Wednesday, March 31, 2010

Cooking Mama#6 Nugget Tahu


Resep pilihan Felice kali ini yakni nugget tahu. Gak terasa udah resep ke-6 ya? Tiap kali gua masih harus menyemangati diri agar tidak males hu..hu.. kayaknya masak emang bukan panggilan jiwa nih. Tapi gua tetep seneng kok ikut club masak ini. Dapat banyak pengalaman dan ada teman2 yang baik dan sabar nerangin kalau gua gak ngerti. Bagi teman2 yang masih mumet urusan kerja maupun keluar kota gua rasa it's okay, jgn feeling guilty hehe.. namanya juga buat fun kan, jgn dijadiin beban tp kita harus saling support:) Siapa tahu giliran gua besok2 yang mumet dan males tlg disemangatin ya!

Bahan :
100 gr tahu putih (kurleb 2/3 potong tahu putih bungkus kain)
1/4 sdt garam
1/8 sdt merica bubuk
1/16 sdt pala bubuk (gak pake)
1 butir telur
2 sdm daging sapi giling
50 gr daun dan batang muda bayam (rebus, dan cincang)
50 gr wortel rebus, potong dadu
25 gr keju cheddar, serut
minyak goreng secukupnya


Pelapis :
3 sdm tepung protein rendah
1 butir telur, kocok rata
75 gr tepung panir

Cara buatnya :
1. Bungkus tahu dengan serbet bersih, remas2 sambil diperas hingga tahu lumat dan tiris.
Campur rata dengan garam, merica, pala bubuk, telur, daging, daun dan batang muda bayam, wortel serta keju.
2. Ratakan adonan tahu dalam loyang 20x20x4 cm yang diolesi mentega. Kukus hingga masak
(20 menit), sisihkan hingga dingin.
3. Potong nugget sesuai selera, gulingkan ke tepung terigu, lalu celupkan ke telur kocok.
Selanjutnya, gulingkan ke tepung panir hingga rata.
4. Goreng terendam minyak ke atas api sedang hingga kering dan kecoklatan. Angkat dan
tiriskan, sajikan hangat.

Faktanya :
1. Adonan pas ditaruh diloyang 20x2o itu jadinya tipis banget, akhirnya cuma bikin setengah loyang
2. Jadinya enak jg crunch tapi gak ngenyangin, liat teman2 ada yang pake roti tawar mungkin itu bisa nambahin volume ya:)
3. Resep segini gak cukup buat kita semua, rebutan bo makannya ha..ha..

20 comments:

Maria Henny said...

hahaha.. sama sa, gue juga cuman jadi 1/2 loyang sih pas taro mau ngukusnya. Yang gue foto untuk resep itu ga semua gue foto hehehe.. msh ada bbrp potong lagi, tp mmg dikit yah jadinya, ini aja ud habis dimakan semua, enakkk kan

Veny said...

g tukang coba nya yah Lis ha22 , ini semirip perkede tahu yg suka g bikin dirumah , cuman ga perlu dicetak , di cetak cetok aja pake sendok lalu goreng , panas2 dimakan enak kok apalagi cocol sambel abc yah !
Tema Masak "semangat" yah !
pantang padamkan kompor kalo PR lom jadi ! he22

mom4kids said...

wah kebetulan ada tahu di kulkas jd pengen nyoba nih , tfs ya Liz

mamipapa said...

arghhhhh tinggal gw yang belom buat neh ahhahaha....tiap x mau buat batal melulu..udah beli bayem sama tahu nih gw dr hr minggu..

kmrn malam mau masak, tp tiba2 papa Clarissa pulang malam, jadinya batal deh gw masak kt dia besok aja (aka hari ini) mau gak mau hari ini harus masak gw hehehe...

enak yah el? clarissa doyan tahu sih makanya gw nyoba pake resep ini mudah2an dia mau deh hehe

once_alifetime said...

@ Henny : tp keliatan bnkan punya elo lho dan padat ya kesannya. Punya gua agak kosong2 di dalam, sampe gua baca ulang jgn2 harusnya pake terigu untuk adonan he..he..

@ Veny : Gak cukup, Ven. Ini aja rebutan ama hubby dan Denzel. Apalagi elo makannya banyak ya:)

@ Susie : sama2, sus. Mudah2an pada suka ya:)

@ Felice : iya nih yang repot sendiri, gua jd malu kalau males, ingat2 elo tanpa BS dan maid bs bikin yang bagus2. Semangat ya, Fel!

美鈴 &彩香 said...

iya el...tetep semangattttttttt

Pucca said...

kayanya enak el, sukses lu bikinnya, mestinya nih ibu2 yang ikut cooking games makanannya dibagiin ke kita2 biar kita juga bisa komentarin iya bener enaaak.. ini mupeng mulu tiap liat hasil masakan hehehe :P

ashleyprincess said...

looks so yummy.. *laper berat sambil lembur dikantor* weekend gw coba ah, mdh2an jadi :)

Belzy said...

kali mesti bikinnya 2 resep kali yah, gpp el laen kali kan bisa dibikin lagi, jadi uda tau nih yang enak2 dan cara bikinnya :). Oh kosong2 yah el, gue punya sih ga kosong2 el, apa mungkin karena gue pakein roti yah? coba2 gue jadi penasaran nih bedanya dipakein roti ama kagak ...

nattever said...

wah menggiurkan gambarnya el...gua jd pengen coba...tapi di kulkas adanya tahu sutra, bisa gak ya, haha...

ntar kepasar beli tahu cina ah...thx for sharing el...

pinkbuble said...

Iyah ni bu, gw juga berasa masak bukan panggilan..tapi karena pengen bisa, jadi terus menyemangati diri deh akhirnya..
Pr ke 6 ini daku belum buat..tapi kau punya cakep el hasilnya..golden gitu..ga ada gosong2nya sama sekali..

Y3nn1 said...

Lis, katanya bayam tuh ga boleh bolak-balik dipanasin / dimasak *CMIIW*. Kalo menurut resep ini kan berarti bayamnya udah direbus, dikukus, trus digoreng lagi...nah....apakah gpp?

twinsmommy said...

Hebat El, bagus hasilnya meski ga dibentuk tapi tetep bagus.... sukur semua doyan yah hehehe Kalo g liat resep kalo kira2 semua doyan g pasti bikin lebih, tp kalo ragu2 g bikin malah kadang kurangin dari resep hehehe

Mungkin tahunya masih banyak air kali yah jd bejeknya kurang makanya kurang padet....

Salut jg ama lu semangat buat ikut dah sampe hari ini hehehe

Ayo lanjut lagi biar makin pinter n makin banyak dipuji...

once_alifetime said...

@ Sylvia : iya harus semangat ya ^-^

@ Vio : sengaja, Vi.. biar elo dan yang laen2 saking mupeng akhirnya ikutan game ini ha..ha.. gimana?

@ Mei : ayo.. semoga Ashley suka ya!

once_alifetime said...

@ Bel : Iya ya? pasti karena roti tawar itu, lain kali coba pake roti ah. Boro2 bikin 2 resep, selama ini kalau memungkinkan gua malah maunya setengah resep saking gak pede jadi haha.. tp kalau resep ini dibagi 2 kagok deh, wong tahunya aja dikit begitu:)

@ Natalie : Coba aja, kemungkinan malah lebih enak deh. Btw elo kan cukup mahir masak, ayo ikutan games masak...:P

@ Elrica : sama dong kita ha..ha, gua mah ada asisten rumah tangga yang bilangin.."Ci..ci, yang itu udah, diangkat ya ci biar gak gosong." haha, gak curang kan? tetep gua yang masak kok.

once_alifetime said...

@ Y3nn1 : Good question! emang masih kontroversial soal bayam ini, sebisa mungkin emang jgn dipanaskan berulang karena ada senyawa nitrat yang jadi nitrit belum lagi vitamin2 dari banyak sayuran hilang kalau terlalu besar apinya. Makanya makan salad atau lalap itu bagus tapi bumil dilarang ya:)
Sebenarnya kalau dibiarin lama di kulkas jg tetep banyak nitritnya kok so sebisa mungkin makan bayam yang segar dan jangan diberikan utk bayi kecil. Kalau ini gua langsung aja kukus terus digoreng apa boleh buat tp dia kan gak di luar spt kerupuk bayam kan, kalau takut emang sih gak usah pake bayam gak masalah:)

@ Liza : thanks, Liz.. gua akan usahain ikuttt terus, semangat..semangat *tepuk2pipi*

Quinie said...

hm.. gua rada ga ngerti nih.. maksudnya lu menghadiri kursus masak, trus lu ceritain disini, atau lu belajar masak dari blognya seseorang, trus lu coba & ceritakan disini? *bingung*

Selvi said...

lis, nungget mie aja gua belum sempat praktekkin, ini udah ada nugget tahu.

kalo nga pake bayam bisa kan?

once_alifetime said...

@ Ratu : Jadi ceritanya 15 blogger ikut game masak, tiap mgg peserta memilih salah satu resep untuk dibikin bersama, postingnya paling lambat seminggu kemudian... gitu lho. Kalau yang lain udah jagonya masak, gua ini pemula he..he..

@ Selvi : bisa kok, mau pake buncis, kacang polong, jagung atau apa yang ada di kulkas aja, Sel. Kalau anaknya gak suka sayur bs kesempatan biar anaknya makan ha..ha.. si Denzel mah gembul, sayur dimakan gitu aja dia doyan, jadi gua gak masukin apa2 lagi, wortel gua sendiri yang suka:) Ayo ya dibikin nugget mie dan tahunya, atau gabung aja ya? enak kali ya?

Quinie said...

owww gitu... game masaknya diliat darimana? trus gimana cara ikutannya? btw, harus ketemuan or gimana?
hm.. untuk pemula yang kaya gua *yang masak air ajah gosong* susah ga?

Post a Comment