Monday, November 23, 2009

From Batman to Catwoman

Kira-kira ngerti gak judul postingan gua? Pasti pada bingung ya, sebenarnya mau Tom and Jerry tapi ntar kirain gua review film kartun. Sebelumnya soriii, buat para pecinta hewan... Gua jg pecinta hewan kok apalagi kitty dan doggy. Tapi kali ini bahasan kulinernya agak extreme... Semi-semi Fear Factor gitu deh..

Karena terletak di tepi laut sebenarnya Manado tuh udah lengkap dengan seafood2nya. Enak dan segar2 pula tapi entah kenapa, apa karena jago masak kayaknya seafood aja gak cukup, maka si Jerry maupun Tom gak bakalan survive lama2 di sini, terus ada pula Batman yang berakhir tragis sbg paniki etc.. Tenang, sodara2 sebelum panik, gua nggak nyampe nyoba kitty dan doggy kok:)

Sebelum gua berangkat, gua udah cari tahu tempat2 makan enak di Manado dan sekitarnya. Salah satu narasumber andalan gua adalah dokter S yang ngambil spesialisasi obsgyn di Unsrat so selama 4 tahun dia menetap di sana. Yang bikin gua percaya apa coba, sambil bercerita, gua lihat jakunnya naik turun.. ampunnn kayaknya dia rindu berat ama kuliner Manado hihihi...

So, berikut yang gua nyoba dan gua rekomen :

1. Restoran2 seafood sepanjang boulevard.

Ada Restoran Nelayan, Bandar Manado, Wisata Bahari, City dll.. Tiap malam kalau dijamu oleh perusahaan farmasi kita pasti ke sini karena halal untuk semua. Masakannya sudah pasti lezat. Ikannya mau dimasak apa aja manis, legit dan tidak amis sama sekali. Tetap paling enak si sup ikan asam maupun sup ikan khas Nelayan (resto Nelayan). 

Yang berkesan bagi gua adalah Kepiting Kenari. Kepiting ini sebenarnya udah langka lho dan tidak tertulis dalam menu. Waktu gua mau foto kepitingnya, si pelayan sampe harus ke gudang yang dikunci gembok berlapis buat ngambilnya. Harganya juga cukup mahal 30 rb/ons jadi spt yang di foto gua antara 300-400 rb per ekor. Rasanya? Mantap.. Luar biasa, bagi pecinta kepiting sudah pasti harus nyoba deh. Dagingnya tebal, terus yang gak tahan apa tuh lemak di bagian perutnya rasanya creamy dan gurih.

Lobster jg ok, tapi di Jimbaran jg sama kok rasanya. Udang ada yang unik, namanya udang gola, waktu di akuarium di taruhnya masing2 dalam botol air mineral yang besar. Tadinya teman gua pikir emang dibesarin dalam botol tyt tujuannya biar gak saling berkelahi aja, rasanya jg enak.

2. Sate ragey di jl. Sario

Sate B2 yang ukurannya raksasa. Tempatnya jorok dan sempit tapi yang datang melimpah ruah lho. Tadinya gua udah gak berminat, takut sakit perut. Ternyata emang rasa gak nipu, mau sejelek apa pun tempatnya kalau enak pasti rame juga.

3. RM. San Fransisco

Di sini lengkap makanan khas Manado ada paniki, sate rica, sup brenabon, Pangi iris, daun pepaya isi dll. Brenabon (sup kacang merah)nya bener2 kental dan berasa. Kayaknya digodok dengan api kecil sampai kaldunya keluar semua. 

4. Kepala Ikan Sukur

Letaknya agak jauh, setengah perjalanan menuju Bitung (tempat lihat tarsius). Biarpun terancam kebun binatangnya tutup gua tetep ngotot harus mampir soalnya dr. S berkali2 menyebut tempat ini. Dan rasanya gak sia2, kepala ikan terenak yang gua pernah makan seumur hidup! Lebih enak dari kepala ikan Medan Baru atau Garuda. Memang beda sih, yang ini di rica tapi rasanya gak ada yang bisa nandingin. Juaranya selama gua makan di Manado deh:)

5. RM Heng Mien

Letaknya di Tomohon, rumah makannya rame bener padahal kita nyampe sana udah sekitar jam3 sore, malah ada bule ikut2an makan. Apa gak takut kena traveler's diarrhea om? Di sini sistemnya spt makanan Padang, semuanya disajikan ke meja. Cuma asyiknya gak dihitung lagi apa yang kita makan. Pokoknya per orang 16 K titik. Mau makannya dikit, banyak sama aja. Karena ini yang paling lengkap, khusus utk meja gua 4 orang, gua udah wanti2 ama temen gua yang pesenin, pokoknya gua gak mau yang aneh2, cukup yang standar + paniki. 

Lagi asyik2nya makan, gua bilang ke temen gua, selama di Manado 4 hari baru hari itu gua makan ayam, lehernya pula yang dimasak tapi enak jg. Langsung temen gua berkilah nggak ada ayam di RM Heng Mien. OMG!!!! Apa yang udah gua makan???? Ampuni aku frenz, jangan sampe gua pecinta kucing jadi murtad. Sampe sekarang gua gak tahu apa yang udah gua icip itu hiks, teman gua tsb yang berlainan meja dengan enteng menjawab kayaknya si Mickey Mouse. Huekss??? Kok rasanya bisa enak? beneran lho kayak ayam.

6. Lo Bak

Lo bak terenak di Manado so pasti di Fresh Bakery jl, Kanaka. Daging2 yang dipotong terus disiram kuah merah agak manis. Rasanya spt Tok2 Medan tapi ini lebih enak lagi karena selain daging dikasih kukis (lemak).

7. Bubur Tinutuan di Jl. Wakeke

Oleh penduduk setempat suka dipelesetin jadi bubur Waikiki. Sepanjang jalan semuanya cafe/RM yang jualan bubur. Kita nyobanya di Dego-dego Cafe. Buburnya enak apalagi pake nike (perkedel ikan).   Pengen rasanya nambah lagi seporsi kalau gak inget masih harus mampir makan es duren. Oh, ya Kita juga pesen  seporsi mie cakalang buat icip rame2. Kuahnya segar lho.

8. Es Tjie Mei

Es duren, alpukat. Rasanya pas, sembari nyoba pisang goreng bersambal. Pisang gorengnya standar, malah di Manado sengaja milih pisang yang agak tawar utk digoreng biar pas dengan sambal ketimbang yang manis. Nyoba juga gohu (rujak pepaya muda pake kuah ikan). Hanya kuahnya aja yang enak. Katanya gohu terenak emang bukan di sini, tapi sudah tak sanggup lagi deh.


9. Bakpau Kawangkoan

Kawangkoan itu jauh lho sekitar 1,5 jam dari Manado, jadi sampe sana pasti udah laper apalagi udaranya dingin karena di pegunungan. Nah di sini terkenal bakpau, kopi dan kacang. Bakpau ada yang isi kacang hitam ataupun daging. Dimakan panas2 sama kopi, pas rasanya.

10. Nasi Kuning Serodja

Ini pas kita makan di kapal waktu ke Bunaken. Dingin2 makannya nasi kuning jadi terasa nikmat. Uniknya, makanan di sana tidak dibungkus dengan kertas ataupun daun pisang tapi dengan daun lontar. So selain praktis, ramah lingkungan toh?

11. Bumi Beringin

Ini 'the Valley-Bandung'nya Manado. Pemandangan dari atas ke kota Manado, bener-bener elok. Kalau datang siang-sore kita masih bisa mengintip pemandangan kota melalui teleskop yang disediakan di lantai 2. Bangunan dan desain interiornya keren banget, banyak art craft berupa lukisan, foto kota Manado tempo doeloe, kebaya encim yang dipigura dll. Bagi yang pernah mampir ke Huize Trivelli dan suka suasananya, ini bener2 mirip bahkan plus pemandangan kota yang menakjubkan dari tiap jendelanya. Kita di sini cuma minum2 tapi kata temen2 gua yang pernah nyoba, makanannya juga enak. Sayangnya harganya agak mahal dibandingkan restoran lain. Tapi worth it deh kalau bisa dining dengan suasana secozy ini:)

Setelah 6 hari wisata kuliner kesimpulan gua makanan Manado cuma ada 2 kategori : Enak dan Enak sekaleee!



21 comments:

Sakura said...

wow, reviewnya wokehhh! jadi laperrr, dingin2 gini lagi.. hahaha..
kategorinya juga mantaph ya.
Kudu search postingan ini kalau ntar ada kesempatan ke Manado. titlenya itu tapinya.. hahaha..
-Willy

Selvi said...

dari photo diatas, gua belum coba semuanya. ngiler abis. masa harus ke manado dulu buat cobain makanannya?

ada info nga restoran masakan manado yg enak dimana (di jakarta). teman kantor gua kan orang manado, tapi kok nga pernah cerita makanan disana yah? Dia pikir percuma kali yah cerita ke gua, belum tentu gua kesana juga.

Berdoa semoga seminar kapas berikutnya di Manado, hahaha.

Pucca said...

gila el, walaupun gua cuma baca tapi jakun gua juga naek turun nih hahaha..
lu bener2 wisata kuliner yah disana, banyak banget yang lu makan :D

once_alifetime said...

@ Willy : Haha.. titlenya nyesatin kan?

@ Selvi : Di Jakarta yah Beautika, terus ITC Ambassador, di Kramat V juga ada Tinoor. Iya semoga deh seminar di sono, tp bukannya elo cerita ke Singapore? lgs membelot nih hihihi..

@ Vio : Yo'i. Sampe guide lokal (keluarga temen gua) aja terkesan kok gua listnya lengkap dari yang dia tahu :)

mamipapa said...

gw juga gak pernah makan makanan menado...gile reviewnya lengkap bgt...

yg gw tau beautika soalnya dr rumah gw gak gitu jauh hahaha

Arman said...

wah makanannya (terutama seafoodnya) menarik banget ya...

btw gile juga kucing ama anjing dimakan juga ya? yang gua tau orang batak makan anjing ya. baru tau kalo menado juga. plus kucing pula. hehehe.... kenapa lu gak nyobain aja? :D

Quinie said...

huaaaa gokilll wisata kulinernya... ck ck ck... poto2nya bikin ngilerrrrr. jadi sekarang masih di manado nih?
hihihi.. di kampung halaman emak sayah :D.

maab baru sempet berkunjung, koneksi internetnya parah & juga kemaren blogspot sempet di blok ama SMART :(.

dikau lagi liburan or emang ada urusan kerjaan kah disana? :)

somepathtoremember said...

seafood dan makanan lainnya ala Manado emang maknyusss ye. tapi gw emang agak2 ngeri deh kalo makan di rm manado, karena ada paniki lah, tikus hutan lah, b1 lah, daging sun gokong lah, kucing lah...
Semuanya keliatan enak, tapi itu tadi gw kalo di rm manado cuma berani makan seafood ajah hahahaha.

Selvi said...

maret kan seminar di singapore, siapa tau akhir tahun di manado? gua udah sebutin restoran yg elo ceritain ke teman kantor gua dan emang bener semuanya terkenal disana. Nga salah deh elo wisata kuliner disana.

debby tondo said...

wah ngeces... ngeces... semuanya tampak enak...

kalo nyobain makanan aneh mending ga dikasih tau, besokannya aja dikasih tau biar ga ilfil ;p

Veny said...

Lo Bak apa sih LIs ?

Tha..^^ said...

wualaaah aku mbaca blognya ini pas jam mkan siang, jadi namabah-nambah lapernya hihi

kurnisantimichael said...

wow..saalah masuk blog ni..kepiting u bikin ngiler abissssssssssssssssssss..mahal tp yakhs..nyum2222

once_alifetime said...

@ Felice : deket yang Abdul Muis atau Hang Lekir? Gak tertarik buat icip? Beautika itu bisa dibilang resto Manado paling enak di Jakarta lho, kalau rumah gua deket jangan2 gua bakalan sering mampir:)

@ Arman : Sering ke Lapo ya, man? Gua ke Lapo pun gak kan tega makan doggie. Dog is man's bestfriend sementara kucing tuh kesayangan gua dari kecil. Kalau makan di tempat yang suka ada kucing berkeliaran minta makan, gua bisa lebih sibuk ngasih kucingnya makan daripada gua sendiri makan. Gak kan sanggup gua disuruh nyoba hu..hu...

@ Quinie : urusan kerja mbak, tapi sambil jalan2 dan makan2 tentunya. Oh, masih ada darah Manado toh? Ceweknya putih cakep2 lho:)

@ Meth : Iya, paling aman seafood aja lah. Tapi paniki enak lho kalau yang masaknya pintar. Gua pernah sekali makan, kayaknya kelenjar apanya lupa dibuang bauuuunya minta ampun.

@ Selvi : Wah berarti sumber gua cukup akurat hehe.. Ada tambahan yang gua belum datengin ga, Sel?Gua doain deh cita2 elo ke Manado tercapai akhir taon dpn.

once_alifetime said...

@ Debby : Bener tuh deb, langsung semangat makan gua berkurang drastis begitu dikasih tahu:(

@ Veny : Bak yang di LO. Apa yah bahasa Indonesianya LO? Itu bahasa hokkian, kan ada LO AK ( bebek yang di LO) terus LO NUI (telur yang di LO). Kalau gak salah direbus dengan spices ttt. LO BAK ini B2 yang udah mateng diiris2 bisa pilih mau daging, telinga, jeroan, lidah dan paling enak kukis (lemak bak tapi rasanya garing spt biskuit makanya disebut kukis) terus disiram kuah berkanji agak pedas-manis.

@ Tha : untung pas makan siang jadi ngilernya gak lama2 he..he..

@ Santi : Iya, mahal ya soalnya udah langka dan dilindungi kayaknya. Makanya gak pada berani masukin lagi ke list menu.

Y3nn1 said...

wow....bikin ngiler aja foto2 makanannya.

Aj_Natz said...

Tenang El, tafsiran gue yg lo makan itu si Tom, soalnya rasanya kayak ayam kan? Kalo Jerry (kesayangan lo itu) rasanya amis, dagingnya juga alot he he kok gue tau ya? :P
Trus paniki gimana rasanya? enak ngga? kok ngga dijelasin? ;)
Menurut gue wiskul Manado, se-Indonesia ngga ada yg ngalahin. Mungkin Medan lah no 2 :) Untuk resep asli daerah lho ya..

once_alifetime said...

@y3nn1 : medan jg gak kalah kok makanannya, kepiting asia mega mas jg yummy:)

@aj_natz : oh, begitu.. Syukur deh. Tp kok tahu:p?
Gua kirain pasti udah pd nyobain, paniki kan byk di Jakarta. Rasanya lezat, legit dan gurih:) menurut elo?

Yenny - Fidel said...

Wah El, enak2 & komplit banget reviewnya, ngeces deh gua liat makanan menado, secara ini fav gua juga, melebihi makanan padang malah.
Gara2 diajak hubby makan di ITC Ambas, gua jadi demen banget. Udah lama gak ke situ, mumpung lg hamil, ntar ngajak suami ke situ lagi ah :)

Tapi kalo yg makanan fear factor gitu, kayaknya gak berani coba ah, geli hihihi

enysusanto said...

aihhh.... dahsyat banget...
gua terdampar di blog ini dan dengan semangat melahap satu demi satu tulisan lu yang kebanyakan makanan enak, huaaaaaaaaaaa..... jadi kepengen ke manado? tapi begimana mungkin??? sodara ga ada, bisnis juga ga menyentuh sana... ah, pasti ga di approve sama misuaa.... huhuhuhu

enysusanto said...

aihhh.... dahsyat banget...
gua terdampar di blog ini dan dengan semangat melahap satu demi satu tulisan lu yang kebanyakan makanan enak, huaaaaaaaaaaa..... jadi kepengen ke manado? tapi begimana mungkin??? sodara ga ada, bisnis juga ga menyentuh sana... ah, pasti ga di approve sama misuaa.... huhuhuhu

Post a Comment