Tuesday, November 09, 2010

Kiddo

Sedikit cerita bocah buat gua kenang2 dan dibaca kelak:

Minggu lalu giliran gua yang sakit. Kali ini untungnya tanpa pilek cuma faringitis alias sakit tenggorokan dan akhirnya jadi batuk2 karena gataaaal gak tahan. Biar gak nular gua pake masker dan gak tidur deket2 si bocah. Setelah beberapa malam Denzel akhirnya mindahin bantal ke dekat gua meski gua udah ribut2 melarang. "Gak papa, mami.. Denzel juga sakit kok." Setelah melirik gua yang pasang muka geli tp berusaha tegas, dia batuk dengan dramatis "Uhuk..huk...hukkkkk hueeeeek" *ha..ha.. perasaan gua batuknya lebih beradab deh*

Kemarin main petak umpet. Dia sembunyi di balik gorden dan keliatan tangan kecilnya yang megangin gorden dan kepalanya yang imut2 sering ngintip. Tapi gua berlagak gak liat sambil nyari2 tempat lain dulu.
"Waaah, Denzel di dalam lemari ya?", pura2 buka tutup lemari
"Bukaaaan..", kata Denzel kepo
"Nah pasti di kolong nih... intip dulu ah!"
"Hihi.. bukaaaaan"
" Jangan-jangan di kamar mandi nih?" kata gua sambil jalan ke kamar mandi.
"Bukaaaann, gak di situ", suara kepo tetap terdengar
Hihihi.. kayaknya Denzel belom ngerti konsep petak umpet deh

Perkembangan setelah gak ada sus adalah lebih mandiri. Mungkin salahnya gua juga sebelomnya terlalu protektif misalnya kalau dia lagi tidur siang gua selalu ingetin BS dan mbak tutup dan kunci pintu pagar tangga. Meski dia udah bisa buka selotnya gua takut dia kebangun dan dalam keadaan teler habis bangun jatuh. Kalau sekarang bebas deh mau naik turun tangga sendiri, gua biarin aja paling gua intip dari atas. Misalnya dia lagi main di atas bisa tiba2 lari ke bawah buat ngambil mobil2annya dan sebaliknya.

Minum susu udah pake gelas sendiri..horeee. Emang gak pernah pake botol sih dari dulu tapi biasanya disuapin pake sendok atas permintaan His Little Majesty. Pokoknya manja aujubile. Sekarang udah mau dan bisa, sehabis minum juga diletakin di meja kembali. Pulang sekolah buka sepatu dan kaus kaki sendiri. Sepatu dimasukin ke rak sepatu, kaus kaki cemplungin ke keranjang baju kotornya. Kalau pakai masih butuh bantuan sedikit. Lumayan..lumayan..

Lupa juga cerita soal rapor pertama awal Oktober lalu. Rapor harus diambil ortu sekalian ketemu wali kelas. Uniknya rapor lebih berupa portfolio foto2 yang dicetak dalam bentuk folder (8 halaman). Foto2nya berupa Denzel lagi atau berhasil menyelesaikan tugas tertentu berikut keterangannya. Ada juga laporan tiap minggu berupa hal2 yang masih belom bisa, sedang dipelajari atau sudah berhasil dipelajari. Awal sekolah, ketrampilan sosial pasti semuanya kategori pertama sekarang sudah lebih baik. Bahkan wali kelasnya juga memberi note spesial bahwa Denzel sudah menunjukkan keinginan mandiri alih2 minta bantuan sejak habis lebaran.

Untuk akademisnya cerita2 hal2 yang membanggakan hati. Emang gua udah pernah diceritain missnya waktu jemput tapi kali ini gua ngajak hubby biar dia juga mendengarkan sendiri. Kalau nggak pasti pikirnya gua emak narsis *emang narsis sih:P* Singkat cerita katanya Denzel fastlearner baik dalam phonics, mandarin dan science. Untuk mandarin, missnya tanya apakah gua ngomong pake Mandarin krn dia lumayan ceper nangkap dan tetap ingat vocab yang dulu dulu, padahal nggak lho tp jadinya pengen les lagi. Untuk science dia bisa memprediksi hal yang sedang diteliti. Overall cukup membanggakan.

Nah yang agak buruknya adalah dia itu selalu ogah2an membuat tugas, jadi selalu harus ada miss Donat eh Dona yang disampingnya dan ngeliatin baru dia mau mulai. Bener2 kayak Little Majesty kan? Pokoknya dia mau dispesialkan dan dimanjain. Lucunya kalau Miss Dona gak masuk dan diganti miss lain tiba2 dia jadi mandiri dan ngerjain semua tugas dengan cepat dan baik. Jadinya gua juga titip pesen biar Denzel jangan dimanjain:P Btw di sekolah ini dia masih prewriting, jadi gak ada nulis2 cuma bikin garis2 aja. It's okay with me, kalau bisa sih tahun ini dia banyak main ajalah.

Besok dia mau field trip ke Sea World. Perginya sendiri tanpa ortu lho.. hiks hiks. Gua was was juga tapi tanya tanya, proporsi antara miss yang pergi dan murid kecil sih, jadinya dicoba aja deh. Toh Denzel belom pernah jadinya excited banget. Mana 2-3 minggu ini kayaknya pelajarannya tentang hal2 tersebut contohnya dikasih gambar aneka dolphin terus suruh pilih mana yang tipe bottle nose (yang akan dia lihat)- gua jg baru tahu ada tipe2nya he..he.. Terus math juga yang dihitung dolphin, seal, trainer dll.

Satu hal lagi dia cukup pinter menganalisa, contohnya kalau dia ngomong sesuatu yang kurang baik, begitu gua lihat tanpa tegur dia buru2 meralat jawaban sambil bilang yang pertama itu tidak baik, tidak boleh. Terus kalau udah nakal banget dan mendengar gua mendekati, buru2 dia minta maaf dan ke tempat time-out sendiri minta dihukum. Terus pinter pula memuji2 either bilang gua cantik ehmmm...ehmmm *kata hubby yang ini karena gua udah cuci otak..padahal nggaaaak lho*, papanya ganteng, kakak (mbak) baik, masakan gua yang asal enak dsb dsb.. Jangan2 di sekolah juga sibuk menebar pujian ke miss2nya hihi....

Tapi yah jangan punya pikiran Denzel itu kayak malaikat cilik lho... itu kalau lagi moodnya baik hihi...kadang juga minta ampun badungnya, kalau lagi error apa aja bisa jadi alasan buat nangis. Pernah sekali dia lagi gak enak hati, lihat keliling dengan muka2 mau nangis sambil nyari2 domba hitam, eh bener aja... tiba2 teriak sambil nangis bercucuran air mata..."Kenapaaaa..... kenaapaaaaaaa AC nya nyalaaaaaaa huuuaaaahhhh, gak mau nyala ajaaaaaaaa.." tuh lebay juga kan hihihi....

21 comments:

Clo said...

hahaha.. lucunya denzel...

clo juga belom ngerti konsep petak umpet, dipikirnya kalo dia ngga liat mama berarti mama juga ga liat si bocah. Jadinya dia suka ngumpet di tembok sambil tutup mata ato balik badan doang hahaha...

Anak umur segitu udah peka ya ama ekspresi muka dan intonasi suara.. clo juga suka buru-buru minta maaf kalo papa/mamana melotot hehee...

Untuk urusan cari domba hitam juga sama tuh.. ntar nyalahin kursi miring-lah, AC nyala/mati, mainan kesenggol.. nah kalo lagi moody gitu, baiknya kita turutin maunya mereka yg aneh-aneh itu atau justru harus dikerasin yah? biar ga terbiasa moody?

once_alifetime said...

Ha..ha.. samaan ya, emang seumur kan?

Kalau idealnya sih kita samperin tuh anak trus bantu dia utarakan/identifikasi perasaannya. Jadi seringnya dia ada perasaan kecewa/ marah/ nggak enak tapi gak bisa diutarain dengan baik jadinya marah2. Makin bertambah umur harusnya makin gampang ya, kalau seumuran Denzel dan Clo kadang mereka pun bingung sebenarnya kenapa. Kalau gua paling soothe him kalau bisa dan dianya mau dipeluk, kalau gak bisa dan gak mau ya udah dicuekin aja dulu bentar aja udah pulih lagi kok, mood anak kan berubah lebih cepat drpd cuaca Jakarta he..he..

Angels said...

lucu banget Denzel :D
Jadi gemes baca ceritanya hehehe

pinkbuble said...

Haahahahahahaha...ac jadi kambing item!!
Denzel denzel..cute sekali dikau!

Journal Mommy Yenny said...

hihihihihihi...gue juga mau main petak umpet ama Denzel :b

mamipapa said...

wah kalau main sama2 cissa seru deh lari2 bareng, tapi cissa sukanya nyari yg ngumpet bukan dia yg ngumpet hehehe...tar pura2 mami mana..mami mana (pdhl udah tau dimana) trus dia ngendap2..begitu udah deket lokasi kita kaya teriak baaa...tar dia pasti ketawa gembira tapi malemnya mimpi buruk nangis2 hahaha

kalau moody gitu cissa juga sering..lebih parah dari denzel..trus nangis bisa histeris sampe gw ikut pusing..kenapa yah..

gak pake A gak pake B tau2 gw gak boleh pipis..kalau gw pipis dia nangis, atau gak boleh mati lampu, mati AC, dll tar dia nangis kalau kita matiin..

trus gw kaga turutin pasti nangis...nah siap2 deh tebel2in kuping denger dia nangis bisa 30 menit kaga berenti..

kalau gw lg capek biasa gw turutin ini kl gw lg udah capekkk bgt sikonnya...tapi yah gw takut tar lama2 dia senjatanya nangis biar di turutin yah? bingung juga jadinya.

trus kalau nangis itu luapan emosi dia kan, krn dia belom pinter mengutarkan perasaan dia gemana..jd yah mau gak mau nangis hahaha kita yg budek deh..

Pitshu said...

enak na sekarang ada blog bisa ngerangkum cerita lucu tentang perkembangan anak yah :), diary online cuma tinggal luangin waktu buat ngetik hahaha...
baca beginian g jadi terhibur juga, lucu na tingkah laku anak kecil ^^

Arman said...

hehehe lucu di denzel...

kayak si andrew juga tuh suka muji2 si esther cantik. huahahaha. si esther kesenengan dah... :P

eh btw, andrew juga belum terlalu bisa main petak umpet. kalo gua suruh ngumpet ntar dia keluar sendiri. ahhaha. tapi kalo disuruh nyari baru bisa.

Selvi said...

denzel pinter memuji nih. si brandon harus belajar dari denzel. setiap kali gua nanya "mami cakep nga?" dijawab "kadang-kadang cakep kadang=kadang jelek" iseng kan?

seingat gua, gua belum pernah ajak brandon main petak umpet wong rumah seuprit gini mau ngumpet dimana coba? hehehe

brandon field trip mulai tahun ini. kemarin dia pergi ke kidzania dan sendiri maksudnya sama gurunya saja tapi masih lebih gede brandon usianya dibanding denzel yah.

hehehe denzel kok bisa mengkambing hitamkan AC? lucu deh.

K. said...

Hii Elisa, salam kenal ya...
Biasa nih, baca blog km dr blog Nat apa siapa gitu, lupa d.
Ngmg2, km dokter di pik ya? Dokter anak bukan ya?
Sy selalu bawa anak2 ke poliklinik pik ato pluit, cm pake dr. Andry.
Ok d, tx ya

once_alifetime said...

@ Angels : He..he.. makasih.

@ Elrica : Iya tuh, sampai pusing gua. Tapi kalau pun ACnya mati dia pasti nangis juga kenapa mati:P

@ Yenny : Krn gampang ditemuin ya, Yen ha..ha..

Ah Boy's Mom said...

hihii... lucu amat ya.

sama seperti nathan jg kl main petak umpet, mommynya baru juga cari sambil ngomong, "nathan where are you?" ehh... tau2 dia keluar sambil ngomong " I'm hereeee...."

utk masalah moody berarti emang lagi masa2nya anak umur segitu bersikap kyk gitu ya. apa yg dialamin sama denzel & clo sama jg kyk si nathan. kalo lagi "lurus" wuiiihh.... sweet banget sikapnya, tapi kalo lagi moody, apapun bisa jd kambing hitam.

once_alifetime said...

@ Felice : Lucu ya Cissa bisa pura2 nyari gitu terus ceria mainnya. Lama juga ya nangisnya. Kalau Denzel gak lama2 sih, entah dipeluk langsung diam tp masih sesenggukan atau kalau dicuekin ntar diam sendiri 5-10 menit. Tapi emang karakter anak beda2, mungkin dengan menangis Cissa bisa meluapkan perasaannya.

Ceritanya anak kalau nangis terus mungkin ada insecure (rasa tidak aman) entah takut ditinggal, takut nggak disayang, takut melihat ortu marah dsb. Jadinya kita paling bisanya berusaha menciptakan rasa aman buat dia.

Tapi bisa juga spt yang elo bilang kalau setiap nangis kita ngabulin permintaannya bisa2 nangis jadi senjata. Haisssh emang susah2 gampang nih kita kalau mau jadi ortu yang bs ngertiin anak he..he..

@ Pitshu : Sebelum ada blog gua nulisnya di buku, Pit. Tapi enakan di blog deh, mana bisa masukin foto2:)

@ Arman : Lha, elo dipuji gak Man hihi.. Denzel jarang banget lho muji papanya, perbandingan 10:1 ama muji gua ha..ha.. Iya pastilah Esther senang, gua aja serasa terbang kalau dipuji..

once_alifetime said...

@ Selvi : Ha..ha.. ngakak gua, mungkin karena elo sering isengin dia kan, udah bagus dia masih bilang kadang2 cakep:D Gua juga main petak umpet di kamar kok, yang pasti mah pura2 doang, wong tempat ngumpetnya situ2 lagi (belakang gorden). Tapi gua pernah masuk ke lemari sekali sampai dia teriak2 kok gak ketemu2 ha..ha.. Oh, seumur Brandon udah bisakah ke Kidzania?

@ K : Halo, salam kenal juga. Ha..ha..bukan kok.

Leony said...

Halo halo.... hehehehe... Wah, anak-anak ternyata suka mengalami mood swing juga yah. Jadi inget ponakanku si Gaby, dia pernah ngambek gila2an cuma gara2 pas foto keluarga bareng, mukanya dia ketutupan kepala unclenya. Waduh, ngamuknya gila2an, nggak mau diajak pergi, padahal kita udah buru2 mau dinner. Trus kita bilang, mau dikasih eskrim. Pertamanya masih tetep ngambek...tapi abis gitu mereda...abis mereda, mulai senyum2 dan manja ke aku, trus ngomong: Auntie.. nanti jangan lupa ya eskrimnya. Hihihi...dasar anak2!

theeldridge said...

hahaha... louis juga blom ngerti tuh konsep petak umpet, kl gw panggil louis mana ya? anaknya malah langsung nongol sambil cengengesan bilang "..disini.."
masih mending Denzel tetep ngumpet, hehehe..

btw, anak kyknya punya proteksi diri juga ya, pernah tengah malem gw kebangun dan duduk, pas si bocah tidurnya motah makin lama makin ke samping ke tempat gw, sampe akhirnya kakinya udah melayang ke luar ranjang, dianya langsung nyeletuk "..jatuh.." trus buru2 balik arah, tapi tetep masih tidur :)

Pucca said...

iya emang anak kecil suka kepo lagi amen petak umpet suka ngomong2 sendiri hihihi..
wah denzel sepertinya tipe cowo perayu nih, turunan papanya apa ya? ahaha..

once_alifetime said...

@ Leony : Halooo! Nah, enaknya anak kecil biar mood2an tapi gak pake lama dan gak ada dendam2an.

@ Sylvia : He..he.. Louis kan lebih kecil ya, Syl? Denzel baru bener2 ngumpet juga baru belakangan kok. Eh, lucu juga ya dia bisa ngeh. Instingnya jalan brarti :)

@ Pucca : Dari mana ya? kayaknya bukan papanya tuh... kecuali merayu pengen beli gadget doang ha..ha..

myjbless said...

Denzel pinter ya el :).. gw pengen bgt J minum dari gelas sendiri, biasanya gw yg sendokin susu tuh..mudah2an nanti bisa ya ky Denzel :)
Denzel gemesin bgt deh bisa pinter muji2 :) tau ajee yaa nyenengin hati org ^^

thesalem said...

Aduh mirip Dea kalo lagi moody, ini itu salah, bisa mati berdiri gw ladeninnya, kadang berakhir dia ngejangin badannya sambil mengeram kayak keseeel banget gitu, terus nangis-nangis gak karuan, biasa kalo udah ngantuk berat tapi gak mau bobo, gila deh gw stress tuh El.

Pinter ya Denzel di skul, bangga pasti ya. Nanti gedean dikit, udah abg, mamanya yang kelabakan nyariin Denzel maen ke rumah temen yang mana yaaa? hahaha

Shanni said...

hehehe lucu ya Denzel...

micha mah kalo petak umpet senengnya dia yg nyari bukan dia yg ngumpet.

kalo micha sih ga moody ya cuma ampun stubborn tingkat tinggi deh sampe gw kadang mau pecah kepala rasanya kalo ngebilangin dia :D

Post a Comment