Monday, July 25, 2011

Dust..Dust.. Go Away!

Di balik cerita2 yang menyenangkan, pasti ada juga cerita sedihnya juga. Dari awal tahun ini Denzel itu sering banget batuk-pilek. Padahal rasanya tiga tahun pertama dia jarang sakit. Hampir tiap bulan, dan sekali pilek bisa seminggu hingga dua minggu sembuhnya. Awalnya dipikir biasa aja karena ketularan dari teman sekolah tp rasanya kok sering banget ya, belom kalau sudah pilek, rasanya dia susah nafas, susah tidur dan bahkan sesekali susah makan!! Bukan susah makan sih lebih tepatnya muntah sehabis makan akibat banyaknya lendir di tenggorokan.

Tidak setiap kali kita bawa berobat sih meski sebenarnya Denzel tercover biaya berobat di RS tempat kita kerja tapi ada deh beberapa kali kalau dilihat dengan obat simptomatik biasa tidak membaik. Sempat diduga flek paru, Denzel diperiksa darah dan rontgen paru tp hasilnya gak ada apa-apa. Sampai akhirnya dokter menyarankan Denzel untuk dirontgen sinusnya.

Nah, beda dengan rontgen paru, rontgen cranium pakai posisi Water's untuk melihat sinus, caranya kepala ditengadahkan pada sudut tertentu. Untunglah Denzel nurut dan pasrah saja diarahin ama petugas radiologi, sementara hati gua miris melihat tubuh kecilnya sendiri di kejauhan (gua diminta berlindung di ruangan lain yang berkaca). Sempat menenangkan diri ini kan cuma pemeriksaan yang tidak menyakitkan, anaknya juga lincah2 aja, tp entah kenapa tetap rasanya gundah gulana tak berdaya*asli lebay saat itu* Sekarang kebayang sedikit orang tua yang anaknya sakit lebih berat dan harus melewati banyak prosedur menyakitkan pastinya.

Kata Denzel kalau lihat foto ini,: " Denzel kayak mau ditembak ya?":)

Dari hasil rontgen, ketahuan deh Denzel kena sinusitis. Jadi sinusitis itu radang mukosa sinus. Sinus sebenarnya rongga pada tulang kepala yang ada pada semua orang, masing2 sepasang tdd sinus maxillaris (di bawah mata pada tulang pipi), sinus ethmoid (antara mata dan hidung), sinus frontal (dahi) dan sphenoid. Namanya juga radang penyebab macam2 antara lain virus, bakteri, alergi, iritasi dll.

Sinusitis ini terjadi apabila ada cairan mukus yang terperangkap dalam sinus dan tak bisa keluar, bisa karena mengental ataupun rambut-rambut halus yang terdapat pada sel penghasil mukus itu sendiri rusak sehingga tidak bisa mengeluarkan mukus lagi. Kumpulan mukus yang terperangkap ini akan menjadi media subur bagi kuman-kuman. Pada kasus Denzel pemberian obat pilek juga merupakan salah satu penyebab karena mukus mengental, trs ada faktor alergi juga menurut dokter Denzel. Nah dari pilek yang berkepanjangan, trs ditambah lagi obat pengental ingus jadi deh obstruksi :(

Agak kaget juga karena selama ini kita gak menduga Denzel ada alergi apapun. Kata dokter mungkin bukan alergi makanan tapi debu. Sambil mengerling dia tanya apakah di kamar banyak tumpukan buku? Kita langsung pandang2an, emang berdua kutu buku sih. Pada intinya rumah terutama kamar harus bebas dari debu. Bukan hanya boneka bulu, gorden, seprai yang bisa menyimpan debu tp terutama buku2.

Selain obat-obatan akhirnya Denzel diminta menjalani 10 sesi fisioterapi masing2 berupa nebulizer dan diathermi/UKG. Kalau dinebulize dia mah anteng tapi kalau UKG kan harus baring diam2 selama 10 menit dan gak boleh gerak2. Meski masih termasuk bisa dibilangin tp sang bocah mulai gerak sana sini saking bosen. Akhirnya gua bilang aja itu alat untuk ke bulan dan dia lagi jadi astronotnya. Wah, lumayan seneng dia! Kalau udah bosen pun gua ajak foto2 expresi konyol:)

Kejadian ini kalau gak salah Maret dan Puji Tuhan sampai sekarang Denzel gak pernah lagi batuk pilek tuh. Selain rajin ganti seprai kita juga secara berkala kerja rodi nurunin dan cuci gorden, sering melap bagian atas lemari, bagian belakang drawer, nakas dan berusaha supaya tidak ada tumpukan buku2 di kamar:)

Astronaut boy:D


24 comments:

th3sea said...

jadi inget, gua juga sering batuk2 el. biasanya bangun tidur... dan malam sebelum tidur. jangan2 gua alergi debu juga.

denzel moga2 ga batuk pilek alergi lagi yaa...

khatsa said...

hmmm, kamar gw banyak tumpukan buku n kertas nih...musti cepet2 diberesin... smoga sinusitisnya denzel berhenti sampe situ aja ya...

Journal Mommy Yenny said...

wah..gue juga kalo lagi nyapu aja, bersin kaga brenti2..itu alergi debu juga gak ya, El?
semoga Denzel tetep sehat ya

once_alifetime said...

@ Dessy : Alergi banyak, Des. Kalau mau akurat ya dicek item per item tp alergi debu, tungau, dingin tuh sering.

@ Katrin : Haha.. kalau elo dan hubby sehat2 aja mah gpp. Iya, udah sembuh sih sinusitisnya, tp kan suka berulang kalau faktor pencetusnya gak diberesin.

@ Yenny : Kayaknya, Yen. Sebenarnya dianjurin bukan nyapu tp vacuum cleaner bagi pengidap alergi debu. Kemaren di TA gua sempat ada promo vacuum tangkai panjang spt sapu merek electro*ux dengan watt kecil. Pengen sih tp kalau dipakai ART kayaknya gak awet deh, boleh dicoba kalau utk nyapu sendiri, Yen.

Clo said...

makin kesini makin banyak yg alergi-an ato sebenernya dr dulu juga banyak tapi ga ketauan?

semoga denzel ga batuk pilek lagi yaa...

Pucca said...

sepertinya gua juga sinusitis abis sering pilek pagi2 dan sepertinya gua juga alergi debu abis kalo nyapu gua pasti bersin2 mulu..
kalo dibiarin aja gak knapa2 kan el?

Ah Boy's Mom said...

iya, waktu dulu pernah Nathan batpil, trus DSA nya tny gw ganti sprei brp lama, gw jawab 2 mgg sekali malah kena omel... ktnya harus tiap minggu diganti. akhirnya skrg tiap wiken jemuran penuh sama sprei dkk...

debby tondo said...

gue sama kaya Yenny tuh El, kalo lagi beresin kamar pasti bersin2 kalo gak langsung pilek...

hmm, kayanya sedotan debu yg elo anjurin itu menarik deh, klo barang2 bagus mending dipake sendiri sih ya

semoga Denzel gak batpil lagi ya :)

Cyntha said...

wah masukan nih buat gw el. gw kalo ganti seprei mayan lama :p kalo buku sih jarang, soale laki gw ga bolehin ada buku di kamar. abis baca kudu dikluarin. paling ngga disimpen di nakas :D

semoga Denzel ga kambuh lagi ya sinusnya ^_^

Arman said...

moga2 denzel alerginya segera ilang ya....

emang repot kalo alergi debu ya. gua juga alergi debu soalnya...

mamipapa said...

wah repot yah kalau alergi gitu, mudah2an denzel gak gampang sakit lagi..

gw jg krn ferry alergi debu, kalau nyapu bersin2, ngelap2 bersin2..akhirnya suatu hari beli vacuum tadinya mau merk yg elo sebut, trus milih2 dapet yg murah merk s*nyo watt nya kecil (cuman 500ssan rb kl gak slh). soalnya merk yg itu mahal sih beda lumayan bgt. Trus org tokonya juga blg itu tergantung pemakaian juga cepat rusak atau gaknya.

akhirnya skrg tiap minggu gw sedot debu sekamar gitu deh, krn lg hamil skrg si mbok yg sedot tapi orgnya apik sih gw liat, abis gw udah gak kuat kerja rt gitu udahannya pinggang perut mau copot ngilu2. Yg penting dia sedot depan gw kan hehe.

kl sprei cissa gw ganti 1 mg 1x, kalau sprei gw 2 mg 1x abis sprei gw dr merit cuman 2 ahahah kaga ada lg, smp des th lalu gw buat akhirnya milih motif ke tanah abang, trus plg tanah abang gw nyeri2 sore lgs flek, pagi pendarahan lgs masuk rs lanjutannya tau sendiri

abis itu gw gak dikasih ferry lg kesana, pdhl kaki gatel mau buat sprei lagi hahaha...maklum ranjang gw 2x2 trus selimut gw juga ukuran merk itu (k*ng K*il)jd bukan ukuran std kalau kudu beli ori biar diskon gak sanggup harganya :D terpaksa harus buat

di bela2in deh soalnya alergi ferry kan parah, trus alergi dingin juga gw juga bingung sama tuh org kebanyakan alerginya, tiap hari pasti srat srot di tissue hehehe..kayanya cissa ngikut dia tuh, soalnya betisnya kalau habis main di lantai lgs kaya brudukan..makanya sering di cuci tangan kaki sebelom bobo (pernah suatu waktu betis dia hancur lebur kaya org kudisan) jd kayanya kena gesekan di lantai yg ada debu2 pas dia main..

AdeLheid said...

Pernah coba air purifier ngga el? Tapi bukan yg model tabung trus ada gelembung2nya gitu, bukan..tp kek yg dr sharp gt ada ion purifier atau apalah itu namanya yg bentuknya kotak. Kata temenku ngefek buat bersihin udara. Dia pake dimeja kantor & memang kayanya dr awal kerja cuma dia yang ga pernah ketularan Flu :D Aku jg jd penasaran pengen cobain.
Btw, bener mending pake vacuum drpd sapu2 :)

ameykiyut said...

paling cape kalo alergy debu ya El, kitanya kudu super resik, gpp deh anggap aja olahraga gratis hehehhe
semoga alergynya cepet ilang ya

once_alifetime said...

@ Xiao Yan : Alergi dari dulu emang ada, tp dengan nambahnya polutan mungkin nambah jg hehe.. Iya, sampai sekarang udah 4 bulan sehat terus, harapan gua bs seterusnya:)

@ Viol : Mungkin cuma rhinitis alergica. Kalau sinusitis biasanya diawali pilek berat, kepala pusing, kadang demam dan ada post nasal drip yaitu ingusnya rasanya jatuh ke belakang (tertelan) yang mana lama2 bikin radang tenggorokan juga. Kalau cuma rhinitis alergica gpp, paling hindarin alergennya aja kok.

@ Lena : emang idealnya seminggu sekali, tp gua jg suka lupa kok, apalg dulu masih cuci pakai manual dan musim hujan:P Sekarang seprai, gorden masuk mesin cuci semua.

once_alifetime said...

@ Debby : Menarik, tp gua jg belom beli, soalnya gua dan hubby gak alergi sih, paling kalau sapu pel pas Denzel gak ada.

@ Cyntha : Sama2 Cyn, selain debu juga tungau yang sering bercokol di seprai.

@ Arman : Oh, elo alergi debu, Andrew?

@ Felice : Ada merek lain ya, yang bentuknya ringkas spt sapu jg kan? Iya kalau pakai itu emang lebih bersih karena semuanya disedot, kalau kita nyapu kan ngebul2, tp gua masih ogah beli soalnya yg pakai kan mbak dan gua gak bs liatain dia. Orangnya ceroboh, dari mulai handle pintu ampai setrika udah pernah dirusakin, kalau beli yang mahal2 trs rusak bisa nyengir asem kecut deh:)

once_alifetime said...

Lanjutan...@ Felice : Oh, cissa kakinya suka spt itu kalau habis main di lantai? brarti emang alergi debu/tanah tuh. Agak susah sih ya, kalau masih kecil kan gak bisa dilarang main2 di lantai, paling langsung dibersihkan sana.
Eh, kmrn di sogo dan metro seprai didiskon 70%, entah masih gak.

@ Adelheid : Gua punya kok, merek natio*al dikasih orang dulu cuma dipakai sebulan pas Denzel bayi, habis itu disimpan di gudang ortu karena kita gak ngerasa efeknya (mungkin karena kita gak alergi sih), Jadi keinget nih nanti mau ambil deh, cuma kayaknya harus ganti filternya pasti. Thanks ya:)

@ Amey : Makasih Mey, pengingat supaya sang mama jangan jorok ya haha... Mudah2an makin besar alerginya berkurang derajatnya.

Pitshu said...

g dulu pernah periksa ada sinus juga, cuma ga tau sinus apaan :) dan karena ga mengganggu yah udah deh~
trus kemarin di sing ada liat P*nadol buat sinus lho! cangih, tadi na pengen beli cuma, buat apaan yah ?! hehehehe

pinkbuble said...

Saya juga alergi debu, tapi dulu kayaknya alatnya ga ada
Terapi2 gitu ya el..setiap kali gw pilek ato sampe numpuk lendirnya, gw cm dibawa ke dokter en dokternya sedot ingus gw..ud itu aja..

Semoga denzel pileknya ga balik2 lagi ya:)

Maria Henny said...

hi el.. semoga Denzel pilek nya ga sering2 ya.. debu di rumah gue juga cepet sekali ga tahan, atau memeang Jakarta polusinya sdh meningkat. Kalo gue yang sering bersin2 hubby, dia alergi debu :(

Veny said...

beginilah kl pny ortu dokter yah , bisa cepat tanggap n tau whats to do buat obatin anaknya hehehee .
seneng deh Denzel uda sembuh . Rajin2 yah El bersih2 debu dari rumah

maryna roesdy said...

Lama nih gak mampir. Komen borongan yah.
1. Selamat ulang tahun Denzel. Tante doakan yang terbaik untukmu yah. Makasih gudinya.

2. Asik ya kerjaan elu banyak diundang makan, hampir semuanya gw gak pernah cobain lagi. Sebenernya gw juga kalo ngomongin proyek sambil makan, tapi gw bagian bayarin billnya karena mereka kan klien hahaha..

3. Sama-sama nih kita berjuang melawan alergi anak, melawan rasa males juga beresin kamar dan semua mainan dari debu. kalo gedena mereka bakal lebih kuat kan ya El?

once_alifetime said...

@ Pitshu : Semua orang punya sinus, Pit. Cuma kalau radang baru jadi masalah (sinusitis). Kalau lagi gak radang gak usah pakai obat2an, kecuali mau beli buat jaga2:)

@ Elrica : Iya, paling disedot ingusnya keluar semua biar gak halangin jalan keluar dan biar gak komplikasi jadi sinusitis. Pikir2 gua waktu kecil juga pilek suka gak sembuh2 jgn2 iya juga, tp gak ketahuan hehe..

@ Henny : Makasih Hen. Bener deh, polusinya Jakarta udah kelewatan. Wah kalau hubby alergi debu, istrinya harus rajin bersih2 dong hehe..

once_alifetime said...

@ Veny : Bisa begitu atau bisa juga tll parno, Ven. Dulu kelenjar getah bening Denzel membesar dikit, gua udah khawatir dan recokin hubby terus. Sampai ngubek2 textbook anak pula haha..

@ Maryna :
1. Sama-sama. Happy Belated Birthday buat Dea
2. Haha.. kalau membayar kenikmatannya gak berkurang kan, Ryn?
3. Kalau udah gede biasanya berkurang/ gak tll sensitif lagi.

Felicia said...

Hi...salam kenal, mampir yah...
Kalo sinus yang alergi karena serbuk di musim semi, trus gimana cara mencegahnya yah...kan pasti terulang trus tiap taon...padahal juga ga deket2 ama tanaman, cuma mungkin kena udaranya aja.

Udah dikasih obat sinus buat keluarin mucus tapi sptnya ga terlalu membantu banyak. Udah tes alergi macem2 semua ok (bukan debu, makanan, dll)

Post a Comment