Sunday, May 15, 2011

Makang Makang di Makassar..

Jadi cerita TL yang sendirinya orang Makassar tulen begini :

Saat Yusuf Kalla masih jadi wakil presiden, dia ditanya oleh seorang wartawan iseng saat konferensi pers:

"Pak, kenapa ya orang Makassar suka kelebihan vitamin G?"
"Hah? maksudnya apa?"
"Iya, kalau ngomong kan seperti ini Ayo Makang Ikang!" *wartawan-wartawan lain tertawa*
Pak JK tersinggung dan berucap, " Jangan salah anak muda! Itu jaman dulu.. Sekarang kita sudah modereng!!!":))

Just joke:)

Gua banyak bersyukur punya teman di sini so bisa ngasih tahu dan even nganterin ke sebagian besar obyek wisata kuliner yang terenak versi orang sana -bukan yang ditunjuk untuk turis doang-. Berikut di antaranya :

1. Bakmie Ujung Pandang
Jl Lembe (daerah China town)

Biar kata tempatnya kusam, sempit, tidak higienis dan panasss semua terbayar lunas oleh mienya dan pangsitnya. Mienya jenis yang sedikit alot tp mnrt gua gak sealot mie Palembang. Pangsitnya juga luar biasa, sayang gua lupa foto. Gua dua kali balik ke sana lho, pagi menjelang ke bandara teman gua masih anterin kita makan di sini one last time haha... saking kita ngomong terus enak ya..enak ya, dia bertekad sebelom kita pulang harus makan lagi. Tapi gara2 mie ini kita nyaris ketinggalan pesawat hahaha...




Oh, ya orang Makassar suka sekali makan pakai jeruk lemon/jeruk nipis. Selain mie, bakso, seafood, coto dll semua pasti datang beserta sepiring penuh jeruk. Terus bagi yang suka pedas siap2 jatuh cinta. Sambalnya namanya sambal kuning, pedess buat ukuran gua, gua sanggupnya cuma setengah sendok teh. Sayang lupa difoto, sambal ini bisa dibeli botolan tapi bukan di kedai mie yang ini tapi masih area chinatown. Teman gua beli soalnya.

2. Restoran Seafood Ratu Gurih
Makan di Makassar identik makan seafood pastinya. Di jalan dekat pantai Losari berjejer restoran2 seperti Ratu Gurih, Surya, Dinar (ada di Jakarta) dsbnya. Ke Ratu Gurih ini gua dua kali lho, yang pertama sama teman tsb, yang kedua saat lunch city tour. Dua-duanya gua puasss. Seafoodnya segar, manis dan bumbunya pas. Cuma dia emang gak sespicy dan sepedas makanan Manado ya, lebih soft.

Appetizer : otak-otak, makannya tapi pakai sambal bukan saos kacang

Kepiting saos padang

Sop kakap

Cumi bakar, satu-satunya yang kurang memuaskan buat gua karena hambar



Yang tadi kunjungan pertama sama teman, kunjungan berikut makannya sbb:

Kakap masak woku

Papakulu bumbu rica

Kakap goreng fillet

udang goreng mentega

3. Cafe Mama
Jl. Serui 19.
Tempatnya seperti di rumah jaman Belanda begitu, asyik buat kongkow2. Yang terkenal di sini pisang hijau (foto kiri) dan es kacang merahnya (foto kanan). Es kacang merah boleh dikasih es krim home made. Denzel milih rum raisin+oreo.


4. RM Aroma Luwu
Jl. Rajawali

Kalau mau mencoba makanan khas Sulawesi Selatan gak boleh tidak harus mampir ke sini. Jadi restoran ini menyajikan masakan tradisional yang tidak lazim di tempat lain. Luwu sendiri nama kabupaten sekitar 300 km-an dari Makassar.

Kapurung 17,5 K
Kapurung ini dibuat dari sagu pilihan, ikan dan sayur dan asam. Rasanya mirip-mirip laksa Singapore tp gua gak terbiasa sama sagunya, serasa nelan2 lendir spt amoeba atau protozoa:P



Barobbo, bubur jagung. Denzel suka banget nih.


Lawa, 12,5 K nih yang paling unik dan enak. Ikan segar mentah yang dihancurkan dicampur dengan jantung pisang, asam patikala dan cabai.


5. Kios Nyuk Nyang Roya
Jl. Irian 3

Nyuk Nyang itu bakso tak halal yang mirip banget dengan yong tofu atau liong tahu medan. Rasanya ok juga tp gua gak sampai ngidam gimana. Cukup makan sekali udah puas.



Bisa pilih2 sendiri mau tahu, pare atau bakso doang. Jangan pikir emang porsinya sekecil ini hehe.. gua cuma makan empat karena mau menyediakan tempat buat bakmi ujung pandang di atas lagi. Nyuk Nyang ini sempatnya emang hari terakhir juga.

6. Pallu Basa
Jl. Serigala

Tempatnya di ruko yang sempit dan panas. Sepintas gua langsung menduga pasti makanannya enak habis kita datang udah malam (sehabis makan di ratu gurih) masih ramee aja. Kita duduk berjejel di bangku panjang.



Pallu basa ini sejenis makanan khas Makassar yang juga terkenal selain coto. Dimasak bersama kaldu sapi yang sangat kental, kita boleh memilih daging saja atau beserta jeroan dan kikil. Boleh ditambah dengan telor setengah matang juga. Yang pasti sedap, gak boong! Udah wanginya menggoda sukma, tambahan serundeng (kelapa sangrai) yang ditaburkan ke kaldu membuat perpaduan yang unik. Sahabat gua bilang pallu basa ini makanan terenak di Makassar.

7. Pisang Epe
alias pisang gepeng/ dipencet. Jajanan kaki lima ini berjejer sepanjang pantai Losari. Beginilah kalau lapar mata, gak tahan gua beli juga deh:P Rasanya biasa aja, kemanisan untuk gua, mungkin harus pesan keju doang.


8. Rumah Apong
Restoran ini tidak terlalu terkenal untuk 'turis' tapi kalau orang Makassar pasti salah satu restoran favoritnya adalah RM ini. Menempati ruko 2 lantai berAC, kita nyaris gak dapat tempat duduk. Di sini gua pertama kali makan kepiting dimasak angsio. Gak ngerti apa yang dimaksud dengan angsio, yang pasti lidah gua berdansa. Terasa ada telur asin yang gurih berpadu dengan daging kepiting yang segar. Hiks jadi pengen lagi...

Selanjutnya kita pesan ikan kudu-kudu. Lucu ya bentuknya kotak:) Rasanya tapi biasa aja.
Kangkung hotplate yang mengepul-ngepul...


Udang mayonaisse.. biasa aja, mungkin karena di Jakarta udah biasa ada

Ikan panggang :


Ragam-ragam sambal, tak lupa jeruk


Sayang karena keterbatasan waktu dan gangguan pencernaan (yang diperparah dengan gak nahan berhenti makanan berlemak dan pedes), banyak juga yang gak sempet seperti ulu juku, konro dan sup saudara. Yang pasti dari 5 hari 4 malam di Makassar kita bener2 puas dengan wisata kulinernya:)

Sunset @ Losari Beach

15 comments:

Pitshu said...

postingan berbahaya, untung tadi g bukanya pas udah selesai makan, coba kalo pagi2 atau mendekati jam makan siang wakakak... enak2 semua, apa lagi yang ga pedes dan di goreng filet/kriuk2 hahaha

Leony said...

GILEEEEEEEEE.... mantab!! Bos gue orang makasar, dia tuh promo kalo pulang kampung seafoodnya maknyos! Jadi pengemmmm...

Arman said...

ngiler... ngiler...
gua pas baca ini sambil menginget2 pas dulu gua ke makassar. tapi kok gua gak inget ya makan apa aja kecuali makan seafood. huahahaha

Veny said...

Ampir smua makanan yg lo cobain , g perna tau dr cc g tuh El . Kae Ratu Gurih , Nyuknyang , pisang eppe, otak2. Mie Makasar yg lo tergila2 itu hahaaa
btw otak2 sana emang beda sama Jkt pny yah sambelnya aneh . tp g suka2 aja , skrg malah g kangen otak2 itu .
lo ga icip Bakpau Lampobatang ? bakpau jadul kae Lim Thiam Kie pny ?
nasi kuning dkt pantai losari El, agak aneh g liatnya tp enak kt cc g sih .

Pucca said...

gua sampe tanpa sadar mencondongkan muka gua ke monitor el, supaya lebih jelas liat semua makanannya, sampe ngiler2 gua.. sedap banget yaaa...
gua kan doyan pedes dan doyan seafood..

lu naek berapa kilo el pulang dari sana? :D

once_alifetime said...

@ Veny : Aduh Ven, kayaknya harus lamaan kali ya baru bisa nyoba semua. Teman kita itu emang masih ngelist makanan2 enak yang kita belom sempat makan sih, tp gua lupa apa aja. Nasi kuningnya kayak apa jadi penasaran hehe..

@ Viol : gak naek Vi kan diare haha.. jadi pemasukan masih equal pengeluaran. Kalau kagak dijamin naik lebih dari 3 kg:) Enak, Vi.. elo dan Veny pasti suka sambal kuningnya yang pedesss. Tapi kalau rica2 masih pedes yang di Manado.

Arman said...

eits... komen gua disini ilang juga ya? perasaan gua udah komen deh... hahaha

gua sambil ngeliatin postingan lu ini sambil inget2 jaman dulu gua ke makassar. kok gua gak pernah makan2 yang lu makan ini ya? kecuali seafood. payah nih user gua, dulu kita gak diajakin wiskul. huahaha

nilola24 said...

Duhh..gue ngiler. Gue ga pernah ke makasar loh. Gue inget2 nanti kalo mau ke makasar, mesti mampir ke blog elu dulu :-)

daadaachan said...

Hiks, gara2 blogger maintenance kemaren ini, komennya pada ilang semua nih di blogger. Gua belon pernah lho makan makanan Makassar, enak2 yah El? Otak2 padat banget isinya yah. Terus gua juga ngiler kepiting sama kangkung hot plate-nya. Enak enak kayanya nih.

Satelite said...

aduuuh kok lu jadi ketularan si veny sih, masang poto-poto nyang biking ngiler orang ?
salah deh gw mampir ke sini

once_alifetime said...

@ Arman : Iya, postingan gua pun lenyap, untung masih ada di draft sebagian besar kalau nggak gua males deh posting lagi udah ketik capek2. Emang yang terkenal dan diterima umum seafood doang kali, kalau lawa, palla dsb banyak teman gua yang merasa tll ekstrim rasanya.

@ Tia : Ayo, minta Lung jadi guidenya dong.

@ Linda : Otak2 agak beda rasanya, mungkin jenis ikannya ya? Pinter milihnya emang kepiting dan kangkung hotplate maknyusss:)

@ Bebek : sesekali gak papalah, Bek hehe..

Bonnie said...

ya ampun mbaaaa, kepiting saos padangnyaaaaa...*lap iler*

Angels said...

Kepiting saos padangnya menggiurkan banget!! XD Mie pangsitnya juga. Mie nya gede2 ya disana. Enak keliatannya :D Lengkap banget nih edisi kuliner di postingan ini. ada semua hahaha :p

obyekwisatadimakassar said...

Menu woku di Ratu Gurih lezat banget

Graha Vimax Asli said...

Ikut Nyimak di web anda mas. klo Sempat Berkunjung Di Blog Saya ya..



{ Agen Vimax Di Bogor | Vimax Asli Di Bogor | Obat Pembesar Penis Di Bogor }



{ Agen Vimax Di Makassar | Vimax Asli Di Makassar | Obat Pembesar Penis Di Makassar }



" Pembesar Penis Untuk Pria Dewasa "



1. Vimax Oil Besar Panjang Penis Alami



2. Cara Membesarkan Penis Permanent



3. VigRX Plus Pembesar Alat Vital Herbal



4. Faktanya Minyak Lintah Bisa Besarkan Penis



5. Cara Membesarkan Penis Permanen.



6. Obat Menyuburkan SPERMA



" OBAT KUAT TAHAN LAMA SEKS"



1. Obat Kuat Viagra Asli



2. Obat Kuat Sony Herbal



3. Obat Kuat Cialis Herbal



4. Obat Kuat Levitra Herbal



5. Obat Kuat Rusa Herbal



6. Obat Kuat Srigala Herbal

Post a Comment