Tuesday, May 18, 2010

Kebun Raya Bogor

Hari Kamis kemaren kita mutusin ke Kebun Raya Bogor bersama cici gua dan sepupu Denzel. Sekali2 selingan pengen liat yang ijo2 buat refreshing. Lagipula sekarang setelah sepupunya berubah lebih penurut giliran Denzel yang gak bs digandeng. Kalau di mol maunya lari terus tanpa liat2, kalau pun kita ngumpet biar dia kapok, tetep aja terkekeh2 gak kenal takut. Kadang sampai nabrak2 orang larinya. Kalau di kebon raya mah terserah deh mau lari kan aman, banyak rumput dan gak ada mobil:)

Tahun 2009 awal Denzel udah pernah ke sini, tp waktu itu gak lari2an malah kalau ketemu jalan berbatu, jalannya hati2 pisan ha..ha.. Terus waktu itu jalan dikit udah capek dan minta naik ke stroller.


Kebalikan 180 derajat, sekarang mah lari kenceng biarin deh papanya yang ngejar, gua udah ngos2an dan baru bener2 ngeh betapa luasnya ya kebun raya itu.

Pertama2 mampir dulu ke museum zoologi. Di sini banyak binatang diawetin mulai dari ikan, mamalia, burung sampai reptil dan serangga. Udah beberapa bulan ini Denzel bawel ingin tahu nama suatu benda dalam berbagai bahasa. Contohnya:
" Ini apa?"
" Monyet."
" Monyet namanya inggis (inggris)?.."
" Monkey."
" Monkey namanya mandayin (mandarin)?"
"..........." *berpikir keras*
" Namanya mandayin itu monyet? Mandayin? Mandayin?", bawel Denzel
" Hou ze" tink, mamanya tiba2 teringat dan menjawab dengan wajah sumringah penuh kelegaan. Senangnya serasa bs jawab pertanyaan sulit dari Prof Suwandhi, dosen killer jaman kuliah dulu.

Kelegaan itu gak berlangsung lama kareng si bocah langsung terfokus pada binatang di box sebelahnya. Dan setelah adegan mirip2 di atas diulang 10x, sang mama mulai menulikan telinga.
" Mama, ini apa?"
"..............."
" Mama ini apa? Ini apa ? APAAA? Ke? Ke.......? KE....? KEYINCI. Namanya inggis lebit " sampai pengunjung lain senyum2 liat gaya' sok tahu gurunya' Denzel.
Lha udah tahu kok masih tanya2, nak...nak?

Untuk cerita yang panjang lebar sebenarnya Denzel nggak lancar2 amat, sering berpikir sebentar baru keluar 1 kalimat. Kata 'tadi, kemaren, dulu' juga masih suka terbalik2 tapi kalau urusan tanya nama bener2 deh, mana gua beliin banyak buku, yang paling dia suka adalah My First 1000 Words, jadi tiap hari gua harus jawab pertanyaan dia nama2 benda/binatang minimal 50-100 yang sebenarnya kalau kita tanya dia udah tahu jg. Terus kalau udah tanya mandarin kan gua gak tahu semuanya sampai kadang telpon/sms pho2 buat nanya deh:)

Pernah sekali di lift mol yang sarat pengunjung, Denzel tanya macam2. Nah terakhir dia keluarin mobil2an terus tanya,
"Loda namanya inggis?"
Deg... gua blank lho, apa ya? Pernah nggak kalian ngalamin gak bs jwb pertanyaan yang harusnya mudah. Hiks mana hubby gak ikut di lift dan masih parkirin mobil dulu,
"Loda namanya inggis? Loda namanya inggis? Mama.. loda namanya inggis?" tanyanya berulang2 spt kaset rusak. Pengunjung lain udah senyum 2 aja. Hiks, dengan tengsin gua berusaha ngalihin perhatian Denzel.
" Zel, tadi sekolah minggu belajar apa?", tanya gua pura2 antusias
" Mama loda namanya inggis?", kejar Denzel keras kepala tanpa menggubris pertanyaan gua.
Mateng dah gua, maluuu........, rasanya muka gua memanas mana ada yang senyum2 sambil pasang muka kepo-gua-tahu-lho (ini mah perasaan gua kali)
Ting, pintu lift terbuka dan kita berbondong2 keluar. Lampu di otak gua tiba2 menyala dan sambil teringat lagu the wheel on the bus go round and round, round and round....
"Denzel loda namanya inggis WHEEL...WHEEL!" hiks hiks percuma di sekeliling kita udah sepi, gak ada yang dengar jawaban brilyan gua buat Denzel. T_T


Aku anak gembala, selalu riang serta gembira.....

Haish, gua kok jadi melenceng, back to the story, keluar dari museum udah jam makan para bocah. Akhirnya kita gelar tikar buat piknik dan lunch di sana. Habis itu tugas hubby meniup gelembung2 sabun yang dibeli di depan. Lihatlah betapa hepinya bocah2 ini.



Tak lama kemudian datanglah segerombol anak2 10an tahun main bola, Denzel heboh mau ikutan nimbrung langsung lari menuju gerombolan itu sampai gua teriak2 takut dia ketendang. Emang Denzel kayaknya senang berteman apalagi sama anak cowok, kalau sama anak cewek dia cenderung cuek, paling sekali ada anak cewek baru yang cakep pisan dideketin terus diamat2i terus sampai gua menahan napas, eh habis itu udah, besok2 dicuekin meski anak itu ngajak main. Terus nama teman2nya yang diinget di TT ya anak2 cowok semua, emang gak berbakat Don Juan Denzel ini:P



Kembali lagi pada si bocah yang gak mau dilarang, akhirnya beliin bola buat main bareng aja ama sepupunya. Eh ternyata malah berantam rebut2an bola so masing2 dibeliin deh padahal di rumah jg udah banyak bola2nya.

Setelah itu mengitari Istana Bogor dan di halamannya ada banyak rusa. Dengan semangat' 45 Denzel memberi makan daun2an ke rusa2 tanpa lupa bertanya sebelomnya, "Lusa namanya inggis?" :)


Sayang beberapa saat kemudian turun hujan deras banget, masih untung kita ingat bawa payung yang rada besar. Tapi jalan keluar Gerbang 2 tempat parkir mobil jauh banget dari tempat rusa ini, basah deh kita semua. Sepupunya Denzel sampai sekarang masih pilek akibat kehujanan, syukurnya Denzel nggak. Tapi kita sih gak kapok, kapan2 mau kok main lagi ke sini:))

23 comments:

Veny said...

udah lama g ga ke Kb Raya Bogor , gmn keadaan nya bersih ga El ?
bgs juga lo ajak Danzel mengenal lingkungan n museum . Jgn lo bawa ke Mall aja he22

Pucca said...

haha.. kebayang gua malunya lu el, emang kadang gua juga suka blank gitu loh, padahal biasanya tau tapi entah kenapa kalo ditanya tiba2 suka blank hihihi..

aduh denzel, mama laen kali mesti bawa2 kamus ya kalo jalan sama denzel, abis semua2nya ditanya namanya ingglis untung gak ditanya namanya alab, namanya pelancis.. :P

Mamana Clo said...

Seru juga yah ke kebun raya bogor.. kapan-kapan nyoba ah kesana...

clo sekarang lagi demen nanya '... mandarinnya apa?' dan yang ditanya yang aneh-aneh jadi seringan dijawab 'nanti tanya yeye ato popo ya' hahaha...

Anonymous said...

kembali ke alam neh ceritanya..emang tuh anak umur segitu paling amsiong deh ngadepin pertanayaannya yg brtubi2 hihihi nikmatilah :D

maryna roesdy said...

Asik juga yah ke KRB, di foto aja udah seger gitu liatnya ijo-ijo.

Danzel kan sepantaran Dea yah sekarang hobinya juga sama, suka nge test orang. Padahl dia udah tau jawabannya, jadi cuma iseng aja. Kadang gw isengin balik, jawabnya disalah-salahin, nanti dia bisa bales, "salah maaa..masa gak tau siiiih?? masa salah siih?"

sekalian komenin resep tim ikannya enak, tx El.

Anonymous said...

hahaha.. siap2 deh nti lebih byk pertanyaan2an laennya dr denzel.. jd inget kejadian lucu, dulu si ashley juga nanya gw.. "mami tau ga bahaca inggisnya ayam?" trus gw pura2 jawab "engga tau.. apaan sih?" dan dia menjawab dengan bangganya : "DAGING"... wkwkwkw

waktu eci blm setahun gw juga main ke kebon raya, ganti suasana bosen ama mall.. kpn2 mau kesana lagi ah..

denzel ganteng nya pol deh :) muah..

Ratusya said...

emberrr... kebun raya tuh sejuk banget dan luas banget. Gua pernah tuh ngerasa capenya keliling bolak balik di dalem kebon raya nyari jalan keluar lewat pintu samping.
dan emang kebon raya seru banget untuk piknik...
btw, tiketnya masih 10rb kan?

mama... kalo kebon raya bogor mandalinnya apa? xixixi

Arman said...

1. denzel pinter banget!!!!

2. kenapa kok denzel sampe ganti2 baju gitu pas di krb? karena keringetan ya?

3. hahaha gua sampe ngakak yang tentang wheel itu el. tapi emang kadang kita bisa blank ya. dan malu banget ya pas lagi banyak orang gitu... tapi emang anak kecil tuh kalo nanya tuh emang nyecer. kekeh gitu. gak bakal brenti nanya kalo belum dijawab. :D

mamipapa said...

jadi ngakak yg di lift hehehe...gw juga kl di tanya mendadak kdg suka blank, padahal mah gampang loh dan tau, tp kenapa yah otak kaya gak konsen...yg lebih parah si ferry pernah gw bantu translate cerita buat pengganti balada kera dufan jd translate indo ke inggris krn mau di kirim ke org bule, eh dia tanya 1 kata fel ... apa yah inggrisnya...pdhl gampang, gw blg loh itu kan gampang tapi booo gw juga gak bisa jawab sampe mikir kita berdua lama akhirnya buka kamus, pas dpt jawaban di kamus yahhh ampunnn gampang bgt kok kita bisa lupa huahaha

si clarissa skrg suka blg mami...buah apel phing kuo (tapi nadanya aneh) kl kt mama gw kaya nada org indo wakakak

gw juga pengen loh ke KBR dr dl gak pernah loh..dl sempet mau foro prewed disana tapi kaga jd hehe

denzel makin ganteng aja yah di liat hehehe...

Anonymous said...

Aduhhhh Denzel lucu abissss hauhahahah dia kirain mamanya itu kamus berjalan. :) Lucu ya anak2 itu..berarti dia curious banget donk ya.. Gw ampe gemes2 sendiri baca cerita elu.

Once in a Lifetime said...

@ Veny : Masih bersih kok, kan gak seberapa jauh selalu ada tong sampah yang bentuknya tanggul pohon, tp namanya pengunjung ada jg yang buang sampah seenaknya, sebel gua. Iya, bosan jg di mol mlulu.

@ Viol : Heh, ide bagus tuh viol, gua punya alfa link, ntar gua bw deh. Tapi punya gua yang paling sederhana, mana ada mandayin, alab dan pelancis hiks hiks:)

@ Xiao Yan : Ha..ha Clo jg sama ya? Kalau mandarin kita gak bs kan masih wajar kalau di depan org banyak, tp kalau bhs Inggris apalagi yang gampang2 maluuuu:)
Popo dan Yeye masih canggih ya mandarinnya?

Once in a Lifetime said...

@ Amey : Iya, nih elo dah pengalaman nih, Gua bertanya2 sampe kapan nih interview with mama ini berakhir?

@ Maryna : Sepantar ya? Ultahnya Juni ntar. Sama, kalau gua jawabnya disalah2in, dia dengan galak bilang "Bukaaaan..bukann", trus ditanya terus sampe kita jawab yang benar. Ha..ha... gua pikir apa dia ada bakat jadi guru.

@ Mei : Ya amplop ha..ha.... taunya dia daging ayam kali. Gemesin ya.

Once in a Lifetime said...

@ Ratu : Emang, cuci mata setelah melihat beton2 di Jakarta:P Gak nyampe ceban kok, 9500 perak doang. Kebun Raya namanya mandayin 'Ze U Yen' *plok-plok-plok* proudly answered. Eh, itu utk kebun raya doang, bogornya apa ya?? no idea..

@ Arman :
1. Thanks:)
2. Keringatnya luar biasa, dibanding sepupunya Denzel keringatnya jauh lebih banyak. Kalau pergi2 even ke mol yang berAC minimal bawa baju 3 potong buat tuker, kalau kemaren ada kali lima kali tuker, terakhir karena pulangnya keujanan.
3. Iya, mbok liat mamanya udah malu ini diem kek, hiks. Kadang udah dijawab pun muncul pertanyaan bersambung lagi.

@ Felice : Wah, hebat Fel, elo bantuin cerita di Dufan, mesti bahasa yang baik dan bener dong.
Denzel jg bahasa Mandarinnya persis hubby, yang harusnya nada kedua dibaca keempat, dll ha..ha.. makanya pengen disekolahin yang ada guru Mandarinnya bagus lafalnya, kalau masih kecil kan gampang dibenerin. Wong teman gua orang Batak, anaknya umur 5 tahun ngomong mandarin ama gua dengan lafal, nada dan intonasi yang bagus banget, udah kayak native.

Once in a Lifetime said...

@ Christine : Ha..ha iya nih, gua jg demen baca cerita elo ttg Samu, kayaknya ngomongnya udah bagus dan lancar.

Pitshu said...

g waktu itu ke kebun raya bogor, cuma buat makan doank di cafe dedaonan deh! hahahaha.. hiks...sempet jalan sih, cuma ga jauh, g liat na poon2 doank kek di hutan, tapi dari photonya dikau kok, kek na ada tempat yang OK yah ^^, kek na harus kesana lagi tuh ^^

kartika said...

gua blm pernah ke kebon raya bogor loh...seringnya lewatin doank..:))

Anonymous said...

Hahahha, untung belakangan bisa inget ya :p makin gede pasti pertanyaannya makin susah...siap2 aja deh...hehehhe..

Cyntha said...

hahaha..gw bayangin elo ga bisa jawab pertanyaan denzel, jd senyum2 ndiri. :)

kebun raya bogor bagus ya el? gw kalo kebogr nglewatin, kayaknya rame bangeet deh. males mampirnya :)

Once in a Lifetime said...

@ Pitshu : rencananya begitu, Pit. Mau cemil2 di sana sore2 tp jauuh banget tyt dari pintu masuk. Trus hujan deras pula, nyerah deh.

@ Kartika : Ntar plg coba sekali2 mampir:) tp di sana jg ada botanical garden kan?

@ Bulan redup : Iya yah? harus siap2 mulai sekarang he..he..

Shanni said...

seru ya ke KRB sana, micha sih belom pernah kesana nih, biasanya suka diajak nyokap ke monas sih disana kan juga bisa kasih makan rusa dan lari2an hehehe hampir mirip sama ke KRB lah tapi ditengah kota lebih deket :D

biasanya kesananya sore2 jadi ga terlalu panas, emang ya anak2 tuh banyak bener pertanyaannya, kalo belom dijawab ga puas dia nanya terus ya El :D

Pinkbuble said...

Ihhh gw paling demen banget sama anak yang tipenya nanya2 terus loh el..kayak denzel gini, rasanya mereka penuh rasa ingin tau en mau majuuu gituh..hahahhaah..*aneh ya gw*

Y3nn1 said...

Tengsin banget yah kalo tiba2 nge-blank gitu pas ditanyain pertanyaan mudah yang seharusnya-biasanya-bisa dengan gampang kita jawab :) .

eny said...

el, kayanya gua kenal tuh anak yang di foto itu. Itu bukannya tristan anaknya juliana ya? **penasaran**

Post a Comment