Monday, May 17, 2010

Cooking Mama #11 Tim Ikan


Ikan Tim ala Hong Kong

Bahan :
1 ekor kerapu (pakai kakap hitam)
1 sdm air jeruk nipis (lupa beli)
1 sdm garam
2,5 ruas jahe iris tipis
3 batang daun bawang kecil, potong 2
3 sdm myk goreng panaskan (tidak pake)
1 sdm irisan jahe tipis panjang
5 cm daun bawang ambil bagian putihnya suwir2
daun ketumbar secukupnya (lupa beli)

Bumbu utk saus ikan
4 sdm kecap asin (pake kecap ikan)
1 sdm gula pasir
2 sdm air
merica bubuk seckpnya
Gua tambahin angciu sesendok makan(dari awal), minyak wijen 1 sdm (pas udah mateng)

Cara membuat:
1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan kurleb 10 menit, cuci dan tiriskan. Beri 2-3 keratan pada daging ikan
2. Letakkan daun bawang dan jahe dalam wadah tahan panas, susun ikan di atasnya
3. Didihkan air, kukus ikan dengan api besar selama 15 menit hingga matang, angkat.
4 Buat saus : campur bumbu utk saus dan masak hingga mendidih
5. Tempatkan ikan kukus di atas piring taburi irisan jahe dan daun bawang. Panaskan minyak siram ke atas ikan, siram saus juga di atasnya. Hidangkan dengan daun ketumbar.

Sumber : Variasi Menu 30 Hari Masakan China oleh Mary Winata
Terbitan Gramedia

Facts :
1. Ikan tim ini bikin 2 kali, yang pertama hari Mgg lalu setelah bahan2 siap, gua masih berleha2 di kamar, si mbak gak tahan rupanya, doi mutusin dia yang masak aja.. minta ampun udah gua wanti2 gua yang bakalan masak padahal, amsiong gua! Terpaksa mgg ini bikin lagi, itung2 makan sehat deh.

2. Ini masakan paling gampang menurut gua sih, gak perlu skill tinggi. Tinggal nyemplung2in bahan. Oh, ya saus juga gua gak pisah tapi langsung aja ditim bareng. Hubby emang udah sering masakin ikan tim terutama pas waktu gua hamil dan nyusui. Yang ditim ayo tebak apa? Ikan malas lho!! Karena di Samosir ikan malas tidak ada yang ngerti cara masaknya (digoreng nggak enak) makanya ikan hasil sampingan saat menjala di Danau Toba ini dijual murah, yup 5000 -8000 perak/kg! :))
Sampai Medan harganya naik 20 x lipat:) Di Jakarta naik 40 x lipat kali ada kali ya:P

3. Hasilnya enak, kayaknya bukan karena gua makin jago masaknya tapi kebetulan dapat kakap yang fresh. Tim ikan kayaknya yang penting ikannya fresh deh, minim bumbu pun udah enak dan manis.

4. Angciu kok gak berasa ya? Gua baru beli dan nyoba pake. Tanya dong teman2 angciu itu taruhnya pas mau mateng atau dari awal? terus masakan apa lagi yang bisa pake angciu biar gak sia2 udah beli sebotol.

7 comments:

Clo said...

setau gw sih angciu langsung dipakein dari awal.. tapi kudu nanya elsiey tuh yang jagi per-angciu-an hahaha...

Journal Mommy Yenny said...

wah, el...gue juga doyan ikan malas tim...
hm..kebetulan gue jarang masak pake angciu...gak bisa membantu neh...

Pucca said...

tim ikan enaaak :D
wah el, lu hoki banget ikan malas dapet harga segitu, disini kan mahaaalll.. gua doyan sih ikan malas, dagingnya legit2 gitu ya :D

Selvi said...

el, harga ikan tim malas Rp. 50.000 - Rp. 60.000 / ons di restoran chinese food. Paling kecil biasanya 5 ons.

Di Samosir murah banget yah, apa gua jadi importir ikan malas aja yah? hahaha... cepat kaya ikannya gua jual lagi di jakarta.

Gua juga suka makan ikan tim (sebetulnya gua makan apa aja juga doyan sih, hehehe).

mamipapa said...

gw baru liat model ikan kakap dr foto elo hahaha...

angciu tuh apa sih kaya arak cina yah?

once_alifetime said...

@ Xiao Yan : oh, gitu.

@ Yenny : Doyan jg ya, mahal tp di sini:)

@ Viol : Iya, licin dan gak amis.

@ Selvi : Gua terakhir makan di restoran apa ya yang di Tmn Ria Senayan itu, emang seekor wkt itu 300 rb tp dapet yang sekg lebih, udah lama sekitar 5 thn yl.. Ck..ck sekarang naik lagi ya?

@ Felice : Iya, arak Cina. Nyokap dulu selalu sedia itu, tp gua br nyoba beli ini, blm ngerti jg buat masak apa lagi ya?

Selvi said...

el, biasa kalo makan ikan malas tim di kwetiau kerang singapore berkisar 270.000 untuk 8 - 10 orang.

cobain deh, enak masakan disana dan harganya lebih terjangkau daripada di may star atau teo chew palace.

makanya bos gua sering entertain tamu disana atau ajak karyawannya makan untuk special occasion misal ultah / sincia.

Post a Comment