Wednesday, June 23, 2010

Pearl of the Orient (2)

Sebelom lanjut postingannya , gua mau mengucapkan terima kasih buat teman2 terlebih dahulu yang ternyata udah nunggu2 kok gua gak posting2 dari komen2 sebelomnya. Tahu nggak, selama di HK gua gak bisa tuh yang namanya blogwalking karena apa daya nyari wi fi di sana seakan2 nyari uban di kepala Denzel, susah gak tuh? Di tempat kongres aja pelitnya setengah mati, jadi dikasih Wi fi hanya 20 menit sejak log in, mungkin biar pada konsen dengerinnya:) Jadi selama 8 hari gua rindu banget ama sodara2 sekalian dan ternyata..ternyata.... perasaan gua gak bertepuk sebelah tangan, ada juga yang rindu ama postingan gua T_T *terharu* Btw rindu postingan gua = rindu gua kan, iya kan? Iya aja deh:)) Lebay banget ya gua, mudah2an setelah baca curahan hati gua ini kalian tetap mau ya jadi pembaca blog gua dan gak ngibrit kegelian ha..ha....

Terus sejak pulang, gua masih aja lemas dan kurang bergairah nih. Bukan karena gak seneng ketemu Denzel lagi lho, yah pasti senenglah, sampai hati gua mengembang gitu pas liat senyumnya sedemikian lebar menyambut gua terus pelukannya sedemikian kuat sampai bikin gua gak bisa nafas:) Namun sedari dulu, emang setiap kali pulang liburan gua kena sindrom "liburan kurang lama". Kapan ya gua bisa setaon tuh cukup 9 bulan kerja, 3 bulan buat travelling dan tentunya bersama hubby dan Denzel*tuh ngayal terus*. Jadinya postingnya juga ditunda2. mudah2an sindrom ini cpt hilang dan gua bisa semangat lagi!

Hari ke-3


Sehabis kongres kita menuju Victoria Peak menggunakan peak tram ride. Victoria Peak (Mt. Austin) dengan ketinggian 552 meter bisa dikatakan gunung tertinggi di HK sehingga tak heran Gubernur Mac Donnell pada thn 1868 membangun rumah peristrirahatan musim panas di sana utk menghindari cuaca panas HK. Selanjutnya dibangun hotel yang dikenal dengan nama Peak Hotel dan kemudian berbondong2 orang kaya membangun rumah di sana.

Utk mempermudah transportasi ke atas, akhirnya dibangun jalur tram yang diresmikan 30 Mei 1888. Ck..ck.. bayangkan berarti udah beroperasi selama 122 tahun lho! Meski dulu masih dijalankan dengan mesin uap sedangkan sekarang sudah memakai tenaga listrik dan sistem kontrol yang terkomputerisasi tetap aja gua kagum kok mereka bisa jaga sesuatu sedemikian awetnya ya, bukannya di Jakarta dulu juga ada tram?

Perjalanan dengan tram sepanjang 1.36 km ditempuh selama kurleb 5 menit. Agak lama ya? Kecepatan maksimal emang cuma 20 km/jam mengingat treknya curam banget, ada daerah tertentu yang kecuramannya sampai 48 derajat jadi jangan coba2 berdiri deh karena bisa2 terjungkal. Kursinya aja semua menghadap ke depan. Tapi tour guide kita cuek banget lho, dia asyik2 aja berdiri meski senderan ke tiang, gua udah takut aja tiba2 dia terlemper keluar kereta ha..ha..

Sampai di atas pemandangannya bagus, bisa melihat panorama Hong Kong dari atas. Ada juga beberapa toko dan restoran. Gua langsung menuju Madam Tussauds yang excluded dari acara tour. Tiket karena minta dibeliin tour guide, diitung 140 HKD kalau gak salah, lumayanlah korting dari harga normal 160HKD.

Menurut gua lebih bagus Madam Tussauds di London deh, kalau gak salah dulu ada atraksi naik wahana kereta, terus dipaparkan sejarah London, sampai pas ada kebakaran besar yang melanda London ada teriakan dan tangisan terus beneran ada bau asap, nyata dan horor.

Kalau di Madam Tussauds HK emang lebih banyak tokoh yang dikenal soalnya banyak bintang film Asianya ha..ha.. Leon Lai, Jackie Chan, Donnie Yen, Aaron Kwok, Anita Mui etc. Gua jadi nostalgia pernah nonton konser Anita Mui dahulu kala wkt ke HK, band pendukungnya saat itu Grasshoper. Kasian ya meninggal di usia cukup muda karena kanker leher rahim. Terus juga ada Leslie Cheung, penyanyi yang sejaman dengan Alan Tam dan meninggal karena suicide terjun dari gedung bertingkat. Duh, ketahuan banget ya gua udah tua, yang gua kenal itu figur2 semasa gua SMA dan saat ini udah pudar pamornya yang gak ada antrian orang bo! Pas gua foto ama Aaron Kwok aja, ada seorang remaja (kayaknya dari Spore atau Malaysia) yang bertanya pd teman2nya siapa sih Aaron ini, hanya dijawab dengan melengos ."Not famouslah!" dan lanjutlah mereka cari tokoh yang lebih okay dan masih gress menurut mereka... hiks..hiks..

Untunglah gua tahu siapa itu Bae Yong Juun (bener gak ejaannya ya?), huaaaah antri panjang, semua minta dipeluk, habis tangannya kan terentang seakan2 mau meluk ha..ha.. Terus tentunya ada mantan gua si Brad Pitt, pas foto gua bilang ama hubby,
"Eh itu Angelinanya gak usah keliatan ya." ke...ke... hubby sampai geleng2 kepala.

Terus gua masuk ke rumah hantu dlm Madam Tussauds ini, gratis gak usah bayar lagi. Biarpun udah dibilang itu semuanya hanyalah aktor tetep aja sereeeeem dan kaget, mana masuknya kan pake jalan kaki (bukan naik kereta). Yang bikin lebih serem menurut gua sound effectnya, gua jejeritan sampai serak ;P



Setelah itu kita menuju Repulse Bay, bagian selatan dari Pulau HK. Pantainya makin bagus dan bersih, sementara patung2nya masih sama persis aja dari dahulu saat gua ikut tour pas kelas 5 SD. Brarti dah 2o thn lebih loh. Masih ada dewi Kwan Im dan Raja Tin Hau, dua dewa/dewi yang dipercaya melindungi nelayan2 HK ketika melaut. Terus ada jembatan yang katanya bisa memperpanjang usia 3 hari bila kita melintas di atasnya. Ada pula patung rejeki yang menurut guide harus diusap mulai dari kepala ke perut terus tangan dimasukkan ke tas (rejekinya dibawa pulang). Gak hanya ibu2 yang dengan semangat '45 melakukan, bapak2 juga mengingat duit mulai kering sementara godaan belanja masih banyak ha...ha... Kalau bapak2 godaannya pasti gadget dan elektronik tuh. Ada pula dewa memberi kesuburan.



"Ingat, pak. Berhenti di perut terus masukin kantong! kalau elusnya sampai kaki
ya rezekinya lari toh pak"
, seru tour guide

Pantainya sepi karena hari biasa

Sekedar intermezzo, di HK kayaknya 75% orang memakai iphone. Boomingnya spt orang Jakarta yang memakai BB deh. Kata tourguide kalau kita kelihatan memakai BB pasti disangka kaya, karena biaya langganan mahal dan biasanya hanya pengusaha yang menunggu2 email bisnis yang mau memakai BB. Alasan kedua, iphone lebih mengakomodir mereka menulis aksara Chinese karena punya aplikasi sentuh dan gambar.

Balik ke cerita, setelah itu kita makan malam di Jumbo Floating Restaurant. Kayaknya pasti tahu resto ini deh secara udah tua banget dan rasanya semua tour pasti wajib membawa peserta utk lunch/dinner di sini.

Menurut gua resto ini hanya menjual nama dan keunikan tempat aja karena masakannya enggak enak! Pokoknya selama perjalanan kali ini makanan terparah ya di resto ini. Spt kata kolega gua, chefnya cinta mati ama tepung kanji, jadi semua masakan rasanya nge'tepung'. Terus irit bumbu dan garam, alhasil semuanya kita tuangin lagi kecap banyak2 dan untunglah gua bawa sambal botolan:)

Setelah itu pulang ke hotel, siap2 menuju Vegas of the East keesokan harinya.....

23 comments:

debby tondo said...

Jumbo Restoran itu kayanya terkenal banget ya, waktu kecil suami gue n keluarganya pernah kesana tuh, buktinya di rumah ada sumpit yg tulisannya JUMBO Restaurant *ga tau sapa yg nilep* hihihihiih

mamipapa said...

btw el..artis2 yg elo sebut gw tau sema tuh hahaha (waktu itu kan jaman gw smp) trus macam leon lai, andy lau, jacky cheung sama aaron kwok yah (4 artis terbesar hkg)jaman2 itu banyak temen co yg model rambut kaya aaron kwok (belah pantat) sebel gw liat co rambut gitu huahahaha

leslie cheung gw gak inget tp gw tau grasshoper krn pernah denger lagunya ..

gw liat blog loe gak posting2 tau kayanya elo seminar lagi nih...kan pernah elo singgung di blog sebelomnya kalau kalian ada acara tapi sayang gak bisa bawa denzel hihih...

seumur2 gw ke victoria 2x kaga pernah masuk museum lilin itu loh..cuman gw pernah ketemu artis asli cecilia cheung...kaget gw ternyata kurus dan pendek bgt hahaha..rame bgt pd histeris trus pd mau foto2 sama dia..sementara doski cuek bebek...gw liat dia di film fly me to polaris kan jd suster kayanya cantik dan keren...ternyata aslinya tak seindah bayangan...apalagi 2 th kmd gw liat video p*rn* dia sama edison chen makin ilfil deh ahhaah

gw cinta hongkong sama bahasa dan makanannya, selain suka jalan2nya juga (pernah ke bar, pernah karoke haha)...tapi tidak cinta jalan kaki soalnya pada cepet2 dan kaki gw lama2 kaya mau keram

kl di indo iphone mahal kan, sodara gw pd beli iphone yah di hkg..

Pitshu said...

buset dah itu ABG kali yah! ga tau aaron kwok yang pas jaman g keren ganteng kece begitu wakakaka :) lol~
partner gawe g kan, cewe na pramugari CP, di HK emang lebih booming iPhone, dan kalo ga salah g pernah baca di inet, di Indo itu pengguna BB terbanyak~

Clo said...

Gw tau leslie Cheung udah meninggal tapi baru tau karena suicide.. serem juga ih...

Karena gw belom pernah ke HK pake tour jadi blom pernah ke Jumbo restaurant.. soalnya di internet udah terkenal makannya ga enak.. tapi kesohor banget, mungkin jaman dulu enak kali yah?

sama kayak mamana clarissa.. 2x ke the peak tapi ga mampir ke madame tussaud.. soalnya ga ngefans ama bintang pelem hehee.. ngefans-nya ama clo ajah...

Journal Mommy Yenny said...

Walah, el...ketauan banget kalo kita sejaman...demen ama aaron kwok, leslie cheung, andy lau, jacky cheung hohohoho...

Quinie said...

iyaaaaa gua kangen bangeettt ama lu *peluk2*.

oww... gua baru tau anita mui udah alm ya?! gua sempet denger2 namanya.

eh sumpe lo, liburan kelas 5 udah ke cina? atau lu sekolah di cina?!

ameykiyut said...

apaan yg arron kwok not famous?? wkakakak perasaan jaman gw smp si arron kwok terkenal bnaget gilak kkekkekee

once_alifetime said...

@ Debby : Katanya sih udah 30 tahun resto itu. Awet amat sumpitnya Deb? ha..ha dibw pulang maksudnya jadi souvenir kali:)

@ Felice : Iya, 4 raja langit kan? Teman2 gua jg mayoritas rambut Aaron Kwok, tega amat nyebutnya belah pantat ha..ha..

Eh, elo ketemu di mana Cecilia itu? tp patung lilinnya cakep lho, emang sih gak tinggi tyt. Patung lilin kan dibikin sesuai tinggi sesungguhnya kan? Michael Jackson jg pendek lho tyt.

Elo mah jago Cantonese kali ya, gua pasif bisa tp kalau harus ngomong panjang lebar gak bs juga.

@ Pitshu : Iya, seingat gua waktu kls 1 SMA ada teman gua yang sampai musuhan, karena satu penggemar Leon, satunya fanatik ama Aaron Kwok jadinya saling menjelek2an idola yang lain, parah ha..ha.. Rasanya aneh lho lihat orang bukannya sbk BBan, tapi sibuk iphone-an.

once_alifetime said...

@ Xiao Yan : Iya, karena depresi. Terus patung lilinnya ekspresinya sedih, dia pake jubah hitam terus dikasih angin2 biar jubahnya terbang dan ada musik2 sendu sampai gua merinding dan akhirnya gak jadi foto, gua perhatiin juga gak ada lho yang foto di sana. Entah gak kenal apa karena seram.

Gua kira elo gak masuk takut Clo kaget hihi.. kira2 heran gak ya mereka, ini orang kok diam aja. Wah elo mah penggemar setia Clo ha..ha..

@ Yenny : Syukurlah masih ada yang sejaman ama gua *elus-elus dada*:)

@ Ratu : Hiks hiks *peluk balik* Anita Mui dulu kan suka main film komedi mandarin. Hah, gak lah gua mah produk sini sekolahnya, cuma jalan2 doang.

@ Amey : Iya kan? Patungnya ampun deh, six pack dan telanjang dada gitu lho. Biarpun gua bukan fansnya jd kagum kok ini orang gak keliatan tua2 ya, sama aja kayak dulu.

pinkbuble said...

Hihihihi..ngomongin aaron kwok, baru konser tuh si abang aaron di sg..posternya engga banget, kayak hombreng..bercelana bunga dan badan bertaburan glitter shinny!! Ga sanggup...tapi kalo dia nongol di depan gw tetep aja gw pelok-pelok..hihihihu

bu, lanjut ceritanya yah..ditunggu episode 3.

Arman said...

lha mana foto lu ama brad pitt? yang ada kok brad pitt nya doang? hehe. eh itu brad pitt kan? tapi kok kurus amat ya... :P

gua jadi inget ama jumbo rest itu. gua kesono kan cuma berdua ama temen gua dan mesen peking duck 1 ekor. gede banget. enak sih... tapi sampe mau mampus makannya... huahahahaha...

khatsa said...

aduuuhh, jadi kangen ama pantai nya Repulse Bay. Jadi inget, gw ke sono ama sohib gw. Foto2an, krn pengen foto ber-2 n orang2 skitar pada cuek, kita foto2 sendiri dengan tangan terjulur gitu, hasilnya fotonya penuh ama muka kita, ga keliatan pemandangannya...hehehe...

Aaron kwok itu idola gw banget dulu pas smp-sma, kita bener2 sejaman nih,el. Tapi bener kata elrica, poster dia konser di sg itu nggak banget,wkt gw liat sampe ngebatin,"untung udah ga ngefans lagi,hahahaha"...

oiya, gw ga bilang suami kalo dapet bocoran acara tandem itu (n hepi banget hahaha), bener kata loe, ntar gw ga diajak hahahaha

Pucca said...

haha.. kasian bener si aaron kwok dibilang not famous, jadi keliatan tua deh kita ya karna kita kenalnya yang not famous, jadi serasa kaya nyokap gua bilang david ciang, chin han, gua gak kenal jadi bagi gua juga not famous waktu smp dulu haha..

nanti kalo gua beneran bisa mendaratkan kaki di sana, gua tinggal berguru ama lu, ama veny kayanya kalian udah malang melintang di sono :D

ayo el, lanjuuuuttt :D

Veny said...

jd tambah kangen g ama HK hiksss gara2 lo ngoceh tmp2 dimana dulu pertama kali g ke HK yah maen kesana . kae Victoria peak, repulse bay , jumbo rest .
El g jadi mellow krn HK udah jd kmp halaman g hiks tiap thn g kesana , taun ini absent malah lo crt lagi hu22
satu tmp lagi dulu g ke ocean park , kl skrg udah ga perna kesana2 lagi, yah khusus blanja kl kesana .
ke disney udah 2x , udah cukup deh .
abis ini ke macau ya ? yahh g guling2 tambah sedih deh ..ha2

Veny said...

oh iya di luar INdo kae HK, spore & japan & korea BB emang gak populer , mrk cinta I phone .
g jg pgn I phone .. beliin El , ha22 g ngaco krn rindu kampung halaman hiksss

once_alifetime said...

@ Elrica : Pantessss, El. Tuh patungnya Aaron Kwok masak pake celana bunga2, gua kira yang bikin sentimen ha..ha.. Knp ya dia jadi norak begini??? Elo pelok2 si Aripnya pingsan gak ha..ha..

@ Arman : Gua ternyata pendek banget, Man. Foto ama Brad Pitt ntar gua dikirain anak adopsinya pulak ha..ha.. Iya, masa tinggi gua cuma sedagu, huh jadinya kan kurang romantis toh ha..ha..

@ Khatsa : emang susah ya minta tolong mereka fotoin, semuanya pasang muka 'do not disturb please':( Gua udah lama gak denger kabar koko Aaron, gak tahu kalau selera fashionnya udah berdegradasi sedemikian rupa, tadi baru tahu dari Elrica.

once_alifetime said...

@ Viol : Bener,udah mulai kena karmanya, dulu bosen kalau mama gua ceritanya lin ching sia (wkt kecil masih tahulah filmnya), terus chin han, teng li cin (teresa teng)dll. Ada lho patung lilinnya Teresa Teng dan rame diantriin ama tante2 seumur nyokap ha..ha.. gua jg ikutan foto bareng buat dikasih lihat ke nyokap:)

Boleh, boleh, tp suhu sejati si Veny tuh ha..ha..

@ Veny : Cup...cup kasian deh elo Ven, maap maap gua gak sengaja mengorek kenangan manies elo ha..ha.. elo kayak org yang jatuh cinta beneran deh, Ven. Kenapa pula thn ini absen, bkn bosen kan? Gua kalau disuruh pergi tiap thn ke HK dgn senang hati lho. Mana pasien gua cerita dia sethn beberapa kali beli dagangan ke Guangzhou dan suka singgah ke HK bikin gua iri aje:)

Ocean Park perginya jaman dahulu naik cable car, masih ada gak cable carnya? Kalau wahana sebenarnya lebih seru di Ocean Park ya, Disney terlalu 'jinak', cocok buat anak2 kecil doang.

Ven, gua masih beberapa episode lho, tabahkan hatimu ya xixixi..

bulanredup said...

padahal semalam gw dha komen tapi kok gak ada ya? mungkin komennya hilang gara2 gw bilang aaron kwok jelek banget...hahhahahha... Gw sebel ah ama aaron kwok, lebay banget, model rambutnya tuh enggak banget deh... Tenang aja Lis, kita se-jaman kok, gw dulu juga sering denger lagu2 Jacky Cheung....Hehhehehe...

pinkbuble said...

Ga pingsan, paling bilang " hombreng gitu kamu suka..aneh!" hahahhaha..

Veny said...

iya g tabah El , gmn ga kangen terus terang g kesana udah lbh dari 10x , kira2 15x deh seumur hdp gw wkwkkkk .
taun ini absent krn gerombolan g pergi ga bisa kesana terpaksa absent deh .g mo pergi ama sapa ? senidir ga seru minimal ber 2 or 3 org .
Ocean Park skrg kan udah renov El , masuknya juga idem mahal .

g juga pny kukuh di Shatin trus satu lagi kukuh yg paling gede di Yeun Long tp g ga pernah nginep di tmp mereka krn jauh , mahal di ongkos he22 lagian bikin repot mrk yah

dulu idola g juga aeron kwok kasian yah udah jadul tp g juga tau kok bintang2 HK masa kini krn g hoby liat serial HK TVB smp skrg he22
emang udah tua kita ha222

kl ada yg crt ttg HK g kae nostalgia , krn uda brp kali kesana .
idem kae spore yg jd second home g juga .

mom4kids said...

iya gw juga kecele liat Brad pitt yg versi ini , culun , kurus , kliatan tua ya , makanya loe gak mau foto bareng ..hahaha

ashleyprincess said...

nambah satu lagi temen seangkatan lu el, secara gw nge fans ama 4 raja langit pas jaman smp dulu ^^

huaaaa gw baca liputan lu berulang2 en ulang2 lagi.. biar gw hapal di luar kepala.. kapan ya kesampean gw ke hk sana.. gw pengeeeeen bgt ke hk el... skrng lagi mengumpulkan duit buat jalan2 en mdh2an ntar ashley gedean dikit ud bs pergi.. biar ga rugi pula ke disneyland :)

ayooo lanjut part 3 nya...

once_alifetime said...

@ Yenny : gua jg gak ngefans tp dulu ngakui dia cakep, kok sekarang jadi begini? tp emang awet muda tuh orang.
Suaranya jg nggak banget bagus jackie cheung jauh.

@ Elrica : cool ya si arip tuh:)

@ Veny : Aje gile?? Serius 15 kali, wah2 tahu gitu gua berguru dulu ama elo, Ven. Gua cm 4 kali dan jaraknya jauh2 dari SD, SMA, Kuliah terus baru sekarang lagi. Dikumpul2in duitnya bs keliling dunia kali, Veeennn. Gua emang suka HK tp kalau ada kesempatan dan biaya mending datengin tempat2 yang belom, ntar udah semuanya br gua balik lagi ke t4 yang seru2 (tmsk HK) *ngayal*

Iya, gak enak hati ya ngerepotin. Tapi wkt dulu kok bs cuek ya, bs2nya gua tinggal 2mgg ha..ha.. emang Sha tin itu jauh banget, tp gua dulu kan masih student, kalau gak salah beli tiket MTR murah banget.

@ Susie : emang kurus banget, gua foto bareng kok, Sus tp gak imbang habisnya gua pendek eh imut ha..ha..

@ Mey : setuju..setuju... Ashley bakalan senang deh ketemu Mickey dan karakter Disney lainnya:)

Post a Comment