Sunday, June 20, 2010

Pearl of the Orient

Tanggal 6-12 Juni barusan gua dan hubby menghadiri World Congress di Hong Kong. Sempurna sebenarnya kalau saja bisa bawa Denzel juga, tp ya gimana, siapa yang jagain dia selama kita ikut kongres hiks hiks.... Jadinya kita minta cici dan keluarga nginap di rumah gua selama kita pergi dengan pertimbangan Denzel lebih mudah adaptasi kalau di rumah sendiri. Thanks ya, cie:)

Meskipun namanya kongres tetaplah ada paket tournya. Karena peserta dari Indonesia cukup banyak, seluruhnya terbagi dalam 2 tour, sebut aja Tour S dan Tour V. Hubby dan gua diikutkan dalam tour S.

Tour S sendiri aja terbagi dalam 2 rombongan bis yakni bis A dan bis B soalnya peserta kongres aja 31 orang beserta keluarga jadi 81 orang. Sayangnya biarpun notabene bawa keluarga rata2 yang anaknya udah besar sepantaran gua. Tour S ini mayoritas udah senior dan sepuh, beda dengan Tour V yang masih campuran. Makanya pas gua dapat itenary tour langsung komplen, masa ke HK gak ke Disneyland, piye toh? Jawabannya mengingat usia peserta, belum lagi ada yang disabilitas dan memakai alat bantu jalan, maka tidak ada Disney2an, dan utk pelipur lara ada trip singkat ke Macau dan Senzhen. Ya sudahlan, pikir2 ke Disney kita ngacir aja sendiri ntar.

Tanggal 6 pagi jam 10an kita take off dengan Garuda Airbus 330-200. Pesawat baru yang belum setahun dioperasikan Garuda ini emang ok, tiap seat dilengkapi dengan in flight entertainment. Gak terasa 4 jam 50 menit berikutnya kita udah siap2 landing di Hong Kong International Airport( Chek Lap Kok). Wuihhh, udah lama banget gua gak ke sini, terakhir aja thn '98 dan masih landing di Kai Tak yang landingnya serem kayak mau nabrak gedung2 gitu >_<

Hotel ini terletak di daerah Mong Kok yang merupakan tempat terpadat seHK, dekat pula dengan Ladies Market (pasar malamnya HK). Dan meski alamatnya Prince Edward, stasiun MTR terdekat ada di Mong Kok east (dlm Grand Century Place) atau Mong Kok (naik jembatan penyebrangan dulu). Karena gua pernah iseng turun di stasiun Prince Edward ternyata jalannya lebih jauh bo!


Malam itu acara bebas mengingat kontingen kita berangkat dari seluruh penjuru tanah air dengan flight dan penerbangan yang berbeda2. Kita dijamu dinner oleh A Suk (adiknya papa) dan kedua sepupu gua! Gua ketemu mereka sebelumnya sudah 2 kali, yang berkesan adalah pas SMA gua sempat 2 minggu nginep di apartemen mereka terus jalan2 ke Guangzhou menjenguk A Ye (kakek) kita.

Pas dijemput mobilnya di hotel, rasanya seneng banget...meski kalimat pertama yang diucapkan sepupu gua adalah gua gendut amat sekarang!!! Hiks..hiks teganya teganya, emang sih gua naik 6 kg sejak SMA dulu tp gini2 BMI (body mass index) pan masih dalam batas normal, belom overweight atau obese kan? Tapi setelah berhari2 di HK, gua mengakui kayaknya gua masuk persentil 80 deh alias dalam 10 orang, gua emang lebih ndut dari 8 lainnya. Gimana mereka gak langsing aka ceking coba *sebenarnya iri pisan* , jalan dan jalan kaki melulu kerjaannya, belom lagi kecepatan jalannya separoh lari begitu. Iseng gua jalan di belakang oma2 yang udah renta pun gua gak bisa nyusul beliao lho, trus gak berapa lama gua ngos2an sambil megap2 tarik nafas sementara dia santai2 aja jalan hi..hi..

Back to story, gua tambah senang mendengar kabar mereka. Emang kita jarang komunikasi lho, dulu masihlah tulis2 surat semasa sekolah tapi habis itu seakan2 kontak kita terputus. Pas gua datang thn'98 juga karena singkatnya waktu cuma ketemu A Suk aja. Overall keadaan mereka bisa dikatakan berubah 180 derajat. Dari keadaan yang serba sulit dan mengandalkan bantuan saudara dari Indonesia sekarang sepupu gua yang pertama sudah hidup berkecukupan, punya pembantu, punya rumah, yacht. Mobilnya utk jemput kita aja Lexus.

Terus adiknya yang gua pangling mukanya, dulu perasaan masih bocah bawel dan tukang ngambek mlulu (yang waktu itu pengen gua unyek2), eh sekarang jadi cakep pisan dan berkarir sebagai pramugari Cathay dan sebelomnya jadi model iklan! So happy for them!! Emang kesempatan selalu ada buat yang mau berusaha ya? Dan mereka maupun suami2nya tidak sombong lho, tidak cerita2 pula tentang keberhasilan atau kekayaan mereka at all, gua tahunya dari selipan percakapan tak langsung maupun dari foto2 di fb setelah kita saling add... Sepupu gua tetap ramah dan menawarkan diri utk mengantar kita jalan2 selama di HK tapi gua tolak dengan halus karena kita terikat tour lagian mereka pasti sibuk lah sebenarnya.

Saking asyiknya ngobrol kita selesai dinner jam 23.00. Mereka bilang kita pasti capek dan mengucapkan selamat istirahat di lobby. Ha..ha ngga tahu dia, setelah mereka pergi kita mengendap2 keluar hotel lagi. Jalan di jalanan Mong Kok yang rame, icip2 sate, icip2 dessert Hu Lau San (kudapan serba mangga). Meski perut udah mau meletus tetap aja merasa sayang kalau gak icip2 ha..ha...

Sampai di hotel udah jam01.00 dinihari dan langsung bersiap2 tidur.

Hari ke-2
Acara pagi sampai siang masih free. Kita memanfaatkan kesempatan utk melihat Mong Kok di sekitar hotel. Ketemu pasar, entah namanya apa, gua takjub melihat sebagian besar seafood dijual dalam keadaan hidup. Kalau kepiting ya emang lazim ya, tapi ikan, udang, kodok, kerang bambu, tiram dan lain2 masih fresh gitu, pantesan makanan di HK enak2 ya?

Habis makan siang, acara Tour mendadak diubah karena ada pemberitahuan bahwa Ngong Ping 360 (cable car) akan ditutup untuk pengecekan tahunan keesokan harinya selama seminggu maka acara ke Lantau Island dimajukan ke hari ini. Bener2 mepet karena sebenarnya opening ceremony Kongres dijadwalkan jam 17 hari itu. Kan gak enak toh, baru hari pertama udah pake telat segala, bisa2 makin dicap sebagai bangsa yang suka telat:P

Sebenarnya bisa aja naik MTR jalur orange berhenti di Tung Chung, tinggal berjalan kaki beberapa menit katanya sudah sampai. Kalau rombongan kita sih dianter dengan bus sampai ke stasiun cable carnya. Karena hari Minggu antrian ke Ngong Ping 360 penuh sesak, meski udah disediakan lajur khusus Tour tetap aja kita harus ngantri lama.

Dulu gua udah pernah ke Ngong Ping Village dan menyantap menu vegetarian di sana, tapi seingat gua ke sana belom ada Cable Car ini. Ternyata pemandangan bener2 bagus ya. Bisa melihat ke Airport, Laut Cina Selatan, patung Buddha raksasa Tian Tian dan landskap taman Nasional Lantau selama perjalanan 5,7 km ini. Yang asyik dan menakutkan cable car sempat berhenti lho selama 5 menit. Sempat deg2an juga meski ada pengumuman dari speakar bahwa semuanya baik2 saja. Untunglah angin sejuk bisa masuk lewat ventilasi yang ada jadi kita tetap nyaman. Kata tour guide emang kalau ada angin kencang otomatis cable car berhenti beroperasi.



Sampai di tempat tujuan boro2 bisa jalan mendaki anak tangga menuju patung Buddha atau ngiter2 Ngong Ping Village, kita hanya diberi waktu 10 menit buat foto2 dan langsung antri untuk turun lagi... ampun deh, begitulah nasib ikut tour. Kadang sekedar sudah menginjakkan kaki sudah masuk hitungan aje. Sejujurnya ya pasti gak puas, tapi harus maklum juga sih kita emang harus ngejar waktu dan tahu sendiri rombongan besar pasti jalannya lelet belom lagi antrian pulang ternyata semakin meng'ular (ada nggak bahasa Indonesia begini?). Antri lagi 45 menit baru giliran rombongan kita turun.

Sambil ngebut kita bisa juga tiba di tempat venue yaitu Hong Kong Convention and Exhibition Centre (HKCEC). Didirikan dengan misi menjadi pusat konvensi dan ekhibisi terbaik di Asia, HKCEC bisa memuat 140 rb pengunjung. Emang besar sih, terbukti beberapa dokter yang naik taksi sendiri akhirnya nyasar karena kesulitan mencari pintu masuk yang benar ke tempat venue kita :). Arsitekturnya juga unik, struktur atapnya spt burung yang sedang melayang2.

(sumber : www.hkcec.com.hk)

Kongres gak usah diceritain panjang lebar, pasti pada bosen. Intinya untuk pertama kali acara ini diadakan di Asia, tahun2 sebelomnya selalu di benua Eropa atau Amerika, makanya banyak bule2 yang berasa lagi summer holiday lho. Jadi sebagian dokter bule yang masih muda pakai summer dress, short, jeans belel etc..etc... Untunglah gua gak jadi bawa juga blazer2 yang menuh2in koper, hanya gaun2 batik yang super ringan.. tapi kasihan juga lihat dokter2 senior yang sudah susah payah pake jas, membelalaklah mereka melihat betapa informalnya sejawat junior dari Barat ha..ha... Tapi meski begitu topik2 yang disajikan benar2 top, gres dan menarik. Gak nyesel deh selama gua seminar, istri2 kolega hunting barang syopingan berbag2 selama ladies program yang tandem dgn acara seminar. Acara pembukaan juga dimeriahkan oleh barongsai. Kita mah udah biasa lihat begituan ya, kayaknya ada bule2 yang belom pernah liat, antusias banget mereka ngeshoot maupun foto2.

Sehabis acara kita balik kembali ke hotel, bersiap2 untuk perjalanan yang masih panjang di Pearl of the Orient ini..

BERSAMBUNG...

33 comments:

Selvi said...

el, gua tunggu postingan elo kok nga ada yah hari demi hari? nga taunya abis jalan-jalan nih yehhh.

saking nga sabar mau kasih komen, gua belum selesai baca langsung tulis komen aja, hihihi.

ntar komennya bersambung yah!

Clo said...

Hahaa.. emang tuh.. orang HK biarpun makanannya berlemak semua tapi jarang liat yang gendut soalnya disana harus jalan jalan dan jalan..

Lo bisa ngomong cantonese el?

debby tondo said...

iya baru gue mau bilang, kok di HK makanan enak2 gitu tp ga pada gemuk, ternyata kuncinya jalan ya hehehhe

arsitektur gedung emang bagus ya :)

ditunggu sambungannya...

once_alifetime said...

@ Selvi : Ha..ha sel, sel:)

@ Xiao Yan : Jalan terus sampe malam kaki gua kram padahal udah banyak naik bus dari travel juga hi..hi...
Bisa Xiao.

@ Debby : Iya, gua sampe udah bilang hubby balik Jakarta gua mau banyak jalan, tyt belom terwujud sampe sekarang secara juga bingung mau jalan di mana, trotoarnya udah penuh motor ;P

Y3nn1 said...

Asyiiknya jj lagi. Gw waktu ke HK ga nyampe seminggu BB gw udah naik banget lho, muka jadi bulet juga hahaha...Habis makan enak mulu sih, biarpun gw ikutan jalan ama mereka *ga pake naik taksi, tapi ngebus kemana2*, tapi body ga bisa kaya mereka di sana yang langsing2.

mamipapa said...

huikssss jadi pengen ke hkg lagi hahaha

kangen ke ladies market walaupun cuman mondar mandir aja kaga beli apa2 wkakakak..(biasa sok turis) hehe...

ameykiyut said...

wah asih bener jalan2 ga baca Denzel, serasa lagi honeymoon ya hehehhee
Gile ya itu gedung keren banget deh!! *ga sabar nunggu lanjutannya*

Pitshu said...

huahhh senang na yang lagi jalan2 ke HK hiks... kapan yah g bisa ke HK! *bisa pit kalo lo 2 tahun ga ke singapore* hihihihi...
eh hotel royal plaza na sama dengan yang di sing enggak yah :)

Cyntha said...

pantesaaaaan gw jg nunggu2, tumben bgt niiy blog koq ga apdet2, taunyaaa lg jln2 *ups kongres* xixixi...lumayanlah yah, sekalian jln2 ke HK :)

khatsa said...

ternyata bukan gw aja yg nunggu postingan loe, el...wah, jadi kangen ke hkg lagi nih. ditunggu postingan selanjutnya yaa...btw, jadi kalo dokter2 kongres gitu, istri2na pada syoping?hehehehehe...

Journal Mommy Yenny said...

El, waduh enak bener jalan jalan ke hongkong (walau dengan embel embel seminar ya..)
gue blm pernah ke hk..pengen juga tuh someday shopping ke sono..mau jd tour guide gak? hahahhaa

Arman said...

waduh el... asik amat.. bisa pergi conference sambil jalan2...

Arman said...

eh mau komen juga soal orang HK yang jalannya cepet2. gua jadi inget pas dulu ke HK, gua juga heran lho, kok orang2 itu jalannya cepet amat ya malah cenderung lari.

apalagi di station mrt. pada lari2 kayak takut banget ketinggalan kereta. padahal kalo ketinggalan juga paling max 5 menit udah dateng lagi yang selanjutnya. ngapain coba sampe lari2 gitu. hahaha.

mom4kids said...

wah asyik bener conference hampir seminggu sambil jalan2 dan wisata kuliner ,mana berdua lagi ..itu ya asyiknya menikah sesama profesi :)

ameykiyut said...

duh gw lagi heran kenapa dari kemaren gw konen gak ada yg masuk ya?
Ya uda skrg komen lagi : di tunggu cerita lanjutannya ya hahahahha

Pucca said...

wah asik bener el jalan2 ke hk seminggu.. gua juga pengeeeen ke sana, tapi apa daya daku tak bisa bahasa cina..
menurut lu kalo gua ama david pergi berdua ke hk gitu bisa jalan2 gak sih? atau kita bakal cengok karna bahasa?

pinkbuble said...

IYah, gw tiap hari cek-in blog lu el..nungguin loh kok tumben ga ada cerita..ternyata dikau melancong ke negara laen..hihihihi..

ditunggu postingan lanjutan..

jot14 said...

ah jadi kangen ke HK ...yang paling penting mo makan apa aja ga takut gendut, krn kerjaan disana jalan kaki melulu..ampe kaki merah kecapean..(di rendam air hangat enak loh..)

Veny said...

Ohh ternyata br dari HK toh ?
kangen g kesana , taun ini g gak ke HK yah terakhir taun lalu .
itu Royal Plz tempat g nginep kalo ke HK , g biasa kamar yg connceting krn lbh gede El .
G dah tinggal situ brp kali , kalo yg dibawah Grand Century itu station KCR Mongkok El bukan MTR , g kl ke Shnz naek dari situ ntar plng juga turun disitu jadi gampang tinggal naek ke Hotel . he22

MTR station terdekat emang Prince Edward lo musti jalan bentar lwt Pasar yg blk Grand Century , bentar aja . udah sampe . ga perlu lwt jembatan .

itu pasar di blk Grand Century sering g lewatin n jalan2 disana , bnyk makanan . itu namaya Fa Yuen market .

g gak demen Ladies Market ga ada apa2nya , mahal pula
enakan di Fa Yuen market he22

wkt ke Ngong Ping g pergi sndr naek MTR turun di Tung Chung trus naek bus , krn cable car lg di service ha2

panjang amat yak komen g krn g kangen HK ..wkwkkkk

once_alifetime said...

@ Y3nn1 : Untung cuma seminggu kalau gak tambah bulet deh ha..ha.. mungkin metabolisme mereka beda kali ya, jadi semua yang masuk dioptimalkan jadi energi:)

@ Felice : Gua jg gak beli apa2 di Ladies Market, malah pusing lihat orang banyak, tp ya sama jg kayak elo tetep pengen mondar mandir wakakaka, turis gak jelas...

@ Amey : Iya, honeymoon lagi keke.. thanks ya udah bersedia nunggu lanjutan.

once_alifetime said...

@ Pitshu : Senengnya ke Singapore ya, Pit? Sama ajalah kalau jalan2 ke mana aja pasti hatinya senang, refreshing soalnya:)

@ Cyntha : Ha..ha.. asyik ditunggu2 ternyata, makasih ya, bu:) Iya, kenapa nih pada nyangkanya jalan2? Kongres kok *pake nada serius*

@ Khatsa : Duh, senengnya ada yang nunggu postingan gua wakaka... Nih, gua kasih tahu ya, setiap ada seminar ke luar kota, luar negri sementara dokter2nya seminar sll ada tandem ladies program, kalau kemaren di HK, para ibu2 diajak ngukur mal-mal di HK, hampir semua mal bagus dijabanin , Nah pas pulangnya kan ngumpul lagi, busyet belanjaannya gak kira2 dah:) Jadi tunggu aja tanggal mainnya ya, tp jgn kasih tahu suami, ntar gak diajak pula ha..ha..

once_alifetime said...

@ Yenny : Boleh, boleh... sebenarnya gua cuma cantonese pasif lah, bisa dengernya tp ngomongnya harus mikir2 dulu.

@ Arman : iya nih, priviledge yang harus disyukuri banget dan pas buat gua karena gua demen banget travelling:) Iya, tp gua ikut2an norak lho, Man, gua lari2 karena sekitar gua lari terus kan gua kalah gesit, hampir aja kejepit pintu MTR hu..hu..

@ Susie : Gak harus seprofesi kok, banyak yang bawa istri/suaminya juga. Iya, seneng emang kalau ada acara begitu:)

@ Amey : udah kok, masuk tadi di atas, Thanks ya, Mey. Iya, gua jd semangat nulis lanjutan, entah kenapa udah seminggu pulang perasaan masih lemes dan masih pengen lanjut liburan huaaa

@ Viol : nggaklah, vi. Generasi muda sekarang udah lumayan pinter bahasa Inggris lho. Pas gua SMA sih emang, ke McD aja pelayannya gak bs bhs Inggris. Belom lagi mereka udah sadar ttg pariwisata, jadi kalau utk belanja2 masih nyambunglah, palingan pk kalkulator. Terus arah MTR, map semua ada bahasa Inggrisnya. Setelah Phuket, next destination Hong Kong ya?

once_alifetime said...

@ Elrica : Hiks, thanks ya El, duh bener2 terharu deh gua ada yang ngangenin gua. Iya, ntar secepatnya ya gua posting lanjutan.

@ Mama Olive : Ha..ha.. gua juga terpikir mau rendam kaki yang kram apa daya gak ada baskom di hotel, sementara di bath tube males nunggu airnya penuh. Ternyata kita semua gak kuat jalan ya, udah terbiasa naik turun kendaraan.

@ Veny : Ketahuan emang, elo kan cerita2 belanjaaa mlulu, sampai gua kagum kok si Veny ke HK ceritanya belanja2 aja, untung elo ada ke Disney ya? Gua kan ikut tour, Ven. Gratis ini dikasih kamar mana aja bersyukurlah. Thanks tambahan infonya. Ven tp ada stasiun Mong Kok east kok di mol selain stasiun yang ke Shen Zen, warna line biru muda, kalau Mong kok kan line merah/hijau:)

thesalem said...

Iya bener, kenapa mereka jalan cepet banget sih ya, kita kan jadi mau gak mau ikutan cepet, gw juga sampe ngos-ngosan..dan kalo lampu penyebrangan menyala, sirenenya bikin kita makin senewen, kayak diburu-buru gitu hehe, bener-bener kebiasaan orang Indo tuh santai.

Veny said...

Iya El , yg di moll tuh mongkok east line biru muda khusus KCR ke lowu SHZN .
kalo mau ke line dlm kota paling naek dr situ trus tuker di Kowloon Tong
kalo MTR station MOngkok sndr ga ada di mall , jalan agak jauh dr mol .
laen kali lo ke Prince Edward aja jalan kaki lwt pasar blk moll ke kanan trus mentok ke kiri dikit nemu pom bensin nyebrang udah deh tinggal masuk MTR .
g dulu g keder mana MTR terdeket nya ?

yhalim said...

huaa, g pengen ke HK.
ngincer ke disney nya hehehe

ud 10thn ga ke sono. tambah keren ya HK.

Quinie said...

huaaaa gua pengen banget ke cina.... hiks.. jadi iri.
wew.. lu pergi pas gua ultah yak? pantesan ajah kaga beredar. btw, emang bener ya kalo di china itu blog, fb di blok?

oiya, lu ga menemukan kesulitan berkomunikasi ya disana? secara lu kan gape mandarin *walau kadang lupa kalo ditanya denzel :D*

Pucca said...

oh gitu ya el? jadi walaupun gua ama david gak bisa bahasa cina tetep bisa jalan2 tanpa harus ikut tour ya?
asiiikk.. kalo gitu next destination aaaahhh :D
tapi kalo gua nyasar gua bakal telpon lu dari sana kekekek :P

once_alifetime said...

@ Maryna : Bener tuh sirinenya bikin gua inget film action yang mana bomnya udah mau meledak gitu, sutris dah.. katanya sih buat orang tunanetra.

@ Veny : Iya, gua mesti ganti di Kowloon Tong. Eh, bener juga ya Ven bisa ke Shenzhen skrg, gua gak perhatiin lho, dulu line itu kan ujungnya Sha tin, apato A suk gua, gua inget banget itu udah paling jauh, jadi emang dah kayak di luar kota, sekarang malah ada lanjutannya ke University etc2, br gua liat2 lagi mapnya.

@ Yulia : Iya, kalau ada kesempatan bawa anak2 ke HK dan Disney tp jgn tll kecil, ntar gak bs main pula, sayang kan:P

once_alifetime said...

@ Ratu : Iya, makanya ucapin birthdaynya telat he..he.. Lagian elo kan jg udah mau ke S'pore kan. Kayaknya gak diblok tuh, sepupu gua asyik fb-an. Google kali, tp gua jg lupa nanya.

@ Viol : Gua rasa bisalah, paling nyasar2 dikit wuahhaha.. eh, gua punya ide bagus mending elo ajak gua jadi tour guide elo aja gimana:P?

Sakura said...

wahhh El, asik ya sering conference and congress ya..
Si Denzel anteng2 ajakah ga nyari papa mamanya selama dirimu di HK?

Terus jadi ke disneyland ga?
Iya org HK itu pasti ngeliat body2 indo yang masih batas BMI itu ndut. Dulu kalao beli baju HK, selalu mao dikasih L, wakakaka.. mrk langsing2 krn banyak jalan ya.. :)

once_alifetime said...

@ Willy : harusnya ada tiap tahun, Wil. Dulu pas masih kasih ASI gua gak ikutan, paling dlm negri doang. Denzel nyari hanya hari pertama aja kata cie2 gua, setelah itu dia tabah menunggu gua pulang ha..ha, udah mulai ngerti kalau dikasih penjelasan. Iya, bajunya imut2 semua sesuai body mrk:(

khani said...

I like this blog, good luck ..! also visit hotel in bandung or nikon digital camera cases

Post a Comment