Friday, May 14, 2010

Tersandung Krokus

Ada yang pernah beli rumput dari tukang pikul rumput gak? Sekitar 2 mgg yang lalu pas balik dari jalan2 di taman sama Denzel, gua ditawarin rumput yang berwarna merah dan hijau dari seorang tukang pikul rumput. Apa ya namanya, krokus bukan sih? Gua tertarik soalnya bayam2an yang di bawah cemara udah pada amburadul dan botak2. Gara2nya ada seekor kucing betina dan pasukan anak2nya yang suka ngacak2 di sana:(

Tanya punya tanya katanya seikat 1200 perak, gua pikir murah juga. Apalagi bapaknya udah rada tua, terus dia bilang kalau keliling seharian pun dia cuma dapat 20 rb. Kasian amat, pikir gua.
"Kalau cuma di bawah ngelilingin cemara kira2 berapa totalnya, pak?"
"Murah, neng. Gak seberapa.."
"Kira2 berapa, Pak? Takut uang saya kurang", soalnya di dompet cuma ada uang seadanya sisa belanja di C4.
"Dijamin gak mahal, neng. Nanti harus dihitung dulu habis berapa ikat.."
" Habis ditanam jamin hidup gak, pak? Kok bapak bawanya kering2 begitu gak ada tanahnya?"
" Ini mah awet, neng. Habis tanam, dicabut beberapa hari pun tetep idup asal disiram."


Terus si bapak bilang kalau mau bagus sekalian 4 sisinya termasuk yang di bawah cemara lilin dibikin lekuk2, gua jawab nggak usah. Terus bapaknya agak ngotot kalau sisi yang berbatasan dengan teras baiknya taiwan beautynya dicabut dan dipindah ke depan karena bs berulat. Gua agak ragu sih karena selama ini baik2 aja, cuma emang udah tinggi2 tapi akhirnya ya terserah bapak deh, tapi cuma dua tempat itu aja ya. Nggak lama kemudian bapaknya manggil 2 tukang pikul lainnya yang kebetulan lewat, katanya masih sodaraan dan biar kerjaan cepat padahal gua sempet komplen.

Kebetulan Sabtu itu BS Denzel cuti, gua pun gak lama kemudian masuk dan ngurusin si Denzel. Gua bilang kalau udah selesai tolong bel aja. Habis kasih susu, mandiin dan nemenin main bentar gua lupa... Sampai hubby pulang, baru gua tersadar dan buru2 liat ke depan. Ternyata semuanya udah ditanam, ya ampunnn jadi 4 sisi tuh udah ditanam ama dia. Iris yang udah jarang2 juga udah dibuang hiks. Trotoar depan jg mulai ditanam, siapa yang mintaaa??

Langsung gua feeling gak enak dan minta hitung aja berapa total kerusakan, biarin deh di depan udah kayak kapal pecah. Tahu nggak habis berapa? Kan kata bapaknya ada tuh ikatan plastik hitam buat tiap ikatnya. Masa habis 2800 ikat! Yang tadinya gua kira 1 ikat besar ternyata isinya 10 ikat kecil bo! Jadi berapa tuh, biar katanya ya sudah diskon jadi 1000 perak /ikat tetp aja jatoh2nya 2,8 juta!!! Gua bikin taman dulu irit pisan, udah total ama cemara udang2, cemara lilin4, iris, bayam2an, rumput gajah cuma 1,2 jt. Mana ada pembatas lebih mahal dari tanaman utamanya?

Mau nangis gua rasanya! Gua udah gak berani liat hubby. Lemes, kesal, kecewa, marah campur baur. Gua bilang aja nggak nyangka sampai segitu, maksimal saya cuma punya 200 rb. Eh, sodara2nya si bapak yang muda2 malah balik marah, katanya harusnya gua tanya dari awal. Lha, gua tanya dia bilang murah, gak seberapa...

Emang salah gua, harusnya diliatin bukan ditinggal, harusnya bilang dari awal saya cuma punya 200 rb, jangan lebih! Tapi gua gak nyangka....*ketok2kepala* Bapaknya keliatan jujur, lemah, santun dan tua renta. Hiks.. hiks...

Gua bilang ke bapaknya krn tadi dia bilang ngider2 seharian pun cuma dapet 20 rb, ya sudah deh gua dobelin 40 rb, 3 orang 120 rb. Sisanya gua cuma mau rumput 200 rb. Jadi gua cuma bersedia ngasih 320 rb. Tolong dicabut aja kembali rumput2 yang mereka tanam. Eh, pada gak mau lho! Katanya takut mati. Langsung gua ingetin katanya bapak yang rumputnya awet biar ditanam dan dicabut lagi! (Habis itu hubby bilang katanya gua berbakat jadi pengacara, ucapan2 si bapak gua balik2in )

Ada 15 menit kita bersitegang. Mana si Denzel menggaruk2 dan menggedor2 pintu minta menyaksikan keramaian yang terjadi. Bukan apa2, kalau nggak ingat ada Denzel di dalam rumah, gua udah marah besar, gua merasa ditipu dan diperdaya!!!

Hubby akhirnya nambahin jadi 470 rb. Emang itu sisa 2 duit di dompet kita, sisa sedikit untuk belanja ke pasar besokannya. Itu pun gua bilang, kalau masih gak ada solusi, saya capek berdebat , ayo kita ke pos satpam aja (untungnya deket). Denger begitu mereka melunak dan pergi.

Untungnya lagi hubby gak marah hiks hiks, yang ada gua omelin kenapa kasih tambahan? Hubby meluk dan nenangin. Katanya kita harus ingat Denzel soalnya mereka kan tau rumah kita T_T. Iya juga sih. Sekarang dengan harga segitu gua dpt pembatas 4 sisi, bagus jg sih even sekarang krokus merahnya udah gak semerah awal malah jadi keijo2an. Setelah itu perasaan gua jg masih spt pendulum lho, kadang merasa kasian dan berpikir jangan2 gua udah merugikan mereka banyak tp kadang2 merasa udah lebih dari ckplah yang gua kasih. Menurut kalian gimana??

Moral of the story bukan mau menyudutkan tukang2 pikul rumput di mana pun mereka berada, tapi lebih aware aja. Penawaran harga yang pasti2 aja, jangan menyerah dengan kata2 tidak seberapa atau murah. Terus kedua, jangan ditinggal. Terakhir, kalau emang berbakat mending beli sendiri ke kios2 langganan dan tanam sendiri.

Before

After

25 comments:

AnGeL said...

aduh iya itu sih namanya penipuan el. lagian dr awal si bapak ko maksa2 amat sih ya.. hmmm. tapi masa sih sebanyak itu sampe ngabisin 2800 iket rumput. emang tamannya luas bgt ya el?jgn2 satu iket cuma isi 5 lembar daon..wakakaka..ko denzel di kunciin di rumah el, kasian ihhh..tega luuuu...

Pitshu said...

hihihi.. semenjak mendarat di Jakarta, g tau jakarta itu keras boo~ ga peduli fisik lo kek apaan, g sekarang belajar untuk ga mudah kasian ^^ *jaat yah*

once_alifetime said...

@ Angel : Kecil, ngel. Nih barusan gua ukur kurleb 5 x 3 meter. Si Denzel mending dalam rumah lha, wong gua udah takut dia diapa2in, gmn kalau disandera wakakaka (kebanyakan nonton film)

@ Pitshu : Coba elo liat dulu, Pit. Dijamin jatoh kasian juga, mukanya keriput2 keliatan renta mana bawa jinjingan berat jalannya terbungkuk2.

maryna roesdy said...

Iya El, nipu tuh nipuuu..gw juga hampir nyaris kena. Kebetulan kompleks gw yang sistem ga pake pager, jadi depan rumah masing-masing ada taman kecilnya, pas gw baru pindah tukang taman keliling kerjaannya saban hari nawarin mulu, sampe akhirnya sama kayak elu gw kasian jadi ya udah kasih tanam deh tapi diwanta wanti area segini aja, dia langsung tanam rumput gajah namanya, mana botak botak gw kena berapa ratus ribu, trus gw bilang tetangga aja full cuma dua ratus, katanya itu rumput peking..aduh sebodo deh ya gajah ya peking..aarghh..

Sejak itu kapok berbaik-baik sama mereka, lebih mending ke tukang tanaman mangkal.

ameykiyut said...

ajegileeeee,masa rumput segitu sampe berjuta2? alamak!!!!mahal amat??kekekkeeke

Quinie said...

iya sih seharusnya dari awal lu tanya dulu or bilang dulu kalo lu cuma mo beli beberapa ikat.
kalo emak gua lebih bawel daripada gua, kalo nawar tega nian dan sadis, jadi kalo ada abang2 kaya gitu, sebelom dia ngibulin udah kena marah2 emak gua. hihihi...

ya buat pelajaran ajah, tapi bagus juga sih. btw, masa sih segitu ada ribuan iket? mendingan lu minta ditanemin kangkung, ketauan berapa iketnya :p

Cyntha said...

OMG!! cuman rumput gituan lu hampir ngabisin 2,8 jutaaa!! itu mah pemerasan...mending lu sekalian aja beli apa itu ya namanya taneman yang pernah ngetop taun lalu...ah lupa gw

gw paling males beli ama abang2 ga jelas gitu, ya ga rumput aja, kayak buah jg gitu, suka nyurangin, timbangannya dimainin lah, dll.

tp kalo diliat dr crita lu sih, ya lu ikut andil salah juga sih, karna lu ga nungguin/ngawasin pas dia nanem, jd kesempatan deh buat mereka melakukan 'kejahatan' :)

Arman said...

aduh el... sampe ikutan kesel gua...

jadi pelajaran nih ya el. emang kita tuh gak boleh gampang kasian ama orang. walaupun keliatannya memprihatinkan sampe kayak apapun, kita tetep harus waspada. karena emang banyak banget penipu el di jakarta. banyaaak banget! mereka justru memanfaatkan kondisi/penampilan mereka yang memprihatinkan itu untuk menjerat korban yang biasanya kasian ama mereka. harus hati2 lho el. apalagi kalo lu di rumah sendirian ama denzel. untung laki lu udah pulang ya...

next time bener2 jangan percaya lagi ama siapapun el. walaupun segimana rapuh/menderitanya orang itu. tapi tetep harus waspada. daripada ntar akhirnya lu/keluarga lu yang rugi? ya kan?

emang maksud lu baik. tapi ya balik lagi.. banyak banget orang jahat/penipu lho... so better gak percayaan daripada tertipu kan?

mom4kids said...

tambah pengalaman ya , pelajaran utk lain kali dan gak usah tertipu ama tampang melas .. :)

Clo said...

Wah berarti bahaya yah kalo transaksi tapi ga bilang nominalnya dengan tepat..

Jadi pelajaran juga nih buat gw untuk ga sungkan ngejer angkanya kalo yg jual ga mau sebut..

once_alifetime said...

@ Maryna : iya, kalau rumput gitu harusnya lebih gampang, per meter persegi jadi bener2 ketauan kalau boong, nah yang ini kan ikatan jadi gak tahu lagi deh berapa ikat yang ditanam:( lagian rumput peking dan rumput gajah sama kok harganya..

@ Amey : mending beli hape kali ya...

@ Ratu : Dasar! Tapi gua dulu jg ngandalin nyokap sih, bener2 pengalaman dweh.. Dulu pas tanam bayam2an itu cuma beberapa puluh ribu lho, sepot (polly bag) cuma goceng kok, makanya gua gak nyangkaaa..

pinkbuble said...

Emang bagus sih el, cuma iyah..berasa banget ya ditipu..kadang gw ngerasa 'orang mereka' tuh suka aji mumpung yang abis itu suka ngajak ngadu nyali gitu..

Bener2 pelajaran..thanks for sharing!

once_alifetime said...

@ Cyntha : anthurium? aglonema? gua mah cuma seneng liatnya tp kurang telaten ngerawatnya makanya beli yang tahan banting dan murah meriah aja, eh gak tahunya mahal juga jatohnya.. iya salah gua juga, kapok... deh, pelajaran bagi gua!

@ Arman : Iya nih, Man. Gua jg jadiin pelajaran tak terlupakan, yang gua takuti cuma dia tahu gua tinggalnya di mana dan ada anak kecilnya. Kalau gua dan hubby kerja kan Denzel cuma sama BS, mana kadang2 main di taman sebrang kan? jadi biar marah kayak apapun gua kemaren itu masih berusaha sopan biar mrk jg gak sakit hati.

@ Susie : He..eh Sus, kasian jg sih? pikir2 kalau modus operandi dia begitu gmn dpt langganan ya? tadinya dia nawarin mau gak sebulan sekali dtg ngurusin taman gua dan udah gua okein, gara2 begini kan dia jg gak jadi py penghasilan tambahan.

once_alifetime said...

@ Xiao Yan : Iya, belajar dari pengalaman gua yang ceroboh ini hiks hiks..

@ Elrica : Iya, kan biasanya kita jg ngalah apalagi kalau dia juga bilangnya gini nih.." Tambah lagi bu, biar istilahnya anak istri kami di kampung tidak dendam atau marah!"
Maksudnya mau bilang dia yang marah dan dendam kali, gua jg jadi ngeriiii, ngomongnya sambil asah-asah sekop coba:P

Pucca said...

bener el, lu ketepu!
tanaman merah2 itu kan gua pernah beli, ada warna merah ada warna ijo, dan akhirnya dua2nya gua cabut n buang karna lama2 jadi tinggiiii banget, ngelebih2in pohon utamanya.. trus gak mati2 itu tanaman, tinggal dicabut trus dicolok lagi gua kira juga idup, jadi gak mungkinlah sampe 2,8 juta..

lagian lu kan udah bilang dari awalnya berapa, dia sengaja bilang murah gak seberapa trus bilang 2.8 juta, itu apa namanya kalo gak penipuan??

di jakarta ini emang gak boleh lengah ya, apalagi kita orang minoritas, suka dijadiin obyek pemerasan.. coba kalo sama orang pri, mana berani dia begitu..
sori bukan maksud gua untuk rasis tapi emang begitu kenyataannya...

kartika said...

ya uda lah el...anggep buang sial...bener kata lu emg musti ditungguin yaak. Lagi jaman susah cari duit pake cara apa aja buat idup. Anyway, taman lu bagus juga jadinya :)

Veny said...

krg ajar banget tuh tk rumput , lo ditipu tuh !
pantesan tk kebun dirumah g ga blh sembarangan , biasa adek g pny langganan yg 3 bln sekali dateng , dia ga mau abang2 yg ngider .
g jg panik n jengkel kl jadi lo . dasarrr gila tuh abang , tp biarlah buat jadi pelajaran n ingetin kita2 semua .
yah ada hikmah nya juga El , relakan aja . tp bgs juga tuh jadinya ha22

Belzy said...

gile ajeee tu abang2!!! Itu sih bener2 penipuan tuuuu, gileeeee kebayang ga sih el, kalo ada 2 orang sehari aja yang mreka tipu, untung brapa tuwwwww!! Dasar yah susah deh orang2 kayak gitu, emang kudu ati2 el!
Tapi cakep juga sih jadinya yah el, hueheheheheh...

once_alifetime said...

@ Viol : Pantesan baru 2 minggu kok taneman2 itu udah dengan cepat meninggi dan lebat2, mana yang merah juga udah jadi hijau..hiks..hiks ketipuu 2 kali deh, katanya gak usah perawatan, bakalan bonsai terus segitu. Tapi utk nyabutnya belum rela gua mah! Kemaren aja gua rodhi potongin tuh rumput:(

@ Kartika : Thanks, hiks pujian elo bagaikan air sejuk buat gua yang habis marah baca komen Pucca..

@ Veny : Iya, Ven.. tujuan gua posting pun biar teman2 bs lebih aware dan jangan mengulangi kebodohan gua.

@ Bel : Pantesan Bel, gua udah beberapa kali lihat bapak ini ngider tp gak ada yang beli2, mungkin yang laen udah pernah kena jg?? Thanks, Bel. Sekarang udah gak secakep foto, Bel. Habis yang merah udah mulai jadi hijau, aneh deh.

Tine said...

Awalnya kta kasihan, eh kok malahh jadi nyeremin yaa baca critanya loe el..
Iya sih klo gitu males jga cari masalah, untung jga ada hubby di rumah ya.. klo ga tambah serem deh...
n idem ma yg laen baguss n rapih jgaa.. sisanya anggep amal aja Lis :)

jenz said...

*Gulp* gw bacanya aja jadi serem sendiri. gw sih ngga rela abis 400rban buat rumput, mending buat makan. :)

Kayanya mending tuh Satpam yg didepan dikasih tau deh kasus rumput ini, biar mereka lebih selektip ngasih tukang2 jualan/asongan masuk ke kompleks elo.

mamipapa said...

arghhhh gw bacanya jadi kesel sendiri...kebayang dapet makan berapa banyak hahaha

kayanya harga 2,8 jt udah kaya jasa profesional aja, yg dpt batu2, macem2 gitu...

mungkin itu orang aji mumpung kali el...makanya di ketok...lain kali kalau mau beli yg pasti2 aja kali yah :) rumah gw gak ada taman sih wakakak, kalau ada pasti gw buat yg bagus juga

Shanni said...

waduh emang ya ga bisa berbuat baik gini hari mah, niat baik malah disalah gunakan ama orang2 ga tau diri.

kalo gw mah taman yang ngisi malah MIL sama nyokap, kalo MIL ngasih bunga2an nyokap gw ngasihnya pohon buah2an, bayangkan taman seuprit diisi sama pohon buah dan bunga :D

ya jadi pelajaran aja El, diambil hikmahnya aja :)

Y3nn1 said...

Ih...sebel banget. Ini mah benar2 asli-murni penipuan. Awalnya lu merasa kasihan ama dia karena dah tua, dia malah manfaatin dengan nipu lu berjuta2. Untung akhirnya ga bayar sebanyak itu.

pipiet said...

Hiks hiks.. seandainya sy baca sebelumnya...td pagi sy jg ketipu dengan modus yg sama, total kerusakan 240rebu hiks hiks..awalnya kasihan..ternytaaaaaa 😢😢😢😢

Post a Comment