Sunday, December 20, 2009

Anda pelaku Child Abuse?

Seorang wanita berusia 40-an mengangkat telpon genggamnya yang berdering-dering. Entah siapa yang berbicara di sebrang sana namun muka wanita ini melembut. Bentuk mulutnya yang keras dan melengkung ke bawah tiba-tiba berubah menjadi seuntai senyum meski tidak manis-manis amat. Matanya yang kelam juga mendadak berbinar-binar. Tanpa sadar tangan satunya mempermainkan anak rambut ke belakang telinga. Ternyata benar juga kegembiraan hati mampu membuat seseorang tampak lebih muda dan lebih cantik. Duhh... makin lama gua perhatikan wanita ini makin sewot gua!

Eittss.. nggak kok bukan hubby yang menelpon wanita ini jadi kesewotan gua bukan lantaran jealous, bukan pula gua sirik lihat orang seneng, bukannn! Masalahnya nih orang telpon lama amaaaat! Terus kenapa? Nggak, bukan lantaran dia pinjem telpon gua atau minjem duit gua beli pulsa, bukannnn! Tapiiii................................... karena dia ini babysitter yang lagi tugas bo!

Jadi ceritanya nih BS jagain seorang anak cewek yang lucu dan manis, sebut saja Sandy. Nah di T*mble Tots setiap anak ditemenin oleh either ortu atau BS karena permainannya kan banyak physical, jadi untuk kelas2 to 3 banyak acara memanjat (semacam monkey bar yang cukup tinggi). Kalau cuma ngandelin uncle/auntie (panggilan guru di TT) untuk menjaga belasan anak rasa2nya nggak mungkin jadi pas manjat2 tiap mama/papa/oma atau BS yang siap2 mendampingi si anak jangan sampai jatuh yang rasanya mungkin terjadi karena koordinasi mereka belum tentu sinkron dengan keberanian mereka menjelajah:)

Nah, yang gua deskripsikan di atas adalah BS Sandy yang sekali terima telpon bisa sampai setengah jam bo! Lha Sandynya gimana? yah nyaris2 terabaikan gitu.. emang sih seorang auntie masih menaruh perhatian ekstra tapi secara dia juga bertanggung jawab sama anak2 yang lain jadi konsentrasinya juga lumayan terpecah2.


Ih, gua sebel banget ama BS ini. Mukanya emang galak dan garang .. perlakuannya ke Sandy juga jauh dari manis. Emang si Sandy ini juga rada2 aktif dan susah diminta duduk diam. Nah, kalau BS2 lainnya membujuk dan mengalihkan perhatian biar anak asuhnya mau duduk mendengarkan uncle bercerita, jangan harap BS ini melakukan hal serupa. Dia asyik saja duduk di belakang dan membiarkan Sandy guling sana-sini sampai pernah tiba2 udah manjat lagi sendiri. Waktu itu ada seorang oma yang nemenin cucunya langsung menegur si BS ini agar lebih perhatian. Meski agak merengut dia samperin juga Sandy. Nah lho kalau lagi telpon2an? Kita panggil2 dia juga berlagak ngga denger malah makin asyik ngobrolnya.

Gua pengen banget sekali2 mama atau papanya Sandy datang, gua dah bayangin percakapan imajiner gua ttg keadaan Sandy dan susnya selama ini, tentunya dengan kalimat2 yang halus dan tidak memojokkan si BS sepenuhnya, at least orang tuanya tahu Sandy sering terabaikan selama di TT. Gua gak tahu apakah Sandy ditinggal kerja.... apakah di rumah ada orang selain BS ini..... apakah tingkah laku BS di rumah lebih mumpuni...... (ragu sih apakah di depan kita aja dia udah cuek begitu masakan bisa lebih perhatian di rumah?)

Di sini gua cuma bisa menghimbau mommies yang punya BS atau mbak, memang benar kita tidak bisa mengontrol BS 100%. At least saat ngambil kita berusaha menyeleksi dan punya posisi tawar. Saat gua ambil BS Denzel, gua punya satu permintaan yaitu dia gak boleh pegang hp selama tugas. Selama Denzel tidur siang, lagi main sama gua atau malam setelah gua pulang kerja baru dia bebas mau nelpon atau terima telpon. Jadi gak ada cerita selama di TT, taman, mal atau di mana saja tiba2 dia lengah hanya karena asyik bersms atau telpon. Jangan merasa tidak enak dengan BS ttg aturan ini tapi merasalah lebih tidak enak kalau sampai buah hati kita telantar....

Banyak orang tua yang bilang.. ya sudahlan yang penting si Sweetheart gak dipukul/gebuk/cubit/tendang... nah gua mau bilang :

"Child abuse can take several forms. One of them is neglect in which the responsible adult fails to adequately provide a child's needs such as affection and safety from any harms."

Jadi kalau kita memberi kesempatan untuk para BS dan mbak mengabaikan anak kita siapakah saja yang termasuk pelaku child abuse itu.......?

22 comments:

Pucca said...

hmmm gua kira bagus juga kalo sesama temen janjian pas anaknya dijaga bs doank temennya juga ke sana liatin bs-nya bener gak kerjanya.. trus laporan deh, tapi saratnya si bs blom pernah ketemu ama temennya ini.. oke gak ide gua? :D

th3sea said...

salam kenal juga lis... entar ya gua pasang foto gua hi3x...

gua juga suka lihat tuh bs2 or pembantu2 sambil ngajak anak jalan2 sore, sambil main2 hpnya. mana hpnya querty2 semua lagi.
edan...

Veny said...

emang iya tuh Lis , kasian yah ortu Sandy mkgn ga tau , gmn ga getol sms ato ber tlp ria wong mrk pada fesbuk an ha222 , cek status tiap saat wkwkkkk

once_alifetime said...

@ Vio : Bagus.. bagus vi, atau sekalian gua jadi ada ide kita bisa buka usaha perdetektifan para BS selama ditinggal orang tua pasti banyak yang mau make jasa kita :D

@ Dessy : Soalnya pada niru BB semua, gak mau kalah donk he..he.. boleh2 aja tapi kalau ada mobil dan anaknya lagi maen di jalan pada ngeh nggak tuh?

@ Veny : Oh, gitu ya, ven. Bisa jadi, trs pada ngeblog juga..

Quinie said...

owww itu termasuk child abuse juga ya? gua kira child abuse itu yang anak2 kecil dibawah umur udah disuruh cari nafkah jadi pemain sinetron...

BabyBeluga said...

Makanya kita disini gga pernah tuh nitip anak ke babysitter. Untungnya mertua sekota jadi kita bisa titip ke mereka atawa yah mending kita gga pergi aja. Tp dulu selama gw masih kerja, baby Matt giliran dijaga mertua jadi Jake kita masukin daycare. Gga berani tuh nitip ke individual di rumah, sb kalau sendiri gitu nanti gga ada yg laporan kan.

Yenny - Fidel said...

Sering tuh liat BS jaga anak sambil HP an, buat Moms yg ninggalin anak ama BS doang, tuh BS mesti diintai juga, biasanya kan BS suka manis di depan kita, tapi belakangnya main kasar/gak perhatiin anak kita

Y3nn1 said...

Ihhh...sebel banget ama BS kaya gitu. Ga bertanggung jawab amat.

once_alifetime said...

@ Ratu : he..he.. itu masuk kriteria jg ya??

@ Sylvia : Maunya begitu, Syl. Tapi kalau kita yang kurang beruntung gak punya ortu atau in-law sekota gmn dong? sementara di Jakarta day care jg belum banyak. Paling kalau dah kepepet pasang cctv atau temen gua pake recorder.

@ Yenny : gua jg suka pulang diam2 dan kadang gak sesuai jadwal, udah mengendap2 kayak maling liat si BS lagi ngapain. Sejauh ini sih gua nilai dari sikap Denzel ama BSnya, masih mau bermanja2 dan diasuh means masih ok lah, emang parameter yang gak valid ya? tapi setidaknya BSnya gak kasar soalnya Denz lgs gak mau sama yang pernah ngasarin dia.

@Y3nn1 : setuju!!

Cyntha said...

samaaa..gw juga sebel ngliat bs yg kyk gituh...itulah salah satu alesan gw ga mo pake bs. ga bisa percaya ama bs2 sekarang :D
kadang cuma mba2 yg *maaf* ga berpendidikan yg pake baju n minta gj bs. ga ada tg jwb buat jaga anak *jadi esmosi niy gw*

sayang fotonya elo buremin, gw penasaran banget tuh orang kyk apa...

nie said...

wah setuju banget deh sama postingan ini, El! *by the way salam kenal ya, thanks udah mampir ke blogku :)*

Aku malah ga pingin punya BS nanti kalo punya anak... hopefully bisa jaga sendiri :)

Aj_Natz said...

Gue punya cerita lucu nih soal BS. Gue punya temen yang tiap hari suka bawa anaknya jalan2 di taman. Nah disitu banyak anak2 yg semuanya dijagain BS-nya.

Ada BS yg setiap hari melihat hal itu bertanya: "bu, emang anaknya ngga ada susternya?"
lalu dengan sedikit gusar, temen gue itu njawab: "sus, emang tuh anak ngga ada mommy-nya??"

Ortu yang jaga anak sendiri sudah menjadi pemandangan yg aneh (terutama di Jakarta) dan itu bisa jadi termasuk 'child abuse'!

Gue dan Natz sih commit: Kelly sebisa mungkin kita yang temenin. BS sifatnya hanya membantu. Walaupun pinggang pegel karena harus gendong > 10 kg :P itu adalah hal yg paling gue nikmati sbg ortu :)

once_alifetime said...

@ Cyntha : bukan diburemin, cyn. emang kebetulan kena pantulan kaca. Mukanya sadis deh pokoknya. Bersyukur deh yang masih bisa ngehandle anak sendiri, karunia tak terkira:)

@ Nie : Iya, lagian di sana susah nyari BS juga kan, ada hikmahnya jadinya ortu bener2 berperan:P

@ Aj_Natz : hehe susnya kena skak mat tuh.. Emang sebisa mungkin ortu yang utama masalahnya kadang ada ortu yang mau gak mau kerja fulltime untuk banyak faktor, itu gak pa pa sih, gua jg gak bermaksud nyudutin ortu yang terpaksa kerja dan ninggalin anaknya ke BS tp plis proaktif nanya2 kabar anaknya contohnya kan bisa sebenarnya telpon ke TT nanya2 atau sekali2 muncul mendadak. Gak papa kan sedikit parno asal untuk kebaikan anak.

genial said...

ya allah,... mudah mudahan saiia gag termasuk yang demikian :(

genial said...

ya allah,... mudah mudahan saiia gag termasuk yang demikian :(

pinkbuble said...

Oh perkara BS,wLo gw blon ada anak.. Tapi gw uda peratiin adat2nya BS dari waktu gw ngajar di apple tree..en pernah jg ada BS yang suka janjian pacaran di pre school trus head teachernya ngelapor ke maminya ,besoknya ganti embak..di TT gurunya ga suka lapor ke parents kah?

once_alifetime said...

@ Genial : thanks, udah mampir..

@ Elrica : Wow, pernah jadi guru ya, El? Apple tree pluitkah? Iya, yang bener kayak gitu dong ortu dikasih tahu. Gua gak tahu ya dikasih tahu atau nggak, mungkin jg lho karena minggu ini BS si sandy ganti!! Sekarang yang muda dan keliatannya lebih lembut dan sabar. Hurray, apa mamanya sandy baca blog gua kali ya?? *ge er*

debby tondo said...

El, skrg tuh di mal banyak banget BS megang HP, kadang gue kasian ma anaknya, pengen gue tegor tuh BS tp sapa gue???? ;p

untungnya BS gue ga gitu, tanpa dibilangin pun dia tau ga boleh megang HP selama jagain Alden

TFS ya El :)

Windy said...

Baca cerita elu jadi inget susnya si Jac yang dulu.. Sangkin dikasih toleransi yang sedemikian gedenya, berani HP-an di depan kita dalam jangka waktu lama lho, sembari ngasuh anak pula..
Waktu gue lahiran Olin, Bokap mergokin ex BS lagi asyik ber HP ria sampai ga sadar Jac udah kabur mau turun tangga sendiri (waktu itu baru belajar turun tangga)..

Untunng sekarang tuh BS dah out jauh2 :P

once_alifetime said...

@ Debby : Iya,pasti kita sering lihat kelakuan BS yang 'aneh-aneh'. Di RS pas nemenin Denzel dinebulizer dulu, gua pernah liat satu anak cowok yang goda2in BSnya langsung sama BS itu ditampar pipinya keras. Langsung gua tanya ada apa, si BS malu pura2 nyium anak tersebut bilang gak papa. Mamanya entah kemana, gak keliatan, kayaknya anak itu fisioterapi cuma ditemenin BS. Untungnya sih anak itu udah rada gede 4-5 thn, moga2 di rumah bisa ngadu ke mamanya:(

Deb, BS Alden emang tanggung jawab berarti, nggak usah dikasih tahu udah ngerti, kebanyakan harus dikasih tahu deh kayaknya.

@ Windy : Ya ampun, untung bokap mergokin.. Sering lho cerita anak2 kenapa2 karena BSnya lengah saking asyik hp2an.

jot14 said...

Hi salam kenal yah..

urusan BS ga da abis2 na yah, cape hati deh...

tp emnak kita na yg kudu lbh concern dan dr pertama uda dikasi peringatan kl urusan hp hrs gmana, soal na kl uda di aksi toleransi dr pertmaa dinanti2 na malah jadi susah kl di tegur...haaiiizzz

jot14 said...

oya kelupaan harus na TT ga ijinin pemakain Hp didalam kelas atao area TT...bisa ga yah??

Post a Comment