Sunday, February 28, 2010

Cooking Mama #2 BBO Chicken Drumettes

Hua.. menurut gua resep ini lebih susah dari resep pertama. Soalnya pake oven segala.. Hikmahnya oven gua yang masih perawan akhirnya kepake jg:) Hari Minggu sore kemarin gua menyemangati diri untuk coba akhirnya.

Resep asli berdasarkan pilihan KD kalau gak salah dari www.marthastewart.com Gua ikutan dengan revisi sedikit banget (bingung jg mau improvisasi gmn, dapur gua kan minim bumbu.. ini pun gua buru2 beli kecap Inggris dan aluminium foil dulu)

Bahan : (semua dibagi 6 dari resep asli)
500 g drumettes ayam (bagian sayap yang mirip paha mini) beli 2 pak di Carrefour
80 g saus tomat botolan
1/2 sdm kecap Inggris
1 potong gula merah dipotong halus
1/2 sdm cuka
1 buah lemon
garam dan merica
1/2 sdm gula pasir (ini tambahan gua setelah icip saus kurang manis)

Cara :
1. Rendam ayam dengan lemon 10 menit dengan perasan air lemon
2. Bikin saus dari campuran saus tomat, kecap Inggris, gula merah, cuka, gula pasir, garam dan merica. Sisihkan sepertiga buat cocolan
2. Loyang alasi dengan aluminium foil
3. Drumettes lumuri dengan sisa saus dan letakkan di atas loyang


4. Panggang dalam oven 230 derajat Celcius selama 30 menit


Faktanya :
1. Setelah 15 menit dalam oven gua dengan semangat 45 mengintip ayam2 ini apakah sudah waktunya dibalik... ternyata oh ternyata... sausnya lumer semua jadi kayak berkuah gitu hiks..hikss....
2. Setelah 30 menit intip lagi, "kuah" masih ada jadi gua tuang aja kemudian gua balik ayam dan olesin lagi dengan sisa saus.
3. Setelah 45 menit intip : berkuah lagi sedikit tapi tidak seheboh pertama
4. Setelah 75 menit : rada kering *menarik nafas lega* Tapi tetep kurang meresap kayaknya, harusnya kan coklat kematang2an ya?



Mohon masukannya teman2 kenapa ya ayam gua berkeringat heboh begitu hiks..hiks.. Oven gua emang cuma api bawah, trus ayamnya perasaan udah gua defrost 4 jam, udah nggak keras tapi masih dingin. Di manakah letak kesalahannya?

Oh, ya rasa lumayan lah menurut gua udah mirip2 chicken wing di Izzi atau Pizza Hut. Hubby bilang lumayan tapi lebih enak chicken wing madu yang suka gua minta mbak masakin.. Sedih:(


20 comments:

Mommy Axel said...

Hahahaa... Lisss, lu kaga baca postingan gua? Ampe 1 jam di oven, kaga abis2 airnya. Wakakkaa... Makanya pan gw tulis, next time ayamnya kudu diungkep dl, biar airnya abis. Ayam itu ya, kalo ditaro di wajan, trs dimasak di atas kompor tanpa apa2, nanti pasti keluar air banyak Lis. Makanya gw bilang, lain kali masak dl ah ayamnya ampe airnya sedikit, br sirem bumbu, br masuk oven. Atau digrill di atas kompor ajah ah lsg, kayanya lbh enak. Wakakkaa....

Pucca said...

gua baru tau ayam di oven jadi keluar aer.. mungkin bener kata elsiey mestinya di grill aja kaya sate.. tapi penampakannya oke kok el :D

Clo said...

hehee.. sama kog.. semua mengalami ayamnya berkeringat abis-abisan...

lain kali coba gulanya diganti madu, rasanya gimana yaaa?

debby tondo said...

Lis, gue manggangnya pake oven listrik trus gue lupa pakein alumunium foil, trus gue taro di rak tengah, pake api atas bawah, 30 menitan gitu mateng kok, tp baking tray gue jd gosong :D

tetep semangat masak yaaaa :)

美鈴 &彩香 said...

apa mungkin saosnya kebanyakan?? pny gw si emang berair sedikit, tapi pas balik ayam n balik oven lagi, agak kering...uda coklat2 tuh ayamnya, gw langsung angkat, takut gosong hehe.
btw, kok pny gw kemanisan ya?????
tetep semangat buat pr ke 3..hoho

Veny said...

gilee pd bikin PR smua , td baca tweet LIza dia juga lg panggang ayam , he22
laen kali cooking mama bikin bazar aja yah , pada jualan deh . ntar g pasti beli n icip2 he22

Quinie said...

weww... apapun hasilnya, mau ayam lu keringetan, kebanjiran, pokoknya gua salut ama orang2 yang bisa masak :D.
keep trying, nanti kapan2 undang gua maksi dengan masakan lu yak

Belzy said...

Apa mungkin karena ayam negeri yah jadinya lemaknya kluar smua pas di panggang? Kalo gue punya sih ga berkuah, cuma karena gue ngerendem ayamnya asal, malah cenderung cuma gue celup2 oles2 doang kali yah?

Tapi, hasilnya ok tuh sa :). Lu punya jadinya manis ga? misua ama denzel doyan ga? waaaa laki lo bakal tersenyum sumringah nih liat istrinya uda mule rajin masuk dapur :). Jia you saaa! :)

twinsmommy said...

Iya bener kata LC ayamnya keluar air... untung g dimasak dulu jadinya cepet kering airnya jadi glaze gitu....

Hahaha gara2 PR ini semua oven yg ngumpet keluar semua..... Met kenalan dah ama Ovennya

pinkbuble said...

Bagus presentasinya?

Emang ayam panggang bisa kerignetan El?

WawaBear said...

alo cooking mama :)
salam kenal ya!
ayam memang kalau dipanggang keluar airnya..either dimasak dulu trus dibikin "grill look like" di oven, atau loyang nya beli yg bolong2, trus bawahnya bisa nampung air..
jadi kalau ayamnya berair, jatuhnya dibawah gitu..

nice blog btw :)
cheers,
christina

once_alifetime said...

@ Elsiey : Ooooh, begitu. Syukurlah, gua pikir pasti gua silap di salah satu step. Btw diungkep caranya gmn?

@ Vio : Apalg gua yang gak pernah manggang2 haha.. di grill kayaknya lebih sip tp gak punya grill-an.Thanks ya.

@ Xiao Yan : Ayam2nya pada exercise ha..ha.. iya hubby usul laen kali pake madu.

once_alifetime said...

@ Debby : tadinya gua jg hampir gak pake lho, males belinya he..he.. syukurlah kalau nggak loyang agar gua satusnya gosong:) Btw baking tray dan loyang2 aluminium sama gak ya? Ntar gua berkunjung ke blog elo buat lihat hasilnya ya, tp gua yakin bagus deh:)

@ Sylvi : gua malah kurang manis, makanya gua tambah lagi gula putih. Mungkin karena gua demen manis. Iya, nih.. utk PR 3 gua belom punya timbangan, mixer dan wajan ceper:(

@ Veny : Iya, kapan2 bikin bazaar tapi gua gak PD ada yang mau berkunjung ke stand gua hu..hu.. janji mampir ya, Ven ha..ha..

once_alifetime said...

@ Ratu : Ha.ha iya emang udah bukan keringatan tp ayam gua kebanjiran secara udah kayak 'sop ayam'. Ayo belajar jg, Rat.. kan ntar calonnya seneng kalau elo bs masak..ehm ehm..

@ Belzy : Iya, airnya rada kayak kaldu2 gitu, berlemak dan banyak lagi. Ayam emang gua cemplungin habis gak punya kuas, kayaknya campuran faktor2 itu semua ya? ATau laen kali gua ungkep dulu, sausnya cuma dicocolin aja deh.

@ Liza : Hiks..hiks.. gua contekannya waktu itu baru Belzy jadi kaget banget begitu lihat hasilnya. Emang harus improvisasi ya, apalagi dengan oven seadanya yg cuma api bawah.

@ Elrica : Kepanasan dia ha..ha.. thanks, El. Btw elo udah bikin belom?

once_alifetime said...

@ Christina : Salam kenal juga. Iya, setelah mendengar penjelasan teman2 gua jadi lega:) Thanks jg info ttg loyang berlobang itu, baru pernah denger sih, ntar coba ke mal gua nyari2 deh:)

Selvi said...

setuju ama veny, kalo ada bazar makanan ntar pengunjung pertama dan keduanya : veny dan gua. tuh kan elo udah dapat 2 pelanggan :P

ovennya masih mengkilap oiii.... nga sayang dipake lis? hahaha

mamipapa said...

wah oke dong el rasanya kalo mirip pizza mah heheheh...

rajing bgt sampe hias2 pake timun..jd inget dl pas SD di rcti selalu ntn acara masak memasak work with yan...yg suka bikin hias2an dari tomat2 atau sayur lain hehe

kartika said...

gua setuju ama bel, mgk krn ayam negeri...dia keluar minyaknya...sama spt masak biasa, airnya ga bisa ampe nyusut, itu minyak di ayam keluar kan, jd pas dingin, jadi kentel bgt

pinkbuble said...

Tu ayam lagi gw marinate, nanti malem gw grill...hihihih..

once_alifetime said...

@ Selvi : cukup 2 pelanggan tapi karena makannya banyak pasti dagangan gua habis kan?? haha..

@ Felice : udah mati gaya, habisnya mau diclose-up jg jelek karena nggak keliatan ngeresep bumbunya jadi apa yang di kulkas diembat aja jadi hiasan..

@ Kartika : kayaknya iya, soalnya air yang keluar penuh lemak gitu, tapi gmn ya? kalau ayam kampung atau kalasan kan gak ada yang jual drumettesnya aja?

@ Elrica : siiip, ditunggu hasilnya:)

Post a Comment