Monday, March 22, 2010

Cooking Mama#5 Biskuit Labu

PR dari Sylvia kali ini cookies dari labu. Hayo kita coba ya moms&sis..

Bahan :
50 g labu
2 sdm mentega
2 sdm gula pasir
100 tepung terigu
1 butir telur

Cara :
1. Kukus labu hancurkan
2. Aduk mentega dan gula pasir sampai merata
3. Masukkan telur sambil diaduk
4. Masukkan tepung terigu perlahan2
5. Adonan masukkan dalam kulkas selama 1 jam dalam kantong plastik agar mengembang
6. Ratakan dan cetak
7. Loyang alasi aluminium foil dan panggang dalam oven dengan suhu 180 drjt Celcius selama 15 menit.




Facts :
1. Sik asyik pinjem mixer punya nyokap yg didapet dari undian reuni dan gak pernah dipake *minta maksudnya* Sekalian ama timbangannya ya, Ma. Sekarang dapur gua udah sedikit lebih lengkap:P
2. Setelah mau dicetak lengketnya minta ammpunnn, sia-sia gua beli cetakan cookies bintang2 yang lucu. Cari2 di blog punya yang lain untunglah Liza cerita semuanya dpt kendala yang sama, tp kalau Liza berhasil cetak, gua gak sanggup dah! Udah disendokin terus dicemplungin aja ke loyang. Tadinya sempet gemes dan mau buang aja semua adonan, kirain salah bikin.
3. Oven 15 menit ngintip masih seperti bolu... oven 30 menit udah mulai mengeras..oven 45 menit jadi juga lho:)) Padahal sudah skeptis karena kayaknya gua salah beli labu? Belinya yang biasa untuk Denzel itu labu apaaa? wananya kuning tapi kulitnya gak ijo:(
Terus karena gak pake cetakan, ada yang tebal dan ada yang tipis.. enakan yang tipis jadi kalau mau bikin, yang rada tipis aja ya:)
4. Menurut gua kurang harum..kurang manis juga tapi udah kayak biskuitlah. Mungkin karena cemilan utk anak menteganya dikit, td gua ubek2 majalah masak rata2 resep biskuit pake mentega setara ama berat tepung lho. Biar harum kali ya?
5. Untuk info teman2 yang belom bikin.. td pas gua beli cetakan biskuit ke toko supplier bahan kue dan roti, iseng nanya ternyata tepung untuk biskuit pake protein rendah (kunci biru). Untung gua tanya karena di rumah adanya segitiga biru.
6. Gua iseng pake kacang mede untuk menyelamatkan penampilan, ternyata enak jg lho, nyesel harusnya tadi pakein mede ditumbuk terus dicampur ke adonan nyam..nyam. Tapi ntar jadinya nggak healthy food ya udah capek2 pake labu:)

Capek2 jadinya segini, gimana kalau gua niat jualan ya? (btw udah gua sikat 5 biji baru difoto)

21 comments:

Clo said...

bisa kering juga yah? tapi manggang-nya luama banget hehhee...

Pitshu said...

labu di jadiin cookies rasanya kek apaan yah ?! hihihi... *ga suka labu*

美鈴 &彩香 said...

ternyata masalahnya sama...cetakannya ga kepake..hahah..emang lengket bgt, susah nyetak..mpe gw hopeless dah

Pucca said...

iya gua juga sama kek pitshu bertanya2 bagaimanakah rasanya hihi.. secara gua blom pernah loh makan labu kuning itu, ini labu yang buat halloween itu bukan sih?

Belzy said...

waaaaaa.......bener juga tuw ide lo el, pakein kacang mede yang ditumbuk yah di adonannya :). Gue blom bikin euyyyy....bingung nyari labu disini lagi ga musim :(

kartika said...

sama komennya ama syl....cetakan ga kepake plus lengket hehehe...

once_alifetime said...

@ Clo : iya..3 x lipat waktu di resep hehe soalnya 15 menit bener2 masih mirip bolu:)

@ Pitshu : bukan labu sayur lho, Pit. Labu kuning yang buat kolak. Lagi gak terasa lagi labunya.

@ Sylvia : He..he.. bener kan lengketnya minta ampun. Tapi ok lah rasanya, si Denzel suka. Mei dan Xiang suka?

once_alifetime said...

@ Pucca : Nah, Vio. Ini kan makanan sehat:)) Labunya gak terasa lagi kok, lagian labu kuning ini kan enak, manis. Kalau di supermarket namanya kabocha kan? gua sih beli di pasar.

@ Bel : tadinya gua mau masukin oatmeal jg biar lebih sehat tp gak pede, takutnya malah bikin gagal..cuma gua bayangin enak kali ya terus atasnya kasih kacang almond slurrrp:) Kalau di Jakarta kayaknya adanya sepanjang musim.

@ Kartika : udah bikin jg ya xixi.. nasibnya sama semua. Btw apa sih yang bikin lengket? Labukah?

kartika said...

kalo gua pikir kurang butter...nih hari gua mau ngulang bikin...

christinewu said...

Duhhh kynya enak.. gw kagak doyan labu di cookies sih, cm pengen nyoba jg ah mumpung ada labu di kulkas tdnya mo buat bikin curry :)

debby tondo said...

gue manggangnya cuma 10 menit aja sesuai resep, tadinya mau dilamain tp takut malah jadi keras n ga bs kemakan...

gue juga sempet frustasi tuh waktu mau nyetak krn lengket banget, pengen gue buang juga hahahahha tp untung ga jadi ;p

kynya enak juga ya pake kacang, biar ada crunchy2nya :)

Y3nn1 said...

Cuit...cuit...Makin rajin ke dapur nih :)

Bunda Raka said...

wow wow woowww
ini para koki handal semua nih, gue boleh ikutan nimbrung tidak? biar pinter bikinin snack buat Raka, bikin donat aja ga jadi-jadi hiks hikssss :(

once_alifetime said...

@ Kartika : Ayo, coba lagi dengan butter yang lebih banyak nanti sharing hasilnya ya:)

@ Christine : ayo dicoba.. itung2 selingan cara makan labu kuning hehe..

@ Debby : mungkin faktor oven jg,Deb. Oven gua cuma api bawah, dulu panggang bbq drumettes jg lama banget baru kering:(

@ Bunda Raka : serius nih.. asyik kalau beneran mau ikut bilang ke liza-mommy twins (ada di blogroll) spy bs dikirimin email resep tiap mgg hari Selasa, posting paling lambat rabu berikut:)

kurnisantimichael said...

lucu sa ada variasi..gmana tu resep u dr ga bisa masak ampe pinter gini :D..

Tine said...

Waa el, gw blon bikin nih.. kudu hunting labu dulu.. hehehe btw loe kocok pake mixer yaa El?
Mixer gw dah TKO alias matee maklum mixer $8an hehe..

Selvi said...

bagus juga ide masak bersama. gua juga suka baca postingan dan liat fotonya.

twinsmommy said...

El, bagus kok hasilnya... mang adonannya semua pada ga berhasil dicetak cuma g punya aja hahaha makanya semua jg pada heran. Bedanya sih cuma mentega g cairin ga tau gara2 itu atau ga....

N good idea tuh tambahin mede hehehe jadi manis penampilannya

mamipapa said...

wah gw belom buat nih...gak ada kabocha..tunggu wiken baru beli hahaha...

kebetulan baru plg KL kmrn jd masih capek

once_alifetime said...

@ Santi : ha..ha emang elo gak liat penampilan puding gua yang amburadul mgg lalu. Ngga jago kok, masih belepotan sana sini yang penting pede:)

@ Tine : udah dapet? iya pake mixer dengan kecepatan tinggi, kalau pake tangan kayaknya mentega ngga bisa hancur jadi kepingan gitu kecuali kayak Liza dicairkan dulu:P? Gak tll ngerti jg he..he..

@ Selvi : Sel.. sel elo mah sama kayak gua, gua suka liat postingan resep2 makanan dan review restoran hue..he..

once_alifetime said...

@ Liza : terinspirasi ama kata elo boleh modifikasi dikit hehe.. Thanks ya, Liz.

@ Felice : Oh, baru pulang dari KL? ditunggu cerita2nya ya:)

Post a Comment