Sunday, April 20, 2014

Si Chelsea

Kalau keinget nama Chelsea dulu-dulu sih kepikiran nama yang bagus buat anak cewek, ada pemain sinetron imut pakai nama itu dan pastinya orang tuanya demen bola haha... Kalau nonton pertandingan Chelsea di televisi jujur belum pernah tapi sekilas dengarin suami cerita tentang Jose Maurinho. 

Maklum kayaknya kegemaran gua nonton bola hanya mentok jaman masih kost dan dibangunin teman-teman demi lihatin Roberto Baggio piala dunia tahun jebot*ketahuan deh umurnya*. Itupun hanya penggembira, kan udah pada tahu bagi gua tidur di atas segala-galanya. Kalau bukan karena digedor-gedor kamarnya, gua lebih minat peluk guling dan bergelung selimut. Lebih asyik toh mimpi aja ketemu Baggio face to face dong daripada melototin tv kost yang kecil mencari-cari mana pujaan hati hihi... tapi biasa demi kebersamaan ikut begadang juga.

Nah, kalau bisa nonton Chelsea langsung di Stamford Bridge gimana hayo? Rasanya kayak ditawarin Grand Piano sementara gua baru bisa main Twinkle-Twinkle Little Star. Something big, something awesome and I know it's another once a lifetime opportunity. Mengingat jarak, tenaga waktu dan biaya yang dikeluarkan menurut gua kemungkinan besar ya ini satu-satunya kesempatan gua nonton kaliber dunia secara live! Oleh sebab itu meskipun gua bukan fans berat Chelsea, gua mulai dong cari-cari info dan rajin baca kolom olahraga di koran yang biasanya diskip.

Awalnya sudah disetting nonton Chelsea vs Arsenal untuk tanggal 21 Maret. Baru dipanggil untuk bikin visa UK tanggal 3 Maret meski sebenarnya semua persyaratan sudah dikasih jauh hari sebelumnya. Gua udah feeling gak enak nih, soalnya tanya kiri kanan, browsing sana sini, pada nganjurin ajuin visa sebulan sebelumnya karena UK kan pakai perwakilan vfs global yang mana kantor pusatnya di Manila! Pokoknya urusan visa UK ini katanya suka ribet. Tapi karena si agent bilang semua under control karena visa kita grup dan termasuk priority dijamin 2 minggu pasti kelar ya sudahlah. Untuk visa UK semua pemohon wajib datang tapi gak ada kendala berarti, petugas ramah-ramah dan gak ada kesan diwawancara mendalam, yang penting cuma pemeriksaan biometrik.

Berangkat tanggal 19, tanggal 17 diberi kabar visa belum jadi. Tanggal 18 belum jadi juga. Feeling makin tidak enak tapi masih diberi kabar optimis, palingan berangkatnya ditunda sehari tanggal 20 dan begitu tiba langsung nonton. Eh, beneran lho tanggal 19 pagi di mana koper2 sudah tersusun rapi di depan rumah, sudah siap-siap kiss dua bocah dan serentet pesan sudah dilontarkan buat mama papa gua yang datang demi menjaga cucu-cucu tercinta, surat cuti sudah dibuat eh tahunya dikasih kabar paling mendebarkan bahwa visa pagi itu belum jadi! Katanya tunggu lagi jam15. Bagi yang rumahnya jauh disuruh berangkat aja ke bandara karena pesawat berangkat jam 18!! Gua sih gak mau dan milih santai di rumah (boong banget santai, yang ada mondar mandir gigitin kuku lihatin jam).

Gimana udah seru kayak di cerita-cerita aja kan? Gua sendiri belom pernah ngalami yang seperti ini dan rasanya ternyata gak seru sodara-sodara. Karena sampai jam15 pun visa belom keluarrrrrrrr.......Lemes deh, yang paling repot adalah jadwal cuti karena gua harus schedule ulang semua kunjungan pasien. 

Singkat cerita kitapun saling menghibur diri memang bukan jodohnya bagi kita emang. Gua gak bisa ceritain detail tapi ternyata seminggu kemudian setelah visa keluar, kita diupgrade lho, tadinya kan cuma skala Liga Inggris, nah kali ini diberi kesempatan nonton Liga Champion memperebutkan tempat semi final antara Chelsea vs Paris Saint Germain (PSG) tanggal 8 April. Wooooot!!!!Yuuuuhuuu!!! Seat juga diupgade yang tadinya jauhhhh di atas sekarang jauh doang wkwkwkw.....

Dengan preambule yang sedemikian puanjang, akhirnya kesampaian juga ngelus rumputnya Stamford Bridge dan ngerasain gegap gempitanya langsung penonton. Sebelumnya kita sempat dibawa dulu mengikuti Stamford Bridge tour dua hari sebelum pertandingan karena kalau sehari sebelum, biasanya ditutup agar pemain bisa uji coba lapangan. Turnya sendiri asyik, dipandu oleh seorang tour guide kita diberi tahu banyak inside story dan melihat ke semua area termasuk area pribadi pemain.




Salah satu strategi Chelsea adalah grup lawan diberi kamar ganti yang sempit dan locker masakan ditaruh di bawah tempat duduk dengan harapan pemain lawan sakit punggung hahaha.... Terus meja pijat juga standar dan cuma dua. Selain itu trik curangnya adalah tidak ada ruang strategi tapi ada satu papan tulis bagi pelatih kalau mau gambar formasi dan curangnya Chelsea adalah marker yang diberi adalah permanen haha... Jadi tinggal diintip aja apa nih strategi lawan.


Locker di bawah kaki
 Mari bandingkan dengan kamar ganti pemain Chelsea yang ukurannya jauuuuh lebih luas






Area strategi
Meja pijat yang lebih bagus
Area Shower

Nah tanggal 8 April itu gamenya akan start jam 19.30 sementara di itenary tur  dinner dulu jam 18.00. Sempet mention apa keburu? Sempet juga usul dinner dimajuin aja jam 17.00 tapi seperti restoran lain di sana, restoran baru buka lagi jam enam sore itu. Usul makan ringan aja, gak bisa karena katanya restoran itu sudah dibooking dan dibayar. Jadi selama acara dinner biarpun digelar berbagai kuis untuk peserta dan makanannya enak banget (Thai food), hati udah gak konsen. Feeling gak enak lagi takut gak kesampean nonton karena telat.

Eh, beneran lho yang tadinya kita gak pernah ngerasain macet di London itu kayak apa sih, ini begitu keluar sedikit dari restoran menuju Stamford Bridge sudah stuck semacet2nya. Supir bus kita yang warga London asli udah jutek aja, dia nyalah-nyalahin kita kenapa mesti dinner dulu. Sampai satu titik, dia nanggalin jasnya terus dengan keras bilang menurut dia kita gak bakalan nyampe sebelum kick-off.... karena itu jalan satu-satunya ke stadium. Gua sempet nyeselin kenapa juga ya gak ada ojek di sana. 

Dilema punya dilema, kalau nurutin hati misah aja sambil naik tube (MRT) tapi kan ini pergi per grup ya, gak enak juga kan. Akhirnya gua usul aja ke tour leader dan dilempar ke forum. Masalahnya kan ada orang tua ya, kita juga gak tahu jalannya seberapa jauh dan apakah dia kuat.

Puji Tuhan semua peserta grup yang meski sedikit cuma bertujuh tapi kompak lho, akhirnya kita turun di stasiun tube terdekat, lari-lari beli one way ticket (Oyster card gua ketinggalan pula di hotel karena pikirnya hari itu kan naik bis tur). Fyi tiket one way itu harganya 4,6 poundsterling (90 ribu) one way per orang hanya dengan jarak 2 stasiun doang. Emang London itu kota termahal yang pernah gua datengin. Tapi waktu itu sih udah gak mikirin, yang penting nyampe karena rugi banget udah jauh2 kalau terpaksa telat atau pikiran gua yang terjelek kalau gak dibolehin masuk, gua mau nangis ngedeprok aja depan pintu stadium:P

Tubenya juga penuh sesak tapi kita maksain aja deh masuk dan pas berhenti ternyata memang pada berbondong-bondong  menuju Stadium. Kita udah gak usah tanya arah lagi karena tahu-tahu udah kebawa arus menuju stadium. Mereka antusias lho pada pakai jersey dan atribut segala macam. Terus serunya pada udah nyanyi2 segala. Atmosfer ekstatik sungguh terasa, sedikit banyak gua jadi bisa ngerti kenapa begitu banyak yang suka nonton pertandingan bola. Ada hikmahnya juga naik transportasi umum, jadi berasa Londoner dan fans Chelsea sejati!

Berbondong-bondong keluar stasiun menuju stadium

Sampai stadium pengawasan ketat banget, bahkan untuk fans PSG atau lawan pengawasannya lebih ketat lagi sampai ada line tersendiri dan tribun tersendiri. Selain dicek badannya oleh petugas sekuriti, ada beberapa ekor anjing penjaga dan barisan polisi anti huru hara. Kita harus menuju ke tribun masing-masing yang sudah diberi nama, contohnya gua di East Stand Captains Bar. Dan timingnya pas banget!!! Begitu kita duduk sebentar kemudian para pemain sudah dipanggil keluar. Syukur tadi gak berkeras ikut di bus yang stuck.



Menurut tour guide, tempat duduk ini jauh lebih bagus ketimbang yang harusnya kita tonton pertama. Bangkunya pakai busa, posisi lebih rendah, dapat syal Chelsea (yang langsung gua pakai) dan dapat minuman (free tea/coffee/beer). Dari tempat duduk gua masih cukup jelas lho lihat penontonnya meski gak tengah banget, tapi kalau gol kelihatan banget dari arah gua. Terus rasanya bisa deh menggapai si Jose yang lagi tegang di samping lapangan, haha... ini boong banget. Nggak ding, maksudnya bisa aja ngintip dia lagi berdiri2 kacak pinggang di sono:) 

Pertandingannya sendiri? Wuiiiih seru habis. Jadi ceritanya orang Perancis dan Inggris biarpun jaraknya dekat dan bertetanggaan, hubungan mereka tidak selalu harmonis. Ibarat Indonesia-Malaysia gitu deh. Merunut lagi sejarah mereka perang 200 tahun antar mereka hingga awal abad 19, belum lagi rebut-rebutan daerah penjajahan, gak heran mereka sangat berkompetisi satu dengan yang lain.

Gua kan duduk di tribun fans Chelsea. Nah jangan sampai salah pasang atribut PSG nih,  Di alley sebrang gua masakan ada dua pemuda yang nekad keluarin bendera PSG dan langsung didatangin lho ama petugas dan dimaki-maki dengan keras. Gua rasa sih tiket untuk tribun PSG sudah habis makanya mereka nekad nyelusup ke tribun lawan tapi kalau sampai salah pasang atribut bisa fatal toh, takutnya sampai memancing keributan dan merembet ke seantoro stadium bisa gawat. Belom lagi gua udah parno apakah masih ada hooligan di UK?

Tapi ya, pendapat tentang orang Inggris yang kalem dan dingin ada benarnya lho. Masa satu stadium sebesar itu yang sering terdengar adalah yel-yel dan nyanyian dari tribun PSG yang seuprit, mungkin cuma sepersepuluh dari semua penonton yang ada. Dari fans Chelsea cuma tepuk tangan dan seruan sopan. Bah!! Ini kan pertandingan di kandang sendiri. Untung lah tribun gua banyakan warga asing, ada orang Timur, terus entah apa lagi yang pasti mereka tidak berbahasa Inggris. Semuanya seru dan kocak!!  Mereka dengan berani ngejekin fans Chelsea berdekatan sambil goyang-goyang pinggul:D

Terus karena sudah kalah 1-3 sebelumnya Chelsea minimal harus menang dong. Prediksi banyak orang sih Chelsea bakalan gugur karena cukup berat kalau harus menang 2 bola. Tapi di sini juga nama baik Jose dipertaruhkan karena konon gak ada club yang dia bawa yang  tidak berhasil lolos ke semifinal Liga Champion. Sementara ada peserta tur yang emang fans Chelsea sejati, gua sebagai penggembira doang ikut deg-degan lho. Dan keajaiban terjadi!!!Entah karena gua sebagai cheerleader #angkat pom poms.Aatau emang dia bener the Special One. Thanks to Andre Schurlle dan Demba Ba yang menyarangkan gol dan membuat kedudukan 2-0. Gol yang sensasional apalagi gol kedua terjadi di menit-menit terakhir. Begitu gol langsung semua penonton yang adem ayem itu bersorak sorai dan berdiri, tinggal fans PSG yang sedari awal ribut terdiam hening. Bisa melihat gembiranya semua penonton yang udah bapak-bapak tapi menari-nari, tepok-tepokan sampai cium-ciuman, gua sama hubby juga gak mau kalah dong.... mmmuahhh haha..

Bisa mencicipi udara penuh ketegangan, thriller, suspense yang kemudian ditutup dengan klimaks gol cantik untuk grup yang kita support itu anugerah tak terlupakan. Memori indah yang akan dikenang dan diceritain ke anak cucu sampai mereka bosan:))

Sebagai penutup gua hadiahin muka sumringah seakan pemenang lotere
Sumringahnya saat  pemeriksaan karcis

PS : Huhu meski Chelsea kalah di Liga Premier, nanti harus baek-baek ya mainnya melawan Atletico Madrid 23 April nanti. Masa harus gua cheerleaderin lagi sih:P

11 comments:

Arman said...

gua bukan penggemar bola, tapi kalo nonton langsung gitu kebayang dah pasti seru banget... :)

debby tondo said...

sama kaya Arman, gue juga bukan penggemar bola tapi kalo nonton langsung pasti rasanya beda ya :D

mamipapa.me said...

dulu gw pernah nitip temen kaios bola liverpool buat x gw, hrgnya 500 euro hahaha kurs 15 rb glek jd walau gak gemar bola rasanya gw kl ke chelsea juga heboh x hihihi

bisa bayangin kl kesana beneran rasanya seperti apa yah? kl gw bayangin di hogwart aja deh hihihi trua masuk asrama nyonya gendut hihihi

ashleyprincess said...

aih.. kereeeen... kerennnn.... gw aja yang bukan pecinta bola, kalo ditawarin nonton live gitu, bisa nangis kesenengan deh :) hahaha
next liputan harrypotter nya ya

Mamana Clo said...

untung akhirnya semua sepakat naik MRT ya.. tegang banget pasti waktu macet-macetan hehehe...

Pucca said...

wow seru ya, david juga bercita2 suatu saat mau nonton piala dunia, trus gua tanya sama siapa perginya? ya sama elu lah katanya, tapi gua kan gak ngerti bola hahaha... yah gakpapa katanya daripada gak ada temennya wkwkwk :P

Once in a Lifetime said...

@ Arman : Iya Man, seru. Gak kebayang kalau gua fans berat bola bisa gimana deh.

@ Debby : Ikut tegang dan senengnya itu lho Deb, sampai gigi gua kering nyengir terus:D

@ Felicia : Emang mahal Fel, gua sih gak perhatiin ukuran yang dewasa ya, tapi masa sih semahal itu ya. Yang ukuran Denzel gua lihat masih gak sampai sejuta cuma ragu kalau beli pun dia gak suka bola akhirnya gak dibeliin deh hehe... hemat

Once in a Lifetime said...

@ Mey : Iya... kayaknya itu lebih menarik ya :P

@ Xiao Yan : Iya, tegang banget. Maksudnya tujuan jauh2 ke sana kan utamanya buat nonton bola, kalau gak kesampaian rasanya mau nangiss..

@ Viol : Ada lho tur nonton bola dunia. Tur yang sama ini ngadain. Katanya yang banyakan ikut adalah yang menang undian makanan ringan gitu dan sosis2an. Tapi alamakjan, harganya 150 juta per pax *pingsaaaan. Karena Brazil naikin harga seenaknya untuk hotel terus tiket juga naik gila2an.

laurentina said...

Whoaa..ternyata gitu ya rasanya nonton bola di Inggris.. Penontonnya kok tertib banget cuman tepuk-tepuk tangan sopan.. Lha di Indo sendiri berisiknya amit-amit, pake bawa gendang genderang segala..

Once in a Lifetime said...

@ Vicky : Hoho... genderang pasti gak boleh masuk Vic, ntar disambit ke lapangan bisa kena pemain dong. Mereka paling bawa banner, terus syal diacung2in sama nyanyi2 kalau emang udah seru banget. Selebihnya duduk manis.

AiPy said...

Kebayang seru nya nonton langsung gitu :D

Post a Comment