Wednesday, April 14, 2010

Cooking Mama #8 Pad Thai


Kali ini resep pilihan Pad Thai pilihan Elrica. Belum apa-apa gua udah ngiler habis gua suka makanan Thai tp sebelomnya boro2 kepikir bikin sendiri. Bahkan gua pernah nih beli Tom Yum paste dulu pas ke Thailand akhirnya dibiarkan expired di laci... sigh. Padahal menurut petunjuk gampang banget bikinnya, tinggal pastenya ditaruh bareng air mendidih, cemplungin seafood tp gitu aja gua males lho:(

Resep aslinya ada 2 dari Elrica :
http://thaifood.about.com/od/quickeasythairecipes/r/onepagechickpad.htm
dan
http://www.resepnugraha.net/resep/detail/?no=1

Gua nyomot2 antara 2 resep itu deh:
Bahan :
200 g kuetiau kering bungkusan (beli di Total)
3 ons udang
2 ons tauge
4 siung bawang putih iris
4 siung bawang merah iris
daun bawang
2 buah cabe iris tipis
4 sdm minyak goreng
Harusnya pake daun wansui, di Total gak ada, tukang sayur yang lewat di depan rumah gak ada jadinya gak pake deh..

Saus :
3/4 sdm asam Jawa larutkan dalam 1/4 gelas air hangat
3 sdm gula merah
8 sdm kecap ikan
1/2 sdt garam
Campur semuanya

Pelengkap
100 g kacang mede goreng dan tumbuk kasar

Cara :
1. Masukkan kuetiau kering ke dalam air mendidih 2 menit, tiriskan dan siram air dingin. Sisihkan.
2. Panaskan minyak goreng. Masukkan bawang merah dan bawang putih. Masak hingga harum masukkan cabe.
3. Masukkan udang, tunggu hingga udang berubah warna
4. Masukkan kuetiau kering, aduk rata
5. Masukkan saus, aduk rata
6. Masukkan tauge dan daun bawang
7. Sajikan hangat dan taburkan kacang mede di atasnya

Facts :
Rasanya sebenarnya lumayan lah ya, gua demen asam-manisnya. Masalahnya kuetiaunya gak enak. Apa harusnya pake kuetiau basah?? Tapi ini lebih mirip pad thai sesungguhnya karena kurus2 kayak mie dan agak gepeng. Kuetiaunya udah lembek (sedikit kelembekan) tapi masih berasa sangu. Gua makannya gak habis lho..tumben kan? Tak disangka hubby bilang lumayan dan menghabiskan porsi gua:)




18 comments:

mamipapa said...

masaknya susah gak sih el? gw aja baru masak alfredo kemarin heheh...paling2 masak ini wiken karena gak ada bahan sama sekali soalnya gw br dpt terjemahan kmrn itu juga gara2 chating sama henny yg tanya ada terjemahan gak, gw blg kaga ada ternyata gak dpt imelnya..

btw kenapa punya liza coklat, sdkg punya elo agak putih yah warnanya? pengaruh gula jawa yah..

once_alifetime said...

Nggak susah2 amat kok. Gua jg belinya baru hari ini dan langsung masak hari ini. Punya gua jg pake gula jawa kok.. eh gula merah dan gula jawa sama kan? Gua malah pakenya lumayan banyak 1 potong kecil krn gua suka manis:)

Veny said...

iya EL , yg ini g liat krg menggiurkan . ember pake kwetiaw kering krg rasa . mustinya pake kwetiaw basah aja lo beli yg kwalitas bgs . ada kok di ps Golodok (tp jauh ya) ? he22
tapi g tetep puji deh , krn rajin banget masaknya he222
g juga demen sih PadTHai , suka mkn juga kalo ke BKK malah tiap hari yah .

christinewu said...

Wah2 enak! Tp emg makanan Thai gw blg lmyn gampang, soalnya mrk kebykan bumbunya sama, cm isi daging/sayurnya aja yg diubah.. trus kan lmyn mirip makanan Indo gitu. Taburan kacangnya kliatan menggoda tuh.. pdhal jujur aja, gw kagak doyan pad thai hehehe.

美鈴 &彩香 said...

el, pake kwetiao biasa bisa ya?? hehe, ntr cb gw cari2 d...jd kpngen bkin??

pinkbuble said...

Enak ya el? Gw malah belom masak..gile seminggu ini gw terus2an sibuk sampe malem..jadinya ga masak apa2..

Pucca said...

oh kuah asem2 thai itu karna pake asem jawa ama gula merah ya... gua baru tau loh hehe..
suami lu seneng donk el lu ikutan games masak ini hihi.. gua kebayang kalo david sih kayanya eneng gua masak bervariasi gitu *ya iyalah dibanding tempe goreng ama cah kacang panjang mulu hehe*, tapi apa daya istrinya males wakakak :P

kartika said...

gua biasanya pake yg kwetiauw kering kok, soalnya kalo yg basah musti beli banyak (kalo di sini)...mungkin kurang lama rebusnya??

Clo said...

Kwetiau kering-nya beli yang merek apa el?

daun wansui kaya gimana ya? kayanya baru denger hehee..

Maria Henny said...

gue juga berasa kwetiaw nya, jadi nya kurang suka juga el...

once_alifetime said...

@ Veny : nggak usah jauh2, pasar dkt rumah jg ada kok:) Cuma pad thai kan kuetiaunya kurus2 jadi gua pengennya semirip mungkin (tadinya) he..he..

@ Christine : Thanks, oh..bumbunya mirip2 ya. Gua br kali ini sih nyoba masak Thai.

@ Sylvi : Harusnya lebih enaklah gua rasa. Ntar posting ya:)

once_alifetime said...

@ Elrica : bumbunya sih enak tapi pilih rice noodlenya yang enak ya. Thanks El udah sharing resep2 masakan Thai:D

@ Vio : Kayaknya seneng juga, tp kemaren mukanya rada aneh gitu hihi.. mungkin sebenarnya dia rasa gak enak tp biar gua semangat dia habisin tuh, tmsk sisa punya gua lho!
Gua makanan sehari2 mah udah bervariasi tapiiiii... ya bukan gua yang masak. Gua kan banyak beli buka resep, tinggal tunjuk halaman mana suruh mbak masakin haha...

@ Kartika : Nggak direbus, menurut petunjuk bungkusan, cuma direndam dalam air mendidih sampai agak lunak doang. Nggak tahu juga ya, mungkin apinya? lagian pas digoreng kan ada air asam lagi tuh jadi sebenarnya udah lembek kok tp rasanya ada mentah2nya yucks:(

maryna roesdy said...

Aduh rajin amat siiih? Kalo di kampus gw bagian yang nyalin pe er elu nih El.

Gw agak jiper nih bikin pr ke 7 ini karena gw gak bisa masak :(

once_alifetime said...

@ Xiao Yan : Merek walet apa gitu.. daun wansui biasa yang kalau kita makan di bakso sapi akiaw 99 kan suka dikasih tuh. Harum baunya tapi susah nyarinya, sampai gua kepikir utk beli bakso akiaw yg dkt rumah biar dapet wansuinya tapi males hehe...

@ Heny : Oh, ya?? wah kita sama nasibnya:) Ntar gua lihat ya di postingan elo.

Pitshu said...

huahhh... g masih tergiang2 ama pad siew ga tau apa bedanya ama pad thi wakakaka :), g makan di pingir jalan yang jual ibu2 gitu di bantu sama anak na :), huhuuhu jadi pengen lagi!

Quinie said...

huaaaa kue tiauuu gua sukkkaaa... mungkin kalo ada gua, gua bisa rebutan ama suami lu untuk makan hasil masakan lu :D

Belzy said...

nyam nyammm....enak yah elll, gue juga suka nih ama pad thai :). Ntu, fotonya bikin ngilerrrrr.....aduhhh asli dah ni ari gue bikin :)

kiraitomy said...

pesen satu mangkuk ya...
hihihihi
jadi laper ni.

Post a Comment