Friday, August 14, 2009

My Ally, My Enemy, My Cousin



Kalian punya banyak sepupu gak? Gua punya buanyak. Seperti gua pernah cerita, nyokap 9 bersaudara; bokap 8 bersaudara. Gua gak pernah hitung sih tapi mungkin ada deh 30an.. Ada yang deket terutama dari pihak nyokap karena tiap minggu kita dibawa pulang ke rumah Ama yang mana sudah berkumpul anak2 Ie-ie yang sepantaran. Menurut gua punya sepupu banyak tuh asyik meski gak akrab semua sih, bahkan ada yang saat bertemu di toko baju, salah satu sepupuku bertanya ke mamanya (A Kim) : "Ma, tante dan anak ini siapa sih? Kok mama kenal?" Langsung A Kim gua mencubit anaknya sambil berssstttt dengan muka memerah.. hahaha, kita gak akrab karena Papa dan Mama mereka hanya membawa mereka ke rumah Ama saat hari pertama Imlek setiap tahunnya.      
    a
 
Tapi dengan yang lain lumayan akrab, setiap liburan sekolah, kita gantian nginep di rumah yang lain. Cici gua maen dengan cicinya sementara gua dengan adik2nya. Liburan ke luar kota pun rame-rame tiga atau empat keluarga. Asyiiik banget. Nggak selalu akur sih, kadang juga marah-marahan, ngambek-ngambekan tapi udahan baik lagi dan maen lagi dengan seru.
a
Sementara Denzel gua rasa bakalan punya sedikit sepupu doang deh, secara gua cuman 2 bersaudara, hubby juga idem. Jadi dia cuma bakalan punya 1 Ie-ie dan 1 A koh beserta suami masing2. Gak usah kayak gua yang manggil ji ie (tante ke-2), sa ie (tante ke-3), tua ku (paman pertama), ji ku (paman kedua) etc etc tapi cukup Ie-ie dan Koh-koh, ringkas-padat hehe.
a
Sayangnya, sepupunya pun baru ada 2 dan uniknya semua seumuran. Yang dari adiknya hubby, cewek, hanya 5 hari lebih tua. Paling sering sih main ama Tristan, anak cici yang lebih muda 3 bulan karena sama-sama di Jakarta. Kalau adiknya hubby di Bandung. Kalau tidak ketemu, Denzel suka manggil-manggil : "Ten-Ten (panggilan Tristan) manaa?" tapi kalau ketemu pasti rebutan maenan, terus dorong mendorong. Ten2 anaknya aktif dan gak bisa diem sementara Denz lebih kalem. Mainan apapun yang dipegang Denzel pasti Ten2 juga mau, awal2nya dia masih ngalah tapi lama2 Denz ngambek juga dan mulailah aksi2 kekerasan dari kedua belah pihak :P. Pokoknya belum bisa ditinggal berduaan deh, sebentar aja udah perang saudara. So kalau ada sweet moments yang tercapture di bawah, bener2 kejadian langka.....
a
a
Untuk kedepan-depannya gua pengen banget Denzel bisa deket dengan saudara dan sepupu2nya, bisa  punya masa kecil yang meriah seperti yang gua alami karena tetep aja my allies dan my enemies masa itu ya my cousins...

13 comments:

Yenny - Fidel said...

punya banyak juga, sama kayak lue dekatnya dari pihak nyokap. kalo dari pihak bokap kurang dekat, malah ada yang kelamaan gak ketemu jadi lupa2 ingat mukanya.

kalo anak gua sekarang sepupunya dah 5, paling banyak kayaknya 6 doang, secara sekarang semua cuma mau 2 anak doang, yang paling deket ama 2 sepupu cewe, yang hampir tiap minggu ketemuan & fotonya sering nongol di blog gua :D

el, orang hokkian apa tio ciu? manggil sodara, istilahnya semua sama kayak gua

once_alifetime said...

@Yenny: Iya nih, moga2 anak2nya Fidel dan Denzel deket ama kita, pihak dari bokapnya ya *duileee, mikirnya jauh amat* xixi^^. Fidel udah banyak jg ya sepupunya, seneng deh, rame! Papa Konghu, mama Hokkian so kita manggilnya ya ala hokkian. Elu jg hokkian, Yen?

Pucca said...

9? 8? kalah semua..
nyokap gua 14 huahahahah :D

Arman said...

Gw pas kecil deket bgt ama cousins dari pihak bokap. Tiap minggu mereka pasti dateng main secara dulu kita tinggal serumah ama kakek nenek gw. Kalo liburan juga keluar kota rame2. Seru emang.

Udh gede pada mencar, jadi udh gak main bareng lagi. Malah jadinya deket ama cousins dari pihak nyokap. Kita once in a while suka pergi makan bareng rame2 khusus cousins doang. Papa mama kita gak ikutan. Hehehe.

Andrew sendiri skrg juga cuma baru punya 2 cousins. Tapi jauh2 semua jadi gak bisa main bareng... :(

Yah beginilah nasib merantau ya... Jd sedih kalo nginget kayak begini. Kasian juga si andrew suka kesepian...

BabyBeluga said...

Cousinsnya Jake and Matt disini sedikit dan udah pada remaja semua. Tp second cousins sih ada sepantaran semua, biasa ketemu pas reuni keluarga. Setahun sekali. Walau begitu mereka cepet akrab, lgs main bareng.

once_alifetime said...

@Pucca: Hah, yang bener? Hebat-hebat *angkat dua jempol*
@Arman : Jangan sedih, man. Andrew kan anak yang baik, pasti temennya bakalan banyak, dan kadang temen tuh bisa sedekat sodara lho^^
@BabyBeluga : itulah hebatnya anak2 ya? baru ketemu udah bisa akrab^^

Sarie said...

wuih banyak bener sodaranya. Papaku anak tunggal, mama 7 bersaudara. itupun mencar-mencar.

Apalagi anak-anak kita nih, dimana para ortu dah sadar KB, jadinya dikit2 deh anaknya hehehe.....

Y3nn1 said...

Gw juga punya banyak sepupu, tapi cuman akrab ama yang sebaya aja. Bokap ada 5 bersaudara, nyokap 8 bersaudara ^.^

Lis, minta email lu yah, mo gw invite ke blog gw. Udah dibikin private soalnya :P
Email ke yennichung@yahoo.com yah. thx

Yenny - Fidel said...

hokkian & tio ciu, beda2 tipis bahasanya, gua asli tio ciu, suami hokkian, dulu gua byk temenen ama orang hokkian, habis merid dapat suami hokkian jadi tambah mahir hokkian :D

once_alifetime said...

@Sarie : Yup, malah di reuni SMA gua barusan, yang punya anak 4 dikasih trophy lho, udah extraordinary:)

@Y3nn1 : Ok, thanks. udah gua email.

@Yenny : memang mirip ya? gua tapi gak ngerti kalau tio-ciu hehe

mamipapa said...

wahhh keluarga besar yah :) bokap gw juga 9 bersaudara dan dia anak pertama, nyokap gw 5 bersaudara dan dia anak pertama juga..

kalo sepupu gw banyak dr bokap..sodara nyokap pada di luar negri sih semua rata2..jd yah gak gitu akrab, kec pas keluar negri baru deh ketemu itu juga harus conversation kl kaga pake inggris (tp org tua susah) kalo gak yah mandarin atau konghu (nyok gw konghu) kalo bokap khe tapi di rumah didikan lebih ke arah nyokap yg ngomong konghu n mandarin dr kecil jadi gak bisa khe gw hahahah denger dikit2 doang.

tp kalo sepupu punya anak baru sedikit..itu juga pd masih kecil2 kalo ketemu pas sincia doang..itu juga kan rame2, jd yah gak main bareng juga, cuman kita diantara persepupuan akrab banget..

Mey said...

nyokap gua juga 9 bersaudara :p
bokap juga 8 bersaudara (tapi 1 dari anak-istri-kedua-kakek)
Waktu kecil siy rame banget, suka ngumpul dirumah karna ama-akong tinggal bareng bokap gua, jadi sering dikunjungi sudara2 lain :)

Kalo gua sih 5 bersaudara, dan calon suami 3 bersaudara, tapi agak susah kali yah main bareng karna smuanya mencar2 :p
cici di semarang
gua di jakarta
adik ada yang di pekanbaru, batam, dumai :p
Hehehhe...

once_alifetime said...

@mamipapa : enaknya kan kalau ke LN akomodasi gratis alias numpang:)
Kok bisa ya persepupuan masih akrab, gua sejak kuliah kayaknya asyik dengan dunia sendiri2, jadi rindu ngumpul2 lagi nih..

@Mey : Walah, padahal udah 5 bersaudara tapi sayangnya mencar2. Gpp kan kalau ada acara keluarga bisa ngumpul:)

Post a Comment