Tuesday, February 23, 2010

Fobia Masa Kecil

Gara-gara komennya Willy bahwa waktu dia kecil takut gelap, takut tinggi, takut air dan takut semut *soriii dibeberin nih, Wil:D*, gua jadi mikir2, waktu kecil gua takut apa ya? Menurut gua tatkala kecil sah2 aja takut ini-takut itu, lihat aja buktinya Willy sekarang malah udah berani dan mandiri di negara Sakura:D

Gua waktu kecil tomboi. Disuruh maju ke panggung buat nyanyi asal ada iming2 kado, langsung acung tangan pertama. Naik perosotan, manjat ke atap, berenang, ayunan, panjat-panjatan gak kalah ama anak laki-laki. Hari pertama sekolah bukannya nangis malah heran kenapa anak2 yang laen nangis. Dibully ama anak cowok, gua tendang kakinya sampai kapok.

Kesannya macho kan? He..he..
Tapi sebenarnya ada satu yang gua takutin, eh dua ding. Yang pertama kecoak, dan yang kedua dan terbesar adalah gua waktu kecil paling takut ama hantu!!

Awalnya karena ortu hobi nonton, jadi kita tiap mgg selalu nonton di bioskop. Salah satu film terawal yang gua ingat adalah film horor ini. Gua udah lupa judulnya, lupa pemerannya, lupa alur ceritanya, tp secuplik yang gua berkesan banget adalah ada satu keluarga bule yang punya dua orang anak laki-laki. Anak tertua meninggal *lupa karena apa*, dan sang adik yang akrab banget sedih banget kehilangan abangnya. Entah kenapa, si abang datang berupa hantu yang masih menyerupai wujud aslinya namun dlm bentuk kehijau-hijauan dan melayang-layang. Tiap malam, disertai hujan badai dan petir menyambar-nyambar, si abang mengetuk2 kaca jendela minta dibukakan karena dia kedinginan (sebenarnya dia ingin mengambil nyawa adiknya biar tidak kesepian lagi) dan adiknya yang antara takut dan sayang selalu berusaha membukakan sampai orang tua mereka masuk dan mengusir si hantu.

Sejak itu gua takut hantu yang kehijau-hijauan dan melayang-layang! Kalau katanya anak-anak pada takut sama monster, penculik, makhluk luar angkasa, gua malah mikir mereka nggak ada apa-apanya ama hantu yang gua takutin itu. Saking takutnya gua kalau harus naik ke kamar tidur gua yang di lt 3, gua kudu bawa salib buatan sendiri dari 2 batang lidi yang diikat karet gelang, terus gua jalan sambil mengangkat salib tinggi2. Aneh kan? Mama gua sampai marah karena sapu lidinya dengan cepat 'mengurus' lantaran tiap hari gua curi lidinya:P

Lebih aneh lagi, bukannya jera dan berhenti nonton film horor, gua malah suka! Kalau ke toko rental video gua minta disewain film horor. Meski dilarang ortu, gua merengek2 terus dan berjanji nggak akan takut. Namanya anak2 ya habis nonton tetep berasa seram.

Ketakutan gua berefek sampai ke alam mimpi. Sering banget gua mimpi buruk. Ada adegan dikejar hantu, terus pas gua mau melarikan diri ternyata pintu besi ruko masih tergembok dan gua sampai gemetaran mencoba kunci demi kunci nggak ada yang pas. Ada pula gua lagi di sekolah dan ternyata Kepsek SD gua adalah hantu dan mengejar2 gua, sementara gua berlari dengan kencang namun tetap di tempat... dan masih banyak lainnya! Menyeramkan, kata cici kadang gua sampai ngigau minta..minta tolong:(

Oleh sebab itu, kayaknya Denzel gak bakal gua kasih film horor selama memungkinkan. Kalau udah remaja pan dia nonton sendiri ama teman2nya:) Gua gak mau dia merasakan fobia hantu spt gua dulu waktu kecil.

Untungnya setelah makin gede, ketakutan gua jauh berkurang. Kalau nggak bisa dibayangkan tatkala harus jaga malam di RS setelah mendengarkan aneka cerita seram, bisa2 gua ganti jurusan ha..ha...

Asal tahu aja, selama co-ass banyak sekali cerita horor yang beredar dari angkatan ke angkatan, dari bagian ke bagian. Gua perhatikan cerita horor itu biarpun menyeramkan, menakutkan teteup aja menarik untuk dibahas. Kalau sudah ngumpul2 kurang kerjaan dan pasien sepi, salah satu isue terhangat adalah cerita2 horor ini

Pada mau denger gak? Ha..ha .. eh kenapa gua ngelantur dari topik fobia masa kecil ke cerita-cerita horor ya?

Ayo dong dishare apa yang kalian takutin waktu kecil?
Pada takut nggak sih sama hantu baik waktu kecil maupun sekarang?
Mau denger gua cerita horor dari masa co-ass? *teteup aja*

24 comments:

sakura said...

wakaka, pas baca ada postingan baru, langsung ngeh kayanya terinspirasi dari comment gua. LOL.
iya gua takut semut, ama makanan aja geli. kaya ikan,sudah bisa ngebayangin dipancing terus digoreng. kasihan khan.. tp daging makan juga, yang dimakan cuman ayam goreng ayam rendang RM bahagia medan, dekat rumah.
Pokoknya dulu gua itu sampe terlalu pure, sampe kepikiran mau jadi bhiksuni loh. LOL..

Tp takut gitu, gua juga tomboi kok, suka manjat genteng bareng adek2 cowo gua, suka mandi cemplung di bak berdua sampe lama dan keluar2 ditungguin rotan ama nyokap. :P

Krn takutnya banyak, salah satunya lagi, takut hantu, krn dulu pernah dibawa roh halus di hotel, yg mana pas bangun dah ga di tempat tidur, tp di ruang tamu paling luar deket pintu. Tempat tidurnya itu sendiri tinggi dan gua ga mungkin turun gitu. ih gua nulis jadi merinding..
ada insiden2 lain yang berkaitan dengan roh halus lain lagi sih. :D
hadoh kok jadi panjang gitu ya. :P

kurnisantimichael said...

mau dengerrr..hehehe..ayuk2 dbahas dtopic selanjutnya :d...kl gue si lebih kearah parnoan sendiri..hehe emang ni kl anak kecil ga bole dkasi nonton macem2 soalnya kan mereka saya khayal jg tinggi...:D

Veny said...

rasanya g lbh takut liat org jahat ake perampok/maling, pembunuh dri hantu .
menurut g anak2 ga blh ditakut2in crt hantu dari kecil. biasa BS ato pembokat suka crt tahyul at ahntu2an bikin anak2 takut . Pdhl liat hantu juga blom cuman imaginasi aja .
smp skrg g masih takut liat org jahat , jgn smp g bs liat hantu benran hua22

Clo said...

waktu kecil gw takut kalo musti pipis malem2 soalnya jalan menuju WC berupa lorong-lorong beratap langit.. takut tiba-tiba ada orang muncul dari atas hehehhe..

Pucca said...

samaaaaa.. gua juga takut kecoa ama hantu...
kalo gua film hantu yang bikin gua ketar ketir 3 hari gak bisa tidur nyenyak itu film bayi ajaib.. ih serem banget deh waktu kecil nonton film itu.. sampe skarang gua tetep takut dua2nya tuh, nonton film horor gua masih gak brani ;P

Quinie said...

apa ya? gua sih ga pobia apa2, cuma pas ngeliat fear factor yang ada tantangan2 yang berhubungan dengan air, ya itu tenggelam, ya itu nyelam, gua beneran takut deh kalo gua beneran ada diposisi mereka... hiiii..

tapi gua lebih takut kalo gua kelaperan dan keabisan makanan. makanya pas ke garut itu, gua belanja banyak makanan :D

Arman said...

kenapa sih kok pada takut ama kecoa? padahal kan tinggal diinjek juga mati. hehehe. :P

gua juga takut ama hantu. dan gua inget juga hantu pertama yang gua liat dan bikin gua jadi takut. hantunya yaitu madam drakula nya srimulat. dulu pas kecil kan srimulat itu beken di sby, dan ada acara nya di tv sby. kadang dia ada tokoh madam drakula nya yang menurut gua (dulu ya) serem banget. sejak itu gua jadi takut banget ama hantu dan setan dan segala temen2nya itu.

tapi sama kayak lu, gede2, walaupun tetep penakut, tapi jadi suka nonton film horor. aneh ya emang. ini berarti bukan phobia ya soalnya kok malah seneng. haha. seneng gitu sensasinya takut2 pas nonton. walaupun setelah kelar nonton jadi sengsara, soalnya gak bisa tidur. kebayang2 terus setannya. mau mandi juga serem kalo pas merem. takutnya pas begitu melek tau2 ada setannya di depan gua. huahahaha. tapi ya gitu tuh... tetep aja nonton film horor lagi dan lagi dan lagi... :))

rasanya tiap orang pasti ada phobia tertentu ya tapi mungkin kadarnya gak terlalu gimana2 amat. gua juga rada takut ketinggian. kalo gua lagi di tempat tinggi trus ngeliat ke bawah, tangan bisa basah. hahaha. tapi ya bukan yang trus sampe gak berani naik pesawat.

yang gua perhatiin tambah gede tambah berasa tuh phobia di ruangan sempit. kalo gak salah namanya claustrophobia ya? bener gak sih... gua suka berasa sesek kalo di ruangan yang sempit apalagi kalo gak ada jendela. gak sampe sesek gak bisa napas, tapi gak enak aja rasanya gitu. gitu juga kalo tidur gak bisa sempit2an (kalo dulu jaman nginep2 outing kantor kan suka tuh orang2 main tidur2 aja dempet2an biar ngirit), nah gua gak bisa tuh. gua kalo outing atau mau nginep ama temen paling ribet masalah tempat tidur. gua selalu yang paling heboh ngitung2 dulu ada berapa ranjang dan berapa orang. kalo gak cukup, gua mendingan bawa kasur lipet buat gua tidur sendiri dah. hahahaha. pokoknya paling gak bisa kalo tempatnya sempit2... :P

Windy said...

Gue fobia kecoaak, hiiii...
Kalo film horror, gue menghindari untuk nonton. Apalagi horror Thailand or Jepang yang katanya serem banget hehe...

once_alifetime said...

@ Willy : Wah elo tyt welas asih dan penyayang ya:) Gua pernah jg setelah nonton acara ttg penyembelihan berniat jd vegetarian namun hanya tahan beberapa mgg:(

Soal mandi cemplung di bak, gua jg sering tapi gak ketahuan nyokap, malah gua bawa 2 ikan kesayangan gua di stoples ikut nyemplung tiap sore. Akhir2 ini baru gua cerita ke nyokap kelakuan gua jaman dulu, dia cm bisa geleng2 kepala ha..ha..

@ Santi : San, kayaknya baru elo yang pengen denger deh, ntar gua cerita jgn2 pembaca blog ini kaburrrr semua ha...ha..

once_alifetime said...

@ Veny : Iya, bener pembantu waktu gua kecil suka cerita2 hantu jg emang, setelah elo ngomong gua baru ingat. Tapi gua gak tll tkt ceritanya habis hantu versi dia suka 'lucu-lucu' jd gua ttp takut hantu versi Barat bukan kuntilanak, jin dsb:)

Udah gede begini gua jg sm takut ama orang jahat (pencuri, perampok dll) he..he..

@ Xiao Yan : Itu mah mirip kelebat2 orang hitam bertopeng yang melayang2 terus kasih pukulan tanpa bayangan ala film serial kungfu dong xixixi.... Gua dulu sering bayangin punya rumah yang spt itu, bisa jalan di lorong beratap langit terus dindingnya dari kertas, kalau mau ngintip tinggal jari dikasih ludah terus dicoblosin:)
Rumahnya di mana Xiao? Pasti gede ya?

@ Vio : elo fobianya samaan ya kayak gua:) Kecoak sih nggak ada ampun deh gua udah kabur sejauh2nya tapi kalau fil horor gua demen banget... cinta tapi benci, rindu tapi ngeri ha..ha..

once_alifetime said...

@ Ratu : Haha... kalau bisa disimpulkan fobia elo adalah versi Tom Hanks dlm film Cast away. Setelah nyaris tenggelam dalam laut ganas trs sempat kelaparan di pulau tak bertuan... coba bayangin serem kuadrat gak??

@ Arman : Kalau soal hobi nonton film horor, gua bs jadi tandingan elo deh. Film Shutter yang gua bilang paling serem setelah nonton semua film horor Thai, Korea, Japan dan Barat. Mnrt elo apa?
Tul, namanya claustrophobia.. tp selama nggak sampai takut masuk lift, naik pesawat, masuk ruangan tak berjendela.. sih fine2 aja. Tapi kalau elo mesti MRI gmn, Man? Bnk pasien yang emoh masuk MRI karena claustrophobia, ada yang mesti minum obat penenamg dulu:)

once_alifetime said...

@ Windy : Kecoak emang menjijikkan dan mengerikan ya..Film horor emang mengerikan, ada teman gua yang cuma dengar musiknya bisa langsung ngga tenang berhari2 jadi kalau istrinya lagi nonton dia ngungsi dulu ke lantai atas:)

Pitshu said...

waktu kecil g takut ama Bokap g sih... binatang apa pun enggak ada yang g takutin, sampe sekarang yang g takutin tetep Bokap g sih wakakakak... sama g klo liat semut banyak geli trsu gatel2 ga bisa g kalo liat semut sebel rasanya....liat serangga semua na g bantai sampe ga bernyawa ^^

pinkbuble said...

Gw takut kolong ranjang, kaca di atas wastafel en pohon gede..
Gw berasa kalo kolong ranjang tu ada sumting yg bakal keluar tengah malem en ngintip gw dr samping ranjang!

Kalo kaca di atas wastafel, gw takut kalo abis cuci muka pas gw nengok ke kaca bukan muka gw ato ada org yg berdiri di blkg gw.

Pohon gede, apalagi kl malem2 pas lari di park..takut ada yg gelayutan tapi bukan kalong ato monyet.

Hhahahha..jadi intinya gw jg takut setan.

Jadinya, kl ada kolong ranjang gw selalu bobo pake lampu en kl cuci muka ga pernah merem ato ga pas mandi di shower..hehehe..

El, kepikiran aja ngebahas phobia.

Arman said...

gua pernah tuh MRI. emang rada berasa gak comfotable, tapi masih bisa ditahan. emang sih gua merasa phobia gua gak sampe parah amat. tapi gua merasa jadi lebih parah dibanding pas kecil.

shutter masalahnya gua udah tau ceritanya dulu sebelum nonton. jadi kayaknya ada pengaruh nih. gua merasa shutter gak sampe serem amat gimana.

gua tetep merasa sixth sense tuh film yang paling serem lho. tapi banyak oragn bilang gak serem ya. hahaha.

once_alifetime said...

@ Pitshu : Emang bokap galak ya, Pit? sampe bisa ngalahin semua binatang ha..ha..

@ Elrica : wah, masuk akal jg semua fobia elo, El.. ini pasti akibat nonton pelm horor bukan? kan suka ada yang muncul di kolong, cermin dan pohon ^^

Gua yang cermin itu hanya kalau habis nonton film horor dan ada adegan tsb, tp itu kalau lagi sendiri, kalau ada orang lain gak jd takut. Kalau pohon besar sekarang di Jakarta kan susah nyarinya jadi gak pernah takut tuh:)
Yang sekarang tiba2 suka muncul dari kolong hanya si Denzel, sampai pernah gua kaget setengah mati hampir nginjak kepalanya yang tiba2 nongol dari kolong ranjang gua:(

@ Arman : setuju Sixth Sense film barat terseram setelah Exorcist dan film hantu kakak nyari adik itu:)
Btw knp sampai di MRI?

Arman said...

hantu kakak nyari adik itu film apa ya?
btw gua gak merasa exorcist serem gimana lho. mungkin gua udah high expectation kali ya. jadi pas nonton kurang gimanaaa gitu. hehehe.

eh gua bukan mri ding... ct scan. beda ya? hahaha. tapi masuk ke dalam mesinnya juga tuh. pernah dua kali ct scan. yang pertama jaman dulu ct scan idung karena gua suka mimisan. yang kedua taun lalu ct scan ginjal soalnya di kencing ada darah mikro.

Selvi said...

gua mau dengar cerita horror...
dari jaman abg, kita sering cerita hantu kalo malam. serem tapi pengen lagi begitu juga kalo nonton film horror, takut sih tapi penasaran sampe abis.

film horror yg serem : drag me to hell, asli gua serem banget dikutuk.

gua phobia darah, kalo liat darah bakalan lemes, makanya gua nga berbakat jadi dokter atau suster. Bisa pingsan duluan, hehehe

gua nga takut kecoa, paling gua menghindari aja kalo liat kecoa.

gua perah ngeliat pocong dirumah dulu. ntar gua cerita deh. asli menakutkan mukanya itu, putih... tertarik lanjutannya?

once_alifetime said...

@ Arman : Hantu nyari adik itu film jaman dulu yang gua tonton dan awal bikin gua fobia *lupa judulnya*
CT Scan beda dari MRI, mesinnya kan lebih tipis jadi lebih berasa ring aja dan jarak ke badan jg jauh, bah MRI legih mirip terowongan yang mana tebelnya kurleb sepanjang badan kita jadi utk org agorafobia ada perasaan terbekap.. Ada pasien hubby bule yang maju mundur untuk MRI ini, setelah pake penenang dosis tinggi baru berhasil:)

@ Selvi : Ya udah, edisi setelah posting resep deh gua akan cerita2 horor huhuhu *ketawa seram*

Arman said...

eh tapi pas gua ct scan kok juga masuk kayak terowongan gitu ya el?

Mommy Eldridge said...

hai, udah lama gak mampir kesini, baca critanya jadi teringat masa coass forensik dulu, cerita horornya paling mantep hehehe... kl sekarang sih yang kayak gitu tinggal kenangan deh, yang ada ngurus anak aja tiap hari :)

once_alifetime said...

@ Arman : emang sih kayak terowongan tapi kalau dibandingkan MRI jadi gak ada apa2nya:)

@ Ling : Hai, iya bener forensik tuh yang paling sereeem haha.. btw blognya jarang diupdate nih:)

theeldridge.wordpress.com said...

kyknya salah nama deh, hahahaa... gw silvia, blog gw di theeldridge.wordpress.com
kmrn mau publish pake id wordpress tapi error mulu, jadinya pake yang gmail :)

once_alifetime said...

@ Silvia : Ya ampun.. iya nih salah, gua ngekliknya tyt ke blog yang elo follow. Sori ya:) Salam kenal, gua kayaknya pernah deh main ke blog elo, gambar pudingnya bener2 menggugah selera:)

Post a Comment