Wednesday, January 11, 2012

Soul of Prague

Karena waktu di Praha cukup longgar, rasa2nya semua tempat wisata di Lonely Planet kita samperin semua. Ada satu tower yang disebut mini Eiffel yakni Petrin Tower. Terletak di tengah kebun mawar aneka warna yang indah, katanya dari sinilah kita bisa ngeliat Golden Prague (kota Praha yang berkesan keemasan karena ditimpa matahari senja). Uniknya pula, tiket naik dibedakan antara yang mau naik tangga atau lift langsung sampai ke atas. Karena merasa fit dan malu sama beberapa pasangan yang lebih tua dan tentunya pelit mau hemat, kita pilih yang naik tangga dong:P. Alamak, betis gua sampai kram, nafas tersengal-sengal, pandangan berkunang-kunang gak nyampe2 juga ke puncaknya. Mana ternyata kalau ada angin kerasa towernya goyang kanan goyang kiri spt mau jatoh. Ngeriiii....

Tinggi banget, gak kefoto atasnya.

Tapi dari sana bisa lihat ini :



Lihat gak ada bangunan kuno itu adalah St Vitus di dalam kompleks Prague Castle. Dalam Guiness Book of Records, kompleks castle ini adalah yang terbesar di dunia (bukan castlenya sendiri ya) dengan luas 170.000 meter persegi. Castle ini juga masuk dalam list UNESCO Heritage. Tadinya kalau dilihat dari atas gak percaya kalau castle ini harus dinikmati dalam 2 hari sesuai dengan pembelian tiket yang bisa berlaku untuk dua hari. Castle ini dibangun sejak tahun 880M, wow.. itung sendiri seberapa tuanya deh:P So bisa dibilang Prague Castle ini jiwanya Prague banget.

Pastinya mau menikamati suasana castle, kita beli tiket yang komplit (long tour) yang berlaku untuk dua hari. Yuk masuk kedalamnya:

Ini salah satu main gatenya yang bagus banget, sebenarnya tiap patung ada legendanya sendiri. Waktu itu karena interested gua baca deh detail2nya di buku yang gua beli. Yang di gate itu Fighting Giants.Terus pas bisa kebetulan ngelihat acara protokoler changing guardsnya. Asyiknya pula di depan gate ada yang ngamen musik klasikal. Kita sempat duduk2 di trotoar dengerin selama setengah jam, the music sure enhance the greatness of the castle !!




Kalau yang ini pose sejenak depan Istana Stenberg dan Kohl's fountain. Berikutnya lagi pose depan kantor Presiden. Hmmm, pantesan gede kompleks ini, wong istananya entah berapa biji terus ditambah pula kantor Presiden Republik Ceko dijajal di sini. Sayangnya pas gua lagi mejeng bapak Presiden lupa dikabari gua mau mampir jadi doi gak keluar2 deh, stay di dalam terus:) Yang mengagumkan keamanannya luar biasa, gua gak nyangka kantor presiden bisa dideketin sampai segitunya oleh wisatawan2.


Kalau ini St. Vitus Cathedral. Gothic banget ya, speechless pertama ngeliatnya.


Di dalam gereja ini, interiornya sungguh kaya dan menawan, setiap lekuk dan sudut ada sejarahnya sendiri. Yang menarik perhatian gua adalah patung dan tombnya St. John of Neponemuk. Ceritanya kembali ke masa 1300an, sebagai seorang Pastor, John dipaksa oleh Kaisar Wenceslas yang pecemburu untuk membuka rahasia istri Kaisar dalam pengakuan dosa apakah dia berselingkuh atau tidak. Karena merasa terikat oleh sumpahnya sebagai pastor, John menolak dan ditenggelamkan di sungai Vltava. Dia dianggap martir pertama dari Ceko dan dikanonisasi tahun 1729 sebagai Patron Saint of discretion, flood and slander.

Kiri : Tomb of St. Neponemuk di St. Vitus, yang kanan di Charles Bridge.

Kalau castlenya sendiri lebih simple, mungkin abad pertengahan begitu :


Sayangnya salah satu main attraction di kompleks ini yakni Golden Lane lagi dipugar kembali. Sempat sih ngintip2 dikit. Jadi Golden Lane ini adalah jalanan tua yang masih berbatu dan berisi rumah-rumah imut pendek (yang membuktikan manusia berevolusi semakin besar) . Kalau ada yang tahu Kafka, dia juga pernah tinggal di sana selama beberapa waktu lamanya.

Kalau yang kanan George Basilika, kalau yang kiri summer Palace, tp gua lupa nama resminya..ehm abaikan nona manis yang lagi baca buku di depannya ya:P

And again another building, saking lama sudah lupa namanya. Itulah pentingnya dokumentasi dini:P

Lucunya ada toy museum pula:


Terus jalan lagi ke belakang, ketemu tempat untuk melihat view kota Praha. Woow, di sini Golden Prague bahkan lebih eksis ketimbang waktu kita lihat dari Petrin Tower.





Nah, keluar dari Prague Castle, yang juga menarik untuk didatangi adalah Dancing House. Dibanding yang lain2 ini mah baru banget, selesai dibangun thn 1996. Nama awalnya adalah Fred and Gingers (dari penari Fred Astaire and Ginger Rogers). Letaknya sih di kota dekat sungai Vltava. Sempat ditolak oleh warga kota karena bentuknya yang 'nyeleneh' dan tidak sesuai dengan arsitektur bangunan2 sekitar, saat ini justru menambah list tempat atraksi di Prague.

Sekian city tour Praha, sampai berjumpa di edisi berikut... Psssstt siapa yang mau lihat gereja dengan interior 40.000 tulang belulang manusia??

11 comments:

Aina said...

bagusss...love it.

eh itu kayanya ada salah satu tempat yg dipake buat mission The Amazing Race season terakhir.. mereka dansa2 disitu.

Veny said...

indah banget yah Praha
btw itu Castel of Praque dalamnya ada kntr president ? apa itu diluar komplek ? gede banget yah

Journal Mommy Yenny said...

wah...bagus banget ya...
model foto nya juga cakep, El...*kedip kedip*

debby tondo said...

Dancing Housenya yg meliuk2 itu ya El? gimana kontruksinya ya? *bingung*

Gak masuk ke Toy Museumnya? mau tau aja isinya kaya apa hehe

Gereja gothic justru malah serem ya menurut gue ;p

santolita said...

kenapa ya katedral di Eropa tuh selalu kesannya angker dalemnya ?

duh kapan ya giliran gw ke Prague

Pucca said...

wah gimana bisa kita mengabaikan nona manis yang lagi buku hihi..
kafka siapa sih el? kaisar itu kejam sekali menenggelamkan pastur..
emang gak matching sih bangunan penyok itu hehehe..
gereja dari tulang? bongkar kuburan dia?? siapa yang mau berdoa disana..hiyy..

Once in a Lifetime said...

@ Aina : Oh ya, di mana? Yang di fountain kah? Gua gak ngikutin soalnya.

@ Veny : Di dalam kompleks Ven, gak jauh dari katedral. Hebat ya? Coba dia mau lho tempat kerjanya di buat tempat foto para wisatawan.

@ Yenny : Huahua... thanks ya Yen, ntar gua sering2 mejeng lagi ah.

Once in a Lifetime said...

@ Debby : Iya, yang kakinya kayak orang lagi nari. Lha elo yang masih deket ama konstruksi aja bingung apalagi gua hihi.. tp unik sih.

Bener Deb, serem. Gua sebenarnya foto detail interior luarnya yang terdiri dari makhluk spt setan yang terbang keluar tapi gak sampai hati pasang di sini. Jadi jaman katedral ini dibangun masih banyak cerita2 mistis gitu. Untungnya sih rame banget jadi gak tll serem, tp kalau cuma gua sendirian, bisa lari sipat kuping:P

@ Bebek : Iya, bek. Tuh udah gua cerita ke Debby ttg exteriornya. Tp interiornya sih bagus, mungkin karena langit2nya yang tinggi banget bikin kesan agung, mega gimanaaa...

Pastilah, Bek. Gua juga bertanya2 kapan gua bisa ke NZ hehe..

@ Pucca : Haha, manis sekali elo Vi. Kafka tuh pengarang yang terkenal asal Ceko tp gua juga belom pernah baca bukunya cuma buku2 lain kan sering mention dia.
Nah, makanya tunggu cerita horor dari gua ya hihi...

Arman said...

duh bagus2 semua el!!!

yang naik tower itu sih kalo gua pasti milih naik lift. gempor pasti naik tangga. hahaha.

dancing house nya lucu banget ya. isinya kayak gimana tuh el?

AdeLheid said...

Keren kotanya, cuma ga tau kalau tinggal disana bakal bosen ngga ya :D
Gedung Kepresidenannya mirip2 yg di Mission Imposible, tapi bukan...
Pengen suatu saat bisa maen kesana

Once in a Lifetime said...

@ Arman : Iya nih, gua akuin gua pelit eh irit:) Hbs kalau semua harga di eurokan, gua merasa mahal, Man. Jadi yang bisa dihemat dan tadinya merasa sanggup kenapa tidak hehe..

Dalamnya selain ada pusat kebudayaan (termasuk acara nari), sebagian disewakan untuk kantor komersil. Gua gak masuk cuma baca dari buku ttg Praha.

@ Inge : Gak tahu ya, emang gua suka penasaran ama orang yang tinggal di tempat2 indah jg. Contohnya gua pernah tanya orang yang tinggal di sekitar Danau Toba dulu bosen gak lihat pemandangan sebagus itu tiap hari. Katanya bukan bosan, tapi merasa biasa aja, wong dari lahir udah lht hal yang sama. Lha gua yang 6 bulan tinggal di sana, tiap ke RS yang terletak di tepi danau toba masih suka menghela nafas berkali2 saking kagum dan terharu.

Post a Comment