Sunday, May 30, 2010

Cooking Mama #12 Ikan Tim ala Thai


Jumat hari libur Waisak kemaren baru sempat bikin ikan tim ala Thai ini. Resep asli bisa klik di:

http://www.bbcgoodfood.com/recipes/1031/thaistyle-steamed-fish

Facts:
1. Bagi gua enak juga karena lagi2 dpt ikan kakap segar. Sayang jadinya gak tll spicy, padahal harusnya makanan Thai kan spicy banget ya?
2. Gak ngerti cara bikin kulit jeruknya. Gua pake jeruk nipis terus dikupas pakai pisau buah jadinya masih gede2, apa harusnya diparut? Kalau kulit bikinan gua ini kayaknya gak tll ngaruh ke rasa.
3. Bak coyku yang malang... kenapa pula warnanya jadi begitu hiks, maunya kan hijau segar?? Padahal udah pas 15 menit, gak lebih ngesteamnya. Apinya jg gak tll besar.. Bener kan bak coynya dimasukin dari awal?

12 comments:

mamipapa said...

gw kulit jeruknya si parut el, gw pake lemon hahah emg kaga ada stok nipis..

trus pak choi gw juga layu kok, si belinda rupanya di rebus pisah tuh sayur, begitu matang baru di tata2 di ikan itu jadi pak choi dia kaga layu kaya punya gw dan loe..soalnya gw juga kukus bareng si ikan selama 15 menit..

Veny said...

yah ikan lewat deh El , g kagak doyan ikan . he22
btw cukup cakep penampakan nya

iya bokcoy lo rebus terpisah mustinya biar cantik , celup diair panas bentar trus sirem ama air dingin !

Clo said...

ohh.. pakcoy-nya harus direbus terpisah ya biar warnanya bagus?
sip-sip nanti dipraktekin.. belom bikin nih padahal udah beli bahannya.. hehee.. ntar pakcoy-nya malan keburu layu di kulkas :)

Pucca said...

gua baru tau loh jeruk nipis kulitnya bisa diparut, kenapa gak pake aernya aja ya? apa lebih asem?

once_alifetime said...

@ Felice : oh, tyt rebusnya terpisah. Lumayan, dpt pengetahuan baru. Thanks, Fel:)

@ Veny : elo gak suka seafood sih.. habis ini sekali lagi ikan lho ha..ha.. gak jadi cuci mata si Veny.

@ Xiao Yan : Iya, drpd layu di kulkas, buruan Xiao. Gampang banget bikinnya yang ini.

@ Viol : airnya jg udah, vi. Kulitnya mungkin bs nambah sensasi ttt ya? Kayak manisan kulit jeruk itu kan enak banget (yang dari China)

debby tondo said...

Bok coy gue juga begitu kok El, entah salah dimana.. yg penting enak kan??

Belzy said...

enak yah lis ikan di tim kayak gini, emang lebi enak lagi kalo pedes plus asemnya kenceng....wuahhh makan pake nasi panas....sedep bener dah :).

iya tuw lis, kalo pak choi nya gue rebus pisah, abis kebayang sih bakal lodoh2 gitu kalo dimasukin di kukusan.

once_alifetime said...

@ Debby : Ikannya sih enak Deb:)

@ Belzy : Gua malah bayangin pake mangga muda lagi, diserut2, soalnya masakan Thai kan suka pake mangga, kira2 cocok gak ya, Bel? Wah elo emang pengalaman ya, gua gak nyangka sama sekali bakalan layu begitu. Kalau ada resep gua ikutin banget biasanya saking takut gagal ha..ha..
thanks ya:)

Quinie said...

huaaa enak2 banget makanannya. next recipe apa nih...

mom4kids said...

Ahkir2 ini sering liat resep tim ikan , sampai pengen bikin tapi blum juga kesampaian sampai sekarang ..hihi

ernie mommy chloe said...

wah, nyam nyam banget nih...

ashleyprincess said...

looks yummy.. gw kaga doyan ikan tim sih, pas hamil doang maksa2 makan ikan tim.. tp liat penampakannya keliatan enak en bikin ngiler koq^^

Post a Comment