Thursday, February 11, 2010

Cooking Mama #1 Nugget Mie

Mungkin udah pada tahu gua doyan makan ya? Tapi gua gak bisa masak.. agak2 gak sinkron kan? Harusnya orang yang demen makan bisalah masak barang satu dua masakan untuk memenuhi nafsunya, kok gua nggak sih? Alasannya mungkin sbb:

Pertama-tama dari kecil nggak dibiasain ortu buat bantu di dapur. Gua akui gua berdua cici terlalu apa ya? Manja? pokoknya kita itu take it for granted kalau di meja makan tuh udah terhidang masakan enak buatan Mama. Terus kalau nggak sreg dikit langsung komplen2, misalnya masakan basah atau berkuah semua, gua bakalan minta duit beli kentuckylah, beli nasi padanglah, dll. Sekarang gua baru berasa kok gua ungrateful banget ya (sebenarnya pas kost dan mesti katering udah berasa sih..berasa banget malah) Maafin kami ya, Ma.

Kedua, gua gak PD! Selama kuliah dan kost emang nggak diperkenankan masak kecuali indomie jadi kalau gak beli di luar, ya katering. Nah, suatu ketika pas gua co-ass (clerkship) di bagian Forensik yang ditempatkan di RS Kariadi, Semarang selama 4 minggu. Di sana kita seneng banget dan kompak, nyari makan bareng2, pulang makan nonton terus di CL. Tapi lama-lama bosen juga makan di luar, akhirnya kita yang kost bersama memutuskan giliran masak. Saat itu gua masih 'hijau' artinya gak punya bayangan masak itu kayak apa so pede2 aja pas giliran gua, gua bilang mau masak nasi goreng. Gampang kan? bikin nasi goreng= goreng aja nasi:)

Pertama gua siapin nasi, kecap, minyak. Sambil diawasi teman2 yang mungkin prihatin melihat gerak-gerik gua yang mencurigakan. (Pan beda ya, orang yang ahli masak..kaya di teve gitu kan asal comot sana, comot sini, osreng2 jadi deh..)

"El, potong bawang merah dulu."
Hah, emangnya pake bawang.. ya udah gua potong bawang, mana ada yang tebal ada yang tipis, sambil usap2 mata yang perih.

"El, kalau mau pake telur siapin dulu di luar kulkas"
Nyengir2 gua ambil 3 butir telur dari kulkas.

"El, tuuuh minyaknya udah panas, ayo cemplungin bawang!"
"Hei, itu bawangnya udah item, kecilin dikit apinya.."
"Aduknya jangan begini, yang rata.."
Suara-suara di sekeliling gua membuat gua makin panik !!!

Sampai akhirnya salah satu teman cowok gua memberanikan diri menanyakan pertanyaan yang ada di benak semua orang :
"El, elu sebenarnya bisa masak gak??"
Hiks, ngaku dah gua... ngaku.. ampuuun deh, masak itu susah amat sih. Temen gua itu ngambil alih, berusaha menyelamatkan sisa2 kerusakan yang gua bikin. Malam itu kita makan nasi goreng yang rasanya aneh, bau gosong mungkin akibat bawang tadi.. hiks..hiks meski teman2 menghibur, gua perhatiin mereka makannya sedikit doang. Akhirnya gua habisin sendiri nasi goreng mengerikan itu. Gitu2 gua gak rela masakan gua berakhir di tong sampah..ha..ha... lebay ya gua?

Nah sejak itu gua gak suka masak, gua merasa masak itu susah! Yang bisa gua lakukan dengan baik hanya 3 masakan : air, nasi, indomie (air itung masakan gak?)

So... today I'm proudly present my cooking : Nugget Mie aka Noodle Puff
Ha..ha... mau cerita gua masak kok ngelantur sana-sini dulu ya. Jadi begini setelah sekian tahun menjadi istri dan mama, gua rasa gua harus menghilangkan ketidaksukaan gua terhadap acara masak-memasak, bahkan gua masukin sebagai resolusi thn 2010. Eh, tiba2 si LC posting tentang group masak-memasak. Gua merasa itu jawaban yang tepat untuk gua soalnya Januari berlalu begitu saja tanpa gua menyentuh panci even ketel sekalipun kekeke....

Resep pertama yang diajukan LC adalah Nugget Mie. Baik bener LC, di email sudah disertakan pula bahan dan cara membuat. Sehari2nya gua kan pekerja malam kecuali hari Rabu dan Sabtu so Rabu kemaren gua mengencourage diri (doh segitunya..) untuk mencoba.

El, gua gak sepenuhnya ngikutin resep soalnya nemu resep di Majalah Sedap edisi 29/V/05 (gua emang suka beli buku resep dan majalah masak terus minta mbak bikinin hehe..). Tapi percaya deh, kali ini gua yang bikin sendiri kok.

Bahan :
250 ml air
50 g mie, rebus matang (gua pake 1/3 bungkus mie ayam tiga telur)
75 gram margarin
100 gram tepung terigu protein sedang (Gak punya timbangan, asal nakar 90 cc)
1 batang daun bawang iris halus
sejumput keju diparut
1 butir telur
1 butir putih telur
seperempat bawang bombay cincang (harusnya 2 siung bawang putih-gua kehabisan)
1/4 sdt pala bubuk
1/4 sdt gula
1/4 sdt merica bubuk
minyak goreng
Bread crumb seukupnya

Cara :
1 Didihkan air, margarin dan gula (kalau mau pake ayam/daging cincang/ham masukkan jg)
2. Tambahkan mie dan tepung, aduk sampai kalis
3. Tambahkan telur, daun bawang, bawang bombay, garam, gula, merica, pala dan keju. Aduk rata
4. Sendokkan dan dibentuk bulat
5. Gulingkan dalam putih telur dan cemplungkan ke breadcrumb
6. Goreng dalam minyak banyak dan panas
7. Setelah warnanya coklat menggiurkan, angkat dan tiriskan
8. Sajikan hangat

Biarpun gak mudah, ternyata masak itu gak sulit juga he..he.. Semuanya gua usahain lakuin sendiri, paling gua tanya ke mbak, kapan dinyatakan udah matang.. takutnya gua berasa matang tapi dalemnya mentah:P

Terus berhung pada gak suka saus asam manis, gua gak bikin,el. Cukup dicocol mayonnaise dan saus sambal botolan:)

Resep di atas dapet deh 15 butir nugget mie. Gua makan 4, Denzel 1 (mau nambah gua gak kasih soalnya lauknya sendiri banyak), Hubby 3 sisanya buat mbak dan BS. Hubby lagi sakit tenggorokan tp katanya enak, sempet mau nambah tapi udah dihabiskan oleh mbak dan BS. Artinya enak kan? ya kaaaan? Ha..ha... narsiiii dah gua. Soalnya standar gua kan rendah, cuma eatable. Nah kalau agak enak dikiit aja gua mah udah besar kepala.. tra lala ..trilili. Gak sia-sia dong gua mengasah kemampuan lewat game 'Cooking mama' saban hari ha..ha...

Ayo teman2 klub masak maupun bukan silahkan komen gambar gua ini (tadinya mau dipermanis dengan selada, cherry or else tapi males ke toko buahnya..)

PS : Dalamnya lembut dan tidak terlalu kering, gua nggak tahu apa emang begitu atau kekurangan terigu? Minta pendapat para pakar ya:) Tapi masih enak kok *maksa.com*

27 comments:

Clo said...

waaa... elisa yang pertama selesai ya.. gw beloman nih.. nantilah.. tiap hari bilangnya "nantilah.." hahaha.. ntar lupa :)

hasilnya oke tuh.. nanti kalo ada potluck party bikin yah..

twinsmommy said...

Salut buat lu hahaha kita masih sibuk mau sincia dia dah semangat bikin "PR". Penampakkan ok tuh..... n rasa yg pasti orang rumah lah jurinya hahaha

Semoga makin lama makin rajin dan makin disayang keluarga.

美鈴 &彩香 said...

yes...akhirnya muncul juga PR perdana dr cooking game, bgs EL, n tetep gabung trussssssssssssssss...
ntr mlm gw ikutan posting ahh

Pucca said...

keren el.. congrats ya, pasti lu bangga setengah mati kan ama diri lu sendiri hahaha :D
gua juga gak bisa masak kok, bahkan tadinya gak bisa masak nasi :P
tapi karna udah kawin trus coba2 masak yang gampang2 deh, pertama emang keasinan lah, kurang mateng atau kematangan, trus cuma masak dikit aja preparationnya heboh amat sampe dapur pada belepotan haha..
untung david trus nyemangantin kalo gua tuh sebenernya bisa masak tapi emsti latian aja.. kalo gak gua udah patah arang di tengah2 jalan kali hehe..
jadi skarang udah lumayan lah, masak gampang2 mah jarang gagal :P

Yenny - Fidel said...

wah, PR pertama aja penampilannya dah OK, apalagi kalo rutin masak El, pasti ntar jago, n yg pasti enak rasanya.

btw, gua ikutan jadi team penggembira aja, msh gak konsisten masak, jd blm berani ikutan game ini

mamipapa said...

wow gile!!!!! keren el...penampakannya aja keren pasti rasanya enak deh heheh gw aja karena baca resep udah gak PD dl sempet komplen LC kok kayanya susah yah hahahah

udah beli bahannya niat mau bikin mg ini tapi skrg gak ada bs hahahah jd ketunda lagi...gw takut kalo sambil jaga anak hasil rusak, kecuali emg gw udah familiar masakannya sambil jaga anak juga gak masalah

Mommy Axel said...

Mantap tap tappp... Gw malah lupa resepnya apa. Wakakkaa,,, blm mood bikin niy. Semanagat yakkk!!! Xixixii.. Tp penampakkannya bagus lhooo. Gw ajah blm tentu bs begitu. Laki lu lsg senyum2 terus donkk??

Selvi said...

sepertinya mudah, eits sepertinya loh! hehehe

lebih mudah lagi langsung hap masuk kemulut tanpa proses membuatnya.

salut deh ama elo, yg tadinya cuma bisa masak air,mie instan dan nasi (itu kan gua banget).

Veny said...

boleh22 .. buat pemula udah nilai "b" deh hua22
emang sih masak ga susah , nekat aja n PD lagi ! bnyk liat demo masak & baca resep masak pasti bisa lah
kalo soal rasa n penampilan semakin bnyk jam terbang pasti semakin OK kok !

oh iya El , Nasi Kalong di jalan Riau depan FO Emporium yg depan nya gaya chinese gitu . jualan nya malem diatas jam 21.00 di pelataran parkir .

Sakura said...

haha, practice makes perfect.. :)
dari penampakannya okeh dan yummy kok.. bangga donkss.. so next recipe apa? *wink2*
btw, LC singkatan apa ya?

Arman said...

waaaa salut gua ama lu.
sebagai sesama orang yang gak bisa masak, masakan perdana lu ini mah hebaaattt banget!!!

hihihihi. jadi malu gua. kemaren gua masak redcurrant chicken yang 'cuma gitu doang' itu aja udah bangga setengah mati. ternyata lu malah jauuuhhh lebih hebat masakan perdananya. hahahaha. :D

hebat el... keliatannya gak kayak orang gak bisa masak. bagus gitu hasilnya dan keliatan enak!! :)

Belzy said...

whoaaaaaa..........hebattttt!!! El, yang bener nih elo ga bisa masak?? Ini mah ga kliatan kalo elo ga bisa masak!! Hasilnya ok tuhh fotona juga!!

Wahhhh misua seneng dongggg, bakalan minta sering2 dimasakin nih ama elo el :).

jenz said...

assikkk... klo masak2 lagi bilang2 ya.. gw berkunjung deh :)

Patzie said...

aiooooo.... udah pada ikutan game masak yah
*cuma gw dong yg blom ada niat neh*
Hiks hiks... KEREN kok EL!!!
No worries... makanan kaga ada Patokan yg jelas...yg penting bisa ditelen..
Kapan2 di delivery yak!! hohoho

debby tondo said...

wowwww, jadi juga nuggetnya... penampakannya menggoda kok El, rasanya pasti menggoda juga makanya suami elo yg sakit leher aja bilang enak, biasanya kan klo org sakit makanan jd terasa hambar...

gue udah bikin sih tp belom sempet posting, lg ga sempet karena badan masih lemessss

once_alifetime said...

@ Xiao Yan : Ha..ha.. kan beda ama yang udah yakin berhasil. Gua pikir kalau rabu ini gagal masih bisa diulang rabu depan:) Iya, iya.. ntar gua bikin:)

@ Liza : Sincia gua tinggal ongkang2 makan masakan restoran he..he.. siapa tahu gua taon depan masak 8 masakan + dessert??? Mungkin nggak ya? *berkhayal setinggi langit*

@ Sylvia : Iya, mudah2an teteup semangat ikut terus. Udah diposting? ntar gua liat ya pakar2 beraksi, sambil mencuri ilmu haha...

once_alifetime said...

@ Vio : he..he kok tau gua bangga setengah mati? Keliataaaan banget yak? *maluuu*. Hubby gua jg suka nyemangatin tapi emang dia lebih jago masak dari gua jadinya gua suka gak pede:(

@ Yenny : Masa? Thanks ya, Yen. Iyalah, kalau hamil kan bawaannya segen ya? Gua dulu parah, cium bau masakan aja mual.

@ Felice : Thanks ya, fel. Menurut gua penampakan juga masih kurang, tuh daun bawang potongnya ketebalan dan keluar2 he..he.. Gua jg gak ikut resep LC, jadi gak dikukus dulu soalnya gua bingung cara kukus gimana *buka kartu*:)
Iya, kalau sambil jaga Cissa emang rada repot, kalau mau tunggu dia pas bobo siang atau ada papanya nungguin.

once_alifetime said...

@ Elsiey : Thanks to you El, untung ada elo yang bikin grup masak. Tolong kasih masukan dan saran ya, kalau elo berasa ada yang kurang jgn lupa kasih tahu biar gua banyak belajar ha..ha.. *kursus gratis masak*

@ Selvi : Masa, Sel? Wah, gua ada temennya nih:) Gak berminat ikutan nih?

@ Veny : Thanks, Ven. Nah, PDnya yang belom ada nih, jam terbang mudah2an slowly but surely mau gua tambahin:) Btw gua belum sempat ke nasi kalong lantaran kekenyangan makan sa cap meh.

once_alifetime said...

@ Willy : Thaaanks, Wil. Yuk ikutan yuk! LC = Elsiey-Mama Axel. Gua belum tahu recipe berikut apa, tp kayaknya temanya masih cemilan anak. Btw gua baru sadar nih cemilan anak kok Denzel cuma gua kasih makan 1 ha..ha.. emaknya yang makan paling banyak!

@ Arman : Ah, man.. yang elo bikin kan makanan utama, wong gua temanya aja cemilan anak xixi.. tp emang gua tertarik banget ama resep elo, soalnya keliatan mudah (keliatannya ya) tapi enak dan menarik!

@ Bel : Thanks ya, Bel. Iya dia mah seneng banget kalau gua akhirnya sembuh 'fobia dapur'nya ha..ha.. Fotonya cuma pake kamera digital biasa. Pengen jg punya DSLR tapi males belajarnya, susah gak?

once_alifetime said...

@ Jenz : Ayo, mari... ntar sebisa mungkin tiap Rabu.

@ Patzie : Bener, rasa itu relatif, apalagi kalau udah laper habis bergulat dengan bahan2 dan panci, jadinya uenakkk:)

@ Debby : Deb, udah mendingan belom? Ditunggu postingannya!

Pitshu said...

keliatannya Yummy hahahaha.. kok sama dengan postingannya xiao yang bikin nuget mie juag hahaha.. lagi populer yah :)

kartika said...

wah uda pd rajin bikin pr...gua nanti dah...masih lama juga kan (alesan.com)
btw, jadinya ok kok...yg penting satu rumah suka kan?

kurnisantimichael said...

apanya yang ga bisa masak lis..hasil gorenganny bagus loh..kl gue mah udh angus2 kemana2 :D..ga bisa krn ga biasa aja kali el..kl udh punya anak en suami mah pasti bisa..secara kita mau mereka makan masakan kita kan..hhe...pdhl gue jg jarang masak..males beberesnya :D

once_alifetime said...

@ Pitshu : soalnya lagi ada acara dari grup masak memasak dan resepnya kan satu ini , Pit:)

@ Kartika : ha..ha..emang masih lama kok, tp bagi gua tugas yang 'berat' ini mesti cpt2 dikelarkan biar masih bisa ngulang kalau salah :)

@ Santy : masak sih, San? ini juga ada mbak yang kasih tahu kapan waktunya ngangkat kalau nggak gua jg ragu hehe...

Selvi said...

ha ikutan game masak? bisa-bisa ntar gua nipu ambil dari blog orang trus gua copas trus gua diperkarakan deh. hahaha...

pinkbuble said...

setiap mampir ke blog ibu2 club masak..nugget mienya uda pada jadi..gw belon buat..dateline uda ampir nyampe..hadow..tapi masi males.com nih...

Quinie said...

ow... ini toh asal mulanya.. tapi kasi tau gua lagi dong tentang grup masak memasak ini lagih... seperti yang gua komen di postingan terakhir lu.

btw, pengalaman gua yang sama kaya elu adalah pas masak kornet=kornet dimasak.

gua buka kaleng kornetnya, trus gua tumpahin ajah di wajan sampe kira2 sudah memanas, trus gua angkat *dalam bentuk yang ga jauh beda dari bentuk saat dia di kaleng*

temen gua yang gua suguhin itu langsung bengong, "elu masak apa?"
gua : kornet lah...
dia : bukkkaaaan gituuu caranyaaa... lu kudu pake telor...
gua : *speechless*
hihihi...

Post a Comment