Monday, April 19, 2010

Cooking Mama #9 Pho Bo



Resep pilihan Debby kali ini mie dari Vietnam..hmmmm delicioso. Gak nyambung ya, itu kan kata Spanyol harusnya berlaku utk nachos, taco dll He..he.. Denzel keseringan nonton Dora nih, tiap kali dia makan yang menurutnya enak pasti keluar kata: "Deliciosooo..."

Gua emang suka sama Pho ini mulai dari pertama kenal Pho Hoa dulu di foodcourt TA yang akhirnya tutup sampai sekarang Pho2000. Apalagi kalau lagi flu, langsung ngidam Pho ini, rasanya yang gak terlalu spicy malah membuat gua makin kesengsem:)

Resep asli di http://www.jadilangsing.com/resepsehat/kumpulan_resep_detail.asp?id=181

Ini resep yang gua modifikasi sedikit

Bahan Dasar
250 gr Kwetiau basah (beli di pasar sebungkus)
200 gr Daging sukiyaki

Bahan Utama
150 gr Taoge

Kaldu
1500 ml Air
300 gr Tulang igal sapi (gak ada yang jual tulang dengkul)
4 bh Bawang Putih
1 ptg kcl Jahe
1 btr Bawang Bombay
3 sdm Minyak goreng
1 ptg kcl Kayu Manis
1 ptg Bunga lawang (pekak)
1 sdt Garam
0.5 sdt Lada Halus
3 sdm Kecap ikan
1 sdt Gula pasir
1 sdm kecap asin

Cara Membuat :
1.
Rebus air dengan iga sapi hingga mendidih, kecilkan apinya, didihkan terus. Buang buih-buih yang mengapung. Memarkan bawang putih dan jahe. Belah bawang bombay membujur, lalu iris tipis. Gua rebusnya dgn cara ditim di panci tim Denzel yang biasa buat kaldu ayam. Pancinya ada 2 tingkat, di bawah air mendidih, di atas tulang dan airnya.



2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih, jahe, dan bawang bombay hingga harum, masukkan kayu manis dan pekak, aduk. Masukkan ke dalam rebusan tulang. Masak di atas api kecil hingga harum, angkat.
3. Bubuhi garam, merica, kecap asin, dan gula pasir. Masukkan daging, panaskan diatas api kecil
4. Seduh kwetiau dan taoge secara terpisah dalam air mendidih, angkat, tiriskan
5. Penyajian : Susun kwetiau dan taoge dalam mangkuk, tuangi kuah panas berikut irisan daging. Taburi cabai rawit, daun bawang daun ketumbar. Sajikan panas dengan jeruk nipis.

Facts :
Jangan terkecoh dengan penampilannya yang pucat dan kurang berwarna. Rasanya enak lho, yummy.. sayang kaldu gua kurang kental, harusnya 2 jam ngerebus tulang iga sapi kan? Untuk kaldu ayam kampung Denzel aja 2 jam dengan api kecil. Emang gua kurang sabaran. Terus gara2 pekak dan kayu putih rasanya jadi mirip Pho beneran lho, even hubby jg setuju:) Dia makan sama lahapnya kayak gua.

Denzel gak kebagian kwetiau karena udah gak sabaran, cuma kebagian kaldu dan bakso tahu bikinan BS dengan nasi. Nih anak ya, kalau udah laper terus minta makan, harus segera dipenuhi hasratnya dalam waktu tempo sesingkat2nya, kalau nggak bisa rewel sembari kayak kaset rusak, kita dibuntutin sambil dia bilang ,"Lapel.. mau mamam. Lapel..Lapel..." Kalau ada tetangga yang denger jangan2 disangkanya nih bocah udah seharian gak dikasih makan sampe segitunya:P Duuhhhh, malu deh ngikut siapa nih, lha hubby orangnya tenang dan tahan gak makan;) Tapi gua tetep kok bersyukur di kala kedua sepupunya gak nafsu makan sampai harus dikejar dan dipaksa, Denzel tetap has good appetite.

18 comments:

mamipapa said...

woahhh bagus dong pada suka heheh

emg kuahnya pucet yah, tapi begitu di minum slurppp wangi2 rempah2 keluar semua..gw saking sering masak pake bumbu macem2 skrg kalo cim kuah masakan atau masakan aja udah tau kl bau ini pake apa bau itu pake apa (berasa kalo jaman dulu orang lewat pake parfum apa gw udah tau dr 1-2x cium hahaha)

gw pertama makan vietnam juga di pho 2000 senci waktu itu jaman senci br buka jadi masih sepi bgt 4 th lalu hehe

Vicky Laurentina said...

Harus gw incip dulu, Mbak Elisa. Soalnya tampangnya nampak plain gitu.. :-)

once_alifetime said...

@ Felice : Iya, fel. Wah, fel elo mirip teman gua yang kalau makan di resto hbs icip sesuap suka bilang ini bumbunya a, b, c bikin kita berdecak2 kagum, tp elo lebih hebat lagi pake penciuman ha..ha..

@ Vicky : Jangan tertipu ama tampangnya,Vic. Enak pisaaaan.

Clo said...

hahhaa.. denzel lucu ya.. kalo udah laper ngoceh terus ya..

gw dulu sering liat panci model gitu tapi ga ngarti fungsinya apa.. kayak kukusan tapi ga ada bolong2nya.. panci model gitu maksudnya buat slowcooking yah?

kuah phobo punya gw malah warnanya coklat soalnya waktu tumis bombay-nya rada hangus hahhaa...

kartika said...

doohhh enak bgt punya anak spt anak lu yak...minta makan...kasus yg sangat jarang terjadi ama xuan:(

Pucca said...

wah..resepnya enak ya el, gua mestinya sih doyan nih kalo dikasih hahahaha... gua kalo bikin kaldu juga gak sabaran loh, emang mestinya 2 jam ya? gua cuma sejam paling udah nyerah hehe..
o jadi bikin kaldu begitu ya? ada panci 2 tingkat gitu.. jadi aernya lebih gak nyusut ya el? makanya gua males lama2 bikin kaldu takut kaldu gua tinggal dikit haha :D

pinkbuble said...

Kayaknya yummy ni el..*gw nyari tulang dengkul dmn ya?

andi and riesta said...

Haduuh,,jadi laper euy...

Belzy said...

aduhhh pagi2 liat ini pho..bikin gue jadi laparrrrrr.....hohooho...tampangnya menggiurkan ellll.....aku mo bikin jugaaaa...hahahaha emang pho enak yaaa, dulu gue juga penggemar pho hoa el, jaman dia masih ada di bawah BEJ tuhh.... Skarang da ga ada yah pho hoa? kalo pho2000 sama enaknya ga ama pho hoa el?

Arman said...

dulu pas jaman pho hoa gua gak terlalu doyan. tapi trus ama pho2000 gua doyan. dan sejak disini jadi doyan banget ama pho! gua bilang disini pho nya lebih enak daripada pho di indo. hahaha.

duh gua jadi pengen nih...

Pitshu said...

hmm... keliatannya enak dan enggak pedes maooo!
pancinya kok antik banget yah :)

once_alifetime said...

@ Xiao Yan : Iya, kita makan apapun dia suka ikutan minta, kalau gak dikasih ngoceh dan ngambek. Panci itu dikasih nyokap, katanya buat bikin kaldu ayam Denzel, kalau gak pake ini gua disuruh pake panci slowcooker yang masak semaleman, ogah ah, mending panci ini he..he...

@ Kartika : iya ya? kalau udah laper banget kali ya baru Xuan2 minta makan:)

@ Viol : pake panci ini aja, airnya segitu2 aja, air di bawah pun kalau isi agak penuh gak perlu isi ulang asal setelah mendidih apinya dikecilin. Harusnya ditinggal ya, gua gak sabar pengen cpt2 bkn phonya :) Ayo masak Viol, kaldunya ganti aja ayam kampung, sehat dan gak langgar pantangan:)

once_alifetime said...

@ Elrica : di pasar tradisional? dkt rmh gua emang bkn pasar gede jadi nggak ada. Supermarket gitu ada gak ya, gua belom nyari di sana sih.

@ Andi : Thanks:)

@ Belzy : Yang pasti di Taman Anggrek udah nggak ada, gak tahu deh kalau yang di BEJ. Sama enaknya menurut gua sih. Tapi gua yakin elo bs masak seenak resto2 itu lho!

once_alifetime said...

@ Arman : Beda ya? emang rasanya kan subtle2 gitu harus icip beberapa kali baru bs jatuh hati pengalaman gua sih..

@ Pitshu : Iya, ini dikasih nyokap, gak tahu belinya udah kapan. Tapi praktis lho mau bikin kaldu gak usah takut airnya nyusut.

Y3nn1 said...

Penasaran ama rasanya nih....pengen nyoba juga ah :)

once_alifetime said...

@ Yenni : Ayo coba, Yen, yang penting dagingnya mateng ya:) Soalnya kalau di resto dagingnya kan kadang setengah matang karena mentah2 disirem kaldu mendidih doang.

mom4kids said...

Untung kamu tambahkan , jangan terkecoh ama penampilannya yg pucat dan kurang bewarna, tadinya aku sempat ragu ama rasanya , hihihi ...

Quinie said...

hohoho... pho bo itu = kue tiaw rebus+daging ya?

dari gambarnya sih gitu..
btw, ada ya daging sukiyaki?

Post a Comment