintang 4, boutique hotel dan cantik banget. Ntar deh gua posting. Tapi kalau harus extend dan bayar sendiri di sana mikir2 dulu ah, semalam 3 jutaan lebih:P Barcelona emang kota yang mahal!

Untuk kota2 lain juga gua prefernya hotel sederhana, yang penting bersih. Kalau bisa motel or bed&breakfast juga gpp. Untuk ini beda prinsip nih ama hubby, tadinya tugas dia nyari hotel berdasarkan peringkat di tripadvisor, kemudian cek rate di booking.com, expedia dll. Tahunya pas gua dikasih list dan harga2nya untuk gua pilih, gua nyaris pingsan! Alhasil gua nyari lagi sendiri semua hihihii... Untung dia gak ngambek soalnya gua bilang hasil penghematan duitnya ntar buat makan enak di sana. Jadi hotel yang kita inapi mulai dari bintang 4 ampe bintang 1 ada haha..

Beralih ke topik makanan, makanan Spanyol enaaaaak tenan. Beda lah ama makanan Jerman atau Austria yang hambar2 gitu. Mirip2 makanan Meksiko tapi lebih enak lagi *menurut gua ya*
Belum lagi ngomongin bar tapasnya, duh ngiler lagi deh gua. Tunggu ya foto2 makanan penuh pesonanya:)

Terus pas di sini demo BBM, di Spain tepatnya di Granada kita juga ngalamin yang namanya mogok massal krn serikat buruh strike sebagai tanda tidak puas terhadap regulasi pemerintah. Tahu sendiri krisis di sana kan berat dan tingkat pengangguran tertinggi di Eropa. Selain semua tempat wisata tutup, sebagian besar toko dan restoran tutup yang membuat kita sempat kelaparan setengah mati dan gawatnya bus-bus dalam kota juga tidak beroperasi. Sempat berembus berita akan terjadi tindakan anarkis yang membuat kita makin deg2an. Sialnya pula kita terdampat jauh dari hotel dan harus berjalan kaki muter2 berjam2 nyari taksi. Taksi kosong saat itu udah selangka badak bercula satu di Banten, semua orang panik mau mencegat taksi pulang ke rumah atau kalau turis ya ke hotel masing2. Kita juga ngejar bus malam yang berangkat ke Madrid. Selain mikirin tiket bus yang sudah dibeli hangus, reservasi hotel di Madrid juga hangus, hotel yang kita inapi sebelomnya di Granada udah menginformasikan kamarnya penuh malam itu. Kita juga gak boleh late check out dan cuma boleh nitip bagasi doang tadi pagi sebelom jalan2. Mau nangis rasanya. Udah kebayang kita terseok2 geret koper cari hotel atau bahkan tinggal di jalanan yang lagi gak aman?? hiiii.... mimpi buruk yang bisa saja terjadi.

Lha terus? Hehe.. sabar nanti gua cerita perjalanan gua dari satu kota ke kota berikut. Ternyata nulis di blog banyak sekali manfaatnya buat gua sendiri, maklum daya ingat gak setajam jaman muda. Kemaren pas ada yang tanya2 gua ttg tempat wisata di suatu negara, gua udah lupa2 ingat dan harus ngubek blog untuk refresh tempatnya lagi. Terus pas baca2 lagi gua dilanda perasaan ekstasi dan nostalgik seakan2 gua di sana lagi. Makanya tiap trip harusnya direkam baik2 dalam catatan guna dibaca2 suatu saat lagi dan tentunya siapa tahu bisa nolong juga buat yang berencana pergi.

Selesai? Beloom.. ternyata gua kecapean. Capek fisik dan mental kali ya. Pulang seminggu gua kena cacar air hiks. Gak elite banget ya, umur setua gini kena penyakit cacar hihi.. Iya, iya waktu kecil belom pernah kena, bukan sombong tapi pas sekelas banyak yang cacar even temen sebelah bangku, gua gak bisa kena2 tuh dulu. Terus pas co-ass gua mutusin vaksin aja soalnya kan ketemu banyak pasien cacar air tuh. Tapi gua lupa booster (suntik ulang) yang harusnya tiap 10 tahun. Tapi tetap bersyukur di muka cuma 3 biji doang dan beberapa di badan.

So, sekarang lagi resize2 foto, mudah2an kalau sudah selesai bisa segera posting:)


12 comments:

Pitshu said...

enak na jalan2 melolo perasaan hahaha :)

Once in a Lifetime said...

Haha..terakhir kan udah tahun lalu Pit:)

Clo said...

ampe umur berapa tuh el kudu vaksin ulang cacar air? gw kena cacar air 5 tahun lalu berarti 5 tahun lagi gw kudu vaksin?

foto jalan-jalannya dongggg.... hehhee...

Journal Mommy Yenny said...

Wah Seru tuh jalan-jalan di Spain
hayo foto2nya diposting hehehehe...
iya gue juga suka makanannya..menurut gue lebih berasa "berbumbu" :D

Leony said...

Wah, lu sama nasib kayak gue. Kelamaan ngilang, ngupdate dikit, gak taunya abis jalan-jalan, ehhh isinya preambule doank! kagak ada fotonya hahahahah...

debby tondo said...

seru banget nih jalan2nya...ditunggu foto makanannya haha

Veny said...

puas banget donk di Spain
ditunggu poto2 nya , ga sah n afdol kalau ga ada poto hi222

Once in a Lifetime said...

@ Xiao Yan : vaksin cacar air hanya untuk yang belom pernah kena Xiao, kalau udah kena ya udah hehe, doa2 aja jangan muncul herpes zoster. Denzel udah vaksin saat belom 2 tahun, berarti boosternya sekitar umur11 thn.

Iya, males resizenya banyak bener hehe..

@ Yenny : udah pernah Yen? elo kan suka keliling juga. Gua baru kali ini makan makanan Spanyol beneran. Kalau di Jakarta dimana Yen?

@ Leony : Haha elo cari temennya ya, kalau gua bukan karena malezzz, tapi sakit *nyari alibi* hihi.. Elo udah update belom? ntar deh gua lihat.

Once in a Lifetime said...

@ Debby : Puas banget Deb, eh kalau untuk elo gua punya foto2 bangunan, pas lihat bangunan si Gaudi gua inget elo dan teman gua yang arsitek. Soalnya gua yang awam aja terkesima apalagi kalian yang rada ngerti:)

@ Veny : Iya Ven, ditungguuu ya:P

khatsa said...

Waw...spain...spain...ntar bisa dijadiin reference nih. Btw, fotonya agak gedean ya el, biar legaaa...hahahaaa...*banyak maunya...

AdeLheid said...

Waaah spain *mupeng* hehe.
Ikutan yang laen nungguin fotonya :D
Aku dulu kena cacar aer jg pas gede & tersiksa krn keluarnya dikepala ama punggung hahaha.. tp klo dah kena ga bakal kena lagi kan ya? apa masih bisa? soalnya akhir2 ini sering denger ada yg kena lg.

Once in a Lifetime said...

@ Khatsa : Siiip:)

@ Inge : Biasanya sih kalau keluarnya udah cukup banyak, zat imun yang terbentuk akan melindungi kita dari kena lagi. Tapi kalau keluarnya baru dikit emang ada kemungkinan kecil bisa kena lagi.

Post a Comment