Tuesday, August 17, 2010

Let's Check-Up & Parent-Teacher Meeting

Hari Selasa pas seminggu yang lalu gua akhirnya berhasil membujuk hubby sekaligus memberanikan diri sendiri untuk medical check-up. Hiks gua ngaku deh, sebenarnya gua udah lama nian gak pernah yang namanya cek darah lagi kecuali pas hamil dan diwajibkan ya. Sudah lima tahun yang lalu kali periksa kolesterol, gula dsbnya. Bukan karena gua takut lihat hasilnya lho, meskipun gua pecinta kuliner kalau emang kolesterol gua jelek bisalah gua nahan diri. Tapiiii karena gua gak suka....disuntik!

Dulu pas kuliah kan ada tuh mata kuliah Patologi Klinik pas semester 5. Nah di praktikumnya itu kita saling mengambil darah vena teman-teman. Rasa2nya itu pertama kali gua pegang jarum suntik. Mana gua dan pasangan gua si Irwan yang dipilih jadi model alias kelinci percobaan di hadapan teman2 semua. Irwan yang tahu gua fobia disuntik lekas berbisik supaya gua aja yang nyuntik dia, soalnya kalau ditongkrongin begitu kan pasti harus ada demo salah satu yang ngambil dong.

Saking didorong ketakutan, gua bisa lho ambil darahnya Irwan tanpa kendala, lancar sampai dipuji ama dosen. Habis itu giliran gua dong yang diambil, soalnya butuh darahnya 2 vial untuk diuji dan dilihat di bawah mikroskop. Gua udah pasrah dan julurin tangan, eh kata Irwan : "Duh, gak tega gua liat muka elo, udah sini ambil lagi darah gua tangan sebelahnya!" Terpujilah sifat elo, Wan. Emang teman gua ini baik banget ya. Baiknya tanpa pamrih lho, bukan karena pengen ngambil hati atau apa karena si Irwan ini udah punya cewek, yang mana melototin gua sambil bilang.."Duh hati-hati... hati-hati, El. Duh yang, sakit gak?? tahaaan ya... duh sakit ya?" Padahal Irwannya mah biasa aja cengengesan. Nih, bandingin ama teman gua satunya yang saking haus belajar, di luar jam praktikum dia setengah maksa setengah bujuk ceweknya buat saling ngambil darah. Huh, terlalu!

Begitulah sekilas suka duka gua selama praktikum Patologi Klinik yang udah kayak kelas drakula aja, habis saban masuk minta darah mlulu. Minggu2 depannya gua maksa Irwan ambil juga darah gua karena nggak enak hati, sambil merem2 meringis2 gitu deh:P Rasanya gua lebih milih naik hysteria daripada disuntik lho.

Nah, jadi udah pada gak heran kan kenapa gua maju mundur urusah check-up ini. Padahal ini bagian dari fasilitas yang boleh dipakai sekali setahun. Hubby malah dapat paket Gold karena dia full time. Saking lengkapnya dia ada pemeriksaan pendengaran (audiometri), kapasitas paru (spirometri), treadmill, USG abdomen (perut), mata etc. Gua cuma dapat jatah paket Classic yang rasanya masih memadai untuk umur segini. Hasilnya? Secara keseluruhan kita berdua bisa dibilang baiklah meski ada beberapa hal yang perlu perhatian.

Yang gua sendiri takjub kadar kolesterol gua masih 194 mg/dL dengan HDL 60 mg/dL., trigliserida 108 mg/dL. Padahal akhir2 ini sering ada session2 makan, kadang seminggu bisa 2 kali. Untunglah sejak bulan Ramadhan agak berkurang frekuensinya. Ditunjang pula sejak Denzel sekolah gua habis nganterin dia kan ternyata masih pagi tuh jam 7an, jadinya sering jalan kaki keliling2 aja 30 menit. Enak ya ternyata, udara masih fresh bikin mood lebih enak dan pikiran segar.

Terus gua tambahin sendiri papsmear dan USG Mammae (mengingat ada riwayat cancer di keluarga besar gua). Papsmear ok. Di mammae ada kista benign ukuran 5mm, katanya sih gpp, paling kontrol rutin setahun sekali. Papsmear sih murah sementara USG tiga ratusan ribu.

Habis ini gua merasa lega lho. Sebenarnya beban juga setiap nasehatin orang untuk sering check-up tahunya sendiri jarang:P Kalau sekarang kan bisa dengan pede ngocehnya hua..ha..ha.. Makanya ayo teman2, jangan karena takut hasilnya jadi gak berani periksa ya. Adik ipar gua yang gak keliatan gemuk sama sekali barusan juga diperiksa dan ternyata trigliseridanya menembus angka 600!! Kalau tahu dari muda kan bagus, bisa dicegah dan diobati, tul gak *wink-wink*

Terus mau cerita soal Denzel. Di sekolah dia udah happy banget. Biarpun bangunnya masih susah tapi kalau gua bilang, "Masih ngantuk ya? Kalau gitu hari ini gak usah sekolah ya, main di rumah." Langsung dia protes2 he..he.. Tiap Jumat dibagi hasil karyanya selama seminggu di sekolah yang mana kayaknya asyik2 ada ice painting, finger painting, nempelin bantal isi busa di gambar kepala orang etc etc.. Denzel mah gak rapi sama sekali, tapi tiap kali selalu gua puji, yang penting dia hepi, gua juga ikut hepi!

Sabtu dua minggu yang lalu ada pertemuan orang tua murid Nursery dan K1 mengenai kurikulum dan bahan2 yang dipakai. Orang tua diberi tahu hal-hal yang diharapkan akan tercapai pada akhir tahun dalam bidang Math, Science dan English. Misalnya tentang Phonics, mereka tidak diajarin alphabets spt A, B, C, D yang di lagu itu. Tp lebih untuk bacaannya spt A..a apple, Be..be ball. Khh khhCat, De..de doll..E e egg, fff fff fan... Ge ge goat..hah..hah... hand etc. Denzel demen banget tiap hari nyanyiin lagu itu sampai gua suruh berhenti karena gua udah ikut2an terngiang2 dan nyanyi2 sendiri di kamar mandi. Gawat kan!


Ortu dilarang ajaran alphabet yang dulu spy anak gak bingung. Pokoknya banyak ortu yang hadir dan niat mau terlibat dalam pendidikan anaknya which is a good thing. Sampai ada yang niat mau beli CD asli lagu itu dan terhenyak saat tahu harus beli sepaket beserta alat2 peraga, buku2 yang harganya hampir 10 jt! Gua seneng2 aja udah komplet pertanyaannya yang kadang gua gak kepikir, contohnya ada seorang bapak yang tanya story telling biasa tentang apa, apakah dimasukkan moral, contohnya harus taat pada ortu:)? Jawaban missnya sih yang dipakai 2 jenis, yang satu utk enhance English language, yang satunya tentang character building misalnya minggu ini tentang compassion. Gua jadinya cuma nanya apakah Denzel dapat kesempatan main di arena playhouse secara dia suka banget pas awal trial. Untunglah masih boleh seminggu sekali dia main di sana tiap hari Kamis he..he...

Baik juga missnya, karena CD tsb kan gak boleh dibajak, tapi banyak ortu yang gregetan pengen tahu phonics yang bener spt apa dan takut salah ngajarinnya. Kita dikasih tahu website ttg phonics ini. Salah satu yang gua ingat www.starfall.com. Mesk gak ada lagu spt di atas ada cara pengucapan phonics yang benar.

Satu hal yang tak terduga, kata homeroom teachernya Denzel adalah dua dari anak di kelasnya yang paling cepet dan ngerti phonics *mama langsung kembang kempis*. Cuma kalau ada worksheet dia kurang bergairah, gak demen nulis2 kayaknya.

Sekarang dia suka sok bilang "Mmm..Mmm.. mama... de..de denzel.. stt..sttt.. cirle." Duh circle mah khh..khh dong ya, secara kan dimulai dari huruf C? tp gak matching juga, tau ah gelap. Ada yang bs jelasin? Terus pertanyaannya lebih maut lagi, kemarin kan tanya inggisnya apa, mandayinnya apa cuma 1 kata, sekarang dia nyebut satu kalimat kita harus translate ke inggris atau mandarin. Contoh pas ada tukang las datang dia tanya, "Ma, tukang las pelbaiki pagal mandayinnya gimana? " *gubraks* Gua lagi mikir utk les mandarin lagi nih.

Kejadian2 yang gua ceritain dah lewat2 ya, gua lagi dilema soalnya, apakah harus sok adventurous atau mengalah aja main safe. Tapi kalau mengalah gua gak rela.. gak rela. Bingung ya, gua lagi ngoceh apa, ntar deh kalau udah pasti gua kasih tahu.

19 comments:

Arman said...

huahahah baru tau ada dokter yang takut suntik... :P

gua juga belum gitu paham ama phonics nih. membingungkan ya... hahaha

Cyntha said...

wkekekeke.....ternyata dokter juga manusia yah, takut disuntiiiik :D sama gw jg ga pernah cek up,n trakhir jg pas hamil aira, kalo gw mah takut sama hasilnys el :)

wah denzel bener2 enjoy skulnya yah...bagus itu :)

Yulia said...

hehehe...td pas gw baca ini gw diem bentar, ini blognya ibu dokter kan? kok takut suntik yah?? ha ha ha
untungnya kantor gw mewajibkan MCU sih tiap tahun tp kayaknya gw perlu mammo terpisah buat kanker itu deh. kalo papsmear gw sih emang dapet.
wah, skulnya bagus..

Pitshu said...

g klo di suntik ga takut sih! cuma kadang suka kaget aja, jadi sebelum jarum masuk kudu di itung biar enggak kaget, itu belaku untuk jarum lain yang akan di tusuk ke badan g :)
kek dulu tindik juga begitu, mintak di itungin, pas itungan ke 3 JUSSSS! biar ga kaget wakakakak ^^

Amey said...

hahahha agakheran ya masa dokter jarang cek darah :P gw mlah pikir kalo jadi dokter itu selalu cek kesehatannya sendiri rutin hahahhahaha

Anonymous said...

hihihihi, ibu dokter takut jarum suntik juga.. gue sih sejak hamil jd biasa sama jarum suntik abis kan lumayan sering tuh cek ini itu jd udah pasrah ;p

suami gue juga nyuruh gue les mandarin nih, jd nanti bisa latihan sama alden, krn pasti kan sekolah jaman sekarang ada bahasa mandarinnya tp gue masih pikir2 soalnya ktnya mandarin itu susah ;p

Veny said...

short n simple
baru tau dokter takut jg disuntik ! ha22

Anonymous said...

huahhahhaha, masa dokter takut disuntikkk?? wkakakkaka.... jadi jangan salahin gw dong kalo sampe sekarang gw gak pernah check lab, ngebayangin ambil darah bikin gw histeris! :))

Mamana Clo said...

Denzel cepet ya nangkep phonics-nya.. clo juga diajarin phonics tapi ampe sekarang ga pernah tuh praktekin di rumah...

Once in a Lifetime said...

@ Arman : Ha...ha.. makanya nih gua kasih tahu:) Iya, gua sih krn gak ngerti gak mau ajarin Denzel deh, takut sok pinter malah nyesatin basicnya dia:P

@ Cyntha : Lha iya, emang robot he..he.. Nah, jangan takut ama hasilnya, kalau pun ada yang kurang memuaskan di tahap awal jauh lebih mudah teratasi lho.

@ Yulia : Iyaa gua takut disuntik, untungnya bukan takut menyuntik ya, kalau itu mah bye2 kedokteran he..he.. Kalau umur masih dibwh 35 thn USG mammae lebih akurat daripada mammografi karena strukturnya yang masih padat.

Once in a Lifetime said...

@ Pitshu : bagus jg tuh, utk mengalihkan perhatian ya, Pit. Sekalian gua jg mau ngaku kalau gua gak pernah ditindik wahaha...

@ Amey : Kata siaaapaaa? Teman2 kolega gua yang rutin check-up bs dihitung pake jari. Mana ada yang masih merokok juga biarpun udah gua omel2in.

@ Debby : Les yuk, kan mulainya step by step gak langsung susah lah. Cuma kelas orang dewasa agak jarang ya, harus ngumpulin orang dulu.

Once in a Lifetime said...

@ Veny : Iya:) Tapi gua gak takut nyuntik lho, even ambil darah arteri yang susah gua bs:) Kelainan emang..

@ Yenny : Jiah, Yen.. baca dong ampe selesai, gua udah lho naklukin rasa tkt gua... ayo giliran elooo!

@ Xiao Yan : Mungkin karena ada nyanyiannya jadi si Denzel suka tuh, kalau belajar yang laen emang jarang cerita tuh. Pas hari Jumat dibagiin baru gua tanya ini apa, itu apa?

Journal Mommy Yenny said...

hihihihihi...berarti tahun depan general check up lagi donk, el...kan udah lewat takutnya..hahahaha
gue malah lebih takut minum obat drpd disuntik, el, laki gue aja sampe heran

Pucca said...

wakakak... denzel kreatif bener, kemaren ini tanya 1 kata skarang udah bisa merangkai jadi 1 kalimat.. hebat euy :D

dan gua juga baru tau ada dokter takut disuntik kekekek.. tapi hebat el, lu makannya kan enak2 melulu tapi kolesterol lu gak sampe 200, duh gua kalo ngikutin lu makannya, kolesterol gua pasti 200-an haha..
mungkin gua ada bakat kali ya, karna bokap gua juga kolesterol :)

Anonymous said...

Gw sebenernya gak takut disuntik El, tapi gw takut sama bau2 RS, lab, gitu loh..kayaknya sekali mencium baunya gw langsung merasa perut mules dan deg2an, aneh gak gw dok? haha

Anonymous said...

hehhe... dokter antik.. ternyata ngeri juga yak..

btw,gua tau dikit ttg phonics, ada kok CD nya di toko buku, gua bli yang versi murah sih.. ada cd berupa lagu dan pengucapannya.. lumayan sih..

tp setau gua,ktnya tetep kudu tau abjad juga.. baru nti phonics.. kl phonics itu buat blajar baca kata.. gitu..

CMIIW.. :D

Once in a Lifetime said...

@ Yenny : Iya, janji deh check-up tiap tahun. Gua gak sampai phobia kok cuma kalau bisa pilih mending nggak hihi.. Makanya heran ama pasien usia tua yang kalau datang ke klinik gua dulu selalu minta disuntik, kalau nggak dpt suntikan gak mau pulang lhooo:)

@ Viol : Mamanya pusing, vi:)
Kan makan enaknya gak tiap hari kan, gua di rumah banyak banget makan sayur dan buah lho. Terus jarang biba banyakan daging putih spt ikan dan ayam, mungkin itu membantu jaga kolesterol gua.

@ Maryna : He..he bau antiseptik dan bahan2 kimia gitu ya. Kalau gitu gampang dong, Mar. Sekarang lab2 kan nyediain layanan ambil darah di rumah jadi elo gak usah hirup aroma2 itu lagi:P

@ Ernie : Oh, ada toh CDnya, di gramed gitu ya, Er atau di toko music? Kayaknya bener elo sih, gua jg ampe sekarang hanya ngira2. Kalau di sekolah Denzel langsung diajarin phonics, entahlah kapan alphabetnya.. meski Denzel udah rada hafal A-Z sblmnya.

Anonymous said...

Waa gw jga takut disuntik el.. sampe pas di indo dr langanan yg dari smp gw ke sana, geleng2 'dah ngelahirin normal, ga pake epidural, masih takut disuntik??" haha gw ga mau epidural bukan gara2 'tahan sakit', tapi takut suntik hauhau..

Waa phonics... ortu jadi blajar sama2 ma anak2 yaa. Gw baru blg hubby, next yr kita kudu blajar phonics nih hehehe

Selvi said...

bos gua juga baru check up di pik dan ambil paket platinum 3juta sekian.

gua juga pengen check up biar tau kondisi kesehatan tapi batal mulu karena nga dicover asuransi.

gua takut disuntik, ambil darah aja sambil merem. apalagi harus donor darah yah, bisa pingsan duluan.

Post a Comment