Monday, August 25, 2014

Summer Holidays

Seperti gua pernah cerita sebelumnya, ortu gua suka travelling. Dan gua bercita-cita pengen ngajak mereka keliling dunia. Sebenarnya pas tahun lalu ke Kyoto, gua udah  ngajak ortu. Tapi ternyata waktu itu mereka udah planning ke China so gak jadi ikut. Terus  bulan Juni tahun ini gua ajak ke Hong Kong ternyata mau. Kali ini bener-bener pengalaman yang unik. Bawa anak kecil, bawa toddler dan bawa dua lansia:)selama 8 hari 7 malam berpetualang. HK sendiri sangat berkesan buat gua karena sedari kecil kan belom punya mimpi pergi jauh-jauh pasti pengennya ke HK aja.

Pertama pergi kelas 5 SD karena diiming-imingi kalau juara diajak ke HK, dan untuk pertama dan terakhir kali gua juara 1 huaha.. (mama gua syok karena 5 besar aja biasanya gak pernah), kedua kali sama teman2 SMA nginep di rumah sepupu gua, terus pas mau masuk coass dan saat seminar beberapa tahun yang lalu jadi gua sih cukup pede bisa menjelajah sendiri kemana-mana.

Untungnya juga ortu gua lumayan gampang adaptasi. Jalan kaki hayuk, makan apa aja hayuk. Cuma satu request papa gua yaitu minta tempat tinggal yang berada di pusat keramaian. Yang tadinya gua udah dapat apartemen yang bagus dengan harga reasonable di Causeway Bay terpaksa batal karena mereka prefer daerah Mong Kok.

Untuk pergi bareng keluarga besar begitu sih emang lebih enak dan ekonomis tinggal di apartemen. Gua pilih dan pesan di Airbnb. Cuma mungkin karena space yang mahal, rata-rata tempat tidur untuk double bed lebarnya cuma 137 cm:(  Cuma enaknya seperti gua bilang kemaren ada mesin cuci, rice cooker, kompor dan peralatan masak dan makan.  Apartemennya bersih dan securitynya ketat. Untuk masuk perlu pakai password dan ada uncle2 gantian jaga mengawasi CCTV. Cuma liftnya juga mungil pisan. Perlu dua kali naik untuk rombongan kita plus stroller.

Apartemen kita juga benar-benar hanya selangkah dari exit MTR. Sayangnya gak ada lift untuk exit MTR ke apartemennya melainkan tangga biasa jadi bisa dibayangin deh hubby yang angkatin stroller saban pulang dan pergi. Mungkin kalau exit MTR ke daerah lain kebanyakan udah pakai lift malah hiks. Mungkin daerah Mongkok udah tll crowded emang.

Overall sih  pengalaman yang menggembirakan terutama buat dua bocah. Let's explore with us!



The Peak
Avenue of Stars

Mie kuah satay enak banget
 Kata sepupu gua yang tinggal di HK, dari sekian banyak cabang Tim Ho Wan yang paling enak ada di Olympian City. Resto di sini juga lebih bagus dan besar.
Famous Tim Ho Wan
Aneka mie
Untuk selera emang beda-beda. Kita sempet ngejar restoran mie yang konon juga dapat michelin star tapi end up biasa aja, kita malah lebih senang gerai noodle dekat apartemen dengan kuah satenya.. Sluurrrp.Ada satu restoran shabu-shabu alias hot pot yang uenak banget, namanya Tao Heung. Ke sini habis pulang dari Macau jadi jam 9-10an malam dan masih full house gitu. Cckckckck orang HK demen makan banget. Sehabis makan malam dan sebelum tidur ada yang namanya xiao ye alias late supper. Gak heran ya gua selama seminggu di sana naik 2 kg padahal udah capek banget jalan kaki terus dan gendong si Diaz:P

Hanya ini yang kefoto, udah kalap  saking enak-enak
Catatan buat gua sendiri adalah cukup sekali aja datang ke daerah turis. Kapok sekapok-kapoknya ngantri sejam lebih untuk naik tram. Penuh dengan turis dari mancanegara tapi kebanyakan dari China. Turis tuh lebih sadis daripada penduduk lokal yang udah galak genetik. Pas gua naik ke tram kan sambil gendong Diaz karena hubby angkut stroller. Untung ada ortu yang jagain Denzel. Eh, rebutan naiknya parah lho. Kebetulan gua naik sama rombongan orang India yang tidak berbelas kasian even ngelihat gua gendong Diaz. Berbekal mental preman, gua sih survive naik ke atas tanpa insiden apa-apa cuma keinjek dan kecakar orang yang mau grab pegangan. Ada yang dorong, gua dorong balik. Berani sikut, gua sikut lebih kenceng huaha.. Nyokap yang kasian karena nyaris jatuh saking paniknya.

Tadinya juga mau ke Ngong Ping tapi seingat gua 3 tahun yang lalu ke Peak aja gak ngantri sekarang ngantri parah apalagi dulu ke Ngong Ping aja udah antri mengular juga. Kasian Denzel sih, tiap kali lihat iklan cable car selalu ingetin kita belom ke sana.

Denzel ultahnya kan selalu pas musim liburan, emang kalau masih Kinder dulu suka sedih karena gak bisa ngerayain di sekolah tapi kalau udah gede begini dia seneng luar biasa karena kita bisa pas-pasin waktunya ke Disneyland!!!




Birthday Boy
Waktu itu kita lihat ramalan cuaca HK memang tidak menguntungkan. Hampir tiap hari diramalkan hujan tapi untuk tgl 25 Juni hujan hanya pagi saja jadi kita nekad aja nyambangin Disney dengan pertimbangan kalau ditunda toh sama saja. Untung juga kita bawa payung dan banyak jas hujan sekali pakai.

So begitulah pas hujan kita buru-buru masuk ke wahana indoor. Karena ortu juga belom pernah ke Disney Hk mereka cukup enjoy. Kalau ke entertainment park begitu, gua selalu ambil buku panduan. Yang pasti lihat dulu ride apa yang popular (biasa ada tanda untuk fast pass) seperti Space Mountain dan antri di sana. Ada bagusnya juga mendung dan hujan karena pengujung tidak terlalu membludak.
Yang sempat kita enjoy antara lain The Golden Mickey Show, Mickey's Philarmagic, Tarzan's Tree House, Festival of the Lion King. Diaz juga anteng dan tenang-tenang aja nonton pertunjukan. Kadang karena ac yang dingin ketiduran juga di pangkuan gua.  Yang gak diremomenin adalah Utopia karena udah antriannya sejam, cuma nyetir gitu doang di rel tapi Denzel anehnya seneng banget.

Dan untunglah setelah lewat jam 12 matahari mulai bersinar dan artinya pertunjukan kembang apinya tidak dicancel:)


Sempet juga ke Macau day trip. Tadinya mau nginap tapi ribet bawa koper dan segala macam terus kita emang udah nyewa apartemennya 7 malam berturut. Enjoy juga sih even cuaca panassss minta ampun. Untung di belakang reruntuhan katedral St Paul ada museum kecil, lumayan buat ngadem.


Selebihnya dari mal ke mal, makan-makan, syoping-syoping. Sebrang apartemen gua ada Langham Plaza yang interiornya keren habis, escalatornya tinggi banget sampai gua cukup serem tuh naiknya. Overall kita seneng banget di HK, mudah2an ada kesempatan balik lagi kalau Diaz sudah lebih besar dan bisa menikmati.

"Mommy gak ajak makan-makan, gua ngemil stroller belt dulu dah"



12 comments:

Leony said...

Sama...gue juga ga gimana ngejar tempat wisata yg kelewat rame especially kl ud pernah pergi. Liburan itu harus santai dan paling banyak diisi sama makan2 hahaha. Makanya gue sm mertua gue rada ga cocok pergi bareng. Abisnya dia maunya blanja mulu sementara gue pgn santai hahaha.

Harga kamar di HK emang gila. Hotel bintang 5 udah ga ada yg under 250 USD per nite. Bahkan yg kelas conrad gitu udah 400 USD semalam. Lbh parah dr Singapore. Hahaha. Ada Air BnB enak jg ya. Ngebantu banget.

mamipapa.me said...

jadi ultah denzel tahun depan bisa ke disney orlando, uss orlando atau si dufan aja huahahah turun kasta

gw demen ke hkg, naik mtr nya kek, jln kaki kek, pernah karaoke tapi gada pin yin nya gitu mama bisa gw baca mandarin susah gitu mana di lafal ke kwangtung anehnya kl hiragana katakana ada babibubebonya kita tinggal baca hak usah susah2 mikir (krbalik yah sama disini kl lagu jepang gada tulisan babibubebo lagu mabdarin ada) nggak sekalian ke shenzhen kmrn kan tinggal naik KA fi Lowu (krbayang susah bawa byk org hihihi)

fabZugah said...

i like thisss post akhirnya gw bisa liat bu dokter tercinta hahaha... gw cita-cita mau ke rumah slash museum Teresa Teng ci akhir taon, barengan nyokap juga yg udah amat sangat ngefans sama belio. ni wennnn wo aiiiii ni yao tuo shen (bener kaga noh) ahahaha...

AiPy said...

Gilakk.. Untung survivor yah ci, kalo ga mah bisa abis dilindes org yg pada ngantri dah.. :D

Once in a Lifetime said...

@ Leony : Tempat-tempat yang terlalu banyak turisnya emang udah gak menyenangkan. Kecuali emang kita belum pernah ya pengen tahu juga:P Mama gua hampir sama kayak gua, jarang shopping kalau travelling tapi kemaren di HK termasuk shopping yang rada banyakan tuh dibanding ke tempat lain.

@ Felicia : Haha... maunya ke Orlando Fel, kalau ada rezeki. Tapi nurut gua anak kecil even ke Dufan pasti seneng juga. Apalagi Diaz yang belom ngerti. Kalau Denzel emang udah lebih ngerti dan suka rikues ke tempat yang aneh2 apalagi kalau habis baca komik serial Dolly itu. Kan gua dulu beliin yang Dolly ke Jepang, habis itu dia baca sendiri yang negara2 lain di Gramed dan minta ke sana.

Once in a Lifetime said...

@ Fabz : Ada museumnyakah? Nyokap juga ngefans tuh ahaha..gua gak tahu sih jadi gak ngajak deh ke sana:P Bener tuh nyanyinya ... pinter mandarin ternyata

@ Aipy : Tul, hehe..elo masih alus ya bilangnya survivor. Entar gua cerita ke temen juga bilangnya survivor ah alih alih "mental preman" haaha.. Antriannya sih masih tertib, tapi menjelang naik tram kan antriannya buyar tuh udah deh desek2an kayak minta sembako.

clarissamey said...

happy belated birthday Denzel :)
asik yah ultah bisa ke disneyland, moga thn dpn ada rejeki ultahnya di disneyland paris / orlando hihi
baru rencana pengen jalan2 ke hk, baca cerita cc ttg mental preman disana jadi serem mau ngunjungin tempat2 turisnya, mana hotel mahal2 yah di hk :P

Angels said...

blum pernah ke hk nih tapi mertua ngajakin ke situ mulu. Pinginnya sih jalan2 sendiri tanpa tour guide, petunjuk2 di HK ngga chinese semua kan ya? :D

Arman said...

paling males kalo ketemu rombongan india dan china.... pada gak tau diri semua. bikin kesel. :P

anyway, bener tuh kalo ke disneyland pas ujan, jadi sepi. temen kantor gua pernah bilang gitu juga. justru dia suka ke disneyland kalo perkiraan cuacanya ujan. sepi banget, bebas main. ujan2an ya gak apa. hahaha.

Mamana Clo said...

Dulu ke ngongping dateng setengah jam sebelom buka sih ga ngantri el.. tapi ga tau sekarang gimana. Oh ya, Crystal Cabin ga separah Standard Cabin antriannya.

Gw sekarang rada keder ke HK karena males ribut sama turis mainland yang suka nyelak.
Review Apartemennya juga el, kalo sempet :)

Once in a Lifetime said...

@ Clarissa : Makasih auntie, aminnn :) Kalau bawa diri aja gak bawa anak mah gak serem kok, lebih aman dari Indo pastinya. Paling kalau digalakin pura2 budeg aja haha.. Ada juga kok hotel2 budget coba search aja di tripadvisor. Tetep aja dengan segala kekurangannya, gua selalu rindu balik ke HK

@ Angels : Enak kok, di MTR dan jalan2 selalu ada dua bahasa. Gimanapun dia masih bekas jajahan Inggris jadi namanya juga adalah Inggris2nya:)

@ Arman : Iya, Man. Tapi kasian Diaz. gua memang sempet kepikir mau beli penutup stroller kalau hujan (apa sih namanya). Kalau di Indonesia kayaknya gak ada yang jual. Jadinya strollernya kebasahan even gua tutup pake jas hujan yang dibentangin tetep aja bocor sana sini. Denzel juga kadang ngeyel gak mau pakai topi ponconya jadi kebasahan juga. Syukur udah lembab, panas (even hujan), basah lepek kita semua gak ada yang kena flu haha..

Once in a Lifetime said...

@ Xiao Yan : Oo datang pagi2 ya. Tapi kita di sana kan pulang malam mulu jadi bangunnya suka jam9an. Jalan udah jam 10-11 nyiapin anak2. Apartemen yang gua pakai Central MK deluxe house di AirBnb kalau mau lihat, ada foto2 dan review dari orang2.. gua sih udah males foto.

Post a Comment